Jero Wacik Inisiator Geopark Batur Bali

Geopark ( taman bumi ) merupakan sebuah kawasan atau situs warisan geologi yang mempunyai nilai ekologi dan warisan budaya sebagai daerah konservasi dan edukasi.
Geopark ditetapkan dalam sidang  Global Geopark Network( GGN ) sebuah badan bentukan Unesco yang dilaksanakan 2 tahun sekali.

Gunung Batur dikukuhkan sebagai kawasan geopark pada tanggal 12 September 2012.
Kawasan gunung Batur mempunyai keunikan khusus karena dua kali letusan
yang besar telah membuat dua warisan geologis yaitu kaldera batur dan danau vulkanik yang berbentuk bulan sabit dengan panjang 7,5 kilometer dan lebar 2,5 kilomrter. Selain itu tercipta kaldera diatas kaldera yang tidak dijumpai di gunung berapi lainnya.Kalidera di gunung batur diperkirakan terbentuk akibat dua letusan besar yaitu tahun 1804 dan tahun 2000.Sejak tahun 1804-2005 gunung batur mengalami 26 kali letusan.



Gunung batur terdiri dari tiga kerucut gunung api dengan masing-masing kawahnya batur 1,batur 2 dan 3. Tinggi gunung batur 1.717 meter diatas permukaan laut. 
"jika cuaca bagus hal yang menarik dari gunung batur adalah cuaca pagi dan sunrisenya. Cuara di gunung batur dan sekitarnya saat diri hari dingin.Tidak seperti Bali Selatan dan Utara yang terasa panas"Kata Jero Wacik pada #SobatJW suatu siang.

Pengalaman berkali-kali mengalami letusan inilah yang melatarbelakangi pemikiran seorang Jero Wacik  putra daerah Batur Kintamani Bangli Bali ,bagaimana tanah kelahirannya dapat masuk dalam kawasan geopark. Ditambah lagi pengalamnnya ketika pada satu kesempatan beliau berkunjung ke Guilin Ziyuan National Geopark Cina tahun 2006. Saat itu Jero Wacik masih menjabat sebagai Menteri Budaya dan Pariwisata.

" Indonesia punya lebih dari seratus gunung berapi,tetapi tidak punya satupun geopark" kata Jero Wacik kepada Sobat JW. Guilin yang sejuk dengan air yang mengalir jernih. Penduduk  di desa tersebut  dapat mencapai usia 120 tahun. Sebuah usia yang cukup fantastis!
"Oksigen yang berlimpah ruah dapat dihirup setiap orang yang datang berkunjung ke Batur secara gratis! Keinginan untuk melestarikan kawasan geologi Batur sebagai tempat destinasi wisata disertai juga keinginan membuat masyarakat terutama masyarakat Bali untuk hidup lebih sehat dengan menghirup udara yang bersih dan tentu dengan adanya geopark diharapkan animo masyarakat untuk berkunjung ke Bali semakin meningkat. Baik wisatawan Asing maupun lokal" tambah Jero Wacik penuh semangat.

Museum Gunung Batur
Keberadaan gunung berapi Batur Kintamani Bali sangat erat kaitannya dengan keberadaan gunung berapi aktif yang ada di Indonesia, dengan jumlah total 127 gunung berapi yang membentang dari Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kepulauan Banda, Halmahera, hingga pulau Sulawesi, yang membentuk gunung berapi busur di kepulauan Indonesia.

Saat ini, Indonesia telah memiliki geopark pertama, yaitu Batur Global Geopark. Yang didirikan oleh Global Geopark Network (GGN - UNESCO), pada tanggal 20 September 2012 di Portugal. Jadi Museum Batur Kintamani Gunung Berapi Bali dapat berfungsi sebagai jendela informasi tentang gunung berapi di Indonesia, yaitu sebagai tempat untuk menyimpan, meneliti, memamerkan berbagai hal yang berhubungan dengan gunung berapi, serta menjelaskan pembentukan Gunung berapi, Letusan material, Bentuk, Distribusi, Sejarah, dan Manfaat gunung berapi di Indonesia.

Kepulauan Indonesia memiliki 500 gunung berapi, dan 127 yang diklasifikasikan sebagai gunung berapi aktif. Jumlah tersebut menempati komposisi 13% (persen) dari gunung berapi aktif yang ada di dunia. Karena mengetahui sangatlah penting mengenai keberadaan gunung berapi, dan pada akhirnya melalui badan-badan pemerintah (DPR) mengusulkan kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk mendirikan Museum Gunung Api, dan dengan tanggapan ini akhirnya pada tanggal 10 Februari 2004 di Jakarta diadakan penandatanganan perjanjian kerjasama dalam pemanfaatan alam taman Penelokan (Kintamani - Bangli), untuk pembangunan sebuah Museum Gunung Api Batur. 

Pemahaman umum dari Gunung Berapi.
Gunung berapi umumnya didefinisikan sebagai debit tempat magma ke permukaan bumi, yang membentuk kerucut terpotong yang ada kawah di puncaknya, dan kadang-kadang terisi air di danau (Danau kawah). Dan pijar magma adalah cairan yang terdapat di lapisan bumi dengan suhu 10.000 derajat celcius, memiliki sifat fisik dan kimia tertentu, juga terdiri dari unsur ketika beku disebut Batu Beku.
Gunung berapi diklasifikasikan menjadi empat sumber letusan, yaitu:
Pusat letusan yang keluar melalui kawah utama
Letusan samping, magma yang keluar dari lereng gunung berapi
Celah letusan yang muncul pada fraktur
Letusan eksentrik yang keluar langsung dari dapur magma
Jenis struktur gunung berapi:
Struktur Kawah
Struktur Kaldera
Struktur Fraktur
Struktur Tektonik Gunung Berapi

Di Sekitar area lobi museum batur terdapat lukisan grafis mengenai cerita mitologi dari Bedawang Nala yang menceritakan tentang Hyang Pasupati di Gunung Semeru. Ada juga panel Ignimbrit dan serpihan piroklastik tentang Gunung Api Batur Kuno (Purba) yang terkandung di Ubud. Gunung Api Batur telah memiliki 26 kali letusan yang tercatat di Museum Batur, Letusan yang pertama dimulai dari tahun 1804 sampai tahun 2000. Di tempat museum batur ini juga terdapat Panel pemantau gunung api, Panel sistem regional, Panel peringatan dini, Digital seismograph, CCTV, Peralatan monitoring, Pemantauan ruang dan teropong.
Museum Gunung Api Batur juga 

Tgl 17 November 2012 Jero wacik yang menjabat sebagai Menteri SDEM bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Eka Pangestu mengukuhkan kawasan geopark gunung batur masuk dalam Geopark Global Network ( GGN ) Unesco yang ke 89 sebagai kawasan Geopark pertama di Indonesia.

Museum gunung Batur dilengkapi ruang pertemuan,ruang pameran dengan dinding layar digital besar,miniatur lanscap kawah gunung dan diorama sejarah letusan.
Museum Gunung batur dibangun di atas lahan satu hektare. Berfungsi sebagai pusat informasi geopark baik geopark batur maupun geopark Nasional Indonesia yang berjumlah 33 lokasi. Geopark lain yang keberadaannya diakui Unesco adalah Gunung Sewu yang kawasannya berada di tiga provinsi yaitu " jawa Tengah,Jawa Timur dan Yogyakarta. Sedang empat tempat lain yang diusulkan adalah Kaldera Toba Sumatera Utara,Merangin di Jambi,Cileutuh di Jawa Barat dan Rinjani di Nusa Tenggara Timur.

Geopark batur yang telah ditetapkan Unesco mempunyai 3 pilar penting yaitu warisan geologis,keanekaragaman hayati dan keanekaragaman budaya.
Dengan masuknya Gunung Batur sebagai kawasan Geopark maka bertambah lagi peran Indonesia dalam memberikan warisan dunia.Seperti yang kita ketahui sebelumnya ada Batik,Wayang dan Keris yang sudah diakui.
inilah jejak yang ditinggalkan Jero Wacik sebagai inisiator ketika menjabat sebagai menteri SDEM.


Comments

Popular posts from this blog

Kanker Serviks Kenali Dan Jauhi Sejak Dini

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright