BPOM : Uji Lab Dengan Kredibilitas Tinggi

Data jumlah layanan pengaduan dan informasi konsumen melalui contact center badan pengawasan obat dan makanan ( BPOM ) berdasarkan jenis interaksi semakin meningkat pada tahun 2016. Yaitu 5953 di tahun 2014 menjadi 11580 tahun 2016. Jumlah ini menunjukan bahwa BPOM keberadaan semakin familiar di masyarakat. Dimana informasi berkaitan dengan obat tradisional, kosmetik dan produk komplemen yang layak dikonsumsi dan digunakan sangat dibutuhkan.

Uji Lab Kosmetik BPOM 

Dalam sambutannya di acara diskusi dan kunjungan sahabat grup dan media sekaligus HUT BPOM yang ke 16? Kepala Biro Hukum dan Humas Riati Anggriani, SH, MARS,M. Hum mengatakan "BPOM adalah lembaga yang memiliki satu sekretariat utama yang membawahi Pusat pengujian obat dan makanan Nasional. Pusat prnyidikan obat dan makanan. Pusat riset obat dan makanan dan pusat informasi dengan 3 deputy dimana di setiap provinsi BPOM memiliki Unit Pelaksanaan Teknis. Total ada 33 UPT"

Lab BPOM
Blogger berkesempatan mengunjugi Laboratorium Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen di lantai 1, Laboratorium Bidang Pangan lantai 2 dan Laboratorium Bidang Produk Terapeutik dan Bahan Berbahaya di lantai 3. Dan Ruang Kerja Contact Center Badan POM 1500533.

"Lab pengujian ini adalah tulang punggung yang menyanggah keberadaan BPOM. Semua diperiksa secara detail dan teliti. Sampai dapat di ambil sebuah kesimpulam apakah akan mendapat izin atau justru tidak layak edar di masyarakat" kata Kepala Pusat Pengujiam Obat dan Makanan Nasional ( PPOMN ), Drs, Tepy Usia, Apt, M.Phil, Phd.
"BPOM sudah terakreditasi secara Nasional dan Internasional dengan mendapat ISO 17025 pada tanggal 2 Desember 2016" jelas Tepy


Memasuki koridor lantai 1,2 dan 3 yang tampak adalah pekerja perempuan. Karena perempuan memang dianggap teliti untuk bidang ini.Laboratorium obat tradisional, kosmetik dan produk komplemen, laboratorium bidang Pangan dan laboratorium bidang produk terapeutik dan bahan berbahaya memiliki suhu ruangan khusus.
Lab BPOM 
Pengujian dilakukan dengan berbagai macam tujuan. Pada obat dan makanan dilakukan secara berkala untuk mengetahui komposisi izin edar. Kemudian pada obat tradisional diuji kandungan bahannya apakah mengandung unsur bahan kimia. Pengambilan sample tidak membutuhkan waktu lama. Tetapi menunggu hasil pengujian sample dalam laboratorium dibutuhkan waktu hampir 30 hari.

Ruang yang tidak kalah penting yang blogger kunjungi sebagai ujung tombak BPOM adalah Contact Center. Dengan Agent 6 orang perempuan yang bertugas mulai jam 8 pagi hingga pukul 6 sore. Layanan ini mengakomodir semua permasalahan yang terjadi di masyarakat. Di luar jam operasional pengaduan dan pengajuan akan di alihkan ke mobile. Untuk kasus-kasus terbanyak yang diterima di contact centrr selain pengaduan adalah pada surat izin edar.

Ruang Contact Center 1500533 BPOM


Selamat HUT ke 16 BPOM
Sukses terus mencerdaskan masyarakat!











Comments

  1. Iya juga ya, knapa yg di lab kebanyakan perempuan ya? Apa iya lebih teliti? Ehhh oot, hahaha

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, semoga informasi ini bermanfaat bagi banyak orang

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kanker Serviks Kenali Dan Jauhi Sejak Dini

Obat Anyang- Anyangan Akhirnya Datang Juga, Uricran Namanya