#KalauDekatJalaninAja Biar Badan Sehat Dan Kuat



Hai...
Bagaimana aktivitasmu hari ini? Apakah setiap hari kamu selalu menyediakan waktu untuk berjalan kaki? Liputan dekat, Turun Transjakarta atau Commuterline kamu akan sedikit berjalan kaki sambil berolah raga, atau justru kamu sengaja berangkat beraktivitas lebih awal, dengan harapan agar dapat berjalan kaki sambil berolah raga karena sinar matahari pagi masih bisa kamu temui .


Pembagian masker #Jalanhijau #Kalaudekatjalaninaja [dok @riyardiarisman]

Kalau jawabannya adalah ya, akh betapa senangnya, karena kamu telah menjadi bagian dari mendukung kampanye memanfaatkan isu kesehatan terkait dengan berjalan kaki yang dimulai minggu ini.

Banyak orang yang mau sehat tapi banyak diantaranya yang hanya sekedar wacana alias omdo (omong doang). Padahal untuk sehat dan tetap bugar kita nggak perlu olah raga yang ribet-ribet, jauh dan butuh peralatan. Karena dengan berjalan kaki saja setiap hari ini sudah bikin badan sehat dan kuat. Cocok lho jalan kaki buat yang lagi program diet kaitannya dengan penurunan berat badan. Asyik kan murah meriah!

Lampu merah Juanda Depok #Jalanhijau #Kalaudekatjalaninaja [dok @riyardiarisman]

Nah jadi #KalaudekatJalaninaja nggak perlu menggunakan kendaraan bermotor lagi. Iya kan? Juga dalam berkegiatan dirumah jalan kaki aja jangan naik motor kalau dekat. Misal mau ke ATM atau hanya sekedar belanja kebutuhan rumah tangga.

Pagi hari itu luar biasa lho nikmatnya untuk memulai aktivitas dengan berjalan kaki, coba aja bayangkan kita masih ketemu sinar matahari atau kalau sore pulang beraktivitas sekalian olah raga. Jadi #KalauDekatJalaninAja berkah sehat deh.

Nah kampanye #JalanHijau #KalauDekatJalaninAja digaungkan bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub. Mulai tanggal 19-22 Agustus 2019 yang berlokasi di Jakarta, Depok dan Bekasi.

Sudahkan jalan kaki? #Jalanhijau #Kalaudekatjalaninaja [dok @riyardiarisman]

Kampanye #JalanHijau adalah kampanye untuk mendorong masyarakat beralih dari kendaraan (bermotor) pribadi beralih menggunakan transportasi angkutan umum lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki. Tentu saja kegiatan ini akan memberikan banyak dampak positif baik secara individu maupun bagi masyarakat secara umum. Lingkungan bersih dan kita sehat.

Kampanye ini dilakukan dengan penyampaian pesan baik melalui poster-poster oleh petugas, pembagian masker, pin, kipas dan tumbler yang kesemuanya memuat pesan-pesan tentang berjalan kaki dan naik angkutan umum massal.

Kenapa bertajuk #JalanHijau?
Karena saat ini semakin banyak masyarakat meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan angkutan umum dan berjalan kaki maka jalan akan menjadi semakin ramah lingkungan (hijau)

Pembagian Kipas #Jalanhijau #Kalaudekatjalaninaja [dok @riyardiarisman]

Ada 2 aspek yang melatar belakangi dilakukannya kampanye #Jalanhijau ini yaitu isu transportasi dan isu kesehatan atau lingkungan. Isu transportasi menjadi bukti nyata, lalu-lintas semakin macet dengan tingginya penggunaan kendaraan (bermotor) pribadi dan masih belum maksimalnya pemanfaatan angkutan umum massal dan aktivitas berjalan kaki.

Blogger pose #Jalanhijau #Kalaudekatjalaninaja [dok pri]
jaln kaki biar badan kuat dan sehat #Jalanhijau #Kalaudekatjalaninaja [dok @riyardiarisman]

Tim Liputan Depok #Jalanhijau #Kalaudekatjalaninaja [dok @riyardiarisman]

Jadi tujuan BPTJ mengadakan Kampanye #JalanHijau yaitu untuk mendorong semaksimal mungkin masyarakat untuk berpindah dari kendaraan (bermotor) pribadi ke angkutan umum massal
dan berjalan kaki.

#JalanHijau mengandung pengertian semakin banyak yang meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih mengunakan transportasi umum,  serta jalan kaki maka akan semakin ramah lingkungan.

Rata-rata orang Indonesia sangat minim berjalan kaki. Rata-rata 3000 langkah/hari atau seharusnya 6000 langkah/hari dan idealnya 10.000 langkah/hari. Bahkan jalan kaki setiap hari bisa mengurangi risiko stroke 20-40%. Dan FYI gaes, kalau kreativitas seseorang akan meningkat 60% saat berjalan kaki. Jadi jangan malas apalagi mau dimanja ya hahaha kalau dekat jalan kaki aja. Kita ikut berperan serta agar jalan hijau. Supaya udara setiap hari bebas polusi dari knalpot-knalpot kendaraan bermotor.

Polusi bikin kita malas jalan?
Tapi kalau kita pakai kendaraan terus, kapan polusi akan berkurang??
Yuk beralih ke kendaraan umum dan perbanyak jalan kaki

Jadi jalan kaki (pagi) akan terkena sinar matahari dan dampaknya baik untuk kesehatan. Lakukan dengan jiwa bersih dan tulus setiap hari, hasilnya akan menyehatkan jiwa. Jalan Hijau dimulai dari kita. Yuk! Kita mulai. Lakukan dan sekarang.








28 comments :

  1. Alhamdulillah saya termasuk yang lebih suka jalan kaki kalau dekat, jauh dikit juga kadang saya jugjug juga hehe karena manfaat berjalan kaki banyak banget. Salah satunya membuat tubuh bergerak dan berkeringat.

    ReplyDelete
  2. lucu ya kempennya, kalau dekat jalanin aja, hahahaha. tapi emang sih kalo deket mending jalan sekalian olah raga, hemat ongkos pula

    ReplyDelete
  3. Wah setuju aku, kalau dekat jalanin aja.
    Beberapa Minggu ini aku juga mulai suka jalan kaki kalau deket, karena memang lebih sehat sih ya.
    Terus kita juga nggak ikutan nambah polusi kalau jalan kaki, hehe

    ReplyDelete
  4. Hahahaha seru banget ya kampanye ini, jadi merasa kurang banget berjalan kaki. Padahal banyak manfaatnya yaa... kuylah kita mulai banyak berjalan kaki, selain sehat juga... irit!

    ReplyDelete
  5. Nah, ini nih aku merasa tersentil hahaha. Males banget jalan kaki. Jajan bakso dekat rumah aja naik motor padahal jalan kaki 5-10 menit sampai wkwkwkw. Naiklah nanti aku usahakan berjalan kaki supaya makin sehat ga mager.

    ReplyDelete
  6. Iya nih harusnya lebih rajin jalan kaki aja ya. Itung2 latihan buat haji dan umroh ya, Mba. Soalnya haji dan umroh ngandelin kekuatan jalan nih.

    ReplyDelete
  7. Aku tuh rajin jalan kaki mba. Biar sehat dan banyak langkah juga emang sudah diyakini bagus buat kondisi tubuh ya

    ReplyDelete
  8. Betul mbak, kalau jaraknya deket yawdalah jalan aja, apalagi kalau dipikir2 jalan ngiterin mall aja kuat ya haha,
    Seneng banget ada kampanye jalan hijau kyk gini, biar masyarakat makin sadar berkendaraan umum dan mau jalan kaki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadi balik lagi kayak zaman dulu. Kadang serba dimudahkan kadang jadi bikin lupa orang olahraga ya

      Delete
  9. Jalan kaki emang bikin kita sehat ya mba. Padahal tinggal jalan aja kalau mau ke warung sama kangsayur juga tapi kadang mageeer molo, harus diubah ni polanya, beruntung kemenhub punya program ini

    ReplyDelete
  10. Aku setuju dengan kampanye ini. Depok tuh macettnya gak nahan tiap pagi, pulang kerja, dan weekend. Kendaraan tumpah ruah. Ayo lah budayakan jalan kaki biar kita bisa kaya orang Jepang

    ReplyDelete
  11. Bener banget sih aku suka jalan kaki walau alasan pertamanya ngirit ekh ternyata ada banyak manfaatnya juga yah

    ReplyDelete
  12. Berarti trotoarnya sudah siap untuk pejalan kaki nih ya Mbak? Ada taman dan kursi juga kah buat pejalan kaki berhenti sejenak gitu melepas lelah? Pasti banyak yg mau jalan kaki asal fasilitas dan keamanan juga oke

    ReplyDelete
  13. wah pembelajaran bnget nih buat saya , saya sngat jarang sekali jln kaki apa lagi klou setiap pagi bawaan nya mager^^

    ReplyDelete
  14. setiap pagi usahakan jalan pagi keliling komplek
    kalau mau belanja ke warung juga usahakan jalan
    cuma kalau ke kantor yang jauh belum bisa jalan

    ReplyDelete
  15. Seru ya kak, jalan kaki emg bnyak bgt mnfaatnya hehe, yg penting mah klo deket ya jalani aja, tp klo udah menjauh, saatnya cari penggantinya *eh wkwkwkkw

    ReplyDelete
  16. aku juga hobiiii jalan kaki.
    Supaya bisa ngetes stamina juga sik
    bermanfaat utk jiwa raga, semangaattt!!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  17. Olahraga yang murmer dan banyak faedahnya ya jjs alias jalan2 santai, bener kan?

    ReplyDelete
  18. Konon juga katanya jalan setiap hari itu merupakan sarana ampuh untuk merontokkan lemak di tubuh secara alami dan efektif sih. Jadi gak ada ruginya menambah porsi jalan kaki setiap hari, mulai kurangi ketergantungan ke kendaraan bermotor secara berlebihan.

    ReplyDelete
  19. Berarti aku tiap hari udah laksanain campaign ini dong. Tiap ke stasiun dari rumah atau sebaliknya pasti jalan kaki. Lumayanlah 10 menit, irit ongkos 3 ribu juga.

    ReplyDelete
  20. Semoga pemerintah provinsi dan daerah makin mempercantik trotoar untuk pejalan kaki. Jangan lupa perbanyak pohonnya ya biar teduh agar kami bisa jalan dengan nyaman dan aman.

    ReplyDelete
  21. Sukses terus ya acaranya, semoga masyarakat semua kalangan, semakin sadar betapa pentingnya untuk berjalan kaki setiap hari. Selain badan kita sendiri yang sehat, kita juga membantu mengurangi polusi udara, suara, dan kemacetan pastinya.

    ReplyDelete
  22. Saya sepakat banget dengan judul Mba gita nih. Soalnya kita jarang jalan kaki dan lebih suka naik motor paling ngak buat ke lokasi meski dekat. Aku mau berubah aj. Biar lebih sehat

    ReplyDelete
  23. Yaaayyy malah enakan jalan kaki kemana-ana tu... jadi inget waktu trip ke luar negeri. Masyarakatnya banyak yang jalan kaki, padahal waktu itu jalan kaki siang2 tapi udaranya seger bgt. Semoga aja di negeara kita bisa semuanya begitu yaa...

    ReplyDelete
  24. Jalan kaki olahraga paling gampang dan murah... Yuklah sering2 jalan kaki.. biar terasa lebih dekat.. hehe

    ReplyDelete
  25. Bener tuuuhh kalau deket jaraknya yawda jalan aja. Suka heran sama yang ke gang depan aja naik motor haha. Padahal manfaat jalan kaki itu besar banget ya mbak buat kesehatan :D

    ReplyDelete
  26. Bener Jak bnyak sekali manfaat jalan kaki y buat kesehatan juga mngurangi polusi pastinya

    ReplyDelete
  27. Setuju banget deh kita memang lebih naik jalan kaki karena penting banget buat kesehatan dan menghindari polusi ya, kak

    ReplyDelete