Kopi Sugeng Cita Rasa Kopi Indonesianya Dalam Banget!

"Mas biasanya apa sih yang pertama kali orang tanya pas baru pertama kali kenal kopi"?

Simbol Wayang Indonesia [dokpri]

"Pahit atau nggak, mbak. Padahal kopi itu akan mengeluarkan aroma buah-buahan terutama kopi yang berasal dari Timur dan Jawa"?




Dialog ringan saya pada salah satu barista yang ada di Kopi Sugeng Indonesia sore itu,  menjadi bukti bahwa selain ingin memberikan layanan rasa terbaik, barista- barista profesional ini juga berbagi ilmu pengetahuan dengan menjawab keingintahuan pengunjung yang datang.



Launching di Mall Bassura [dokpri]

Saya bayangkan juga nantinya akan banyak pertanyaan-pertanyaan lain dari konsumen yang datang sambil menunggu proses pembuatan kopi yang di pesan. Seperti ;

" Apa yang dimaksud special tea kopi?
" Robusta dan Arabica itu apa bedanya sih?
" Belajar kopi itu apa-apa aja sih ? Apakah kita akan diajarkan juga cara petik tanam dan pasca tanam?
"Aroma kopi yang baik itu yang bagaimana? Apakah suhu dan waktu juga berperan?
"Barista kalau nuang air ke kopi itu ada tekniknya ya?

Kira-kira pertanyaan-pertanyaan ini yang mungkin akan ditanyakan ya?

Barista profesional dari Kopi Sugeng Indonesia nggak segan-segan menjawab pertanyaan kita entah kita penikmat kopi pemula atau Coffee Addict.



Barista in action [dokpri]

Sambil menunggu pesanan, mata kita sudah dimanjakan dengan display kopi dalam toples-toples kaca dari berbagai daerah di Indonesia, yang tentu saja semakin bikin otak kita ingin tahu bagaimana rasa kopi asli Indonesia ini ketika sampai di lidah.

Saya sempat mencoba biji kopi langsung yang belum digiling. Wah ternyata rasanya Crunchy! 

Aroma kopi yang harum ditambah dialog hangat dengan barista melalui layanan terbaiknya menjadi sesuatu yang mengasyikan ketika kita datang ke kedai Kopi Sugeng Indonesia yang ada di lantai 2 Mall Bassura. Artinya sambil menunggu kopi kita dibuatkan, kita dapat ilmu langsung tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kopi. Sungguh sebuah kedai kopi yang sangat mengedukasi pengunjung yang datang.




Kedai Kopi Sugeng di lantai 2 [dokpri]

Sebagai pendatang baru di industri Kopi Indonesia, Kopi Sugeng Indonesia memiliki komitmen untuk turut berperan aktif melestarikan Kopi Asli Indonesia.

Konsep "Coffee Ecosystem" inilah yang memang akan menjadi tujuan Kopi Sugeng Indonesia. Dimana selain membuka jaringan kedai kopi atau Coffee Bar, juga berkomitmen dalam mengembangkan konsep edukasi/pendidikan dan sertifikasi untuk profesi Barista, Trading dan Retail Biji Kopi, Event Organizing, Coffee Industries dan Konsultan.


Blogger in action,cheers! [dokblogger]


Tanggal 16 September 2018 Kopi Sugeng Indonesia membuka kedainya yang ke 2 di Mall Bassura Jakarta Timur. 

" Bisnis kopi di Indonesia saat ini semakin marak. Persaingan adalah hal yang wajar. Tapi memang masing-masing beda dan strateginya. Di Kopi Sugeng Indonesia kita dapat belajar kopi dari hulu sampai hilir. dibuat seperti sistem belajar yang semua orang bisa. Bahkan anak SMA yang mau buka Coffee Bar juga bisa. Karena bagaimana kita mau buka bisnisnya kalau kita nggak tahu kopinya. Mending kita yang majuin kopi kita sendiri. Berbagai komunitas juga ngopi sambil ngobrol-ngobrol di sini "kata mas Aji Manager Marketing Kopi Sugeng Indonesia.

Memiliki 20 macam kopi seperti Aceh Gayo, Papua Wamena, Flores Bawaja, Jawa, Bali, Sumatera dan Luwak.  Ditambah ratusan varietas kopi rasanya Kopi Sugeng Indonesia akan memanjakan pecinta kopi. Khususnya pencinta kopi Indonesia.

"Kopi Sugeng Indonesia juga bekerjasama dengan jaringan petani kopi dari seluruh pelosok nusantara, supplier alat kopi lokal terbaik dan para pemerhati kopi Indonesia seperti: profesional barista, pelaku bisnis kopi Indonesia, pemerintah, reviewer, blogger, media, dan lain-lain yang diharapkan secara bersama-sama dapat memajukan industri Kopi Indonesia baik secara lokal maupun internasional"tambah mas Aji.

Saya membayangkan bagaimana pemiliknya yaitu pak Sugeng yang humble juga akan dengan senang hati menemani para konsumen yang datang ke kedainya. Bukan hanya untuk menikmati cita rasa Kopi asli Indonesia yang kental. Tetapi juga tentang makna dan filosofinya di balik nama Sugeng. 

Dengan harga terjangkau dan kwalitas kopi terbaik rasanya mimpi pak Sugeng untuk menghadirkan 50 kedai kopi tahun ini dan sekaligus memasyarakatkan kopi Indonesia di negeri sendiri bakal terwujud. Insya Allah. Aamiin.

Belajar menikmati kopi sampai dalam itu bukan khayalan. Mulai dari seruput kopinya, otak kita akan dibawa pada daerah mana asal kopi ini?Seperti ketika kita masuk ke kedai Kopi Sugeng dengan cita rasa kopinya yang Indonesia banget!  

More info :
Instagram @KopiSugeng
Baca juga Kopi Sugeng Mengajak Blogger, Media Dan Reviewer Memajukan Industri Kopi Indonesia

22 comments :

  1. Seneng banget baca ulasan mbak Gita tentang kopi Sugeng yang Indonesia banget. Jadi percaya, bahwa Indonesia ini memang negeri yang kaya dan makmur. Semoga usaha owner kopi Sugeng menggaet petani kopi berkah ya mbak amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak ya mba. Kopi kita itu luar biasa enaknya ya. Aamiin

      Delete
  2. Kopi sugeng kedai kopi yang tidak hanya menyajikan secangkir kopi tapi juga secangkir ilmu pengetahuan tentang betapa luasnya keinginantahuan pelanggan kopi untuk mengetahui seluk beluk kopi. Pengenalan kopi maka harus mengenal indonesia secara dalam yang tanah tumbuh subur menanam kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget mpok. Ini memang visi misi dari pak Sugeng. Bagaimana dia dulu juga bisa ngopi sambil berbagi informasi.

      Delete
  3. kopi minuman hangat untuk semua, terima kasih ulasannya

    ReplyDelete
  4. Suka amazing kalau lihat barista yang meracik kopi disertai dengan atraksi. Wow gitu... Meski belum tahu hasil racikannya rasanya seperti apa. Iya, soalnya saya tidak ngopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini dalam banget ilmu mereka karena mereka juga nggak mau orang datang itu nggak merasakan nikmatnya kopi sampai dalam. Coba aja kak sekali kali

      Delete
  5. Penasaran nih jadinya sama cita rasa kopi sugeng. Bisa jadi pilihan buat coffee break selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya rasa otentik kopi Indinesia berpadu dengan sikon kekinian jadinya adalah suguhan kopi yang dalam.

      Delete
  6. Namanya indIndone banget ya..jadi penasaran nih sama rasa kopinya. Btw itu kopinya masih fresh GT ya jadi di giling disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mel...liat langsung kita preparenya para Barista.

      Delete
  7. Kopinya enak nih sepertinya...hahaha tuh kan saya jadi penasaran... terus jadi pengen ngopi deh...

    ReplyDelete
  8. Mesti mampir ini mba gita .. secara suka bangt sama kopi.. aku suka kalo ngeliat barista mengolah kopi.. sblum disuguhkan k pembeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemandangan yang mengasikan ya kita jadi tahu bagaimana kopi yang kita pesan dibuat

      Delete
  9. Kopi Sugeng buka outlet dimana lagi ya nanti? Seru juga kalau banyak outletnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya target kan 50 outlet dalam tahun ini.

      Delete
    2. iya target kan 50 outlet dalam tahun ini.

      Delete
  10. aseek, coffee culture berkembang pesat di Indonesia, bentar lagi nyalip Vietnam

    ReplyDelete
  11. Wah ada yg baru nih Kopi Sugeng. Harganya terjangkau banget ya buat masyarakat. Btw ini bagus ya konsep ecosystemnya. Bakalan muncul para baristra baru dong ya. Mereka diajari cara mengolah kopi nikmat yg rasanya luar biasa sampai bisa dapetin sertifikatnya juga. Mau ah kapan2 coba. Mau dong daftar outletnya, mb Git! Hehe.

    ReplyDelete
  12. Jadi penasaran pingin nyobain kopi sugeng, nih.. Asik bisa ngobrol hangat sama baristanya ya mba Git.. Btw aku belum pernah mba nyobain biji kopi yang belum digiling.. Hihi..

    ReplyDelete