5 Tips Hidup Sehat Ala Saya


Saya selalu suka kalau mengucapkan  hari kelahiran alias ulang tahun pada siapapun baik pada keluarga, saudara, tetangga atau teman kerja dengan kata-kata. "Selamat ulang tahun ya sehat selalu dan bahagia."



Karena sehat dan bahagia itu penting banget saya kira. Bayangkan misal nih saya batuk batuk aja, dulu sampai nggak bisa siaran karena nggak nyaman dengan kondisi badan. Apalagi kalau kita termasuk orang yang rentan banget terhadap flu pilek dan batuk ya. Kebayang akan mengganggu aktifitas sehari hari dan di jamin jadi nggak happy.



Sehat bukan hanya urusan tubuh bugar tapi juga bahagia. Karena salah satunya adalah dengan bahagia maka kita melakukan apapun dengan ikhlas termasuk menjaga kesehatan. Nah ada 5 tips sehat ala saya :

1.Olah Raga
30 menit Lari/jalan keliling kompleks.
Ini olah raga yang sangat sederhana tetapi kadang banyak orang yang sulit melakukan karena malas. Hahaha iya nggak? Coba aja amatin dilingkungan teman-teman deh, ada fasos atau tempat yang bisa dijadiin area olah raga aja kadang peminatnya sedikit. Apalagi kalau kita harus olah raga sendirian, fuih rasanya malas banget. Tapi saya berusaha melakukan minimal seminggu 3x. Cukup bikin badan segar.

Nggak tahu kenapa, sejak kenal pertama kali olah raga yoga, saya jatuh cinta. Tenang tapi maksimal melakukannya Yoga itu maka efeknya bisa langsung kita rasanya. Olah raga ini menyatukan mind, body and soul. Jadi suka itu harus ada, karena dari beberapa teman yang ikut dan akhirnya mundur karena katanya sulit banget melakukan gerakan-gerakan dalam Yoga.

2. Cukup Makan Minum . Perhatiin deh teman-teman yang mati-matiin mau diet karena kelebihan berat badan, awalnya kan karena berlebihan makan, Iya nggak? Nah akhirnya diet mati-matian juga nggak baik buat kesehatan. Bahkan sampai pantangan makan abc dan lain-lain. Coba kalau makan semua makanan secukupnya aja, malah aman kan? Minum dalam takaran utukkesehatan harus. Tetapi makan berlebihan yang justru datangin bahaya buat kesehatan ya hindari.

3. Tersenyum & Berfikir Positip
Senyum itu ibadah, alhamdulillah. Senyum itu mudah iya, tetapi banyak orang yang suka sulit untuk melakukannya. Saya selalu berusaha tersenyum dan berfikir positip dengan siapa saja kalau bertemu orang, atau tepatnya papasan ya, kenal nggak kenal atau sedang berhadapan, kayak misal di ruang publik. Karena saya percaya dari energi positip yang saya tebarkan maka akan menarik energi lain yang luar biasa.

4, Bersyukur & Ikhlas
Mungkin ada di antara teman-teman yang berfikir kok gue gini, andai saya dulu begitu, atau bagaimana kalau saya...bla bla bla. Semua pertanyaan-pertanyaan dalam hati ini, yang sebetulnya bermuara pada kekecewaan atau ekspektasi pada sesuatu yang berlebihan dan terlalu tinggi. Yang kadang akhirnya kita suka lupa mensyukuri pada apa yang sudah kita dapat sampai hari ini. Iya nggak. Maka bersyukur saya pada apa yang ada selama ini dan ikhlas saja pada apa yang sudah terjadi. Lapang jadinya dan ringan langkah kaki kita.

5. Berbagi
Semakin di bagi apakah semakin habis? Jawabannya ternyata nggak. Semakin ilmu yang kita punya kita bagi maka akan menghasilkan networking yang lebih luas. Contoh kasus si A ikut workshop tentang SEO dan akhirnya ia suatu hari tulisannya ada di halaman pertama google. Senangkah si A? Sudah pasti. Tetapi senangkah si A membagi ilmunya yang ia dapat dari worshop tadi minimal pada temannya yang bertanya.

Belum tentu jawabannya. Karena bisa aja si A bilang "Enak aja gue udah capek-capek belajar" Atau "Kalau gue bagi, ada saingan dong entar gue" Dsb dll. Si A lupa andai aja dia mau bagi bisa jadi namanya akan jadi ingatan orang "Oh A yang nggak pelit ilmu ya"? Atau "Kita buat kelas SEO yuk dengan si A yang mengajar. Bayangkan hanya gara-gara sedikit berbagi ilmu akan menggulung semua jaringan dalam waktu cepat dan nggak menutup kemungkinan membuka pintu rejeki. Karena berbagipun bukan melulu tentang materi.





34 comments :

  1. Keren euy tipsnya. Pantesan awet muda selalu dirimu mah, Mbak. Kudu nyontek tipsnya nih. Semuanya. Aku akhir-akhir ini malah lagi berasa kelihatan tua banget. Huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha monggo mba Nia. Kalau bernanfaat silahkan ya. Jalanin aja dengan nyaman mba.

      Delete
  2. Ada beberapa yang sama nih tips nya. Senyum dan bahagia plus berbagi adalah sumber kebahagiaan hati. Dan hati adalah sumber kebahagiaan kita yang sesungguhnya...

    Awet muda selalu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin iya. Hati ini muaranya ya mba Ti. Makanya sampai ada lagunya jagalah hati

      Delete
  3. Yang no. 1 rajin berolah raga saya jarang melakukannya, padahal ini penting agar tubuh sehat dan bugar ya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bu Rita, minimal jalan aja di sekutar kita 30 menit aja tetapi rutin juga fokus pas jalan. Terasa deh entar bedanya

      Delete
  4. Aku olah raga meni susah hehe...padahal sybsuka yoga, fitnes enak ke badannya tapi skrg susah nyari tmn heu...

    ReplyDelete
  5. olahraga bener2 jadi agenda wajib tiap hari juga mbak buat saya. dan terbukti bikin asma saya nggak pernah kambuh

    ReplyDelete
  6. Wah senyum selain bernilai ibadah , disisi lain juga bisa bikin awet muda loh.

    Btw, kenapa point no 3, besar font nya berbeda sendiri mba?

    ReplyDelete
  7. Mantap tipsnya.., etapi nomor satu sekarang aku udah nggak rutin lagi. Dulu sih olehraga rutin, sekrang entahlah... wkwkwk...tks tipsnya kakak...

    ReplyDelete
  8. Kaya diingatkan saja rasanya, aku kurang disiplin olahraganya.
    Makasih mba,.tulisannya manfaat bener nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha makasih juga bu udah berkenan mampir ya

      Delete
  9. Hampir semua sama seperti saya mba gitu namun kalau saya ada tambahan nih yaitu perbanyak istighfar dan me time hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, udah bagian juga dari berbagi ya Insya Allah dimudahkan

      Delete
  10. Jujur, istiqomah buat olahraga itu masih sulit buatku mba hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entar juga ketemu waktunya tapi memang musuhnya malas itu harus di lawan ya

      Delete
  11. Jujur, istiqomah buat olahraga itu masih sulit buatku mba hehehe

    ReplyDelete
  12. duh olahraga, aku kayaknya benar-benar harus komitmen dengan yang satu ini.
    Agak payah olahraga, sok sibuk. Semangat olahraga, iyes!!!

    ReplyDelete
  13. Kenapa ya kalau mau mulai olahraga susah bngt ...sekarang olahraga besok belum tentu hihihi

    ReplyDelete
  14. Senyum dan selalu berpikir positif, ini tergambar banget sama karakternya Mba Gita kalau ketemu.
    pingin juga lebih memempa diri menjalani hidup sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha makasih ya Sie. Semoga niat dan segera berbuat terwujud ya

      Delete
  15. Hidup sehat selain bikin cantik jg bikin awet muda kan kyk ka gita

    ReplyDelete
  16. Makanya Mbak Gita tu selalu senyum kalua ketemu, kyk gak ada susahnya. Ternyata itu bagian dari tips hidup sehatnya yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ya susah juga kalau udah mau senyum di tahan hahaha

      Delete
  17. tips yang ketiga dan keempat yang akan selalu dicatat karena memang tersenyum dan bahagia serta berbagi itu memberikan kita manfaat tersendiri bagi kesehatan kita ya Mbak kalau tips ke-2 dan ke satunya sih aku sudah lakukan juga

    ReplyDelete
  18. Tips yg pertama paling susah aku lakuin. Gerak sedikit saja sdh capek banget. Ngos-ngosan aku mah.

    ReplyDelete
  19. Jangan drastis mulainya bu guru. Jalan santai tapi tetap exercise dulu 10menitan. Akh lama lama juga nyantai deh percaya

    ReplyDelete