Belanja Dan Memasak Itu Sama Nikmatnya

Kalau ditanya bagian mana dari daging ayam yang saya suka? Maka dengan antusias saya akan menjawab ceker dan kepalanya. Entah mengapa kalau menikmati 2 bagian dari daging ayam ini sensasi makannya beda. Perlu waktu lebih lama untuk memakannya. Tetapi nikmat, karena lebih banyak tulangnya dari dagingnya. Pokoknya asyik aja 2 bagian ini.

Pagi itu saya memilih kepala ayam bumbu rica-rica buatan Chef Jun sebagai sarapan pagi yang sudah disiapkan panitia, sebelum saya memandu acara demo masaknya yang akan di mulai jam 11 siang dengan lokasi Gazebo museum tekstil di jalan KS Tubun Jakarta. Akan ada 2 menu yang di buat yaitu Ayam rica-rica dan Puding Sarikaya Gula Merah.

Chef Jun adalah blogger yang memperluas kiprahnya di dunia masak, selain pernah bekerja juga di media. Selalu rajin memposting hasil masakannya disosial media terutama Instagram, dari menu buat keluarga sendiri dirumah hingga pesanan. "Ini adalah demo masak pertama saya dihadapan teman-teman blogger " kata chef Jun sambil menyiapkan bahan-bahan untuk demo.

100 blogger hadir untuk menyaksikan demo masak setelah wisata sambil belanja di museum tekstil yang didukung oleh Honestbee dan Kriya Indonesia. Honestbee adalah layanan belanja kebutuhan online. Yang membantu kita dapat berbelanja secara mudah, nyaman dan cepat layaknya kita tengah berbelanja langsung ke Transmart Carrefour. Dengan Pilihan barangnya yang beragam untuk kebutuhan sehari-hari seperti beras, susu, minyak goreng, kecap hingga sosis dan nugget.

Chef Jun @dapurayah demo masak ayam rica rica

Kita hanya download aplikasi Honestbee melalui smartphone, kemudian pilih barang apa yang kita butuhkan. Setelah selesai klik pilihan lokasi dimana kita berada saat ini untuk proses pengiriman barang. Akan ada beberapa slot waktu pengiriman yang tentunya satu tempat akan berbeda dengan tempat lainnya. Saya coba order malam hari dalam perjalanan pulang kerumah setelah event untuk pengiriman keesokan harinya.

Slot waktu yang ditawarkan oleh Honestbee ketika saya order yaitu dari pagi jam 11-12 sampai malam pukul 20-21. Saya pilih kiriman malam. Oh iya riwayat belanja kita juga akan tersimpan rapi, seandainya kita cancel belanja kita karena persediaan barang yang kita butuhkan habis. Dan kita akan belanja lagi keesokan harinya, maka daftar belanja kita sebelumnya tidak hilang. Jadi tidak buang waktu untuk order dari awal lagi.

Kita tinggal memasukan kembali, apa barang pengantinya, setelah pihak Honestbee melalui sms/telpon memberikan alternatif pilihan barang lainnya. Seperti yang terjadi pada orderan saya, ketika beras yang saya pilih habis persediaannya, maka belanja saya cancel. Untuk keesokan harinya saya lanjutkan kembali order, dengan beras merk lain.


Tahap selanjutnya adalah masukan kode voucher belanja yang ada atau kita akan melakukan pembayaran Cash on Delivery. Oh iya jangan sampai terlewat juga barang yang sedang promo, biar lebih hemat kan. Pokoknya belanja online jadi makin asyik dengan potongan harga yang menarik. Disamping tentu kwalitas barang yang sudah terjamin.


Setelah daftar belanjaan lengkap, kita akan ditelpon Honestbee untuk konfirmasi akhir, sebelum belanjaan dikirim. Saya kemarin belanja Rp 250.000 bebas ongkir. Saya hanya membayar Rp 11.410 untuk shoper yang sudah membantu memilihkan barang. Mudah kan?
Barang belanja saya di Honestbee


Ki-ka : saya, ibu Ari, bu Astri, Honestbee, Chef Jun

Acara keliling museum Tekstil di pandu dengan tour guidenya yang cantik asal perancis yaitu Fina yang fasih berbahasa Indonesia dan ibu Ari. Untuk melihat sejumlah koleksi kain Indonesia yang ada. Koleksi Museum Tekstil berjumlah 2350 yang terdiri dari 886 koleksi kain batik, 819 koleksi kain tenun, 425 koleksi campuran, 70 koleksi peralatan, 150 koleksi busana dan tekstil kontemporer. Luar biasa ya.

Blogger di Museum Tekstil
Semua terawat rapi dan diberikan penjelasan secara lengkap pada kain yang dipajang. Seperti kain panjang batik Seba dari Cirebon, juga ada kain batik motif sedapur. Museum ini buka dari hari Selasa sampai Minggu dari jam 09.00-15.00. untuk hari Senin & hari libur besar museum ini tutup. Tempat yang dapat menjadi pilihan untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan kita akan kekayaan budaya Indonesia.

Matahari mulai terasa panas, mendekati waktu demo masak dimulai, tetapi tak menyurutkan antusias teman-teman blogger yang mulai merapat ke tempat demo. Ayam Rica-Rica sebagai menu demo pertama sudah sangat mengoda selera dari aroma bumbunya ketika ditumis dengan api sedang. Hampir semua bumbu dapur digunakan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah juga cabai rawit, daun sereh daun jeruk juga tambahan gula, santan dan garam sebagai pelengkap cita rasa.
Ayam Rica Rica @dapurayah by chef jun 
Ayam Rica-Rica menggunakan daging ayam bagian paha dari ayam pejantan. " Ayam pejantan dipilih karena dagingnya yang tidak terlalu lembek dan sudah di ungkep atau di  rebus terlebih dahulu" kata Chef Jun mengawali demo. Menu pertama ini hanya membutuhkan waktu 30 menit membuatnya. Bumbu yang semakin meresap ke daging ayam menandakan bahwa masakan sudah matang dan siap di hidangkan.

Kalau rasa manis pada puding dengan menggunakan gula pasir atau sirop bahkan soft drink itu sudah biasa. Juga penampilan warna merah, kuning, hijau banyak kita lihat. Bagaimana kalau rasa manis puding dihasilkan dari gula jawa atau aren untuk mendapatkan cita rasa yang berbeda? Nah puding sebagai menu dessert pada demo masak yang ke dua juga disambut antusias teman-teman blogger yang ada, karena aroma gula merah yang direbus menimbulkan rasa ingin segera menikmati hasilnya. Ha ha ha

Puding Sarikaya Gula Merah by Chef Jun

Bersama Chef Jun dari @dapurayah menu dessert Puding Sarikaya Gula Merah selesai dibuat juga hanya dalam waktu 30 menit saja. Menggunakan campuran 10 butir telor ayam negeri yang dikocok lepas, gula merah 600 gram, santan dari satu butir kelapa, perasan jeruk lemon untuk menetralisir bau amis telur dan garam secukupnya. Semua bahan dicampur dalam satu wadah. Kemudian adonan dimasukan ke dalam cup-cup plastik ukuran kecil untuk mengukusnya selama kurang lebih 15 menit dalam panci yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Seluruh bahan tadi menghasilkan kurang lebih 28 cup puding. Yummy!

Acara wisata sambil belanja ditutup dengan foto bersama, pengumuman pemenang live tweet, Instagram, makan siang dan juga icip-icip masakan hasil demo. Belanja dan Memasak itu memang sama nikmatnya. Setuju?


Comments

  1. Happy banget lahbya, bisa melihat berbagai batik, wisata belanja juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nikmat ya wisata, belanja juga liat demo masak

      Delete
    2. Nikmat ya wisata, belanja juga liat demo masak

      Delete
  2. Ini yang jadi MC pas acara masak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Layla. Kenalkan aku gita smoga berkenan ya saya pandu acara kmrn 😄

      Delete
    2. Iya mba Layla. Kenalkan aku gita smoga berkenan ya saya pandu acara kmrn 😄

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Replies
    1. Too dear...
      Lupa ya ini team hore2 kompak juga ya xixixi

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Mbak Gita keren ngemsi-nya,tapi aku lospokus sama kerudungmu mbak... ringkes dan cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih ya. Hahahaha
      iya karena banyak bergerak sengaja pilih ini.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kanker Serviks Kenali Dan Jauhi Sejak Dini

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright