Aku, Mukena, Dan Ramadhan

Tidak terasa kita sudah sampai pada pertengahan ramadhan. Kalau bicara ramadhan atau bulan puasa saya merasakan setiap tahunnya adalah proses perubahan untuk menjadi lebih baik. Bukan hanya hubungan kepada sesama manusia tetapi juga terus belajar untuk lebih mendekatkan diri pada sang maha pencipta Allah SWT.

Ramadhan datang adalah kegembiraan bagi umat muslim khususnya. Begitu juga dengan saya. Saya ingat ketika dulu masih kecil pas ramadhan, rajin mengumpulkan bebukaan { bisa beli lebih 5 kue hehe } sebelum azan magrib datang, juga menyiapkan buku tugas ramadhan dari sekolah, dimana buku ini berisi tentang kegiatan ramadhan sebulan penuh dari mulai jadwal sholat, tadarus sampai siapa ustad yang memberikan ceramah saat taraweh. Jadi taraweh nggak boleh absen, pun didalam masjid kadang saya suka banyak becandanya.

Salah satu kejailan yang selalu saya dan teman- teman ingat sampai sekarang  adalah mengikatkan ujung mukena teman ke teman lainnya. Yang akhirnya mereka akan jatuh bareng dan kami akan tertawa bersama- sama. Akibatnya ada rakaat yang tidak kami ikuti. Yang penting ibu nggak tahu dan absen lengkap. Ha ha ha jangan dicontoh ya nak? 

Makin kesini, makin dewasa dan sudah jadi ibu juga, ketika ramadhan datang makin berwarna persiapan saya dalam menjalaninya bersama keluarga tercinta.Biasanya saya akan meletakan jadwal puasa di tempel di kulkas, atur menu buka dan sahur sesimple mungkin. Sampai menyiapkan perlengkapan untuk sholat dan taraweh. Semua saya lakukan agar keluarga dalam menjalankan puasa merasa nyaman. Tidak terganggu lagi dengan hal- hal yang biasa terjadi sehari - hari. Seperti kadang lupa dimana meletakan perlengkapam sholat.

Karena perlengkapan sholat juga menjadi hal yang penting apalagi kita akan menghadap kepada sang Maha pencipta Allah SWT. Sudah selayaknya semua dipersiapkan sebaik mungkin termasuk menyiapkan mukena.

Ramadhan tahun ini saya ingin mempunyai mukena baru, karena mukena yang lama sudah lumayan belel dan kalau saya pakai bagian mukanya sudah agak melorot karena karetnya yang mulai kendur. Kalau untuk sholat dan dipakai taraweh jadi nggak leluasa karena sebentar- sebentar membetulkan mukena.

Mukena Dubai koleksi Elevenia

Mukena selalu saya siapkan dua, satu untuk sholat dirumah dan satu lagi saya bawa ketika bekerja maupun bepergian jadi selalu ada dalam tas.  Karena membawa mukena sendiri itu jadi dapat menjalankan ibadah sholat sesegera mungkin baik sendiri maupun berjamaah. Meskipun saat ini hampir disetiap masjid sudah menyediakan mukena yang bersih bahkan bagus- bagus untuk jamaah yang datang, tetapi untuk saya menjalankan kewajiban sholat dengan menggunakan mukena sendiri rasanya lebih enak. Tidak perlu menunggu gantian pakai ketika banyak yang antri untuk sholat. Dan juga tidak diburu- buru oleh antrian berikutnya yang menunggu giliran sholat. Insya Allah belajar sholat untuk lebih khusyuk dengan persiapan yang rapi.

Mukena saya yang melorot bagian mukanya itu berwarna putih berbahan katun dengan motif bunga- bunga merah, ini adalah mukena yang selalu saya pakai sehari- hari dirumah. Nyaman tetapi karena sudah lama ya mulai pudar juga warnanya, kurang sedap dipandang mata. Sedangkan yang putih polos dengan bahan silk ringan saya siapkan untuk selalu ada dalam tas yang saya bawa saat bepergian.

Mukena bepergian & dirumah 


Meski Allah SWT tidak menilai kita dari apa yang kita pakai, tetapi rasanya kok ya kurang sreg kalau kita mengenakan mukena yang kurang layak. Sementara jika kita kumpul dengan teman- teman saja kita biasa membawa mukena yang terbaik.

Puncak semua dari ramadhan adalah hari raya Idul Fitri dan tradisi ingin bersih pada hari kemenangan. Semua orang termasuk saya dan keluarga ingin mensimbolkannya dengan sesuatu yang serba bersih. Dan yang bersih itu hampir identik dengan yang baru.
Sehingga sudah menjadi tradisi membeli pakaian baru termasuk mukena baru menjadi semacam ritual.

Untung saja dizaman yang serba tehnologi seperti sekarang ini untuk  membeli mukena kita tidak perlu pergi ke pusat perbelanjaan yang padat, macet dan melelahkan.

Kita tinggal login saja di Elevenia, salah satu toko belanja online yang menyediakan kebutuhan yang kita cari dari peralatan rumah, makanan dan minuman, home enterteinment sampai perlengkapan ibadah seperti  mukena, hijab, gamis dan baju koko.

Kita tinggal cari dengan kata kunci mukena maka deretan mukena akan muncul. Ada mukena kantor, mukena berbahan katun, mukena dingin, super, mukena Jepang, jumbo, mukena rempel ( rempel Jepang, motif, jumbo,Marina, Bellarosa) dan mukena yang dapat dibawa untuk travelling.

Saya cek satu demi satu untuk melihat model, ukuran dan detail bahan sekaligus harganya.





Pilihan saya jatuh pada mukena Dubai Premium. Mukena yang menggunakan bahan sutra prada dan brokat import ini dilengkapi juga dengan tasnya. Tinggal laporan nih sama sang penyandang dana untuk hadiah mukena yang saya inginkan. He he. Oh iya sedang banyak diskon lho di Elevenia. Jadi cocok deh untuk yang sedang mencari kebutuhan lebaran. Elevenia memudahkan kita bertransaksi dengan kwalitas barang yang terjamin.


Semoga mukena ini nantinya dapat menjadi pelindung kesucian diri di hari raya nanti. Menjaga hati saya lewat sholat. Lebih dekat kepadaMu ya Rabb. Amin.

Tips sholat nyaman saat ramadan di luar bersama keluarga ala saya :

1.Usahakan sebelum azan magrib sudah ada dimushola/masjid baik di mall/jalan.

2.Bawa air/makanan seperti kurma untuk sekedar membatalkan puasa/berbuka. Jangan lupa bawa perlengkapan sholat khususnya yang perempuan.

3.Setelah berbuka bisa langsung bersiap- siap sholat magrib berjamaah.

4.Selesai sholat dapat menikmati sedikit makan berat sebelum melanjutkan kalau ingin taraweh.

5.Setelah taraweh dapat lebih bebas untuk melanjutkan acara. Bandingkan kalau berbuka dulu baru jalan ke mushola/masjid. Ini untuk menghindari antrian dan kadang tertinggal berjamaahnya. Jadi dimanapun kita berada ibadah nyaman dapat tetap kita jalankan selama ramadhan.




















Comments

  1. Saya setuju sekali Mba Gita,bahwa kita harus selalu membawa Mukena sendiri saat berpergian, dan menggunakan mukena yang layak saat Sholat. Terima kasih tips sholat nyaman saat Ramadhannya, dan saya akan hunting juga mukena Dubai di Elevania, karena saya ingin Mukena baru di hari Lebaran nanti.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hunting....hunting mumpung banyak.diskon. Banyak pilihan lho.

      Delete
  2. Kadang kita harus malu sama allah. Kalau ke pesta rapi dan eyechating. Kalo sholat masa pakai mukena yg Sudah kuning di bagian kepala dan kendor. Beli di elevania gak perlu panas panasan, masuk toko ke luar toko hanya untuk mencari mukena.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga bukan orang yang mau buang- buang waktu lama. Kalau ada yang mudah kenapa harus cari yang susah. Tinggal duduk manis . Order!

      Delete
  3. Aku jg biasanya bawa sndiri kalo pergi jauh mba. Supaya nyaman dan ga hrs ke distract konsentrasi kalo hrs pake mukena umum yg kdg bau :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar fan. Milih2 yang nyaman aja buat aku udah bagian buang waktu dan ganggu konsentrasi. Iya kalau dapat yang bagus and bersih. Kalau sebaliknya?

      Delete
  4. Wah setelah baca tulisan ini langsung stalking akun2 olshop yg jual mukena..hihi

    ReplyDelete
  5. Saking banyaknya yang jualan mukena. Aku sampe punya muke khusus sendiri.

    Mukena untuk travelling sendiri.
    Mukena di mobil 1 sendiri.
    Mukena di mobil 2 sendiri.
    Mukena di pakai harian sendiri.
    Mukena shalat ied sendiri.

    Ya alhamdulillah dipakai semua, kecuali pas lagi datang bulan 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow lengkap sangat! Alhamdulillah ya bisa sholat tepat waktu juga kalau standye mukena.

      Delete
  6. Mukena ternyata banyak macam nya ya, kirain kosmetik aja yang banyak macam. Perempuan itu memang luar biasah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah waz...saking luar biasanya perempuan. Urusan mukena aja ada SOPnya hahaha

      Delete
  7. Aku juga lagi cari mukena neh, soalnya dah lama belum beli mukena lagi. Jadi pengen beli deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus teh. Mangga diliat- liat koleksinya siapa tahu ada yang cocok ☺

      Delete
  8. Aku jarang bawa mukena nih Mba. Tp biasanya lagi belajar pergi pakai rok kalau masuk waktu solat tinggal solat aja....

    Tp liat postingannya jd gagal fokus. Seriusan diskon mukena nih?? Cuuz ke elevania hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak disc pilihan modelnya juga banyak Des

      Delete
  9. Aku selalu bawa mukena sendiri kalo ngemall dll..tapi misal pas kelupaan bawa...aku pakai mukena umum caranya dibalik bagian atas mukenanya biar ga terlalu bau tuh bagian kepalanya hehehe..kalau di mal2 terterntu yg bagus2 elite biasanya mukena harum dan bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha trik agar sholat tetap nyaman ya. Benar beberapa mall terkemuka mukenanya bahkan nggak di gantung tetapi disimpan oleh petugas. Pas kita butuh akan diberikan dengan kondisi rapi, bagus bersih dan wangi. Salah satunya ada di mall jalan iskandasyah blok m

      Delete
    2. Hahaha trik agar sholat tetap nyaman ya. Benar beberapa mall terkemuka mukenanya bahkan nggak di gantung tetapi disimpan oleh petugas. Pas kita butuh akan diberikan dengan kondisi rapi, bagus bersih dan wangi. Salah satunya ada di mall jalan iskandasyah blok m

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kanker Serviks Kenali Dan Jauhi Sejak Dini

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright