Optimalkan Kehamilan Melalui Prosehat

Angka Kematian bayi ( AKB )yang dilahirkan prevalensinya pertahun 32 per seribu kelahiran hidup. Angka kematian ibu ( AKI ) 359 per 100 ribu kelahiran hidup.
Terbanyak terjadi di Jawa Barat,Jawa Tengah,Jawa Timur,Sumatera Utara dan Banten untuk AKB dan Jawa Barat,Jawa Tengah,Jawa Timur,Sumatera Utara,NTT untuk AKI. Ternyata banyak kematian bayi yang dilahirkan karena tingkat pengetahuan ibu yang rendah terhadap kesehatan. 

Padahal untuk melahirkan bagi seorang ibu dibutuhkan kehamilan yang optimal.
Pendidikan ibu punya peran yang cukup besar dalam kehamilan.Karena kehamilan adalah sebuah periode dimana seorang wanita membawa embrio didalam rahimnya. Bagi pasangan suami istri yang telah menikah,kehamilan ini adalah saat yang ditunggu,meskipun ada pula yang menundanya. Begitu dinantinya,sehingga tidak mau ketinggalan momen ini dan pada akhirnya mencari tahu seperti apa sih tanda awal hamil.

Kehamilan merupakan proses yang berkesinambungan yang terdiri atas ovulasi,migrasi protozoa dan ovum,implansi pada uterus,pembentukan plasenta serta perbentukan dan perkembangan janin.

Lamanya kehamilan mulai dari ovum sampai janin terbentuk sempurna adalah kira-kira 40 minggu.Dan tidak lebih dari 300 hari ( 43 minggu ). Dan jika kehamilan lebih dari 43 minggu disebut kehamilan Post Matur. Sedangkan kehamilan antara 28 dan 36 minggu disebut kehamilan prematur.

20 Tanda Kehamilan yang umum terjadi pada wanita hamil ;

1. Nyeri atau kesemutan di payudara adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Diawal kehamilan payudara akan mengisi dan berubah bentuk karena mempersiapkan diri untuk menghasikan ASI. Area Aerola warnanya menjadi lebih gelap.

2. Perubahan Bentuk badan. Bukan hanya perut yang membesar ketika seorang wanita mengalami kehamilan.Namun beberapa daerah lain seperti bokong,paha dan dada serta lengan biasanya akan ikut mengalami pembengkakan.

3.Buang air kecil makin sering dan konstipasi.Saat hamil bayi yang dikandung dirahim akan menekan kandung kemih,sehingga frekuennsi buat air kecilpun akan bertambah. Kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi urine. Dan keinginan buang air kecil jadi lebih sering.

4.Mudah lelah karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan adanya mahkluk baru. Selalu ingin bermalas-malasan saja ditempat tidur. Menurunnya kadar gula darah dan tekanan darah.

5. Mual ( morning sickness ) Ini adalah gejala yang paling umum dialami oleh wanita hamil ditrimester 1.Rasa mual terjadi karena peningkatan hormon.Biasanya rasa mual ini akan pergi seiring datangnya trimester ke 2 memasuki kehamilan.

6. Terlambat datang bulan. Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas adalah terlambat datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan.Karena bisa saja keterlambatan tersebut karena stress,diet atau gangguan hormonal.

7.Perubahan Mood.Wanita hamil memeliki mood yang mudah berubah .Mood berubah karena terjadinya perubahan hormon yang drastis didalam tubuh.Tubuh menyesuaikan dengan hormon baru.

8. Munculnya bercak darah atau flek. Biasanya terjadi antara 8-10 hari terjadinya ovulasi.Bercak darah ini disebabkan implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim.

9.Kram perut. Kram perut pada kondisi terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur.Dan kondisi kram perut akan terjadi sampai trimester kedua kehamilan.

11. Pusing dan sakit kepala. Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik,rasa lelah,mual,lapar dan tekanan darah rendah.

12. Sembelit.Terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buah air besar.

13. Sering Meludah. Ini akibat pengaruh hormon estrogen biasa terjadi pada trimester pertama dan akan hilang pada trimester.kedua

14.Naiknya temperatur tubuh. Jika terjadi kehamilan atau ovilasi maka suhu basal tubuh itu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan.

15. Sakit Pinggang. Biasanya kita tidak punya masalah sakit pinggang bahian baeah. Gangguan ini akan menetap hingga melahirkan kelak.

16.Ngidam atau menolak makanan tertentu.

17. Sensitip pada bau. Tidak suka pada aroma tertentu. Karena tidak tahan bau dan aroma maka akan menimbulkan reaksi mual atau bahkan muntah.

18.Gejala PMS. Merasakan gejala PMS yang sama seperti yang dirasakan tiap bulan. Tetapi tidak haid-haid juga.

19. Positip dengan kehamilan

20  Ada janin yang berkembang didalam rahim.Penelitian USG menunjukkan titik-titik kecil yang bergerak-gerak di kantong kehamilan.

yeayyy Selamat! Anda hamil.

Senang dan bahagia sudah pasti anda rasakan bersama pasangan tetapi jangan lupa ,ada banyak aspek lain yang anda harus tahu setelah kita mengetahui positip hamil. Seperti ; Apa yang harus diperhatikan perempuan saat hamil,apa yang harus dihindarinya? Apa dampak kekurangan gizi bagi ibu hamil pada bayi? dan lain-lain.

Adalah seorang Gregorius Bimantoro atau  yang akrab disapa Bimo membuat situs online yang memfokuskan diri pada kehamilan yang optimal.Aplikasi ini dikembangkan oleh dr.Bimo dan Tim.
Aplikasi yang bisa diunduh di Android ini berisi informasi seputar kesehatan dan juga obat-obatan. Karena banyak  Orang Indonesia yang kesulitan mendapat pengetahuan seputar kesehatan dan obat-obatan.Banyak sekali hal yang harusnya dibutuhka oleh ibu hamil,misalnya kecukupan Kalsium yang dapat menurunkan kemungkinan hipertensi dalam kehamilan.Juga kebutuhan gizi lainnya seperti Multivitamin .
Ada 4 hal penting yang ditemui oleh Masyarakat Indonesia dalam akses layanan obat.
Seperti ;1. Antrian obat yang lama
               2. Stok obat
               3. Lupa resep yang harus ditebus
               4. Kesadaran Masyarakat akan
               pentingnya Informasi Kesehatan.
Untuk itulah ProSehat menyediakan kemudahan akses untuk menebus resep dokter dan membeli obat bebas,vitamin dan suplemen kesehatan.
Aplikasi Android ProSehat dirilis pada tanggal 10 November 2015. Masyarakat dapat langsung menggunakan fitur mencari obat dan suplemen atau kirim foto resep dokter dengan memasang (Install) aplikasi ProSehat dari Google Play Store secara gratis.
Indonesia yang Masyarakatnya mulai melek informasi memang membutuhkan situs-situs seperti ini.
Tetapi harus diingat juga kemudahan akses harus sebanding dengan murahnya Gadget. Perlu dipikirkan juga untuk memberikan sarana bisa mengakses situs ini dengan gadget yang sederhana.Karena kemudahan akses informasi jika tidak dibarengi dengan kemurahan alat komunikasi tidak ada artinya.Karena kehamilan yang optimal akan menghasilkan generasi yang maksimal.

Comments

  1. keren banget aplikasinya. untuk mendukung ibu hamil ya mba? menurut info di Indonesia angka kematian ibu melahirkan dan bayi masih tinggi ya. senang ada aplikasi yang bermanfaat seperti ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai indri...iya.
      thx sudah mampir ya ibu cantik
      maafkan baru terbalas.Sehat selalu ya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kanker Serviks Kenali Dan Jauhi Sejak Dini

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright