Dengan Toss Indonesia Bebas Tuberkulosis di Tahun 2030

Udah banyak yang tahu belum ya kalau setiap tanggal 24 Maret diperingati sebagai hari TB (Tuberkulosis) sedunia? Nah dalam rangka peringatan hari TB sedunia kemarin Kemenkes mengelar puncak peringatannya dengan berbagai acara, mulai dari workshop, cek kesehatan gratis hingga olah raga bersama di silang Monas Jakarta.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek memberikan penghargaan [Foto:Dokpri]


Acara di buka dengan tarian Betawi kemudian di susul dengan pengumuman pemenang lomba vlog dan video tentang Tuberkulosis. Juga ada penayangan video penemuan Tuberkulosis yang terintegrasi dengan masyarakat, pembacaan deklarasi komitmen oleh tim pengerak PKK Jakarta Pusat, pemyerahan alat kesehatan audio metri, sekaligus juga pemberian penghargaan kepada Puskesmas, Rumah Sakit serta kader-kader terbaik dalam menanggulangi kasus TB.

Apa itu TB?
TB atau Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis). Kuman ini menyerang tubuh manusia, terutama pada paru. TB bukan penyakit turunan, bukan disebabkan oleh kutukan ataupun guna-guna.

Gejala penyakit TBC :
  • Batuk baik berdahak ataupun tidak
  • Demam meriang berkepanjangan
  • Batuk berdahak bercampur darah
  • Sesak nafas dan nyeri dada
  • Berkeringat tanpa sebab
  • Badan lemas tak nafsu makan
  • Berat badan turun
Bagaimana Penularan TB?
Kuman TB keluar ke udara (melalui droplet/percikan dahak) pada saat penderita TB batuk, bersin atau berbicara. Nah kuman TB yang keluar, terhirup oleh orang lain melalui saluran pernafasan. Jika daya tahan tubuh lemah orang tersebut menjadi sakit TB, jika daya tahan tubuh kuat orang tersebut tidak akan langsung sakit TB


Gejala Tuberkulosis (TB) 


Ibu Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dalam pengarahannya dan teleconference dengan beberapa kabupaten yang ada di Indonesia mengatakan "Jangan malu kena TB. Tenaga kesehatan dan masyarakat lakukan pendekatan keluarga untuk menemukan penderita TBC lalu obati. #TOSSTBC

Booth WHO


Dengan Temukan, Obati Sampai Sembuh (TOSS) di harapkan pada tahun 2030 Indonesia susah bebas dari penyakit Tuberkulosis (TBC)

Booth-booth yang hadir dalam peringatan hari Tuberkulosis sedunia juga banyak di serbu undangan yang hadir. Seperti booth Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Kemenkes. Yang mengedukasi dengan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) juga manfaat berhenti merokok. Juga booth-booth lain yang memberikan pelayanan cek kesehatan secara gratis.

BloggerCronny dukung #TOSSTBC




Yuk kita dukung gerakan masyarakat menuju Indonesia bebas Tuberkulosis


Comments

  1. Hayuk kita bantu sosialisasikan agar Indonesia bebas TB ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk! kita peduli kesehatan dari yang paling dekat ya yaitu keluarga.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright