Sun Life Resolution Run 2019 Mewujudkan Resolusi Ingin Hidup Sehat



Hai, bagaimana resolusinya mau olah raga di tahun baru ini? Udah jalan?

Pada dasarnya manusia menginginkan hidup yang lebih sehat. Dan itu menjadi harapan dari banyak orang. Awal tahun itu ada dalam resolusi setiap orang . Yang menjadi masalah adalah, apakah dilakukan atau tidak resolusinya itu. Salah sarunya adalah mau olah raga. Karena biasanya awal tahun rajin, begitu tengah tahun mulai malas, akhir tahun, lupa. Ha ha ha

[dokpri]

Terus mendekati bulan Desember baru ingat, oh iya resolusi saya apa ya? Begitu dilihat lagi. Zero, hehe. Karena banyak orang menuliskan resolusi ingin sehat tetapi pada prakteknya hanya sebatas wacana alias omdo (omong doang) Jadi walaupun resolusi yang di tulis mengenai hidup sehat kita yang kalau di lihat luar biasa sekali, tetapi ini hanya sekedar tulisan.

Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas) angka prevalensi obesitas generasi produktif Indonesia meningkat, dari 14,8% pada 2013 menjadi 21,8% pada 2018.

Untuk itu Sun Life Indonesia untuk pertama kalinya mengelar "Sun Life Resolution Run 2019 " yaitu lari marathon yang mengajak masyarakat Indonesia memulai langkah pertama wujudkan resolusi hidup yang lebih sehat. Sekaligus mengambil bagian dalam gerakan bersama untuk melawan Diabetes

Sun Life Resolution Run 2019 adalah kompetisi lari untuk menggalang donasi, Karena setiap peserta yang mendaftar, seluruh biaya pesertanya akan disumbangkan ke RSCM untuk membantu edukasi diabetes di Indonesia.
acara ini akan diadakan pada hari Minggu, 20 Januari 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan. Lebih dari 1.500 peserta dari berbagai usia akan berpartisipasi pada ajang yang akan digelar secara rutin setiap tahunnya. 


Jadi sejalan dengan misi yang diusung oleh pemerintah, Sun Life secara aktif mengaungkan kampanye "Live Healthier Lives ", sebuah inisiatif regional jadi tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh asia, yang tujuannya adalah mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk mulai menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan bergerak. #LebihBaik Sekarang. 

Kampanye yang sejalan dengan misi perusahaan Sun Life yaitu membantu masyarakat untuk meraih hidup yang lebih baik dan lebih sehat. Karena itu sebagai wujud nyata, jangan cuma resolusi aja yang diomongin, tetapi ada wujud nyata untuk melaksanakannya. 


kika Ibnu Jamil, bu Elin, Dr Grace & Kelly [dok Blogger]
Sun Life Resolution Run 2019 ini merupakan yang pertama dilakukan di Indonesia, karena sebelumnya Sun Life selalu melakukan fun walk. Jadi ini adalah yang pertama kali. Peserta tidak hanya ikut run tetapi peserta juga mengerti bahwa setiap lari yang mereka lakukan itu mereka juga melakukan donasi lansung. Yang mendukung edukasi dan peningkatan kwalitas hidup penderita diabetes di Indonesia.

Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia menyampaikan, “Berdasarkan data Riskesdas 2018, angka prevalensi kelebihan berat badan (overweight) pada generasi produktif Indonesia (usia di atas 18 tahun) mengalami peningkatan, dari 11,3% pada 2013, menjadi 13,6% pada 2018. Peningkatan juga terjadi pada prevalensi obesitas, dari 14,8% di 2013 menjadi 21,8% di 2018 . 


Fakta ini sejalan dengan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index yang menemukan bahwa profesional muda di Asia saat ini terancam masuk dalam kategori ‘Generasi O’ – yang terlalu banyak bekerja (overworked), banyak makan tidak sehat (overeating) dan hidup makin kewalahan (overwhelmed). 

Berangkat dari kepedulian akan kesehatan generasi saat ini, Sun Life menggelar ‘Sun Life Resolution Run 2019’ yang mengajak masyarakat untuk mengambil langkah pertama dalam menerapkan gaya hidup sehat, sebagai resolusi penting dalam mengawali tahun yang baru. Kegiatan ini sekaligus mempertegas komitmen perusahaan dalam mendukung terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat, baik secara fisik, maupun finansial.”

Tingginya prevalensi overweight dan obesitas yang terjadi di masyarakat Indonesia, berbanding lurus dengan kurangnya aktivitas fisik  dan ditunjukkan dengan peningkatan jumlah masyarakat yang dinilai kurang gerak - dari 26,1% pada 2013, menjadi 33,5% di 2018 . 

Dr. Grace Joselini, selaku Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018 menjelaskan, “Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terhadap beberapa penyakit, meningkatkan kondisi kesehatan, serta kualitas hidup secara menyeluruh. Sebagai langkah awal, olahraga mendasar seperti lari dapat dijadikan pilihan yang tepat. 

Jangan lupa juga untuk memperhatikan pakaian yang dikenakan saat olah raga, jangan sampai justru menimbulkan penyakit dan kekurangan cairan karena pakaian yang tidak tepat. Lakukan pemanasan dan pendinginan serta jangan lupa kenakan sepatu yang nyaman. Kalau sepatunya baru, jangan langsung dipakai saat hari H lomba tetapi minimal sudah dicoba selama satu bulan, agar kaki sudah beradaptasi dan menghindari cedera.

Sun Life Resolution Run 2019 semoga mampu mengajak masyarakat Indonesia untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan berolah raga dan bergerak aktif. Jadi ini supaya mengawali tahun barunya itu nggak hanya ditulis, tetapi juga langsung dipraktekan. 

"Perhatikan asupan makanan kita, minum vitamin dan juga multivitamin" tambah Kelly Tandiono dan Ibnu Jamil yang akan terlibat aktif menggaungkan semangat Live Healthier Lives

Yuk olah raga sebagai Langkah Pertama Wujudkan Resolusi Hidup Sehat Generasi Muda Indonesia. Jangan tunda, lakukan dan sekarang. 





27 comments :

  1. Sambil sehat berolahraga lari, sambil pula saling berbagi. Inisiasi Sun Life selalu menginspirasi 👍

    ReplyDelete
  2. Wasuh, prevalensi yang mengalami obesitas dan diabetes meningkat, ya. Harus hati-hati, nih. Terim a kasih sharing-nya, Mbak.

    ReplyDelete
  3. Olahraga lari ini olahraga termurah dan bisa dilakukan kapan saja ya. Tapi bawaannya malaaaas banget. Hahaha... Padahal gaya hidup sehat saat ini sesuatu yang harus bin kudu. Kalau gak, hiii... Mau apa jadinya ya secara segala penyakit sekarang serba canggih dan aneh2...

    ReplyDelete
  4. Olahraga yang sebenarnya bisa dilakukan tiap hari tapi aku malah jarang banget lari ckckck. Semangat mbak, mantab ini

    ReplyDelete
  5. Waduuuuh aku mah ga bisa olahraga lari! wkwkwkwkw bisanya main air aja di kolam :) Paling ikutan yang family run 1,5 km. Atau kalau sebelumnya pemanasan dulu lari2 dekat rumah, bisa ikutan yang 5 atau 10 km ya, mb Git :)

    ReplyDelete
  6. Sekarang running menjadi salah satu olahraga yg bnyk digandrungi karena murah dan ngga perlu beli perlengkapan/peralatan yg mahal.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah.. sedikit demi sedikit mulai berjalan, gaya hidup sehat memang perlu dukungan atau support system dari orang-orang terdekat, Alhamdulillah suami aku mendukung dan kita mulai sama-sama rutin olahraga demi masa depan yang lebih baik

    ReplyDelete
  8. Ahahaha, akuuu, olahraga enggak disiplin nih, makanya bodi aku makin melar saja.
    Enggak tahu nih sejak musim hujan malh jadi mager

    ReplyDelete
  9. Mbaa,aku menyadari kalau aku tuh kurang berolahraga dan bergerak. Membaca tulisan ini jadi terinspirasi buat gaya hidup lebih baik

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah ikutan acaranya Sunlife run nih. Dan baru tau juga ada acara Sunlife Run 2019. Mungkin aku bs ikutan tahun depan abis lahiran. Biar badan makin seger :)

    ReplyDelete
  11. Yeaay... aku semaksimal mungkin olah raga, konsisten pengen sehat atulaah jiwa ragaaa.
    Btw acara sun life nih keren euy..

    ReplyDelete
  12. Keren cara Sun Life ini ya :D
    Aku udah rajin minum vitamin lho, terutama pas cuaca jelek kyk sekarang. Tinggal lathan lari ini yangingin aku rutinkan lagi. #2019sehatselalu aamiin :D

    ReplyDelete
  13. Aaaakk, seruuu banget nih acaranya SunLife, dan yeaahh thn 2019 ini aku pengin hidup lebih sehaaaat
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  14. Makanan sehat, olahraga, istirahat cukup juga harus looo...
    Acara yang menginspirasi ya... sehat selalu ya kakak!

    ReplyDelete
  15. Seru banget acara SunLife ini mba. Minum multivitamin sangat penting sekali ya mba. Dan tidak lupa rajin berolahraga.

    ReplyDelete
  16. mupeng ama medalinya yang keren hehe.. tapi masih takut kalau ikut run run gitu.. suka ngos ngosan sayah

    ReplyDelete
  17. Sebuah langkah awal tahun yang sangat inspiratif dari Sun Life Indonesia.. mengajak masyarakat Indonesia untuk menyujudkan resolusi sehatnya dengan melakukan olahraga lari sekaligus bergerak kolektif bersama membantu masyarakat Indonesia yang menderita penyakit diabetes.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah udah mulai jalan sejak tahun 2018. Memang sempat agak kendor sedikit di awal tahun 2019. Tetapi, semoga bisa konsisten olahraga lagi seperti tahun lalu

    ReplyDelete
  19. Saya masih sering bolong bolong berolahraganya mbak Gita, mesti lebih ekstra lagi menjaga resolusi utk hidup sehat, terlebih musim gak menentu gini mesti waspada banget

    ReplyDelete
  20. Infonya sangat bermanfaat mas,terimakasih sudah berbagi semoga bermanfaat buat yang lainnya juga,kalau ada kesempatan mampir dong ke web ku maaf sebelumnya bukan bermaksud untuk nyepam tapi Blog Ku
    Ahir Ahir ini tidak bisa di akses,mohon bantuannya kepada siapa saja kira kira apa penyebabnya yah,padahal itu blog pertamaku semenjak 2010 awal.

    ReplyDelete
  21. Aku banget mbak Git biasanya cuma resolusi tanpa ada aksi nyata, tapi setelah kehilangan papa tahun lalu di tahun ini aku mulai mencoba untuk hidup sehat. Semoga resolusi ku bisa aku wujudkan seperti Sun Life yang mewujudkan resolusi.

    ReplyDelete
  22. Biar nggak over weight banyaklah bergerak

    ReplyDelete
  23. Wah berarti acaranya minggu ini ya? Semoga lancar dan banyak dana yang dikumpulkan ya.

    ReplyDelete
  24. Whattt riskesdas 2018 udah terbit ya mbak?

    ReplyDelete
  25. 2019 ganti ukuran ya mbak, jadi lebih sehat...bebas dari penyakit berbahaya

    ReplyDelete
  26. Liat event kayak gini bikin mupeng. Duuuh, tapinya badan sekarang mah udah gak memungkinkan buat lari jarak jauh. Sekeliling lapang deket rumah aja ngosngosan. :)))

    ReplyDelete