Kaya Selamanya, Melalui Wakaf Asuransi Syariah Sun Life Financial Indonesia

35 comments

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh,

Kalau mendengar kata Wakaf, telinga kita sebagai masyarakat muslim sudah tidak asing lagi ya?
Karena istilah ini sering digunakan pada saat pembangunan rumah ibadah ( masjid) tempat pemakaman, kompleks pendidikan ataupun tempat hunian.


Bu Aan & Pak Nadratuzzaman 

Walaupun sudah menjadi kata yang umum, tidak banyak orang yang memahami apa itu wakaf.

Hal ini juga yang membuat saya antusias untuk hadir dalam acara Jumpa Blogger Sun Life " Mudahnya Berwakaf Melalui Asuransi Syariah" di The Hook Restaurant jalan Cikatomas II Kebayoran Baru Jakarta Selatan.



Antusias hadir dipeluncuran wakaf asuransi SLFI

"Kalau mendengar kata Infak, Zakat dan Shadaqah sudah akrab ya? Karena kita biasa memberikannya pada masjid- masjid di lingkungan kita. Wakaf jauh lebih besar dari pada infak. Manfaat wakaf dalam hadist Rasullullah SAW adalah amal jariah yang tidak akan putus apabila seseorang meninggal dunia.

Dan wakaf pertama dalam Islam adalah wakaf dari Umar bin Al-Khattab. Yang mana beliau mewakafkan tanahnya dalam arti tidak boleh dijual, dihibahkan atau diwariskan yang ada di sekitar Madinah dan menyedekahkan hasilnya untuk kemaslahatan umat.

Wakaf berarti menghentikan perpindahan hak atas suatu harta yang bermanfaat dan tahan lama dengan cara menyerahkan harta itu kepada pengelola, baik perorangan, keluarga, maupun lembaga untuk digunakan bagi kepentingan umum di jalan Allah SWT."kata ibu Srikandi Utami Head of Syariah Sun Life Financial Indonesia yang akrab disapa bu Aan.



Mudahnya berwakaf di SLFI
Penghargaan Yg diterima SLFI

Pak Emir Farabi

Lantas pertanyaannya bagaimana wakaf melalui asuransi?

Adalah PT Sun Life Financial Indonesia yang sudah berpengalaman selama 150 tahun di bidang asuransi. Memulai operasinya di Indonesia pada tahun 1995 dengan visi misinya untuk menjadi satu dari 10 perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia yang dapat membantu keluarga Indonesia mencapai kesejahteraan dengan kemapanan ekonomi.

"Per 30 Juni 2017, distribusi keagenan konvensional di dukung oleh 7.000 tenaga pemasar dan 102 kantor pemasaran mandiri konvensional di 72 kota diseluruh Indonesia " kata pak Emir Farabie tentang profile SLFI.

"Produk- produk distribusi keagenan konvensional meliputi ; Asuransi Sun Prima Protector, Asuransi Pusaka Prima, Term Life, Asurnsi Brilliance Furtone Plus, Sun FortuneLink, Brilliance Sejahtera, Brilliance One Protection Plus, Asuransi Brilliance Maxima, Sun Medical Executive, Sun Medical Platinum" tambah pak Emir yang siang itu mewakili ibu Elin Wati Presiden Direktur Sun Life yang berhalangan hadir.


Melalui program asuransi syariah, peserta dapat mewakafkan asuransinya hingga maksimal 45 persen dari santunan asuransi dan mewakafkan manfaat investasinya hingga maksimal sepertiga dari total kekayaan atau harta warisan.

Contoh : Peserta ingin berwakaf ( wakif ) sebesar Rp 1 Milliar

a. Apabila langsung ke lembaga Wakaf maka Wakif harus menyediakan uang kas Rp 1 Milliar untuk melaksanakan niatnya.

b. Wakaf melalui Polis Asuransi SLFI Syariah, Wakif tidak perlu menyetorkan langsung Rp 1 Milliar. Tetapi cukup memiliki polis asuransi syariah Sun Life.

Sun Life memberikan kemudahan dalam menyalurkan dana wakaf  dengan mengandeng lembaga pengelola aset wakaf ( nazhir ) Yaitu Badan Wakaf , Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf dan lembaga yang terdaftar di Badan Wakaf Indonesia ( BWI ).
BWI berperan membina, mengelola dan mengawasi, agar aset wakaf dikelola dengan baik dan produktif.


Berinvestasi sambil berwakaf, apakah diperbolehkan?

Bapak H.M. Nadratuzzaman Hosen, Vice Chairman dari Badan Wakaf Indonesia ( BWI ) mengatakan " Dari sudut pandang syariah, bahwa segala sesuatu yang berakad syariah bebas dari riba. Asuransi syariah karena di akad dan dikelola secara syariah hampir dapat dipastikan didalamnya tidak ada unsur riba. Asuransi syariah sampai pada Fatwa Dewan Syariat Nasional Majelis Ulama Indonesia DSN- MUI No 106/DSN-MUI/X/2016"

Setiap manusia mempunyai perencanaan keuangan yang baik bagi dirinya atau keluarga. Seperti memiliki dana untuk ibadah atau dana pensiun. Dana kesehatan untuk sakit, meskipun kita selalu berharap jangan sampai terjadi. Atau ketika menikah ingin mempunyai aset dana untuk membeli rumah atau kendaraan. Semuanya adalah tujuan yang baik.

Melalui wakaf asuransi syariah kita seperti diingatkan agar tidak lupa untuk menyiapkan dana tabungan kita yang dapat diambil manfaatnya bagi orang banyak. Agar ketika Allah SWT memanggil kita tabungan atau kekayaan itulah yang tidak akan habis sebagai amal jariah kita.


Yuk! kita niatkan, insya Allah melalui wakaf asuransi Syariah Sun Life Financial Indonesia, keinginan kita dikabulkan Allah. Amin.
Berwakaf #Lebihbaik
Website : www.sunlife.co.id
Instagram :@Sunlife_ID
Twitter     :@Sunlife_ID







Related Posts

35 comments

  1. Semoga kita bisa dimudahkan utk berwakaf yak bun:)

    ReplyDelete
  2. Asik juga kalau ada lembaga asuransi yang punya niat mulia untuk membantu agar sabah bisa mewakafkan sesuai pilihanya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, niat untuk kemaslahatan umat yang patut didukung ya

      Delete
  3. dapat manfaat asuransinya dan dapat juga amal jariyahnya

    ReplyDelete
  4. dapat manfaat asuransinya dan dapat juga amal jariyahnya

    ReplyDelete
  5. Wah makasih banget mbak infonya, berwakaf jadi lebih mudah ya

    ReplyDelete
  6. Wakaf ini pahalanya ngga putus yak sama seperti pahala doa anak shaleh dan ilmu yg bermanfaat. Semoga bisa wakaf yak. Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya amalan yang tidak akan putus ketika seseorang meninggal dunia.

      Delete
  7. Wow baru tau nih ada asuransi dgn cara wakaf spt ini. Thx infonya mba gita ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tahu Fi, makanya semangat banget datang untuk lebih tahu info detailnya
      semoga membantu keragu- raguan teman- teman juga ya yang punya niat wakaf dengan cara asuransi.

      Delete
  8. Wakaf dengan asuransi? Wah saya beneran baru dengar nih. Makasih sharing infonya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama- sama ndy, infokan ke teman- teman lainnya ya

      Delete
  9. inovasi baru nih wakaf melalui asuransi, bisa menjadi pilihan bagi yg ingin membeli produk asuransi sunlife ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Inovasi yang tidak mempersulit orang ketika ingin berbuat kebaikan bagi banyak orang, ketika Allah SWT panggil nanti.

      Delete
  10. Mudah2an kelak bisa berwakaf juga supaya punya tabungan akhirat yang tak putus2.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah ya mba, banyak kemudahan dalam beribadah, ini inovasinya bagus banget..semoga kita semua bisa berwakaf

    ReplyDelete
  12. Asyik juga investasi dunia akhirat ya. Sun Life bisa sampe kepikiran kesitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya inovasi yang disambut baik banyak pihak. Karena memang Sun Life sudah dikenal cukup lama

      Delete
  13. Semoga kita bisa beribadah Melalui wakaf yah mba Gita.. Aamiin

    ReplyDelete
  14. Aku baru tau ada wakaf di tempat asuransi. Memudahkan juga ya kalo kita mau wakaf tapi bingung gimana dan ke mana.. Tfs Mba Gita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya melalui asuransi kita dikondisikan prepare ya, untuk niat baik kita yang ada

      Delete
  15. ooh gitu, mantap ya sudah ada penyedia berbasis syariah yg mengelolanya berupa asuransi.. semoga somedays kita semua bisa berwakaf, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga infonya membantu ya teman- teman yang ingin wakaf melalui asuransi

      Delete
  16. Replies
    1. Iya mir...kalau ada yang mudah, kenapa tidak kita segera wujudkan niat baik kita

      Delete

Post a Comment