Politik Buat Anak Muda Itu Keren

Usia muda bukan satu halangan untuk menjadi pemimpim negara. Walaupun banyak yang bilang belum cukup pengalaman, apalagi memimpin negara, namun melalui pemilihan umum akhirnya pandangan ini terpatahkan. Kita lihat saja Emmanuel Macron yang baru saja terpilih menjadi Presiden Perancis. Macron tercatat sebagai pemimpin termuda dalam sejarah Perancis. Pada usia 39 tahun, Macron di percaya untuk mengemban tugas sebagai Presiden. Usia Macron setahun lebih muda dari Napoleon Bonaparte ketika menjabat sebagai Presiden Perancis pada tahun 1848.
Di Kanada ada Perdana Menteri, Justin Trudeau 43 tahun yang wow kalau melihat parasnya. Lantas bagaimana dengan Indonesia?


Banyak yang bilang, mungkin termasuk teman-teman di sini, kalau politik di Indonesia itu kotor, jahat, banyak jeleknya ketimbang bagusnya. Dan tidak ada yang menjamin satu orangpun, karena siapapun yang masuk ke dunia politik akan bisa mengubah dunia politik menjadi bersih atau minimal seperti yang kita inginkan. Kira-kira begitu ya?
Meskipun semua ini ya tidak akan berubah kalau tidak ada yang berani memulai dan mencoba. People talks about how wrong is politics, but no one wants a dirty hand.
Kadang saya berfikir, ada ya anak muda yang rela meninggalkan kariernya yang bagus di TNI untuk mengubah haluan menjadi pemimpin negara? 
Baru sekitar 1,5 tahun AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) masuk jalur politik. Tetapi langkahnya sudah diperhitungkan di tingkat nasional bahkan menjadi perhatian beberapa negara sahabat. Banyak yang mencibir AHY belum matang, saya ya senyum-senyum aja. Pun seorang Sebastian Kurz juga dicibir ketika usia 24 tahun jadi menteri termuda di Austria. Ada juga Muhammad Al Fatih yang beberapa abad lalu menaklukan Bizantium di usia 21 tahun. Dan mengubah sejarah  dunia.
AHY sepertinya melihat bahwa harapan akan Indonesia yang lebih baik, lebih adil, lebih sejahtera, lebih demokratis itu benar adanya dan sudah menjadi kewajiban generasinya untuk memperjuangkan itu. Kalau kita lihat AHY seperti mendapat energi dan semangat yang luar biasa dari setiap orang yang ditemuinya, lintas profesi. 
Dan dia ingin mengajak kita, saya dan anda, teman, keluarga, masyarakat untuk bersama-sama membuat politik kita adalah politik yang baik, politik yang menarik bagi anak muda untuk anti politik. Karena politik itu sebenarnya keren.
AHY dipercaya partainya untuk menjadi "Panglima Perang" Menyiapkan tujuan besar yang bergemuruh di dalam dadanya untuk dapat menghadirkan politik yang keren, meskipun ia sadar bahwa saat ini politik dipersepsikan sebagai sesuatu yang kotor, jahat dan sebagainya. 
 Pun dia sadar, tidak dapat melakukannya sendirian, perlu semangat-semangat muda, dengan warna baru yang lain yang bisa ikut mencoba mengubah apa yang kita persepsikan selama ini mengenai politik. 
Ia nampaknya ingin membuat warna baru di politik dan memulai perubahan ini. Ia ingin politik itu keren

Comments

  1. Kalau memandang dari soal AHY saya punya pandangan berbeda. Karena militer itu kan sudah disumpah, terus dibiayai oleh negara. Selesaikan dulu masa mengabdinya, jika sudah pensiun bolehlah. Kalau militer seperti itu nantinya ,aduh tidak terbayang seperti apa negara ini. Itu sudut pandang dari saya.
    Dan anak muda harus mengerti soal politik dan harus belajar. Karena masa depan negara ditangan mereka. Anak mudah berani mengambil sikap yang lebih berani, biasanya.
    Negara ini memang perlu penyegaran biar ada regenerasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas terima kasih sudah mampir. Yup! butuh penyegaran yang tidak semata segar ya mas ☺

      Delete
  2. Yang muda yang berkarya ya mbak B-)

    ReplyDelete
  3. Anak muda di Indonesia masih banyak yang menghindari ranah politik padahal politik salah satu cara membangun negeri

    ReplyDelete
  4. Generasi Muda penerus bangsa.... musti mendapat ilmu politik agar bisa regenerasi memperjuangkan cita2 bangsa.

    ReplyDelete
  5. Jika tidak ada orang baik yg turun tangan untuk politik "kotor" maka selamanya politik akan dianggap seperti itu ya ka.. yuk ah anak muda yg maju berpolitik

    ReplyDelete
  6. Generasi muda harus bisa melakukan perubahan yang berarti demi kemajuan bangsa dengan inovasi :)

    ReplyDelete
  7. Generasi muda memang harus paham akan politik, sejatinya politik baik muda ataupun tua tetap ujung-ujungnya akan mengabdi pada rakyat. Muda, bukan berarti tak paham politik.

    ReplyDelete
  8. Senang jika melihat anak muda terlibat langsung dalam kancah politik dan menjadi motor penggerak bagi yang lain untuk kepentingan tanah air tercinta.

    ReplyDelete
  9. Inget dulu jaman kuliah aku ikut bikin puisi demo dengan orde baru wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Aku juga kaget loh pas tau AHY mundur dari TNI... Tapi dari situ keliatan bgt ya keyakinannya... Salut deh ama AHY

    ReplyDelete
  11. Hmmm,memang politik itu perlu dipelajari agar net cari pemimpin jangan yang modal janji sana sini, tapi nggak ada yang ditepati.

    ReplyDelete
  12. Yang muda biasanya pemikirannya masih segar yaa Mbaa, walau ada juga anak muda di daerahku yang memilih berpolitik karena ikut-ikutan saja, hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright