SIS Bona Vista Mendidik Siswanya Menjadi Pelajar Yang Percaya Diri dan Berwawasan Dunia

Education is our passport to the future, for tomorrow belongs to the people who prepare for it today -  Malcolm X 




Pendidikan adalah tiket masuk ke masa depan, esok adalah milik orang-orang yang bersiap-siap hari ini.

Ini adalah caption yang saya buat untuk post instagram dalam event Blogger Gathering SIS Bona Vista. Dimana saya mengambil foto salah satu sudut ruangan koridor SIS (Singapore Intercultural School) Bona vista yang ada di jalan Bona Vista Raya, Lebak Bulus Jakarta Selatan.


SIS Bonavista [dokpri]

Di sudut koridor tersebut tertulis "Inspired Learning for Inspired Futures"
  
Pembelajaran yang menginspirasi untuk masa depan yang terinspirasi.


sudut yang menginspirasi [dokpri]

"Ada 7 Singapore Intercultural School (SIS). SIS Bonavista ini sendiri berdiri pada tahun tahun 1996. 3 Singapore School  ini ada di Jakarta yaitu di Kelapa Gading, PIK dan Lebak Bulus sebagai pusatnya. Sekolah ini memiliki murid yang kebanyakan adalah anak-anak ekpatriat dengan kurikulum untuk anak mulai dari usia 18 bulan hingga 18 tahun. Sekolah yang memiliki fasilitas lengkap ini menggunakan kurikulum gabungan antara Singapore, Cambridge dan IB kurikulum.

Maksimum murid dalam kelas ada 24 untuk SMP dan SMA. Jadi satu guru akan menghandle 24 murid disamping juga ada grup-grup kolaborasi dari masing-masing anak. Jenjang masa pendidikan untuk SMP adalah 4 tahun sedangkan SMA adalah 2 tahun.

SIS menjelang open house dalam.waktu dekat ini juga menggelar mega bazar yang melibatkan siswa dan orang tua. Bukan hanya ini saja pada saat-saat tertentu juga ada pertemuan antar orang tua di sekolah.

Di SIS Bonavista setiap murid dari mulai kelas satu, sudah diajak langsung talk active mengenai sukanya apa? Dan pada saat meningkat ke jenjang SMP, konselor nantinya akan membantu untuk menemukan minatnya."kata mba Monica Promotion & Marketing Manager SIS Bonavista.

Singapore International School ini menggunakan metode belajar yang tidak kaku dan membosankan dalam kelas. SIS Bonavista mendidik siswanya menjadi pelajar yang percaya diri dan berwawasan dunia.


Ruang Belajar yang hangat dan dekat [dokpri]


Sekolah yang terinspirasi dari potensi yang ada di Indonesia dan juga metodologi Singapura yang terus berkembang ini menggunakan hampir 70%  bahasa Inggris, Mandarin dan Indonesia dalam kegiatan belajar mengajarnya, Dengan konsentrasi pada 5 Core Values yaitu Respect, Integrity, Innovation, Perseverance dan Collaboration.

"Semua pasti setuju ya? Menjadikan anak pintar tak selalu harus belajar dalam kelas yang kaku seperti zaman dulu" kata Psychologist Elizabeth T Santosa atau yang akrab di sapa mba Lizzy yang hadir siang itu memberikan materinya yang berjudul "Raising Children in Digital Era".

Mba Lizzy dan Mr John Birch Heead Teacher SIS [dokSisbonavista]


" Mom zaman now itu harus up to date (bijak nggak sembarang ngelarang).Anak mau belajar dari gadget juga nggak apa-apa. Justru sekarang ini banyak hal-hal menarik yang dapat mengali potensi anak bisa diperoleh melalui gadget. Seperti belajar bahasa inggris, bernyanyi, memasak, berhitung dan lain sebagainya.

Jangan pernah salahkan media. Karena kita butuh media untuk saat ini. Yang bijak adalah bagaimana kita dapat bounding dengan keluarga melalui media teknologi ini. aplikasi, video game atau apapun yang berkaitan dengan teknologi. Tetapi bagaimana penggunaannya setelah gadget itu ada di tangan kita dan anak-anak. Ini jauh lebih penting.

Pendidikan terbaik adalah orang tua. Trial and error itu biasa. Yang ada adalah belajar, belajar dan terus belajar untuk menjadi orang tua yang baik bagi keluarga. Pasangan adalah orang pertama yang kita ajak bicara berkaitan dengan aturan penggunaan gadget pada anak. Karena jangan salah anak yang kecanduang gadget awalnya adalah karena tidak ada ketegasan dan komitmen dari orang tua. Jadi kalau komunikasi antar pasangan lancar anak juga akan paham terhadap aturan yang orang tuanya terapkan.

Kita tidak dapat membendung teknologi tetapi kitalah yang harus menyesuaikan dengan situasi ini. Jadi orang tua yang smart saat ini adalah keharusan. Smart orang tuanya maka akan mudah juga dalam mendidik anak-anaknya."tambah mba Lizzy dengan lugas.

with Tim Maitlang Primary Head Teacher [dokpri]


  • Membatasi penggunaan gadget pada saat keluarga kumpul bersama akan menjadi kebiasaan baik yang akan ditiru oleh anak. 


  • Orang tua yang percaya diri dalam mendidik anak juga akan membuat anak berani berpendapat dalam setiap situasi yang di jumpai kelak."

Dalam kesempatan tour keliling sekolah yang dipandu mba Monica saya melihat bahwa metode belajar terbuka yang SIS terapkan terlihat juga dari kursi-kursi yang dibentuk dalam ruang kelas.

Dimana kursi-kursi ini tidak ditata seperti sekolah-sekolah yang ada pada umumnya, yaitu kursi akan diatur berjajar memanjang. Di SIS Bona vista kursi-kursi ini justru ditata melingkar. Jadi setiap anak akan saling berhadapan satu dengan lainnya.



Caption yang memotivasi siswa [dokpri]

Tata ruang  kelas yang ada di SIS mengajarkan pada anak percaya diri dihadapan teman-teman dan guru-guru.

Dengan jumlah anak dalam kelas kurang lebih 24 orang membuat guru di SIS dapat mengetahui satu demi satu perkembangan murid-muridnya secara intens.

Beberapa tanggapan atas kalimat yang menginspirasi :

@JunJoewinanto "Belajar bisa dari mana aja, ujung-ujungnya menginspirasi untuk masa depan"

@Elvanasira : Setuju mba, untuk itulah kenapa kita harus memiliki pendidikan tinggi"

@WulandariMSyafrul "Akooorrr. Pendidikan is one of the important thing in our life. So selalu belajar terus dan terus.

@Evifadillah "Salah satu amalan.yang nggak putus adalah ilmu yang bermanfaat.


Ruang makan  [dokpri]

orang tua, anak dan guru [dokpri]

Lapangan olah raga [dokpri]

SIS  pagi itu nampak tenang. Saya mengambil kembali  kartu tanda pengenal (KTP) pada meja resepsionis yang saya tinggalkan sebelum  menelusuri lantai demi lantai dari sekolah yang mempunyai ruang kelas cukup luas, kata-kata motivasi yang eye catching, ruang snack yang bersahaja, lapangan olahraga untuk berbagai kelas kumpul dan juga halaman yang masih cukup  rindang di tengah cuaca panas Jakarta saat ini.

Saya sempat berpapasan dengan beberapa orang tua yang mengantar dan akan menjemput anaknya sekolah.

Mau jadi apa besar nanti? [dokpri]

hasil karya murid[dokpri]


Karena tidak ingin menganggu ketenangan yang belajar saya urung untuk mewawancarai mereka. Pun terlintas dalam benak saya mengapa mereka menyekolahkan anaknya di SIS Bonavista ini? Selain sekolah yang mudah dan dekat dengan lokasi dimana mereka berada, saya yakin mereka pasti ingin anaknya tidak hanya melulu tujuan adalah jadi anak pintar secara nilai yang di dapat. Akan tetapi juga bagaimana mereka berani dan percaya diri dengan ilmunya secara global.


mba Monica marketing SIS Bona Vista [dokpri]

Seperti juga apa yang di katakan oleh founder SIS Mr. Jaspal Sidhu dalam.tayangan yang saya tonton "Pendidikan kadang yang salah adalah ketika orientasinya adalah hanya pada anak pintar pada pelajaran ABCD, dapat nilai 78910. Padahal yang dibutuhkan anak sesungguhkan ketika terjun di masyarakat adalah rasa percaya dirinya. Karena dengan percaya diri yang ada setiap anak dapat makin tergali potensinya dan memiliki wawasan luas."

Jaspal Sidhu founder SIS [dokSIS]


SIS membentuk siswa memiliki kepercayaan diri untuk menjadi bagian dari komunitas global.

Sesuai tagline SIS " inspired learning for inspired future, SIS selalu menginsprirasi para siswa untuk mencapai prestasi tinggi baik akademik maupun non akademik

SIS memberikan kesempatan para siswa berinteraksi langsung dengan budaya negara berbeda beda.








91 comments :

  1. guru kreatif siswanya jadi aktif

    ReplyDelete
  2. Berwawasan dunia dengan berteman berbeda negara akan menambah pengetahuan kebudayaan ,adat istiadat. Sis bonavista sekolah internasional dengan cabang berbagai daerah di indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak kalau anak berani dan percaya diri bertemu banyak orang justru menyenangkan

      Delete
  3. Berkaca pada masa kecil, kita dulu juga ngga mau dilarang ya ka.. kalo dilarang malah rasa ingin tahunya lebih besar. Intinya sebagai orangtua harus bijak ya ka.. termasuk gadget, tidak melulu gadget buruk, tinggal buat rules yang win win solutions aja ya ka sama anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget. Tidak ada seorangpun yang suka dengar perintah larangan ya. Yang adalah bagaimana bijak mengarahkan.

      Delete
  4. Satu kelas diisi oleh 24 siswa. Hmm. Ini porsi yang cukup menurutku. Karena mayoritas sekolah umum itu kan bisa sampai 40an siswa dan itu seringkali ngga kondusif. Menarik sekali sekolahnya, Mba..Apalagi ruangannnya yang didesain semenarik itu dan tentunya value-value yang ditanamkan kepada siswa-siswanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua bersinergi dalam kegiatan belajar mrngajar ya

      Delete
  5. SIS Bonavista ini apa bedanya dengan SIS lainnya mba? Apakah penyebutannya saja? Soalnya sepertinya SIS udah banyak di daerah lain termasuk Palembang. Saya jadi penasaran sekalian pengen survey sekolah anak nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIS Bonavista ini berkaitan dengan nama jalan di Lebak bulus dan juga jadi SIS pusat untuk di Jakarta.

      Delete
  6. Orang tua yang berpikiran maju menyekolahkan anak bukan supaya pintar ya, tapi supaya memiliki keahlian dan karakter baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget. SIS mendidik siswanya bukan pakai hitungan matematika tapi bagaimana menyiapkan mental maju untuk ke depan yang global

      Delete
  7. Bukan sekedar mengutamakan pintar yah namun juga harus memiliki karakter baik dan skill, keren nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena membangun karakter anak dari sekolah dini berimbas membangun percaya dirinya. Nah SIS ingin mereka semua siap menghadapi situasi yang global dan punya wawasan dunia tiap anak

      Delete
  8. Singapura...jadi pilihan terdekat untuk sekolah diluar negri dengan pendidikan yang berkualitas...

    Dan sekarang gak perlu lagi jauh2 untuk belajar kesingapura karena ada SIS BONA VISTA..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget mengkombinasikan antara kemajuan zaman dan keberanian secara global pada anak

      Delete
  9. Kalau jumlah anak 1 kelas 24 itu memang mudah kejangkau, Mba. Guru lebih mudah mengkontrol.kalau anak2 terpantau semua hasilnya jadi maksimal. Sekolah yg bagus. Pastinya harga juga bagus y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Lebih dalam guru tahu secara detail satu per satu muridnya.

      Delete
  10. klo liat dari ruang belajar dan suasana sekolahnya, bikin anak betah. dan saya setuju banget, walau anak sudah belajar di sekolah, guru utamanya adalah orang tua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pondasi dasar tiap anak adalah otang tuanya. Sekolah membantu mengembangkan juga potensi potensi yang ada

      Delete
    2. Pondasi dasar tiap anak adalah otang tuanya. Sekolah membantu mengembangkan juga potensi potensi yang ada

      Delete
  11. Sekolahnya bagus yaaaaaaaa. Acaranya jg bagus, temanya kekinian banget dimana anak gak bisa lepas dr gadget. Yg penting kontrol ortu ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kontrol lebih penting daripada sibuk ngomel hahaha

      Delete
    2. Hahaha iyo aku ini ngomelan kalau bapake kasi anak gadget, tapi alhamdulillah msh bisa dikontrol :D

      Delete
  12. ruang kelasnya menyenangkan ya, apalgi jumlah siswa dalam satu kelas hanya 24, pasti pembelajarannya bisa efektif

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat. Tatap muka dan diskusi jadi bagian yang asyik ini

      Delete
  13. wahhh ini efektif banget mbak kalo muridnya cuma sedikit. pengajarannya juga mudah diajarkan tanpa ada gangguan keributan anak - anak yang suka rame sendiri, hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paduan antara disiplin dan berani bersuara ini melatih anak percaya diri lho. Asyik liat mereka belajar

      Delete
  14. Kepandaian dan pendidikan karakter yang dipadukan, jadi basis yang tepat.
    Nuansa internasional akan membuat anak berlatih adaptasi pada perbedaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bu...liat aja hasil karya kantong semar hahaha salah satu tanaman yang ada di Indonesia jadi project mereka. seru ya

      Delete
    2. iya bu...liat aja hasil karya kantong semar hahaha salah satu tanaman yang ada di Indonesia jadi project mereka. seru ya

      Delete
  15. Wah seneng banget ya bisa berkesempatan eksplor sekolah keren di jakarta skala international.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak Alhamdulillah mendengarkan apa kata foundernya melalui layar kaca. Bertemu guru, murid dan orang tua. Semua adalah menyenangkan dapat pendapat pendapatnya.

      Delete
    2. iya kak Alhamdulillah mendengarkan apa kata foundernya melalui layar kaca. Bertemu guru, murid dan orang tua. Semua adalah menyenangkan dapat pendapat pendapatnya.

      Delete
  16. Sekolah bagus dan ngehits ini memang SIS

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mengkombinasikan antara berfikir maju dan tidak jadi generasi yang minder

      Delete
  17. Keren ya sekolahnya, bisa mendidik anak jadi pede itu sesuatu sekali, karena banyak sekolah yang malah mematahkan kepedean anak juga. Semoga saja banyak sekolah seperti ini yg lebih terjangkau hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Rabb. Betapa senangnya ya anak ada dalam lingkungan sekolah yang membangun kepercayaan dirinya. Maka untuk terjun di masyarakat (dunia) kelak akan memudahkan langkahnya

      Delete
  18. Bona, jadi ingat majalah Bobo. Btw sekolah kayak gini,bayarannya pasti juga bagus ya Mba Gita

    ReplyDelete
  19. Asik banget sekolah bagus begini, fasilitas lengkap, tapi kalo sekolah international biayanya lumayan sih ya, ah tapi rezeki anak beda2 siapa tau ada rezekinya sekolah di international school

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Nggak ada kata nggak ya kalau di niatkan semoga Allah kabulkan. Aamiin

      Delete
  20. Pas aku ke SIS ini, langsung senang dengan bangunannya dan materi pelajarannya tuh benar benar go internasional tapi tetap memperkenalkan Indonesia juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya paduan dari kedislipinan dan keramahan ya

      Delete
  21. SIS ini fasilitas dan kurikulumnya internasional yg masih ada rasa Indonesia nya ya mb Git. Guru2nya pasti orang2 pilihan ya. Jelas banget butuh biaya yg ga sedikit nih kalo mau nyekolahin anak di sini. Tapi ada harga ada kualitas. Pendidilannya maju dan elite ��

    ReplyDelete
  22. Asyik banget ya sekolahannya... kalau sekolahnya menyenangkan begini, Insya Allah bagus ya prestasinya...

    ReplyDelete
  23. Suka banget sama sekolahnya fasilitas nya Lengkap dan nyaman

    ReplyDelete
  24. Bagus banget ini sekolahnyq, programnya pun bagus. Anakku juga pandai berbahasa inggris akibat gadget tapi masih dalam pantauan orang tua.

    ReplyDelete
  25. Lingkungan sekolahnya ramah lingkungan bikin betah dan pengajarnya pun berdedikasi.

    ReplyDelete
  26. Sekolah bagus meski beanya juga baguuus ya, kak. Tapi bisa memberi efek ilmu yang cetar buat anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar siap bersaing dengan PD untuk dunia global

      Delete
  27. Suka dengan Sekolah ini, selain fasilitas, metode belajarnya disesuaikan dengan zaman jadinya lebih kekinian dan anak2 gak akan mudah bosan belajar karena fun. Wah jadi pengen survey langsung deh :)

    ReplyDelete
  28. Gurunya kreatip..
    Mamanya mesti Up to date
    Sekolahny Keren

    Udah deh anaknya juaraa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ortu bukan asal taro aja anak tapi juga mengimbangi skillnya dengan sikon yang ada

      Delete
  29. Kayaknya baru kali ini deh denger ada sekolah yang dari awal udah nanya minat muridnya. Klo gini jadi lebih terarah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat. Terbuka dan terarah anak akan PD dengan passionnya masing masing ortu tinggak pantau dan dukung deh

      Delete
  30. Wow.. ini sekolah internasional yang bagus banget yaaa... lengkap fasilitasnya

    ReplyDelete
  31. Melihat ruang kelasnya aja sudah bikin aku semangat mau belajar kak. Pendidikan memang penting jadi nggak heran lah kalau orangtua mencari sekolah terbaik seperti SIS ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makanya jangan sayang kalau dana ada berikan anak pendidikan terbaik

      Delete
  32. Aku sangat dukung tuh mbak jika kursi ditata melingkar supaya anak saling menatap, bukan kaya jaman dulu, mau pinjem penghapus aja kudu nengok dulu ke belakang hehe.. Keren banget nih SIS

    ReplyDelete
  33. Setuju banget dengan membangun kepercayaan diri di sekolah ini. Karena sekolah sebagai salah satu tempat terlama anak menghabiskan waktu harus bisa membantu mengeluarkan potensi anak dengan maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dari awal udah tahu mau anak apa enak yang arahin ya

      Delete
    2. iya dari awal udah tahu mau anak apa enak yang arahin ya

      Delete
  34. Anak2 pasti bakalan betah ya mbak sekolah disana, belajar pun pasti lebih seru dan mengasyikkan bagi anak2

    ReplyDelete
  35. Percaya diri memang penting ya ka.. Karena dengan percaya diri banyak manfaatnya untuk anak, bisa tergali potensi dan wawasan semakin luas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul PD udah dibangun dunia dalam genggaman lho hahaha

      Delete
    2. Betul PD udah dibangun dunia dalam genggaman lho hahaha

      Delete
  36. memang pendidikan itu penting terlebih kualitas guru dan sekolahnya bisa mendidik siswa siswinya dengan baik.

    ReplyDelete
  37. Belajar asik,aplikatif,dan kreatif ya di SIS. Jadi pengen nyekolahin anak di sini juga. Ehhh pacar aja gak punya. Mau punya anak. �� #halu

    ReplyDelete
  38. Gaya pendidikan yang menunjang masa depan.... paspor ke dunia nyata

    ReplyDelete
  39. bagaimna dengan jadwal pendidikan agamanya mba? ada informasinya ngga ya?

    ReplyDelete
  40. Anak ibarat kertas putih maka siapa yg nenuliskannya akan membentuk karater si anak ke depannya. Di Sis lingkungan dan pengajarnya akan menuliskan karakter anak menjadi pribadi yg baik, tangguh dan percaya diri.. Keren

    ReplyDelete
  41. Selalu senang lihat sekolah yang aktivitasnya nggak cuma belajar dari buku teks di kelas. Aktivitas-aktivitas menarik justru bikin anak mamin kreatif ya :D

    ReplyDelete
  42. Tata ruang kelasnya cakrp ya. Suka lihatnya. Kalau sekolah kayak begini pasti anak senang

    ReplyDelete
  43. SIS Bonavista semacam terobosan dalam dunia pendidikan; semangaaat . . . Kakak

    ReplyDelete
  44. WOW! sarana prasarana-nya lengkap nih SIS Bonavista

    ReplyDelete
  45. Menarik.. jadi ini sekolah made in singapore yg dibuka di Jakarta ya. Wah pasti kualitasnya oke banget

    ReplyDelete
  46. keren bangettt SIS Bonavista ini yaa.., pengen deh nyekolahin anak2 di sana..

    ReplyDelete
  47. sekolahnya bener2 keren ya mba, bersih, rapi, berwarna bikin tambah semangat belajarnya. aku orang dewasa aja suka apalagi anak2.

    ReplyDelete
  48. Inspired learning for inspired future,setuju banget ka. Suka juga dgn sistem dan tata ruang di SIS Bona Vista ini ya. Bikin betah jadinya, apalagi guru2nya ramah2..

    ReplyDelete
  49. Suka dengan motto sekolahnya yang Inspired Learning for Inspired Future.semoga aja dnegan motto ini makin membuat anak2 kreatif dan masa depannya penuh inspirasi.

    ReplyDelete