60 Tahun Astra Makin Dipercaya

Ketika seseorang mencapai usia 60 tahun, apa ya yang kira-kira ada dalam pikirannya? Sudah tua? Itu pasti.  Bijaksana? Ini pilihan. Penyakitnya sudah banyak? Bisa jadi. Tenaganya sudah berkurang? Makanannya sudah banyak yang dilarang? Kebanyakan iya. Sudah pengangguran? Sudah pensiun? Bisa ya bisa juga tidak. Hidupnya tidak akan lama lagi? Wallahualam urusan Allah SWT yang satu ini.

Ada sebagian dari mereka yang stress karena merasa sudah tidak produktif lagi. Tetapi banyak juga yang merasa bahwa 60 tahun ini adalah usia emas. usia 60 tahun adalah bagaimana kita dapat menjalani hidup dengan penuh makna.


Adalah PT Astra International Tbk yang selama 60 tahun telah berkarya untuk memberikan kontribusi dalam rangka memajukan dan mengembangkan potensi bangsa.


Astra International merupakan perusahaan multinasional yang dikenal masyarakat luas sebagai perusahaan produsen otomotif. Pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Yang didirikan pada tanggal 11 Juni 1971 dengan nama awal adalah PT Federal Motor. Dimana saat itu hanya merakit saja, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down)

Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah yang di produksi pada tahun pertama ini hanya 1500 unit, namun terus melonjak menjadi 30 ribu pada tahun berikutnya dan terus berkembang hingga saat ini. Seperti yang kita tahu sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu alat transportasi andalan di Indonesia.

Nama Astra diambil dari sebuah kalimat dalam bahasa Latin.Yang memiliki arti "Menuju bintang melalui jerih payah" Ini adalah motto negara bagian Amerika Serikat

Yuk! Dukung Anak Indonesia Bebas Karies Gigi Tahun 2030

Senyum sehat
Senyum Indonesia

Banyak iklan pasta gigi yang beredar di pasaran dengan berbagai macam manfaat yang dapat membantu  untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak. Tetapi di satu sisi, masih banyak ditemui orang tua yang tidak memperhatikan kesehatan gigi dan gusi anaknya sejak dini.


pixa.com


Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa hanya sedikit masyarakat yang memperhatikan kesehatan gigi mereka. Salah satunya adalah minimnya tingkat pendidikan dan faktor ekonomi atau pendapatan di dalam internal masyarakat. Sadar atau tidak, keterlambatan pasien memeriksa kondisi kesehatan gigi dan mulut mereka yang sudah parah adalah bukti minimnya sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut.  Kondisi yang parah bisa dicegah dengan memeriksakan gigi rutin paling tidak 6 bulan sekali.


IDGAI & Laznas BSM


Bertempat di TMII Jakarta, IDGAI (Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia) dan LAZNAS BSM mengadakan kegiatan pemeriksaan dan pencegahan gigi berlubang untuk anak-anak kaum dhuafa. Acara ini mengambil tema "Pengabdian untuk Masyarakat IDGAI dan Laznas BSM-Senyum Sehat Anak Bangsa, Menuju Indonesia Bebas Karies Gigi".

Hadir 200 anak-anak dengan 100 dokter gigi yang memberikan pemeriksaan langsung pada kesehatan gigi dan mulut mereka.

pemeriksaan gigi

100 dokter hadir


Dr.drg. Eva Fauziah Sp.KGA (K), "Orang tua seharusnya lebih memperhatikan kesehatan gigi dan gusi anak sejak dini. Jangan sampai terlambat. Karena kelalaian orang tua dalam memperhatikan kesehatan gigi dan mulut anaknya dapat disebabkan oleh minimnya pengetahuan orang tua.

Bakti sosial ini ke depan akan rutin diselenggarakan oleh IDGAI agar masyarakat lebih peduli akan kesehatan gigi dan mulut khususnya bagi keluarga yang kurang mampu. Ini sekaligus adalah upaya Departemen Kesehatan (Depkes) tahun 2015 lalu, yang mentargetkan anak Indonesia usia 12 tahun bebas karies (gigi berlubang)  pada tahun 2030.

"Pernah ada penelitian bahwa sakit gigi mempengaruhi tingkat kerja seseorang, kesadaran pemeriksaan dan pemeliharaan gigi masih rendah. Kami berharap kegiatan ini memberikan manfaat bagi mereka yang melakukan pemeriksaan gigi" Kata Direktur Philintropy LAZNAS BSM Umat, Rudi Irawan.

Pada acara ini anak-anak juga dihibur oleh pertunjukkan sulap, kegiatan mewarnai dan menari Baby Shark. 

Semoga ke depan acara ini dapat diapresiasi dengan baik, khususnya oleh keluarga kurang mampu agar anak-anak dapat lebih di perhatikan akan kesehatan gigi dan mulutnya.

Semarak Ultah Green Pramuka Square Dengan Anak-Anak YKAKI

Kubuka album biru
Penuh debu dan usang
Ku pandangi semua gambar diri
Kecil bersih belum ternoda

Pikiranpun melayang
Dahulu penuh kasih
Teringat semua cerita orang
Tentang riwayatku

Reff:

Kata mereka diriku slalu dimanja
Kata mereka diriku slalu ditimang

Nada nada yang indah
Slalu terurai darinya
Tangisan nakal dari bibirku
Takkan jadi deritanya

Tangan halus dan suci

Tlah mengangkat diri ini
Jiwa raga dan seluruh hidup
Rela dia berikan

Back to reff

Oh bunda ada dan tiada dirimu
Kan slalu ada di dalam hatiku...

Langsung speechless saya ketika menyaksikan anak-anak penyitas kanker dari YKAKI ( Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia) menyanyikan lagu karya Melly Goeslow ini.


Anak-anak YKAKI bernyanyi bersama 

Seruput Kopi Hangat Hilanglah Lelah Dan Penatku

Peran Penting Keluarga Dalam Masalah Gizi

"Saat ini begitu banyak issue di permasalahan kesehatan. Masyarakat kita sekarang ini kalau boleh di bilang sebenarnya sedang sakit. Tidak hanya satu dua orang dalam kasus Difteri tetapi dalam soal gizi iya, dalam soal TBC Tuberkolosis iya. Kita sedang berperang di begitu banyak lini". 

Kata Bapak Andi Khomeini Pengurus Besar IDAI dalam Gathering Lintas Profesi dalam mengusung kesehatan bersama Kompeni Sehat dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) yang bertempat di jalan Medan Merdeka Jakarta Pusat.

dok wondrlust.com


Dalam soal gizi peran serta keluarga memang sangat penting. 1000 hari pertama kehidupan ini sangat menentukan. Bukan hanya dari ibunya saja, tetapi sebenarnya yang kita butuhkan adalah peran serta seluruh keluarga. 

Karena kenapa? 1000 hari pertama kehidupan seorang anak ini ditentukan dari ke dua orang tuanya. Sehatkah atau tidak. Bagaimana merencanakan kehamilan untuk kemudian melahirkan anak yang sehat. Pertumbuhan dan perkembangannya sesuai dengan apa yang diharapkan. Ini semua menjadi perhatian dalam keluarga.

Dr.Marya dengan peran penting gizi


Paling penting terutama adalah masalah gizi. Karena apa? Gizi punya peran penting dari mulai anak  balita kemudian tumbuh menjadi anak sekolah, berkembang sebagai remaja, kemudian dewasa dan harus produktif. Proses tumbuh kembang semua ini dipengaruhi status gizinya pada masa kanak-kanak.

"1000 hari pertama kehidupan adalah kunci. Terutama untuk ibu-ibu, juga bagi keluarga. Masa mulai masuk sekolah ditentukan awalnya dari dua tahun pertama" kata Dr. Marya

Ini kita kenal dengan tumpeng gizi seimbang. Tumpeng gizi seimbang isinya terutama adalah karbohidrat. Karbohidrat dapat kita peroleh dari padi-padian, kentang, ubi, kacang-kacangan, sereal, pasta, buah kering, buah pisang dan lain-lain.

Tumpeng gizi seimbang


Kebutuhan setiap individu pasti berbeda. Anak yang usianya sama-sama satu tahun tetapi kebutuhan gizinya sangat dipengaruhi oleh status berat badan, tinggi badan, ada kondisi penyakit atau tidak. Ini yang kemudian nanti kita dapat hitung kebutuhan nutrisi secara individual.

Blogger & komunitas ibu cerdas


Tetapi sebenarnya kalau secara merata atau di ambil rata-rata kita bisa lihat dari angka kecukupan gizi.

Faktor yang mempengaruhi asupan makan :

1.Lingkungan keluarga

2.Lingkungan sosial, dimana anak bergaul, ke sekolah, apalagi untuk anak zaman now separuh harinya berada disekolah. Hampir sebagian besar anak ada di sekolah. Dimana anak butuh eksistensi dan apa yang namanya keren. Tetapi sayangnya keren dalam hal bagaimana mengkonsumsi makanan yang benar ini biasanya bergeser dipengaruhi dengan lingkungan. 


Contohnya sekarang kalau buka gadget buka instagram aja yang ada foto-foto makanan yang ke kinian.Yang isinya mungkin judulnya adalah jus mangga. Tetapi jus mangga ini, gulanya ada ditambah kan susu. Yang awalnya mau diunggulkan mangganya tetapi jadi tidak sehat. 


3.Nutrisi harus terpenuhi
Ini adalah dasar. masing-masing individu berbeda-beda memenuhi. Dirumah ana-anak masih ada ibu yang kontrol, tetapi sayangnya begitu anak masuk usia sekolah, dia melihat berbagai macam makanan. Padahal pilihannya belum tentu sehat karena biasanya gula dan natriumnya tinggi. kalau di luar rumah diabaikan.Melihat makanan dalam kemasan belum paham mana yang sehat. Atau gulanya cukup tinggi.

Lalu pertanyaannya kurangkah? Cukupkah karena faktanya masih ada saja anak yang kurang gizi.

Komponen yang harus dipenuhi adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Kita harus teliti juga terhadap iklan-iklan yang beredar. Salah satunya iklan susu. Seperti SKM. Ini ini bukan susu. Karena 50% kandungannya mengandung gula. Yang kalau dikonsumsi terus menerus dapat mengakibatkan obesitas pada anak.


Peran penting gizi dalam membangun keluarga Indonesia yang sehat pada akhirnya membutuhkan kepedulian dari semua pihak. Tidak hanya teman-teman media, Jurnalis, blogger  dan para artis saja. Mari semua bergerak! Dan

RESOLUSI Itu Niat, Ikhlas, Komitmen Dan Menyenangkan

Menjelang akhir tahun, hal yang biasanya dibicarakan orang selain liburan kemudian ingin menikmati pergantian tahun baru adalah masalah resolusi. 

Jujur nggak semua orang dapat menjawab dengan cepat kalau ditanya "Apa resolusinya tahun 2018 nanti? Seperti halnya saya atau mungkin juga teman-teman ya?

Resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang), peryataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Jadi resolusi berarti hasil rapat yang biasanya berisi tuntutan. (sumber KBBI)


pixa.com
Rasanya baru kemarin saya menuliskan resolusi. Tahu-tahu sekarang sudah bicara masalah resolusi lagi. Belum juga resolusi tahun lalu mencapai hasilnya ha ha ha ha.

Resolusi bagi tiap orang tentu berbeda-beda tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu ingin ada perubahan positip ke arah yang lebih baik.

Beberapa Resolusi teman-teman saya :

"Mau kurus...tapi nggak pernah terpenuhi hahahaha - Wardah staf ASEAN

"Alasannya klise lah kalau aku, niatnya kurang kuat sama gampang tergoda - Fatma karyawan Bank

"Tiap pergantian tahun aku selalu buat catatan apa aja yang ingin dicapai baik buat aku, suami anak dan keluarga. Aku udah tercapai pindah kerja tahun 2017 ini, yang belum tercapai Qatam Al-Quran - Arnis ibu satu anak

"Resolusi aku lebih ke financial goal, seperti pencapaian nominal tertentu atau punya barang-barang di bucket list dan lain-lain"- Wisnu Ayah 2 putra



Berapa resolusi yang berhasil di tahun 2017? pixa.com



Ternyata untuk melakukan resolusi itu tidak semudah ketika kita mengucapkannya ya. Kita kadang sudah membuat daftar resolusi sebanyak mungkin. Mulai dari hal-hal yang biasa kita lakukan sehari-hari sampai masalah kerjaan juga keluarga. Bersyukur banget deh kalau misalnya dari 5 resolusi yang kita buat akan tercapai 3 aja. Wah ini sudah luar biasa bagi saya. Syukur-syukur mendekati sempurna. Artinya semua bisa kita realisasikan. Iya nggak?

Resolusi saya tahun 2017 kemarin adalah bagaimana bisa konsisten menulis satu hari satu artikel.  Ternyata pada prakteknya susah banget untuk saya lakukan. Waktu rasanya benar-benar nggak ada untuk menulis. Terbagi antara mengurus keluarga, pekerjaan juga ibu yang sedang sakit. Dan akhirnya resolusi saya tahun ini jauh banget dari target.

Tetapi lagi-lagi ini adalah alasan klise, waktu selalu disalahkan orang termasuk juga saya. Karena kalau direnungkan bukan waktu masalahnya tetapi bagaimana kita membagi waktu itu sendiri.

Untuk sampai pada bagaimana kita dapat membagi waktu maka kita harus melakukan resolusi itu secara ikhlas dan juga happy.


Siap melangkah ke tahun 2018


Lah bagaimana mungkin kita ingin melakukan hal-hal yang tujuannya adalah berubah kalau kitanya tidak ikhlas untuk menjalani perubahan itu sendiri.

Contoh saya aja deh, harusnya kan tetap dapat menyediakan waktu dalam satu minggu. Mana hari untuk menulis, untuk keluarga juga untuk diri sendiri. Yakin pasti bisa harusnya untuk selalu update blog pun tidak harus one day one article.

Semangat menulis itu memang harus ada setiap hari. Nah agar semangat dan gairah selalu tercipta setiap hari, saya selalu berusaha menjaga makanan yang saya konsumsi. Supaya energi yang saya butuhkan untuk semua aktivitas selalu ada. Biasanya dalam kondisi cuaca yang hujan seperti menjelang akhir tahun ini batuk dan pilek akrab sama saya nih.  Saya biasanya sedia Theragran-M yaitu Vitamin yang bagus untuk masa penyembuhan. Karena kalau sakit jangan lama-lama. Nggak enak.

Theragran-M membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada masa penyembuhan setelah sakit.  Dosis dewasa 1 tablet sehari atau sesuai petunjuk dokter.



Saya salut dengan teman-teman yang sudah mencapai goalnya melalui resolusi tahun ini. Saya masih berusaha keras nih berkomitmen setahun ngeblog bagaimana semakin baik menulisnya, bermanfaat bagi banyak orang melalui tulisan.


1 tablet Theragran-M sehari

Untuk teman-teman yang resolusinya belum tercapai dari tahun ke tahun, saya rasa nggak ada salahnya ditinjau ulang daftar resolusi yang ingin dicapai. Karena jangan-jangan terlalu di awang-awang yang bertolak belakang dengan waktu yang dipersiapkan. Jadi nggak jelas maunya apa. Pun rencana dan upaya itu harus selalu ada. Pantang menyerah!

Sekali lagi berdasarkan pengalaman sendiri Resolusi itu harus di niatkan, dijalankan dengan ikhlas dan komitmen dan ditulis dengan perasaan menyenangkan alias tidak terbebani.

So, hampir di pengujung akhir tahun. Siapkan resolusimu jangan lupa berdoa agar Allah SWT mempermudah niat kita. Aamiin.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M




                             




Dolma Makanan Tradisional Pemersatu Rakyat Azerbaijan

Kalau kita mengenal rendang sebagai makanan khas Indonesia yang sudah di akui Unesco. Baru-baru ini ternyata Dolma makanan berupa sayuran isi yang berasal dari Turki dan negara-negara semenanjung Balkan dan sekitarnya, Timur Tengah, Asia Tengah dan Rusia dinobatkan oleh Unesco sebagai Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan.

Azerbaijan sebagai negara yang bertetangga dengan Rusia juga memiliki Dolma. Makanan tradisional yang disuguhkan dalam keadaaan panas atau dingin ini adalah campuran nasi, daging, bawang merah, kacang polong dan rempah-rempah yang dibungkus daun segar atau dimasak sebelumnya atau diisi dalam buah dan sayuran.



Makanan tradisional dalam bentuk gulungan ini ternyata berperan besar sebagai pemersatu rakyat Azerbaijan. 

Dolma berasal dari kata "doldurma" yang berarti boneka. Tradisi dolma hadir di seluruh Republik Azerbaijan. Dan dianggap sebagai praktik kuliner utama di sana. Dari mulai keluarga sampai komunitas lokal semua memiliki cara, teknik dan bahan-bahan yang berbeda untuk menyajikan dolma.



Tradisi dolma biasanya hadir pada acara-acara dan pertemuan khusus untuk mengungkapkan rasa solidaritas, rasa hormat dan keramahan. Hal ini sudah berlangsung dari generasi ke generasi yang melampaui batas etnis dan agama di dalam negeri. 

Mereka-mereka yang hadir dalam tradisi dolma ini adalah praktisi memasak tradisonal, para wanita, dan masyarakat luas yang menggunakan dolma untuk berbagai macam kepentingan budaya dan sosial. 

Dolma sebagai makanan tradisi ini diterjemahkan melalui hubungan orang tua dan anak. Hubungan yang sangat dekat, tak terpisahkan satu sama lain. Dolma juga diperkenalkan melalui jalur formal. Seperti ke sekolah-sekolah kejuruan juga hadir di tempat-tempat magang. Tentu unsur ini memiliki misi yang besar dalam masyarakat Azerbaijan. Agar tradisi dolma tidak hilang oleh zaman. Tetapi selalu hadir dalam kelangsungan hidup masyarakat Azerbaijan. Negara dengan penduduknya yang dikenal ramah dan hangat.

Congrat Azerbaijan!! Dolma is a heritage of cuisine....




Tanggal 1212 Adalah Tanggal Tutup Tahun Yang Histeria

Yuk! Cegah Diabetes Dengan Perbanyak Aktivitas Fisik


Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat.




Prof. Dr. dr, Nila F Moeloek, Sp.M(K) Selaku Menteri Kesehatan dalam Simposium Hari Diabetes Sedunia yang bertempat di The Ritz Carton Jakarta mengatakan "Epidemi Diabetes tetap meningkat dari tahun ke tahun yaitu 10,3juta di tahun 2017. 

Dari jumlah ini, orang dengan Diabetes tidak tahu bahwa dia penyandang Diabetes. Oleh karena itu sering ditemukan penderita Diabetes pada tahap yang sudah lanjut dengan komplikasi seperti, serangan jantung, stroke, infeksi kaki yang berat dan berisiko hingga amputasi dan gagal ginjal stadium akhir.

"90% penderita diabetes diseluruh dunia merupakan diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat dan sebetulnya 80% nya bisa dicegah"tambah dr.Nila

Peluncuran program cegah resiko tinggi Diabetes&Hipertensi




Dalam simposium ini hadir juga Perdana Menteri Dermark yaitu Lars Lokke Rasmussen.  Sebelumnya sudah dilakukan juga penandatangan MOU kerjasama Indonesia Denmark dalam hal permasalahan penyakit Diabetes.

Lars Lokke Rasmussen 


Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam hal ini mengingatkan masyarakat agar melakukan akivitas fisik mulai sejak kecil (usia sekolah) dan tidak lupa untuk mengkonsumsi makan-makanan sehat dengan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan.

Hanya 50% Masyarakat Indonesia yang melakukan aktivitas fisik.

Jangan pernah bosan untuk hidup sehat, melalui program yang sudah rutin digalakkan oleh Kemenkes melalui GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), POSBINDU(Pos Pembinaan Terpadu), PANDU (Pelayanan Terpadu) dan Cek Kesehatan secara berkala".

Simposium yang mengangkat topik Women and Diabetes ini mengingatkan wanita agar lebih peduli pada kesehatannya karena Diabetes rentan pada wanita, khususnya wanita yang sedang hamil. Karena wanita dalam kondisi ini cenderung untuk tidak banyak bergerak. Ini membuat tubuhnya tidak banyak menghabiskan karbohidrat dan glukosa yang ada. Hal ini yang akhirnya dapat memicu datangnya penyakit Hipertensi, Kolesterol tinggi sampai Diabetes.

dr. Lily S Sulistyowati,MM

dr. Lily S Sulistyowati,MM,Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular yang hadir sebagai pembicara pertama dalam simposium ini mengharapkan ke depan Indonesia dengan penduduknya dimana 70 persen sudah dapat mempertahankan tetap hidup sehat bahkan kalau bisa lebih. Dan sisanya adalah mereka yang membutuhkan pengobatan ataupun berhubungan dengan kesehatan.

Untuk tidak main- main dengan Diabetes. Kita harus bergerak dengan mengupayakan promotif preventif seperti adanya POSBINDU. Ini jangan sampai dilupakan. Dimana ktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan disana adalah untuk menjaga kesehatan bersama. Jadi dari masyarakat ke masyarakat terus ditingkatkan.


Sebaiknya wanita jika sudah positif Diabetes jangan lupa harus secara rutin memeriksakan kadar glukosa dan melakukan konsultasi ke POSBINDU, Puskesmas, atau pusat kesehatan lainnya.

BCC Dukung Cegah Diabetes&Hipertensi


Acara yang dihadiri lebih dari 600 undangan mulai dari Dinas Kesehatan, Praktisi Kesehatan, Dokter, Mahasiswa juga Media dan para Blogger. Mendapat respon yang luar biasa. Karena setiap orang ingin sehat dan terhindar dari Diabetes Millitus (Kencing Manis) yang merupakan ibu dari semua penyakit lainnya seperti gagal ginjal, stroke, bahkan hingga mengalami kebutaan.

"Data yang semakin tinggi harus diwaspadai. Screening dan manage masih jauh sekali yaitu 30%. Tiap penderita darah tinggi harusnya di screening diabetes dan setiap penderita diabetes discreening TB. Melakukan prevalensi juga harus disertai intervensi. Jadi kedepan bicara diabetes bukan hanya dalam pertemuan-pertemuan saja tetapi langsung door to door" kata Dirjen P2PTM Kementerian Kesehatan Dr. H.M Subuh MPPM.

Dr.H.M Subuh MPP