Bebas dari Anyang-anyangan itu Bikin Perempuan Nyaman Berkegiatan


Dengan stelan celana model 7/8 berwarna merah dipadu dengan cardigan warna senada saya antusias banget datang menghadiri "BLOGGER GATHERING URICRAN di Hotel Harris Kelapa Gading, Sabtu 26 Mei 2018.

Saya sudah membayangkan akan bertemu dengan teman-teman Blogger yang cantik lengkap dengan dresscodenya yaitu Merah Tua. Perempuan kalau kumpul itu, selain ngobrol apalagi yang jadi pusat perhatian kalau nggak penampilan. Iya nggak. Ha ha ha

Blogger Gathering [dok @bloggerperempuan]


Pun kadang saya bete. Penampilan udah rapi, eh tiba-tiba mau pipis. Hadeh. Balik lagi ke kamar mandi dan ngaca lagi. Capek deh.

Makanya saya prepare lebih awal ya untuk masalah kayak gini, tiba-tiba mau pipislah atau belum nyaman jalan kalau belum pipis. Kebiasaan juga kali ya jadinya. Alhamdulilllah tema yang diangkat  penting untuk perempuan yaitu "Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih Pada Wanita"

"Dibanding pria, wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. Salah satu gejala awalnya sering disebut anyang-anyangan atau rasa ingin buang air kecil terus menerus disertai rasa nyeri dan tidak lancar." kata dr Abidin SpOG (K)


Dr oz Indonesia Boy Abidin SpOG [dok @bloggerperempuan]

"Kalau kita bicara infeksi saluran kemih secara definisi adalah suatu infeksi dimana adanya koloni kuman artinya kumannya tidak hanya satu atau dua tetapi banyak. Kumannya berkoloni di situ kemudian dapat masuk melalui aliran darah dan juga saluran kemih. 80% karena adanya bakteri E-coli yang menempel pada dinding saluran kemih/saluran kencing.

Saluran kemih itu sebenarnya dimulai dari ginjal. Jadi tidak hanya pada saluran kemihnya saja berawal. Makanya disebut sebagai jalur rangkaian saluran kemih.

Berdasarkan data 50-60% gangguan infeksi saluran kemih memang di alami para wanita, dan bukan hanya pada wanita usia reproduksi tetapi bisa juga pada anak-anak dan pada wanita yang sudah mengalami menoupose. Data juga mengatakan 1/4nya atau 25% wanita yang sudah mengalami,akan mengalami infeksi saluran kemih berulang.

Gangguan infeksi saluran kemih bisa juga terjadi pada pasien-pasien penderita diabetes. 



Kenapa wanita lebih mudah kena infeksi saluran kemih? Karena saluran kandung kemihnya lebih pendek, dibanding pria. Makanya kalau wanita mengalami keputihan maka akan rawan juga wanita tersebut kena infeksi saluran kemih karena jaraknya yang hanya 2-3 cm saja.


Beda saluran kemih pria & wanita [dokpri]


Anyang-anyangan adalah keluhan pertama yang dirasakan ketika wanita mengalami infeksi saluran kemih. Ini adalah istilah dalam bahasa Jawa dan banyak lagi istilah-istilah lain karena banyaknya wanita yang mengalami.

Beberapa penyebab umum Anyang-anyangan  

  1. Toilet tidak bersih
  2. Sering menahan buang air kecil
  3. Arah proses pembasuhan setelah BAB yang tidak bersih
  4. Air untuk membasuh yang tidak bersih

Infeksi saluran kemih terjadi mulai dari bagian atas sampai bawah. Kalau bagian bawah gejalanya sedikit berbeda dengan yang terjadi pada bagian atas. Biasanya yang bawah rasanya saat urine mau keluar, rasa perih dan panas diujung. BAB lebih sering di malam hari, tetapi keluarnya sedikit.Kalau demam tinggi, mengigil,susah makan dan kurang minum dapat menyebabkan infeksi yang suka naik ke atas.  

Ada juga yang sampai nggak tahan pipis,alias ngompol. Ini biasanya dialami wanita yang menopause karena efek hormonal.Bukan karena saluran kemihnya

Nomor 1 yang paling penting adalah minum yang cukup dalam sehari . Yaitu 8 gelas sehari (sekitar 2 liter). Minum sebelum haus. Karena haus itu tanda kalau tubuh kita sebenarnya sudah kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Paling mudah kita tandain kalau urine kita, kalau pekat hati-hati karena kita sudah kekurangan cairan"tambah dr Boy yang praktek di Mitra Keluarga Kelapa Gading


Saya jadi ingat curhat Mira salah satu teman blogger yang hadir sore itu yang ngalamin anyang-anyangan berulang dan bukan hal yang sepele juga karena awalnya doi paling suka nahan pipis kalau dalam perjalanan luar kota karena malas kalau ketemu dengan toilet yang nggak bersih. Kantong kemihnya sempat  bengkak dan bayinya sempat  kecetit.tetapi alhamdulillah akhirnya dapat tertangani dengan baik. "Saya juga minum Uricran" kata Mira.


blogger sharing [dok @bloggerperempuan]



Uricran adalah Ekstrak cranberry yang bekerja aktif menjaga kesehatan saluran kemih sekaligus membebaskan kita dari gangguan anyang-anyangan.


Cara kerja cranberry yaitu Proantocyanidin (PAC) dalam buah cranberry yang mencegah bakteri E-Coli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih, dan membuangnya bersama air kencing. 

ada jenis prive uricran yaitu dalam bentuk kapsul dengan komposisi 250mg isi 30 kapsul/box dengan dosis 1-2 kapsul/hari

Bentuk bubuk komposisi 375 mg dengan ekstrak cranberry, 60 mg vit C,0,1 mg Lactobacillus achidoppillus, 0,1 mg Bifidobacterium bifidum. Isi per box 15 sachet/box dan dosis 1-2 sachet/hari. 


produk uricran [dokpri]

photo booth [dokpri]


Saran dokter Boy :
Karena kemacetan juga dapat mendatangkan penyakit.Untuk yang suka jalan jauh dan suka nahan pipis, solusinya pakai pampers juga boleh karena lebih praktis.

Waspadai Peningkatan tekanan darah atau hipertensi yang memicu pada ibu hamil dan bisa menyebabkan kejang dan menimbulkan kematian yang awalnya adalah infeksi yang terus naik ke atas. 

Menjaga area organ intim wanita karena fungsingnya sebagai alat mensturasi ,seksual dan reproduksi. Jaga betul degan toilet yang bersih. Siapkan tissue, gunakan air yang bersih, dari depan ke belakang. Dilakukan betul-betul dan setiap saat.

Salah menggunakan tissue dan bedak juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. 

Cairan pembersih dengan PH Balance boleh digunakan. Area kewanitaan itu sudah diciptakan Allah SWT dengan kondisi lebab yang ada. 

Dengan sabun bayi boleh, tapi cek keberadaan PH. Hasilnya sangat kesat belum tentu baik, karena organ intim perlu kelembaban tertentu. 

Kalau tidak ada indikasi medis tidak disarankan menggunaan pembersih yang dimasukan ke dalam vagina.
Gunakan selalu handuk dengan bahan katun.  

Akhirnya saya tahu kalau saluran kandung kemih wanita lebih pendek dibandingkan pria, ini yang membuat wanita suka beser. Jadi kalau infeksi saluran kemih pasti punya anyang-anyangan. 

Terus kalau anyang-anyangan nggak selalu infeksi saluran kemih. Pokoknya kalau anyang-anyangan disertai rasa nyeri saat kencing maka hampir dapat dipastikan itu merupakan infeksi saluran kemih. 



Sebaliknya, jika anyang-anyangna tanpa disertai rasa nyeri kemungkinan itu bukan infeksi saluran kemih. Karena bisa jadi karena adanya gangguan  kontraksi berkemih pada otot polos kandung kemih, sehingga untuk membuktikannya perlu cek uricne di lab dan USG.



Best dresscode [dok @bloggerperempuan]

sesi games yang seru [dok @bloggerperempuan]

Pemenang Dorprize [dok @bloggerperempuan]



Dapat ilmu sudah ketemu teman-teman sudah. Rasanya kegiatan hari ini benar-benar teredukasi dan menyenangkan dari mulai penjelasan dokter yang bikin seger,eh. Hahaha senang juga  melihat teman-teman yang menang social media competition dan juga the best dresscode.  Belum lagi games-games seru yang bikin waktu nggak terasa mendekati saat berbuka.  Tausyiah menjadi acara penutup sore itu. 



Bebas dari anyang-anyangan itu memang bikin perempuan nyaman berkegiatan ya? Seperti kami blogger perempuan. 
Kenali gejala anyang-anyangan ya teman-teman


Azan magrib berkumandang, kaki saya melangkah menuju booth Uricran, air warna merah pink dalam gelas kecil yang cantik mengoda saya untuk segera mencicipinya.




41 comments :

  1. Emang ya, kalo lagi anyang-anyangan sedih Mba. Beberapa hari aku kadang gitu, untung ada uricran ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan. Makanya aku jaga'jaga deh dari malas ke toilet hahaha

      Delete
  2. Tiap kali blogwalking udah sering banget baca artikel tentang "Anyang anyangan" tapi kok penyakitnya cuman wanita aja ya ? apakah cowo juga bisa kena Anyang anyangan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling banyak memang diderita wanita karena saluran kemih wanita lebih pendek di tambah lagi kadang wanita suka nunda-nunda kalau mau pipis

      Delete
  3. saya anyang anyangan gegara aktivitas seksuil yang kurang bermamfaat, sebut saya main belakang, itu ngga bener sih sebetulnya, bikin bakteri dan kuman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah mengenali aktivitas seksual sendiri lebih gampang ya kita tahu bakteri dari mana datangnya

      Delete
  4. Kena anyang-anyangan memang tidak nyaman. Bikin konsentrasi buyar... Saya pernah kena saat sebelum melahirkan. Sekarang alhamdulillah sudah tidak lagi. Lebih baik menjaga daripada mengobati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena wanita kan kegiatannya banyak, nggak kebayang kan kalau kena anyang-anyangan

      Delete
  5. kalau sudah anyang - anyangan semua aktivitas keganggu deh, ga enak rasanya , untung saja sekarnag mah ada uri cran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dengan Uricran membantu nyaman dan aman berkegiatan

      Delete
  6. Kalau anyang anyangan tuh emang ga nyaman banget yess,, aku suka nih sama unicarn rasanya enak dan cocok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seger ya, kayak bukan minuman yang ternyata ini berkaitan dengan menghilangkan masalah gangguan saluran kemih

      Delete
  7. Seru banget buka puasa bareng Urican. Rasanya gimana toh mbak urican itu? Apa ada banyak varian rasanya? soalnya buat rekomen ke temen yang mau mudik besok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dan seger. Khas buah cranberry yang kecut-kecut dikit mba

      Delete
  8. Temen temenku yang cewek klo traveling suka bawa ini deh. Kayanya sikpel dan gampang dikonsumsi kapan saja dan dimana saja saat kambuh anyang anyangan. Perjalanan kembali lancar dan menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini solusi juga untuk saat ini karena banyak ya travelling bukan sekali dua kali lagi tapi teragenda terus. Alhamdulillah ya

      Delete
  9. Jadi drpd nahan pipis pas perjalanan, mending pake pampers yaa.. lebih aman. Iya juga yaa.. tapi kayaknya blm nyaman bagi yg ga terbiasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba karena pempers dewasa kan selalu identik dengan kaum lansia atau orang yang memang sakit.

      Delete
  10. Untung skrng ada Uricran ya mbakk jd bisa bikin kita bebas anyang-anyangan ... Aku suka rasanya mbak, gampang dibawa Travelling pula jd dijamin bebas anyang-anyangan yak, tapii tetepp sih kebersihan harus kita jaga ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kebersihan kan segalanya. Dampaknya juga kita yang ngerasain ya. Bakteri ada dimana-mana pula kan

      Delete
  11. Ah, iya banget. Anyang-anyangan sepintas itu sepele. Padahal mah annoying banget. Bikin gak bisa ngapa-ngapan. Kalo udah gitu, aku biasanya diem nunggu sendiri. Sekarang sih, bisa ngandelin Prive Uricran ya. Jadinya bebas worit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Nia, aku pun baru tahu kalau suka dengar orang anyang-anyangan kirain hal-hal yang biasa aja. Ternyata luas juga berkaitan dengan gangguan hal lain

      Delete
  12. Aku suka ngalamin juga mbak gejala Anyang-anyangan ini memang agak bikin ga nyaman. Uri cran alhamdulillah membantu banget.

    ReplyDelete
  13. Aku pernah anyang-anyangen dulu sekali. Sakit, nyiksa banget. Ternyata kalau didiamkan bahaya juga ya merembetnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bu. Kita perempuan harus ekstra jaga kebersihan karena rentan anyang-anyangan

      Delete
  14. Kalau sudah perjalanan jauh mesti waspada anyang-anyangan ya, soalnya kadang bahan pipis mau ke toilet umum tapi parno

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mba kadang toilet kurang nyaman atau jauh atau tanggung lagi kerjain apa nahan pipis ya

      Delete
  15. Duh pakai pempers hihihi...
    AKu pernah tu mbak nahan pipis tapi bukan krn macetos, pas naik KRL, akhirnya gak tahan aku turun stasiun ngasal hahaha, cuma buat numpang pipis, abis sakit sih ya kalau ditahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak semenit dua menit aman, tapi lama-lama sakit kan bahaya

      Delete
  16. Ibu saya pernah mbak bolak balik kamar mandi karena kebelet pipis, lalu meriang selama beberapa hari. Akhirnya dibawa ke UGD dan terdiagnosa infeksi saluran kemih. Emang bahaya banget, anyang-anyangan jangan dianggap sepele.

    ReplyDelete
  17. dulu aku pernah ngalami anyang anyangan beberapa kali pas kerja di gudang, ternyata penyebabnya sepele, kurang minum air putih. periksa ke dokter cuma disuruh minum air putih yang banyak, dikasih obat anti nyeri aja. kalo sekarang enank sudah ada obat ini yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya minum itu akan banyak beser ya tapi aku bayanginnya ya akan lancar kan ya saluran kemih kita

      Delete
  18. Untung sekarang ada Uni-Cran ya jadi obatnya praktis tinggal seduh ga usah ribet ngejus dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pakai air biasa aja selesai. Bisa dibawa-bawa juga karena praktis kemasannya

      Delete
  19. Banget ga nyaman, aku ngalamin jaman remaja dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ternyata benar ya wanita rentan anyang-anyangan

      Delete
  20. lebih baik sayang-sayangan dariapda anyang-anyangan

    ReplyDelete
  21. Emang cewek lebih rentan sebab pendek ya dan dekat dubur juga. Apalagi kadang kalo pipis cebok sembarangan masih lembab terus pake celana. Ga nyaman banget

    ReplyDelete
  22. jadi tahu banyak tentang si ayang ayang ini :D

    ReplyDelete