Ibu Hebat Adalah Ibu Yang Saling Tarik Menarik Dalam Energi Yang Sama



Pintu masuk lobby gedung HIS SMESCO Convention Center Pancoran Jakarta, nampak hangat dengan sambutan ibu-ibu di meja registrasi.

Saya selalu kagum dengan sosok seorang ibu yang dapat menempatkan perannya. Sebagai ibu tempat berlindung anak-anaknya, mengayomi, berbagi cerita dan keluh kesah dan membantu anak-anaknya untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan passionnya dan tahu siapa dirinya. Karena ibu yang mengenal siapa dirinya maka akan memudahkan langkahnya. Lapang tanpa beban dan bahagia. Maka ibu yang bahagia, bahagia pula keluarganya.
Talk show [dokpri]

Seperti juga pagi itu, wajah ibu-ibu yang hadir sumringah bahagia dengan kostum nasionalnya masing-masing dari berbagai propinsi di Indonesia. Oh iya untuk semua undangan yang datang diberikan sehelai kain ulos cantik berwarna terang paduan warna merah dan orange keemasan.

Dapat kain Ulos [dokpri]

Pada zaman dahulu kain ulos merupakan simbol atau lambang masyarakat Batak Toba. Hal ini dilihat dari adat-istiadat atau upacara adat yang dilakukan masyarakat Batak Toba. Makna Kain Ulos Bagi Orang Batak, Ulos tidak bisa lepas dari pelaksaan adat bagi orang Batak. Hal ini sudah berlangsung ratusan tahun.

Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya masyarakat Batak yang merantau dan bercampur dengan suku (menikah dengan suku lain), sedikit tradisi pemberian ulos dan di campur dengan kalimat pantun (semacam doa) mulai terkikis.

Pemberian penghargaan [dokpri]

Tas dari bungkus kopi sachet [dokpri]


Tapi pagi ini melalui festival ibu hebat kita angkat terus kekayaan indonesia ini. Ibu hebat lahir  terinspirasi dari kongres perempuan. Kongres Perempuan yang lahir 90 tahun yang lalu itu memperjuangkan hak-hak perempuan terutama dalam bidang pendidikan dan pernikahan. Akhirnya kongres perempuan ini menjadi dasar diperingatinya hari ibu yang hingga saat ini kita rayakan setiap tanggal 22 Desember.

Nah dalam rangka memperingati hari ibu serta sebagai wujud penghargaan bagi perempuan Indonesia yang mempelopori kongres perempuan tersebut Sabtu tanggal 15 Desember 2018 diadakan acara "Festival Ibu Hebat Apresiasi Perempuan Berkarya Usaha"

Pohon Inspirasi [dokpri]

Lantai 3 Smesco [dokpri]


Acara ini diselenggarakan oleh #Kopikebayadanbuku #GerakanKopiPersahabatan yaitu sebuah gerakan berbagi, peduli yang dipelopori oleh sejumlah perempuan-perempuan hebat untuk menularkan berbagi kebaikan terutama dalam hal literasi dan juga budaya nusantara.

Berbagai macam pakaian adat dari berbagai propinsi yang ada di Indonesia. Dari Bali, Aceh, Manado bahkan Papua. Bikin suasana nasionalisme sangat terasa. Apalagi ketika lagu Indonesia raya berkumandang dan semua yang hadir bernyanyi bersama. Rasanya luar biasanya para ibu mengemas acara ini.

Hadir Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Ibu Puan Maharani. Yang diwakili oleh pak Gofur Akbar sebagai pelaksana tugas deputy bidang koordinasi perlindungan dan anak. Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga yang diwakili oleh staf ahli menteri bidang produktivitas dan mutu ibu Ir. Herus Setiati, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Ibu Yohana Y, dan Ibu Bintang Puspayoga dan juga berbagai komunitas perempuan.

Tempo Institute sharing [dokpri]

Dengan sahabat dari Ambarawa & Papua [dokpri]


Festival Ibu Hebat ini diisi dengan talkshow dan sharing inspiratif dan apresiasi terhadap perempuan-perempuan yang sudah terlebih dahulu memulai kegiatan positipnya yang mempunyai dampak bagi lingkungan sekitar.

Saat ini ada 59 juta pelaku UKM di Indonesia, dimana 43 persennya adalah wanita. Bisa dibayangkan ya, ini yang formal alias yang tercatat lho. Bagaimana dengan yang tidak tercatat yang dirumah buka warung, katering, restoran atau melalui aplikasi online, ini belum terhitung berarti kan banyak sekali usaha yang ditekuni oleh ibu-ibu. 

Pada festival ibu hebat terpilih, Tina Mitra Mandiri melalui pemberdayaan masyarakat di pulau komodo. Kemudian ada Sukacita yang memproduksi barang-barang fashion high Quality dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan di Jawa Tengah. Penghargaan juga diberikan pada pemberdayaan difabel yang melakukan kegiatan untuk sosial kepada teman-teman yang kurang berutung. Du Anyam dari Flores hari itu juga salah satu yang mendapat apresiasi atas karyanya yang hebat dan menginspirasi.

Menang IG Competition [dok @YuliaRahmawati]
Jadi rasanya kalau hari ini handphone kita hanya kita gunakan sebatas membaca wa, membalas wa atau hal-hal menerima program-program yang tidak baik. Rasanya kita akan ketinggalan jauh dari energi yang luar biasa di luar sana. Dari acara ini kita jadi tahu bahwa ada banyak dukungan, fasilitas, ada banyak inspirasi di sekitar kita. Jadi ketika sudah ada pelaku usaha, ketika sudah ada fasilitator, ada pemerintah. 

Kita tinggal membangun sinergi antara pelaku usaha yang satu dan yang lainnya. Antara seorang ibu yang melakukan usaha jual onlinenya di rumah dengan produsen di luar. Begitu seterusnya. Karena semua ini nggak bisa bekerja sendiri-sendiri mesti berkolaborasi satu dengan yang lainnya. Ibu hebat adalah ibu yang tahu perannya dan saling tarik menarik dalam energi yang sama pada ibu-ibu lainnya.
















27 comments :

  1. Senangnya ya ada kegiatan seperti ini dah gitu pakai baju daerah jadi semakin cinta sama Indonesia kalau kaya gini.

    ReplyDelete
  2. sesama ibu harus saling support, yes!
    btw, aku lihat acara Ibu Hebat tapi di bulan Januari 2019, apa masih satu rangkaian acara, ya?

    ReplyDelete
  3. Perempuan Indonesia memang sangat membanggakan ya ...pasti seneng banget y mba ketemu SM perempuan 2 inspirasi

    ReplyDelete
  4. Udah lama nggak ke gedung SMESCO.
    Senang banget melihat aktivitas seperti ini, terlebih melihat Ibu-ibu hebat yang menginspirasi

    ReplyDelete
  5. kok rasanya jadi pengen buat pohon inspirasi sendiri di dinding kamar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bisa kak, tulis aja tentang kita sebagai ibu

      Delete
  6. Seru banget ya Mbak acaranya, jadi banyak banget dapet inspirasi disini ya mbak

    ReplyDelete
  7. Acaranya bagus, semoga memberikan imbas positif buat keluarga.

    Autofokus ke pohon inspirasinya, buat anak saya. Kebetulan di kamar hanya ditempel begitu saja,kalau dibikin pohon lebih ada seninya.
    Terimakasih inspirasinya.

    ReplyDelete
  8. Yang terpilih pada festival tahun ini semuanya sangat inspiratif, semoga tahun depan lebih banyak lagi yang masuk nominasi ya ka.. sebagai bukti bahwa wanita Indonesia itu hebat, dengan segala kemudahan yang ada saat ini tidak ada kata yang tidak mungkin.

    ReplyDelete
  9. Wah senangnya bisa ikut acara keren ini dapat ulos pula yak..hehe..

    ReplyDelete
  10. Aku salfok sama yang hadir dengan pakai baju nasional. Keren deh. Selain kartinian, yang begini udah jarang. Dan pastinya, acara ini seru banget. Banyak banget ya ibu-ibu hebat yang sangat kreatif dan inspiratif. Jadi malu deh sama ibu-ibu yang begini. :D

    ReplyDelete
  11. Tas dari bungkus kopi itu, mertuaku suka bikin loh, bahkan bikin untuk tikar juga dari bungkus kopi sachet gitu, hehehe. Keren yaa

    ReplyDelete
  12. Emang sih..namanya ibu selalu hebat deh..salut untuk semua ibu di dunia..thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  13. Kegiatan seperti ini bermanfaat banget, mengenal para ibu hebat, biar ibu kinyis-kinyis kayak saya bisa belajar banyak dari para ibu hebat

    ReplyDelete
  14. Setuju. Ibu sumber energi yg bisa tarik ulur

    ReplyDelete
  15. Ibu ibu keren yang selalu banyak aktifitas. Pastinseru banget kwhiatannya. Semoga banyak ilmu nanti yang bisa dibagikan di blog ya mbak

    ReplyDelete
  16. Wah beruntung sekali Mba bisa ikutan acara tersebut, banyak memberi inspirasi positif ya..

    ReplyDelete
  17. pohon inspirasi boleh ni dibuat di rumah, btw mak gita mah ibu hebat yang keceh daah

    ReplyDelete
  18. Acara yang menginspirasi, btw saya lama banget ga bikin artikel reportase kayak gini. Lama ga ikut acara2 kayak gini.

    ReplyDelete
  19. Itu ulos ya kaka... Wah bangga budaya Batak semakin merekah.

    ReplyDelete
  20. Duh pastinya banyak ibu2 inspirator deh diacara tersebut.saya tuh suka deh kalau dpt acara begini. Bisa banyak dpt ilmu

    ReplyDelete
  21. ini mah ibu-ibu kece semua sih multi tasking dan hebat

    ReplyDelete