Blok M Square Ku Jangan Kau Pergi

Apa yang ada dalam benak teman-teman kalau mendengar Blok M Square? Pertanyaan ini saya lontarkan dalam satu grup WA yang isinya kebanyakan perempuan tetapi memiliki beragam usia.

Saya ingin mendapat gambaran, dalam rentang usia mereka, apa sih yang mereka tahu, ingat dan kenang dengan Blok M Square. Dan saya sengaja pilih grup yang dominan perempuan, karena selain mahkluk paling sexy di dunia perempuan juga konon dikenal tukang belanja. 
Dan ini pendapat dari mereka :

"Belanja buku murah"-Valka 27 tahun

"Alay-alay pengunjungnya, remaja-remaja " -Elly Nurul 36 tahun ibu 2 anak

"Tempat ngumpul ampe malem"-Widya 21tahun

"Belum pernah ke sana. Eh, tapi katanya ada jual buku-buku dan komik-komik bekas yang langka-langka ya"? April Hamsa 23 tahun

"Di emperannya banyak penjual makanan kakilima, makanan doang saya ingatnya"-Eskaningrum 28 tahun

"Jam kuliah waktu itu rame. Tapi sekarang orang ke mall jarang belanja ya. Paling makan dan main" - Mira 25 tahun

"Suka kumpul di Masjid Nurul Iman"-Febri 36 tahun

"Ingat mantan"-Rizky 27 tahun

"Belanja-belanji, Rollerskate dan Lipstik!"-Hidayah Qudus 46 tahun

"Ingat Zaman SMA"-Salman 41 tahun

"Hampir mati suri kayaknya hehe. Terakhir ke sana sepi"- Sufitri ibu 2 anak remaja


Lobby TM Blok M Square


Blok M Square yang kita kenal dulu adalah pasar Melawai dan Aldiron Plaza. Pusat perbelanjaan legendaris yang terkenal di area Jakarta Selatan. Trade mall ini menawarkan berbagai macam pilihan belanja mulai dari fashion, perhiasan emas, bursa mobil, elektronik, telepon genggam hingga pilihan makanan dan minumannya yang lengkap.

Lantai Dasar TM Blok M Square

Ada 4 pintu utama yang dapat kita temui di Blok M Square. Dimana nama-nama pintu ini diambil dari nama-nama batuan cantik yaitu Berlian., Mutiara, Intan dan  Zamrud. Saya sempat mengunjungi Trade Mall di bawah Grup Agung Podomoro ini beberapa waktu lalu.

Saya masuk melalui akses jalan Melawai Raya, dimana pemandangan yang pertama kali tertangkap oleh mata adalah adanya seniman-seniman lukis di depan lobby Trade Mall yang sedang mengerjakan pesanan atau sekedar menjawab pertanyaan-pertanyaan dari  pengunjung yang lalu lalang.

Kemudian naik melalui anak tangga, menuju lobby lantai dasar, tepat di depan Soto Lamongan, mata saya langsung melihat ke kiri bawah tangga dimana sayur dan buah-buahan segar dapat kita peroleh. Kenangan saya kembali pada masa ketika Blok M dijejali oleh pedagang-pedagang kaki lima. Salah satunya adalah pedagang buah dan sayur-sayuran yang banyak kita jumpai saat itu.

Produk UKM

Area Fashion


Dari data yang saya peroleh. Saat ini Blok M Square memiliki 3.887 kios dengan 8 lantai perkantoran, 7 lantai parkir dan memiliki jumlah pengunjung mencapai 40.000 per hari.

Menurut Bu Ho Mely Surjani selaku AVP Marketing TM Agung Podomoro dari data pengunjung ini  mengambarkan kalau Blok M Square masih diminati. Mengingat saat sekarang ini issue penutupan tempat atau brand sangat santer terdengar. "Di beberapa toko lokal tutup, mungkin saja ada strategi lain yang mereka ingin lakukan. Kita tidak dapat melihat secara kasat mata. Karena ini bukan wilayah Grup TM Agung Podomoro"ujarnya 

Blok M Square memang tidak seramai dulu. Ini terlihat dari saya menyusuri tiap lantainya sore itu. Apakah satu hari akan pergi meninggalkan kenangan bagi banyak pengunjungnya? Saya rasa masih terlalu dini berkomentar tentang hal ini.

TM Blok M Square menurut saya tetap memiliki penggemarnya tersendiri. Karena kita masih dapat menemui barang unik dengan harga murah dan kwalitas yang sama dengan di mall. Ditambah lokasinya yang strategis memudahkan orang datang bahkan menjadi titik kumpul mereka yang janjian dari anak sekolah sampai para pekerja kantoran.

Saya termasuk orang yang suka janjian di Blok M, karena tempat ini sangat mudah dicari orang. Kemana-mana juga gampang.

Trade Mall Blok M Square juga mengangkat para UKM dengan hasil produksinya. Kita dapat temui hasil kerajinan mereka sepanjang lobby lantai dasar. Dari aneka wayang kulit, aroma terapi sampai tas dan berbagai macam cendera mata.

Pedagang-pedagang makanan kaki lima yang dulu ada, juga difasilitasi dengan menempatkan dagangan mereka di foodcourt yang luas. Yang berada di area basement. Salah satunya adalah mie ayam Don Don yang dulu ada di depan kedai fried chicken. Ingat nggak?

Kalau kita makan difoodcourt basement ini juga masih akan melihat tukang donat kentang keliling. Seperti halnya pada TM-TM lain grup Agung Podomoro. Sayang di Blok M Square nggak ada lagi panganan kesukaan keluarga saya. Yaitu Lemang. Ketan gurih yang proses pembuatannya dipanggang dalam bambu.

Foodcourt Basement

Mie Ayam Kenangan saya


Masjid Nurul Iman juga menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki Trade Mall Blok M Square. Dimana keberadaannya mendapat respon yang baik dari para pengunjung yang datang. Selain mudah dijangkau dan bersih, fasilitas ini juga memudahkan kaum muslimin khususnya untuk tetap dapat menjalankan ibadah sholat di tengah waktu berbelanja.

Akses Blok M Square yang berada ditengah pusat bisnis dapat dijangkau dengan berbagai macam transportasi. Bahkan Begitu keluar dari jalur Transjakarta mata kita langsung akan melihat gedung Blok M Square.

Aneka Camilan

Toko Aneka Pita

Tempat Pembuatan Aneka Bordir


Apakah Blok M Square tidak takut dengan persaingan bisnis yang ada ke depan ? Mengingat belanja online makin disukai masyarakat karena efisiensi waktu.

Ternyata tenant-tenant dalam Blok M Square juga ada yang menjual dagangannya secara online. Ini artinya kolaborasi antara online dan offlinepun sudah dilakukan Blok M Square melalui tenantnya. Meskipun orang datang langsung ke mall tetap menjadi pilihan. Karena ada interaksi langsung antara pembeli dan penjual.

"Kami terus bebenah yang pasti" tambah bu Meli. Seperti di Trade Mall lainnya di bawah grup Agung Podomoro ada yang difasilitasi dengan model dan juga spot untuk ambil gambar. Ini juga akan menjadi daya tarik tersendiri ke depan.

Selfie bersama bu Meli


Nah berkaitan dengan spot-spot tempat ambil gambar. Rasanya hal ini yang harus jadi agenda ke depan bagi Blok M Square untuk menghadapi tahun baru. Mengingat persaingan bisnis makin tajam.

Anak-anak muda menurut saya tetap akan menjadi target pengunjung terbanyak. Mereka ini nantinya dapat menikmati spot-spot menarik yang menjadi ciri khas Blok M Square. Dengan fasilitas spot-spot ini maka secara otomatis akan mereke bagi ke sosial media yang mereka miliki. Ini tentu akan mengundang teman-temanya yang lain untuk datang. Bahkan tidak menutup kemungkinan dengan adanya spot-spot menarik, kedepan Blok M Square akan menjadi Trade Mall yang wajib dikunjungi. Bukan untuk yang berada di wilayah Jabodetabek saja tetapi juga untuk teman-teman luar daerah. Selain bioskop, lesehan dan coffee corner yang ada.

Dan nama Blok M Square akan kembali Happening seperti awal kehadiran dulu.





Terus Bebenah menghadapi 2018 Blok M Square.
Jangan pergi apalagi mati. Agar setiap generasi dapat menikmati. Good Luck!

FB : Blok M Square
TW: blokmsquare
IG  : blokmsquare 








Comments

  1. Udah lama banget nggak ke Blok M Square. Tahun 2003 sempat main ke sana juga. Teryata skarang makin banyak perubahan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak
      Banyak banget perubahan. Tetapi kenangan akan tempat ini tidak akan berubah dalam hati tiap orang 😄

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Cocok sih buat pencari buku2 murah dan bacin2 hehehe... terakhir ke sana kok sepiiii gitu. Banyakan pedagangnya dibandingkan pembelinya. Sebagian orang masih berkunjung ke Blok M Square krn memorinya zaman dulu. Tapi lumayan lah buat krliling2 siapa tau dapat barang unik harga murah hehehe ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar. Barang-barangnya nggak kalah dengan yang ada di Mall tetapi harga lebih murah. Orang datang memang penuh kenangan. Remaja datang juga karena info orang tuanya ya hahaha

      Delete
  3. Aku belum pernah ke Blok M square, aku emang jarang belanja ke daerah belanja sih mbak, seringnya daerah bogor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh cuma next Tet pas waktu cocok ya. Makanan juga enak-enak

      Delete
  4. Blok M Square yg paling melekat adalah bioskopnya. Bioskop Blok M Square bisa dibilang bioskop yg paling lengkap dan paling lama nayangin film Indonesia. Klo dibioskop lain ngga tayang mk di Blok M Square pasti ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Benar. Enak juga nonton disini. Jadi secara tidak langsung bioskop blok m square ikut andil dukung film Indonesia ya

      Delete
  5. Sempet ini jadi tempat tongkrongan waktu kuliah, tas2 yg d Kali Lima harganya murah bangt,,, dh lama gk k sana plng cuma numpang sholat aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya hahaha abangnya enak aja buka gelaran. Aku masih ada lho tas slempang manik2 ala india. Beli 75rb dipojokannya. Sekarang ya ada didalam TM

      Delete
  6. wah karena saya bukan di jkt jd memang belum pernah ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan mampir ra. Bagus-bagus lho model bajunya.

      Delete
  7. Jadi inget dulu pernah launching buku juga di sekitaran Blok M. Dulu surganya buku dan baju ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku masih banyak mba Ley. Baju-bajunya malah jarang ada yang di online lho

      Delete
  8. belum pernah ke sana sih, tapi sering denger dari temen, biasanya dia kalau mau kulakan ya ke blok M :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar banyak yang kayak gini Sar...termasuk saya kalau puasa mulai kulakan hahaha

      Delete
  9. asiik ya tempatnya cocok u nongkrong2.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik banget na. Semua terkoneksi juga dengan transportasi jadi memang titik kumpul yang akan selalu direkomended orang.

      Delete
  10. Kalau yang saya ingat... Pernah kepleset lalu bergaya cool :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  11. Jaman ngekos setahun lalu, doyan banget main ke sini teman kosan. Bahkan nyari cincin nikah pun di sini, tahun lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lengkap ya. Saya suka nonton dan makan soto juga mie ayam

      Delete
  12. karna sekarang serba online, belanja pun lebih baik via online . ga heran toko offline kena dampaknya. tinggal pintar-pintarnya penjual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup TM blok M juga bebenah nih ya. Bagaimana tetap menjaga namanya ada di hati tiap orang untuk datang dan belanja atau sekedar nongkrong-nobgkrong

      Delete
  13. Ke Blok M Square itu biasanya nonton film Indonesia. Di sana film Indonesianya lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pa akupun kalau udah ketinggalan film Ind yang bagus dan belum nonton ya kesini

      Delete
  14. Blok M Square ini kenangan banget buat saya Mbak. Tahjn 2006an saya kerja di daerah Kebayoran, dan Blok M ini tempat makan dan jalan jalan selepas jam kantor. Hari Minggunya jalan jalan bareng temen kos makan pizza di situ. Eeuy jd kangen, udah lebih dari 10 tahun gak ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semoga tulisan ini menjadi obat kangen dirimu ya mba Astin

      Delete
  15. Replies
    1. iya bunda. Central bisnis juga. Tempat kumpul-kumpul

      Delete
  16. Aku inget Blok M Square inget XXI dan lift yg jatuh beberapa waktu lalu, bikin heboh kan tuh beritanya. Jarang si main kesana tapi memang wilayah populer kalau buat janjian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Alhamdulillah udah ditangani cepat ya. Iya paling gampang memang. Orang nggak akan bingung atau nyasar

      Delete
  17. Asikkk buat belanja tapi harus banyak yang dibenahi sih supaya pengunjung betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...kan terdeteksi dari suara. Eh. Main-main pril. Belum gaul kalau nggak kenal blok m

      Delete
  18. Wkwkwkkw keselek umurku ditulis 23 :P
    Iya ih aku belum pernah ke Blok M mbak, blm ada kesempatan. Tapi suamiku suka beli komik/ buku bekas di sana. Moga2 kapan2 bisa ke sana. Moso udah jd org Jkt gk tau blok M hehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha belum orang Jakarta kalau nggak tahu blok M Square

      Delete
  19. Walau udah mulai sepi, Blok M Square ini banyak meninggalkan banyak kenangan buat banyak orang, Mbak Gita. Iconic banget deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya masih suka perhatiin tukang donat yang keliling hahaha

      Delete
  20. Duuuh tempat tongkrongan ngehits di tahun 90an nih. Kebetulan rumah almarhum kakek nenek di daerah Mampang dan tiap minggu kami selalu berkunjung ke sana dari zaman aku SD sampai SMA. Terus aku selalu diajak ke Blok M sama kakak-kakak sepupu, termasuk ke Blok M Square (Melawai dan Aldiron) untuk cari makan, numpang baca buku di Gramedia, dan cari barang-barang murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lengkap banget ya kenangannya. Nggak habis-habis dihati tiap orang ini tempat. Smoga kedepan akan ada juga inovasi2 dari blok m square biar jadi kenangan kids zaman now juga

      Delete
  21. Weew.. Tempat mainku ini dulu jaman kuliah. Beli buku2 murah juga banyaaaak dibawah. Belum kalau beli jeans tas dan sepatu. Demen banget kau sudah kemari.asal tau harga dan pinter nawar pasti dpt harga murah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget memang ya tawar menawar harga buat dapetin produk2 yang bagus.

      Delete
  22. Blok M= Bakal lokasi mejeng, inget banget tahu Blok M dari filmnya Dessy Ratnasari, sampai sekarang belum pernah kelilingin Blok M, temen-temen aku banyak yang punya kenangan sama Blok M, soalnya ini kan tempat yang hits banget, orang dari mana-mana datang, belum keren kalau nggak tahu Blok M 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dari bubur ayam sukabumi. baca buku. makan sepotong black forest sampai mie ayam yang antriannya ampyun. Jadi kenangan yang indah. Akh mie ayamnya masih ada tuh difoodcourt

      Delete
  23. duileeee jadi pengin nyemil2 cantik di pujasera blok m square, ini deket sama kantor lamaku di jalan sambas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga gileee nasgor andalannya tomatnyanya banyak dengan telor ceplok hahaha

      Delete
  24. Aku belom pernah ke Blok M Square kakak GIta, pernah hampir nyasar doang sih, hhhha. Cuma kalau deneger kata Blok M, ya tahunya tempat hengout, maka, belanja, temenku sering ke sana, karena dekat dengan tempat kerjanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba databglah sekali-kali bakal ketemu barang2 unik yang nggak ada ditoko online

      Delete
    2. Coba databglah sekali-kali bakal ketemu barang2 unik yang nggak ada ditoko online

      Delete
  25. aq ke blok M square ini baru sekali itu pun pas aq masih SD hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha udah lama banget ya. Ayuk main lagi. Kalau sore lesehannya udah mulai pada buka lho

      Delete
  26. Aku klo kesana pasti makn soto yang disebrang AH itu loh mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya yang betawi ya ada juga kuah beningnya hahaha...yang tukangnya ogah anterin kalau duduknya bukan dekat areanya

      Delete
  27. Walau saya gak tinggal di dekat sana, tapi sayabtahu blok M Loh... Lihat di berita banyak. Hehe. Terus kata orang2 harga barangnya murah2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya baju sepatu tas ada. Karena pedagang-pedagang kaki lima yang dulu berjejal kan ditampung. Termasuk UKM2 dengan produknya yang murmer

      Delete
    2. iya baju sepatu tas ada. Karena pedagang-pedagang kaki lima yang dulu berjejal kan ditampung. Termasuk UKM2 dengan produknya yang murmer

      Delete
    3. Wah asyik ya kakak belanja kesana

      Delete
    4. Murah dre. Seru dapat barang yang sama kayak di mall

      Delete
  28. Tempat nonton kesukaan, soalnya harga cinemanya masih muraahh.. Di bawah ada warung kopi, ada buku. Lengkap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahaha kalau ketinggaln film Indonesia yang bagus-bagus aku lari ke sini. Ada pisgor juga sama ganas turi di bawah ya

      Delete
  29. Yang aku suka dari Blok M itu... Bioskopnya yang masih eksis dan baik sama film Indonesia, seneng kalau ntn di sana... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lumayan panjang kalau tayangin film Indonesia ya. Aku selalu nonton di sini kalau ketinggalan film Indonesia yang bagus

      Delete
  30. Waktu masih sma aku suka bolak balik beli buku 2nd ke blok m square, belanja juga, baju-baju murah meriah euy. Kalau saja rumah ku masih di jakarta selatan aku pasti bakal bolak balik kesini :) jadi kangen masa-masa itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hahaha pernah ajak teman juga yang suka nongkrong tapi belum pernah belanja. Begitu tahu model2 bajunya lebih update dari yang online langsung borong.

      Delete
  31. Menurutku Blok M Square masih rame ya dibandingkan pusat perbelanjaan lainnya di Blok M. Penasaran dengan kios bukunya nih, beberapa kali ke Blok M belum sempat mampir. Apakah banyak komik dan novelnya? Salam mba Gita:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak! masih menunggu kau datang kak 😄

      Delete
  32. Aku dulu pengunjung setia pasar blok M, tempat favorit ke gramed (secara kost di mayestik) skrg bertransformasi menjadi Blok M Square --kereeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dulu aku suka ke mataharinya terus ayahku suka beli lemang yang abangnya keliling tiap koridor pasar

      Delete
    2. iya tempat yang banyak jadi kenangan orang semoga jangan sampai hilang. Tetapi berinovasi terus agar tiap generasi dapat menikmatinya

      Delete
  33. Emang Blok M-nya mau pergi ke mana mbak? Boleh aja sih pergi, tapi perginya ke hatimu. Eaaaa 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan atut aja pergi di tengah issue banyak tempat-tempat sejenis pada tutup

      Delete
  34. Ko..saya ga ditanyain. Biar dikata jauh dari ujung ke ujung, dulu ke blok M jadi agenda rutin tahunan utk liat festival jepang.
    Hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha entar deh survey TM yang lain. Nah iya hinggar bingar festival saat itu masih membekas ya

      Delete
  35. Hmm aku jarang ksana. Ini yg mana jg bingung. Taunya di blok M aja. Anak bogor hehe. Mudah2an ada konsep baru yg membuat trmpat ini jd ramai ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akh kudu tahu kalau ke Jakarta kak. Lokasinya terkoneksi ke segala penjuru

      Delete
  36. Tempat jalan2, makan sm temen2. Aku punya soto favorite disana,soto albayan. Tempat belanja baju murah, Mesjidnya jg enak banget.
    Semoga ramai lagi oleh pengunjunh ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. i hope so. Selalu ada banyak cerita dan kenangan ya akan tempat ini. Semoga ke depan sarat dengan inovasi-inovasinya

      Delete
  37. huaaaa....blm pernah kesampaian ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoke nek waktu cocok siap menemani belanja di sini ya mba e 😄

      Delete
  38. Mau banget lah dolan ke Blok M Square, apalagi ama mba Gita Siwi yipiiii
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap antar lah guide dari pintu manapun turis mau datang hahaha

      Delete
  39. Aku kalau ke Blok M Square paling suka ke masjidnya :D

    ReplyDelete
  40. Wajah baru ya ini.. jadi pengen mampir ke blok M deh.. tapi kapan ya.. banyak kenangan masa muda disana hihi lokasi ini sebenarnya potensial, tinggal bagaimana mengelola dengan baik.

    ReplyDelete
  41. Lah udah komen di mari jadi komen lagi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright