Peduli Kepada Sesama Dengan Berbagi di Bulan Suci



Baru saja kita lewati Nisfu Sya'ban yang jadi penanda bahwa sebentar lagi Ramadhan akan datang. Di tengah kondisi wabah pandemi covid 19 seperti saat ini dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diambil pemerintah Indonesia guna mencegah penyebaran virus covid 19 semakin meluas, Ramadhan kali ini diprediksikan akan menjadi Ramadhan yang banyak memberikan makna buat kita semua.


Ramadhan yang diyakini umat muslim sebagai bulan yang banyak memberikan keberkahan bagi siapa saja, menjadi momentum paling pas buat kita untuk lebih meningkatkan kepekaan sosial. Apalagi di tengah situasi dan kondisi seperti sekarang di mana banyak  masyarakat yang merasakan semakin sulitnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kepedulian kepada sesama sangat dibutuhkan dan diharapkan oleh kaum marginal ini.


Menebar Kebaikan [dokpri]

Islam telah mengajarkan kita untuk berbagi kepada kaum dhuafa lewat ajaran Zakat,infak dan shodaqoh. Ajaran Kebaikan Berbagi ini menjadi salah satu solusi untuk menjembatani kesenjangan sosial yang ada di masyarakat. Kaum the have dengan keikhlasannya menyisihkan sebagian rejeki yang Allah berikan. Pemberian ini sebagai bukti rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT dan keyakinan bahwa di dalam rejeki yang Allah berikan, ada rejeki bagi orang lain.

Menebar kebaikan dengan berbagi. Inilah bentuk konkrit yang dapat kita berikan untuk membantu saudara-saudara kita yang saat ini,  untuk sekedar makan saja menjadi hal yang sulit. Bagaimana seandainya kita ingin berbagi tetapi kita sendiripun bukan golongan yang berkelebihan? Paradigma bahwa berbagi harus lebih dulu menjadi the have yang diartikan sebagai kaum yang berkelebihan materi adalah paradigma yang salah. Memiliki tidak berarti selalu materi. Ada hal yang lebih mendasar yang justru akan menggerakkan kita untuk berbagi,yaitu hati. Dengan memiliki hati yang penuh syukur,ikhlas dan empati kepada sesama, berbagi menjadi hal yang mudah.


Menebar Kebaikan [dokpri]

Kita bisa mencontoh kebiasaan masyarakat arab yang banyak kita temui di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi. Hampir setiap hari ada saja yang memberikan sedekah dengan cara yang sangat sederhana. Hanya bermodalnya sebuah botol air panas yang berisi kopi, mereka tawarkan dan berikan kepada siapapun yang mereka temui di dalam masjid. Sungguh pemandangan yang indah.

Dari pengalaman ini bisa kita lihat bahwa untuk berbagi tidak perlu menunggu berkelebihan harta. Karena keikhlasan lah yang menjadi modal dasarnya. Dengan memberikan sebuah nasi bungkus kepada seorang pengemudi ojek online dapat menjadi ladang ibadah bagi kita. Terkesan sangat sederhana dan murah kalau diukur nilai materialnya, namun sangat besar dampaknya bagi si penerima maupun si pemberi. Si penerima dapat menyisihkan atau mengalihkan uang yang awalnya untuk membeli makan ke kebutuhan lainnya seperti membeli beras dan si pemberi insha Allah mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT atas keikhlasannya untuk berbagi.

Kepedulian kepada sesama perlu diasah agar hati menjadi peka. Hal yang paling mudah adalah dengan mengajarkan anak untuk memberikan sedekah ke dalam kotak amal yang biasanya ada di masjid-masjid atau memberikan sedekah kepada pekerja penyapu jalan yang ditemui saat dalam perjalanan. Dengan mengajarkan berbagi lewat praktek langsung akan jauh lebih mudah dipahami dan diingat oleh anak. Dan pada akhirnya akan menjadi kebiasaan yang sekaligus membentuk karakter anak menjadi anak yang penyayang, peduli terhadap sesama dan memiliki kepekaan sosial yang besar.




Dompet Dhuafa (DD) sebagai salah satu lembaga zakat di Indonesia terus menerus mengembangkan sistem penghimpunan zakat, infak, shodaqoh dan wakaf. Usaha ini dilakukan bukan hanya untuk memudahkan masyarakat yang berniat memberikan donasinya tetapi sekaligus juga membuka peluang agar mobilisasi dana dapat dilaksanakan secara maksimal. Sesuai anjuran bapak presiden kita, Joko Widodo yang mengharapkan pengelolaan dana zakat dilakukan secara digital agar dalam pelaksanaannya baik penghimpunan maupun penyalurannya menjadi efisien dan efektif, maka Dompet Dhuafa menjawabnya dengan membuat program Donasi Online Dompet Dhuafa. Hanya melalui smartphone kita sudah dapat berdonasi secara cepat dan tepat.

Selamat menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan kesehatan dan rizki. Aamiin


  • “Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”




167 comments :

  1. Betul mba, berbagi nggak harus nunggu kaya. Kepedulian dan niat yang jadi modal utama.

    Thanks ya sharingnya, mbak :)

    ReplyDelete
  2. Mumpung mo bulan ramadhan , yuk melakukan kebaikan apalagi dampak dari corona, banyak yang perlu dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah tepat. Silahkan kak kalau mau berbagi berkah yang memberi juga yang menerima. Aamiin

      Delete
  3. Semoga kita bisa menjumpai dan beribadah di bulam puasa ini bersama keluarga sebaik-baiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa berbagi itu bikin hati lega dan lapang ya mba. Apalgi brbagi di bln ramadhan ini amalnya berlipat ganda. Aamiin..

      Delete
  4. Nggak terasa Ramadhan sebentar lagi. Harus rajin memperbanyak amal nih, menebar kebaikan.

    ReplyDelete
  5. Jadi sedih, sebentar lagi puasa, tapi momentnya seperti ada yg hilang.. biasanya bisa berkumpul dgn keluarga besar menjelang puasa, sekarang cuma bisa vc aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya pun menerus ini dengan rasa yang campur aduk

      Delete
    2. Iya berasa beda ya. Ini belum mulai puasanya aja sdh berasa bedanya. Sendu rasanya gak bisa kumpul keluRga, jauh2an di kota masing2. Semoga musim corona ini disegerakan selesainya, amin

      Delete
  6. Iya ya mbak, Ramadhan di tengah wabah seperti ini bakal sangat berat, tapi bisa menjadi ladang amal tersendiri bagi sebagian orang yang mampu dan mau berbagi kepada sesama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akh indahnya kak kalimatmu. Iya kebaikan nggak mengenal sikon ya

      Delete
  7. aku rindu suasana Ramadan, di masa pandemi covid19 ini berasa bedanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tadinya udah niat akan taraweh muter ternyata Allah berkehendak lain. Tetap bersyukur ya bisa berbagi

      Delete
    2. Terasa bedanya, biasanya byk kegiatan di masjid, skg sepi. Tapi ditempatku diadakn tarawih jg

      Delete
  8. Berbagi ga harus nanti, berbagi ga harus penuh terisi, berbagi yang penting ikhlas di hati. semangat berbagi memang harus dipupuk sejak dini. agar terbiasa ketika dewasa nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak semoga bisa jadi pondasi sampai anak besar nanti,Aamiin

      Delete
  9. Kondisi seperti sekarang jadi momen bagus banget buat kita saling berbagi rezeki ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak...justru melatih kepekaan

      Delete
    2. Semoga ke depannya, setelah kondisi membaik, kepedulian pada sesama ini jadi bagian hidup kita ya.

      Delete
  10. MasyaAllah, semoga menginspirasi orang lain untuk ikut menebar kebaikan.

    ReplyDelete
  11. Berbagi bisa dilakukan kapanpun dan dengan berbagi, hati kita jadi lebih tenang.
    Indahnya berbagi.

    ReplyDelete
  12. Keren mbak, semoga keberkahan selalu menyertai kita ya, dan pahala yang didapat menjadi benteng kekuatan di suatu masa nanti

    ReplyDelete
  13. memang kalau menebar kebaikkan itu ga perlu susah, bisa dilakukan skrg juga dengan cara yang simple ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya zaman now tinggal klik aja tanpa orang liat juga kan

      Delete
  14. Iya ini sedih bngt Ramadan kayak gini, tp moga semangat berbagi bisa makin bertambah. Diluar sana msh bnyk yg kurang beruntung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat sedih kak tapi nggak boleh larut tetap semangat sambut bulan suci dan terus tebar kebaikan

      Delete
  15. Berbagi gak pernah rugi ya Kak, justru jadi berkah melimpah 🥰

    ReplyDelete
  16. lembaga seperti dompet dhuafa ini memang sudah terpercaya sejak dulu untuk menyalurkan sumbangan dari umat. Tugas kita untuk terus mendukung dengan memberikan sumbangan supaya kegiatannya bisa terus berjalan.

    ReplyDelete
  17. Menebar kebaikan itu sesungguhnya amat mudah dan sederhana ya mba. Sesederhana kita tersenyum. Insya Allah jika kita mengawalinya dengan bismillah dan niat tulus, Allah akan terima amalan baik kita.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah kak Gita kita melihat dan mencari positive vibes aja ya

    ReplyDelete
  19. Senang nih bacanya. Adem gitu. Pas banget, sebentar lagi Ramadan. Harus banyak berbagi dan menebar kebaikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak udah mampir juga. Semoga infonya bermanfaat

      Delete
  20. Saya percaya keajaiban sodakoh itu ada.... dan saya merasakan terlebih lagi berbuat baik kepada sesama.

    ReplyDelete
  21. semoga semakin banyak orang-orang yang menebar kebaikan , terutama dalam kondisi yang sekarang

    ReplyDelete
  22. Nah pas banget ya kondisi seperti ini untuk berbagi dengan sesama. Apalai sbntr lagi puasa ya kak. Semoga situasi makin membaik deh

    ReplyDelete
  23. Tidak terbayangkan sebelumnya ya saat bukan puasa kita mengalami covid-19. Sedih tapi mungkin ini kesempatan kita untuk lebih maksimal dalam menjalani nya. Tanpa banyak keluar yg biasanya menimbulkan godaan
    Yuk semakin banyak berbagi dan peduli

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak belajar dengan dengan lingkungan semakin dekat dengan keluarga dan makin peduli pada sesama yang berkekurangan

      Delete
  24. Lusa sudah memasuki bulan suci ramadhan.. dan ramadhan bulan dimana saatnya kita meningkatkan dosis keimanan, perbanyak ibadah dan juga perbanyak berbagi dengan sesama manusia ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, selamat menyambut ramadhan ya dalam sikon yang berbeda ini semoga makin giat berbagi kita

      Delete
  25. Rasanya Di tengah kondisi pandemi begini melakukan kebaikan antara sulit dan mudah yah Mbak. Mudah ksrena banyak caranya. Sulit bagi mereka yang terdampak, justru jadi pihak yang harusnya diberi

    ReplyDelete
  26. Jangan pernah berhenti menebar kebaikan ya. Bisa dengan berbagai cara, memberi berupa materi atau non materi. Selamat menjalankan ibadah puasa

    ReplyDelete
  27. Suka deh melihat orang yang menebar kebaikan dengan berbagi. Manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak orang. Semoga perbuatan baik ini menular dan semakin dimudahkan dalam membantu sesama

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, berbagi nggak akan berkurang ya malah bertambah

      Delete
  28. Menebar kebaikan itu mudah, semudah kita berbagi bersama Dompet Dhuafa :) insha Allah hidup lebih tenang kalau kita menebar kebaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Iren Insha Allah Dompet Dhuafa mempermudah orang mau berbagi

      Delete
  29. Ramadhan melatih dan mengasah kita untuk peka terhadap permasalahan sosial. Untuk itu, sangat pas sekali dalam menebar kebaikan di saat wabah ini hadir. Semoga wabah ini segera berlalu ya kak.

    ReplyDelete
  30. Bulan Ramadhan memang saatnya menebar kebaikan ya mba, ga akan berkurang rejeki kita kalo mau berbagi dengan yang membutuhkan yaa

    ReplyDelete
  31. Alhadulillah kalo ada yang mau berbagai di bulan puasa pula, keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kak saat ini berbagi bisa langsung atau melalui DD tinggal klik aja

      Delete
  32. Iya betul kak kepedulian terhadap sesama perlu dilatih sejak dini pada anak2 agar sampai dewasa tertanam bahwa tolong menolong jtu penting dan jangam sampai abai pada melakukan kebaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak karena akan tertanam di hati ya

      Delete
    2. Hehe betul banget kaak, pasti akan ada resah kalau belum melakukan kebaikan gituh auto :D

      Delete
  33. Berbagi itu indah dan pasti akan dilipatgandakan

    ReplyDelete
  34. ngomongin tentang berbagi, sempet aku nonton tayangan program di salah satu televisi swasta, ada feature tentang bocah yang nyumbangin hasil 'uang amplop' sunatannya untuk para pejuang garda terdepan Covid-19 yang nilainya senilai 5,9 juta rupiah. Allahuakbar. Tertampar rasanya. Anak kecil berhari mulia. Gak dia ambil sepersen pun untuk dia. Bayangkan kalau semua penduduk di Indonesia ini, terutama yang secara perekonomian mampu, "gotong royong" nyumbang untuk sesama, keknya ga ada yang kelaparan di negeri ini.

    Anyway, terimakasih untuk artikelnya. Bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  35. ngomongin tentang berbagi, sempet aku nonton tayangan program di salah satu televisi swasta, ada feature tentang bocah yang nyumbangin hasil 'uang amplop' sunatannya untuk para pejuang garda terdepan Covid-19 yang nilainya senilai 5,9 juta rupiah. Allahuakbar. Tertampar rasanya. Anak kecil berhari mulia. Gak dia ambil sepersen pun untuk dia. Bayangkan kalau semua penduduk di Indonesia ini, terutama yang secara perekonomian mampu, "gotong royong" nyumbang untuk sesama, keknya ga ada yang kelaparan di negeri ini.

    Anyway, terimakasih untuk artikelnya. Bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Iya berbagi ternyata dilakukan anak anak yang kita anggap polos tapi punya pemahaman yang dalam arti berbagi. Terima kasih kembali mas udah berkunjung .

      Delete
  36. di masa pandemi sekarang kita dikasih kesempatan lebih besar buat berbagi.. sesungguhnya berbagi itu nggak pernah membuat rugi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, saatnya ekstra support ya sekarang untuk fisik dan mental

      Delete
  37. disaat seperti ini (pandemi covid-19) banyak sekali yang perlu kita bantu, bahkan saudara sendiri karena dampak nya ini loh benar benar terasa. semangat berbagi ke sesama ya kaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya awalnya masih slow ya kemudian panik dan sekarang saling dukung. Indah!

      Delete
  38. Alhamdulillah menebar kebaikan dan berbagi itu indah banget yaaba. Smoga berkah dan bermanfaat. Aamiin

    ReplyDelete
  39. Bulan Ramadhan ini memang paling menjadi momen pas untuk berbagi, selain kita bisa menambahkan pahala juga si penerima pasti senang sekali.

    ReplyDelete
  40. Semoga kebaikan semakin bertaburan di saat pandemi COVID-19 ini ya, Mbak

    ReplyDelete
  41. Setuju kak, nggak perlu nunggu jadi orang kaya untuk bisa berbagi dengan sesama yaa. Berbagi dengan apa yang kita punya semampu kita pun insyaAllah Allah akan balas berlipat ganda. Apalagi di bulan suci Ramadan sekarang dan di tengah pandemi begini, tentu sedekah yang kita berikan akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  42. Berbagi gak bikin rugi atau mengurangi rejeki justru malah menambah dan menyedot rejeki yang masuk.

    ReplyDelete
  43. Berbagi terhadap sesama memang sudah seharusnya dilakukan ya kak. Terlebih lagi saat pandemi seperti ini, puasa juga.. Semoga kita semua bisa saling berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena doa dan dukungan itu adalah kekuatan ya

      Delete
  44. berbagi adalah hal yang penting.. kayaknya ad yang kurang kalo kita tak berbagi... semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya ini semangat nggak boleh hilang saat pandemi seperti sekarang

      Delete
  45. Bulan suci ramadhan saatnya dilimpahkan pahala berganda jd musti dimanfaatkan sebaiknya, karena moment ini setahun sekali. Tahun depan belum tentu bersua.
    Smoga terus menebar kemanfaatan amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak menebaer kebaikan itu jangan ditunda ya lakukan dan sekarang

      Delete
  46. memang kebaikan kadang bikin hati bahagia apalagi yg diberi benar2 bersyukur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan memang lebih baik memberi karena mendatangkan lapang di hati

      Delete
  47. Jadi penasaran sama Masjidil Haram memang katanya tiap hari ada yang bagi-bagi gratisan. Sedekah emang bikin hidup makin mudah ya Mbak. Ga harus nunggu berlimpah harta, berbagi yang penting dari hati--apa un bisa diberikan asalkan dilandasi keikhlasan. Donasi mudah lewat Dompet Dhiafa aja, aku pun pernah berdonasi lewat DD. Praktis dan jangkauannya luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Rudi berbagi itu memang disegerakan ya begitu niat

      Delete
  48. Berasa ada yang kurang sih pas ramadan tapi musim pandemi kaya gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sabar aja ya kita mba.Yang penting doa jangan hilang dan berbagi disemangatkan

      Delete
  49. Iya kadang dengan berbagi tuh menghibur hati ya kak. Semoga allah mudahkan rejekiku supaya bisa terus berbagi. Amikn.

    ReplyDelete
  50. Saya merasakan sendiri, setiap mengeluarkan karena Allah, itu selalu kembali dengan lebih. Masyaallah...
    Karenanya jangan nunggu kaya kalau mau sedekah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena ketika kita sempit berbagi malah membuka pintu pintu rejeki ya mba

      Delete
  51. Semoga kita dimudahkan untuk membiasakan untuk bersedekah dan bisa menjadikan sebagai kebiasaan ya mba, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin insha Allah ya kak lancar rejekinya

      Delete
  52. Dompet Duafa selalu memberikan yang terbaik untuk sesama apalagi di saat pandemi ini banyak yang membutuhkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Donasinya juga mudah dan memudahkan juga menyalurkan pada yang tepat

      Delete
  53. Saya yakin tahun ini akan semakin banyak masyarakat kita yang bersedekah online mengingat kondisi kita yang masih PSBB untuk waktu yang tak ditentukan. Semoga para relawan Dompet Dhuafa senantiasa diberikan kesehatan, sehingga amanah menyampaikan sedekah dan zakat dari masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba zakat, infak sedekah by online semua tanpa mengabaikan makna didalamnya.

      Delete
  54. Sedekah emang sangat dianjurkan ..bahkan hanya sebiji. Kurma,tapi kita suka lalai..

    Dompet Dhuafa membantu dan mempermudah untuk menyampaikan ke orang yg bemar2 butuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang kita lupa ya maunya pas kaya atau berharta aja bisa berbagi. Padahal sebiji kurma pun maknanya luar biasa

      Delete
  55. Meski suasana Ramadhan di tengah pandemic gini yang serba terbatas, semoga ga mengurangi kita untuk berbagi semampu kita ya Mbaa. Semoga berkah buat semuanyaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mba iya. Makin kompak malah berbagi apalagi online memudahkan juga menjangkau penjuru negeri

      Delete
  56. Iya ya Mbak. Tak perlu menunggu kaya. Memberi sepiring lauk pada tetangga yang hidupnya susah sudah sedekah yang sangat besar. Atau meniru cara orang Arab yang tahu benar cara mencari keberkahan dari para jamaah haji/umroh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, berbagi kita ternyata juga udah digerakan Allah pada saat dan orang yang tepat ya

      Delete
  57. Ga perlu ragu lagi ya untuk zakat sedekah. Bisa dari rumah dengan dompet dhuafa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak cara praktis apalagi dalam sikon gini ya

      Delete
  58. Bulan suci memang saat paling tepat untuk bersedekah ya mbak. Aku juga beberapakali zakat ke DOmpet Dhuafa tahun ini insya Allah ikut juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah samaan ya mau zakat online aja. Insya Allah mba berkah ya

      Delete
  59. Semoga dalam kondisi apapun, terutama saat pandemik ini kita tetap bisa berbagi ya Mbak. Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rasanya luar biasa ya saat ini justru rasa kepedulian kita pada sesama menjadi kenikmatan tersendiri

      Delete
  60. Bulan yang penuh berkah, mari diisi dengan hal kebaikan ya. Dompet Dhuafa ini memudahkan sekali untuk berzakat, sedekah ataupun hal kebaikan lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mba. Menjangkau seluruh pelosok negeri dengan penerima penerimanya yang tepat

      Delete
  61. memang berbagi kebaikan adalah kegiatan yang simple karena bisa dilakukan kapan saja dimana saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat kak kalau udah niat kita segera lakukan ya dan sekarang. Makasih mba

      Delete
  62. alhamdulillah terimakasih telah berbagi dan menyebarkan kebaikan semoga kita semua bisa terus berbagi kesesama yang membutuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas Angga semoga infonya bermanfaat dan juga bisa diteruskan ya

      Delete
  63. Berbagi tak pernah merugi. Barakallah Mba Gita.
    Kita bisa berbagi hal lain juga untuk menenangkan hati dan memberi ilmu bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Dari mulai tenaga dan pikiran juga ilmu ya banyak diberikan dalam sikon kayak sekarang

      Delete
  64. Berbagi itu tidak pernah rugi malah bertambah rezeki kita yah Kak. Berbagi bukan hanya bentuk uang melulu, seperti berbagi cerita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kak Fara, banyak cerita cerita inspiratif juga yang akan memberi kita semangat mosal saat kondisi pandemi ini

      Delete
  65. Betul Mbak.
    Rasanya ingin bisa terus berbagi dan berbagi lagi. Jadi bukan bosan, tapi justru sebaliknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya nikmat aja ya jalanin berbagi itu karena udah jadi kebiasaan. Sehat selalu ya mba

      Delete
  66. Alhamdulillah berdonasi semakin mudah ya dengan donasi online Dompet Dhuafa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Wenda DD memudahkan kita semua ini. Mau berbagi kemanapun akan dibantu dengan onlinenya

      Delete
  67. momen terbaik untuk berbagi ya ramadan ini, terlebih kondisi mrk yang membutuhkan jumlahnya pasti meningkat saat ini. semoga semangat berbagi terus tumbuh meski kita semua terdampak dr pandemi ini. DD bisa menjadi fasilitator yang tepat utk berbagi tepat sasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak melalui DD akan tepat pada sasarannya. Makasih udah mampir

      Delete
  68. Berbagi ngga mesti nunggu banyak harta yaa mbagit. Berbagi di saat kita pun sangat terbatas itu yang utama..ngga peduli berapa yang kita berikan, tapi keikhlasannya yang dinilai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nikmatnya berbagi justru disini ya. Apalagi kalau berlebih ya luar biasa pastinya

      Delete
  69. Semoga hadirnya Ramadhan senantiasa memberikan keberkahan untuk kita semua ya kak. Lewat Ramadhan semua amal dan ibadah kita dilipat gandakan, terlebih kita mampu beramal kepada sesama.

    ReplyDelete
  70. Berbagi akan selalu kembali kepada kita. Entah itu dalam bentuk apapun. Semoga apa yang kita bagikan jadi berkah dan bermanfaat buat orang banyak ya

    ReplyDelete
  71. Kehadiran Dompet Dhuafa sangat membantu para dermawan dalam berbagi. Semua proses penerimaan dana dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Mereka pun sudah memiliki data untuk sasaran penerimaan donasi tersebut,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, jadi kita akan tahu bahwa donasi kita tepat sasaran

      Delete
  72. alhamdulillah di masa pandemi ini tidak menghalangi kita untuk berbuat kebaikan ya. semoga berkah dan bermanfaat bagi yang membutuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba justru jadi tantangan ya apakah rasa kepedulian kita tetap ada

      Delete
  73. Memang dengan adanya teknologi memudahkan segalanya termasuk juga dalam berbuat kebaikan. Gak perlu repot keluar rumah, tinggal klik dompet dhuafa insyaallah berkah

    ReplyDelete
  74. Salut dengan komitmen DD sejak 27 tahun silam semoga terus memberikan manfaat dan kita juga selalu semangat berbagi yah Mbak

    ReplyDelete
  75. Berbagi kebaikan itu gk mengenal waktu yah mba, contohnya ditengah pandemi ini, justru kita diuji untuk tetap selalu berbuat kebaikan dan berbgai ke sesama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul lagi lapang atau sempit berbagi nggak boleh hilang ya

      Delete
  76. Sekarang banyak cara berbagi kebaikan ya Mbak. Bisa berbagi dengan turun langsung membagikan makanan kepada driver ojol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba,,,mau langsung atau online bisa sesuaikan waktu aja apalagi saat pandemi ini kan

      Delete
  77. Aku sangat setuju untuk berbuat kebaikan itu gak harus berlimpah kekayaan, atau nunggu dapat Posisi penting dulu. Dengan kita saat ini pun, dapat membantu sebisanya semampunya. Apalagi semakin banyak cara yang memudahkan kita untuk dapat berbagi dimanapun dan kapanpun ya, Masya Allah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Hani...jadi nggak ada alasan lagi ya kalau hati udah bicara segera lakukan ya sekecil apapun bantuan kita

      Delete
  78. Semakin terharu kalau melihat kegiatan berdonasi seperti ini. Di saat di mana sebagian besar sedang kesusahan, tetapi masih semangat berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rasanya kok keadaan lagi gini tapi kok Allah lapangan hati ini buat orang orang untuk berbagi

      Delete
  79. dengan kita peduli sesama, ada rasa bahagia ya mba. Apalagi berbagi itu harus diajarkan sejak dini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apa ya rasanya berbagi itu jadi hal yang biasa aja lama lama kan. Kayak pandemi ini mengajarkan kita terus berbagi ya

      Delete
  80. MasyaAllah luar biasa sekali kegiatanya kak, semoga selalu dapat berbagi yaah dan semoga berkah selalu aamiin yaa Allah

    ReplyDelete
  81. Alhamdulillah dengan adanya Dompet Dhuafa , beramal menjadi lebih mudah dan amanah. Banyak jenisnya lagi, tinggal pilih

    ReplyDelete
  82. Setuju mba, selama wabah covid ini juga merupakan ajang solidaritas kita untuk saling membantu sesama. Justru dengan kita berbagi walaupun lagi pas pas san juga bisa menjadi pancingan rezeki kita berikutnya. Aamiin.

    ReplyDelete
  83. Saling berbagi di bulan Ramadhan itu sesuatu ya mb. Aemoga bermanfaat buat penerimanya. Aamiin

    ReplyDelete
  84. Di bulan suci banyak berbagi itu akan semakin berkah ya mba

    ReplyDelete
  85. saya bersyukur banget ada ibu yang selalu ngingetin buat yang namanya sedekah. Tiap ada rezeki lebih selalu diingetin buat sedekah sama anak yatim. jadi, sampai sekarang pasti gitu. masih suka diingetin buat terus menebar kebaikan. Saling berbagi jadi cara untuk saling peduli dan menjaga.

    ReplyDelete
  86. Berbagi tidak perlu menunggu berkelebihan harta. Karena keikhlasan lah yang menjadi modal dasarnya.

    Masya Allah ... bener ini Mbak Gita. Makasih yaa udah ingetin. Yang penting mah ikhlassss

    ReplyDelete