Ibu Hamil Harus Waspada Terhadap Hepatitis B

Akun @bluelandtravelmate bertanya "Hepatitis itu sama nggak sih dengan sakit kuning (pre hepatic)?

Pertanyaan ini diajukan pada hari Hepatitis sedunia (HHS) yang diperingati setiap tanggal 28 Juli yang bertujuan agar masyarakat makin meningkatkan perhatian, pengetahuan dan kepedulian. Karena penyakit Hepatitis merupakan masalah kesehatan dunia yang serius.





Mengangkat tema "Deteksi Dini Hepatitis Selamatkan Generasi Penerus Bangsa" Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan rangkaian kegiatan, seperti temu blogger, media, dialog interaktif, media KIE, dan pameran kesehatan. Dan puncaknya nanti akan dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2018 di Rusunawa Rawabebek Pulogebang Jakarta Timur. Yaitu dengan senam bersama, dialog interaktif, deteksi dini Hepatitis B, pameran kesehatan, penyebarluasan media KIE (leaflet, brosur, buku saku), panggung hiburan rakyat serta door prize dengan melibatkan 200 peserta.

dr. Wiendra Waworuntu, M. Kes "Hepatitis adalah peradangan paru. Hepar (hati) dan itis (radang). 1dari 10 penduduk Indonesia mengidap Hepatitis B. Tetapi banyak orang tidak menyadari sampai saat muncul komplikasi (terlambat)"

Indonesia telah melakukan upaya pengendalian Hepatitis B sejak tahun 2014 dengan melakukan Deteksi Dini Hepatitis B (DDHB) pada provinsi DKI Jakarta. Tahun 2015 pada beberapa provinsi pengembangan dan tahun 2016 DDHB sudah dilaksanakan secara nasional. 

Pilot project Deteksi Dini Hepatitis B pada ibu hamil. Kenapa pada ibu hamil? Karena ibu adalah pembawa gen pada anaknya. Jadi kegiatan DDHB ini meliputi pemeriksaan untuk mengetahui status hepatitis B, apabila statusnya reaktif maka dilakukan pemantauan sampai bersalin. Anak yang lahir dari ibu hamil yang status hepatitis b reaktif akan diberikan HB0(dosis lahir) dan HBIG sebelum 24 jam.



dr. Wiendra Waworuntu, M. Kes [foto:dokpri]




Pencapaian Pengendalian Hepatitis di Indonesia (2016-2018)
  1. Sosialisasi faktor risiko penyakit hepatitis di 34 propinsi
  2. Melakukan Imunisasi rutin Hepatitis B pada Bayi di 34 propinsi dengan pencapaian 93,5%
  3. Deteksi Dini Hepatitis B sudah dilakukan di 34 provinsi dan 244 kab/kota
  4. Telah dilakukan Deteksi Dini Hepatitis B sebanyak 742.767 ibu hamil dan berhasil memproteksi 7.268 bayi terhadap ancaman penularan vertikal dari ibunya.

Diharapkan tahun 2019 setiap kabupaten kota di Indonesia sudah harus melakukan Deteksi Dini Hepatitis B. Dan kita harus bangga terhadap vaksinasi yang sudah dilakukan sejak tahun 1997.Perlu menjadi perhatian bayi lahir 24 jam vaksin harus segera diberikan.

Semoga DDHB pada tahun 2030 B dan C terutama dari ibu pada anak sudah terpenuhi.

"Banyak orang nggak sadar kena penyakit hati, karena kalau udah parah baru akan muncul gejala-gejalanya. Jadi sekarang bagaimana kita #DeteksiDiniHepatitisB. Obatnya sudah tersedia bahkan bisa pakai KJN. Tinggal kitanya mau atau tidak. Mencegah Hepatitis maka kita mencegah kanker hati. Karena anak akan rentan kalau ibunya positip Hepatitis B yang tertular pada saat melahirkan. Kalau seorang anak tertular sejak bayi maka pada usia produktif akan mengalami kanker hati. Bisa dibayangkan ya waktu dan biaya yang harus disediakan. Hepatitis obatnya dalam bentuk oral dan sudah tersedia.Hepatitis A,B,C ini adalah nama virusnya dan nggak akan pindah seseorang dari Hepatitis A ke B atau ke C atau sebaliknya" dr. Dr. Andri Sanityoso Sulaiman SpPD-KEGH, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI).


dr. Dr. Andri Sanityoso Sulaiman


Penularan yang paling sering terjadi Hepatitis B adalah secara vertikal yaitu ibu ke anak. Belum tentu juga semua akan kena pada anaknya yang lain tetap ada pembawa virus.


Beda dengan Hepatitis C yang tidak masuk inti sel dan tidak membawa kanker. Maka resiko tinggi akan terjadi pada ibu yang menghidap Hepatitis B yang mengakibatkan kanker.


Penularan Hepatitis [foto:dokpri]


Hepatitis kena pada bayi karena bayi belum memiliki anti bodi. Jadi yuk kita urut dalam turunan ibu kita siapa2 yang kena dan pembawa virus  karena hepatitis B lebih berbahaya dari virus HIV. Ini karena virus masuk langsung pada sel tubuh anak.

Kalau antibodi kita nggak ada maka wajib di vaksinasi. Karena kalau kena kita sudah siap antibodinya. Jadi untuk ibu hamil harus waspada terhadap Hepatitis B.


37 comments :

  1. Ibu hamil emang harus waspada, apalagi penyakit serius macam gini. Soalnya emang ngeri ketularan ke janin dalam kandungan, bisa cacat atau meninggal, naudzubillah

    ReplyDelete
  2. Serem banget kanker hati. Adik ipar kakekku jg meninggal karena kanker hati ini.

    ReplyDelete
  3. Hepatitis ini sejak 30 tahun lalu udah digaungi termasuk penyakit yg harus diwaspadai dan dicegah krn memang bahaya banget akibatnya, termasuk buat bumil

    ReplyDelete
  4. Ya Allah serem banget deh mba kalau ibu hamil kena hepatitis gitu. Karna kan ngak hanya mengancam satu tapi dua nyawa. Semoga dengan membaca tulisan ini jadi lebih teredukasi ya mba

    ReplyDelete
  5. Bener bgt ini Mba Git, ibu hamil hrs waspada dgn hepatitis terutama virus hepatitis B. Hrs lebih protect lagi terhadap kebersihan dan kesehatan diri sendiri karena akan sgt berpengaruh pada janin yg dikandung. Hepatitis B ini lebih menakutkan drpd HIV AIDS

    ReplyDelete
  6. Noted banget buatku yang sedang hamil, memang banyak hal yang harus dipastikan dari semenjak mengandung. Itu mengapa cek lab rutin itu penting ya Mba. Mending mahal di awal tapi untuk kebaikan Ibu dan Anak di masa depan. Makasih sharingnya ya Mbaaa :*

    ReplyDelete
  7. Haduuuh, denger Hepatitis B saja rasanya serem, sekaligus sesih.
    Jadi ingat bapak aku, juga kena Hepatitis.
    Semoga kita dijauhkan dari sakit ini ya

    ReplyDelete
  8. Lebih berbahaya dari HIV, duh ngeri banget ya. Kalau ada ibu hamil yg kena kasihan janinnya. Muridku juga sempet kena hepatitis, dia malah masuk sekolah katanya ga betah bosen di rumah. Duh, kusuruh balik deh, soalnya badan dan matanya pd kuning gitu.

    ReplyDelete
  9. Banyak orang yang belum tau mba termasuk saya, biasa taunya hanya hepatitis dan Hepatitis b sangat berbahaya

    ReplyDelete
  10. Kak Gita informasinya edukatif sekali. Sepupuku sekarang sedang hamil muda 3 bulan. Segera aku informasikan perlunya waspada terhadap Hepatitis B

    ReplyDelete
  11. Waah kok ngeri yaa, tapi dengan tulisan ini wawasan aku jadi lebih luas lagi terutama soal hepatitis. Ternyata kalau tidak segera ditangani bisa berdampak buruk sekali ya. Ini penting juga disampaikan buat para ibu yang berencana hamil mungkin ada baiknya ya medical check up dulu biar ketahuan dari awal dan bisa segera ditangani.

    ReplyDelete
  12. Sakit kuning kadang dianggap sakit biasa ya mbak. Jadi sekarang harus aware, bisa jadi itu sebagai gejala kanker hati. Makasih ulasannya

    ReplyDelete
  13. Cara deteksi dininya gimana ya mba? Kujadi khawatir

    ReplyDelete
  14. bisa jadi pengetahuan nih buat yang belum menikah. karena bisa jadi pembelajaran sebelum menikah dan mempunyai anak. terimakasih informasinya ka 😊 semoga kita senantiasa untuk hidup sehat.

    ReplyDelete
  15. Ndak bisa penyakit apapun dianggap enteng. Harus selalu waspada dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan. Semoga kita semua dilindungi oleh Allah Swt.

    ReplyDelete
  16. Hepatitis pun ada tipe2nya ya.. Plus sepaket ancamannya.. Syukurlah ada deteksi dini utk itu

    ReplyDelete
  17. Menakutkan yaa Hepatitis ini, jadi parno nih saya ��

    ReplyDelete
  18. Banyak orang nggak sadar kena penyakit hati, karena kalau udah parah baru akan muncul gejala-gejalanya. Deteksi dini hepatitis penting banget. Terutama buat yang punya keturunan garis vertikal sangat berisiko. Tks infonya, mbak Gita.

    ReplyDelete
  19. Asli baru tahu lebih detil soal Hepatitis B ini. Miris juga ya. Ternyata lebih gampang nular daripada HIV. Semoga edukasi2 seperti ini semakin banyak. Biar masyarakat lebih aware lagi.

    ReplyDelete
  20. Benernya penularannya hepatitis dari ibu ke anak itu emang harus jadi fokus semua belah pihak. Bukan hanya petugas kesehatan, tapi kita selaku masyarakat juga harus mau untuk melakukan pemerikasaan rutin.

    ReplyDelete
  21. Baru tahu. Jadi penyebabnya virus ya? Dulu kantor tempat saya kerja nggak mentoleransi kalau ada pegawainya yang kena hepatitis dari hasil tes kesehatannya. Bakalan nggak bisa diangkat jadi karyawan tetap sampai kapanpun. Ujung-ujungnya akan diminta keluar.

    ReplyDelete
  22. Ngeri ya mbaaakk... Soalnya jg berdampak pd janin.
    Ternyata utk hepatitis jg ada deteksi dininya ya. Btw gk mesti hamil kan buat cek? Trus yg terpenting menjauhi faktor risikonya ya mbaakk TFS

    ReplyDelete
  23. Tetanggaku sakit ini sekarang sedang berobat kemana2. Kalo ponakan udah meninggal 3 tahun lalu.

    ReplyDelete
  24. Dari hepatitis B bisa jadi kanker hati ya mba.. Ya Allah ternyata penyakit ini ganas juga. Ibu hamil memang harus selalu waspada dan hati2 sama kondisi tubuhnya ya. Pemeriksaannya rutin jadi penting banget buat bumil..

    ReplyDelete
  25. Aduh bacanya serem ya mba, ternyata Hepatitis B lebih bahaya dari HIV, aku baru tahu. Dulu aku menyangka HIV adalah penyakit menular yang paling berbahaya. Semoga kita terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya itu ya mba. Aamiin....

    ReplyDelete
  26. Betul banget, kesehatan ibu hamil itu prioritas utama ya Mba. Karena sangat mempengaruhi calon bayi.

    ReplyDelete
  27. Banyak ya yangharus diwaspadai ibu hamil, termasuk masalah hepatitis ini ya, mudah2an para bumil sehat selalu yaaa

    ReplyDelete
  28. Aku baru tahu kalau hepatitis B lebih bahaya dari HIV >_< makasih sharingnya mba, jadi bisa prepare nanti kalau berumah tangga ^^

    ReplyDelete
  29. Trrnyata bner y hepatitis B pnyakit yg mesti di perhatikan serem. Jaga pola hidup dn cek ksehatan yg trutama

    ReplyDelete
  30. Menyeramkan ya virus hepatitis B ini. Ibu hamil memang ekstra wajib menjaga kesehatan diri demi janin dan dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  31. Serem ya virusnya ,,aku pikir HIV paling berbahaya tapi ternyata ada lagi virus yang berbahaya.

    ReplyDelete
  32. Ibu hamil berisiko banget ya dengan hepatitis B, semoga semakin banyak ibu yang aware dengan hal ini sehingga penularan hepatitis B tidak terjadi lagi

    ReplyDelete
  33. keren banget nich informasinya sangat menarik, saya suka tulisannya

    ReplyDelete
  34. Penyakit yang sungguh menular dan tentunya sangat berbahaya kalau penularannya dari Ibu ke Anak yang ada dalam kandungan. Perlu pencegahan dini dan harus jaga bener kebersihan dan makanan

    ReplyDelete
  35. Semoga kedepannya Heptitis B ini bisa menurun jumlahnya ya. Sedih juga melihat jumlah penderitanya yang cukup banyak dan apalagi resiko terhadap ibu hamil.

    ReplyDelete
  36. Untunglah saya kemaren disarankan untuk cek darah lengkap dan alhamdulillah negatif hasilnya untuk hepatitis ini, semoga masyarakat lebih aware lagi untuk penyakit yang satu ini

    ReplyDelete
  37. Seram ya, bumil memang harus jaga kesehatan demi janin

    ReplyDelete