Jangan Abaikan 8 Jenis Kepintaran Anak


Perjalanan sebagai orang tua itu seperti pergi berlibur. Akan naik apa selama perjalanan, berapa uang yang harus kita siapkan, pakaian apa  yang akan kita pakai, kemudian tempat atau tujuan kita kemana. Sebagai orang tua kita punya tujuan yang panjang.
Sebagai orang tua kita juga perlu tujuan yang jelas dan perlu membekali diri.



Orang tua mana yang tidak bangga mempunyai anak pintar,aktif dan cepat beradaptasi dalam setiap kondisi yang ditemui.


Setiap anak dilahirkan jenius. Ketika mereka dilahirkan mereka dikarunia lebih dari 100 sel otak. Yang masing'-masing sel dapat saling berhubungan dengan sel lainnya.



Melalui stimulasi dan gizi yang seimbang diusia 6 tahun akan terbentuk sambungan-sambungan otak yang baik.Yang apabila sambungan otak tersebut tidak digunakan maka di usia 14 tahun sambungan otak-otak itu akan terpotong- potong. Otak juga senantiasa berubah.


Masing-masing anak mempunya potensi yang luar biasa sama seperti otak anak-anak di Jerman Eropa atau negara lainnya. Tinggal bagaimana kita mengembangkan otak mereka. Pada usia 0-5 tahun letakkan pondasi yang kuat.



Sebagai orang tua kita dapat mengali kepintaran yang satu untuk kepintaran lainnya yang dimiliki anak.



Menurut Psikolog dan pendidik Dr Thomas Amstrong,pakar Multiple Intellegence,  ada 8 jenis kepintaran pada anak yang dapat kita kembangkan yaitu : 



1. Word Smart
2. Number Smart
3. Picture Smart
4. Music Smart
5. Body Smart
6. People Smart
7. Self Smart dan
8. Nature Smart


"Sebagai orang tua kita harus memahami bahwa anak-anak kita pintar dalam banyak hal dan harus menstimulasi mereka dengan pengalamam yang menarik untuk mengembangkan kepintaran mereka"kata Doktor yang memiliki 5 buku tentang Multiple Intelligence sejak 30 tahun yang lalu.



Dengan pondasi anak yang kokoh akan memudahkan kita melihat kepintaran anak yang menonjol.



Adalah Wyeth Nutrition yang kemarin meluncurkan fitur pertama dalam situs www.parentingclub.co.id yaitu "Smart Strength Finder" Fitur ini dirancang agar orang tua dapat mengetahui dan mengenali kepintaran anak dengan menilai kemampuan dan minatnya saat ini,sehingga dapat menggambarkan kepintaran anak disaat masa penilaian.



Dr.Andyda Meliala Parenting Educator mengatakan "Stimulasi adalah kunci untuk mengembangkan otak anak secara optimal.Orang tua perlu memberikan stimulasi yang tepat sejak dini. Untuk mencapai hasil terbaik,orang tua harus membiasakan untuk memberi stimulasi setiap hari melalui kegiatan yang menyenangkan dan kreatif.


Maka manfaatkan usia dini anak. Berikan stimulus yang sesuai dengan kekuatan dan kelemahan masing-masing anak yang berkwalitas dan konsisten serta gizi yg optimal.



Comments

Popular posts from this blog

Kanker Serviks Kenali Dan Jauhi Sejak Dini

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright