Sustainable Fashion Dimulai Dari Diri Sendiri



Apa sih pengertian dari Sustainable Fashion?

Sustainable fashion adalah konsep rantai desain berkelanjutan, yaitu produk fashion yang dirancang dan diproduksi dengan pertimbangan lingkungan serta dampak sosial yang ditimbulkannya.
ESMOD Jakarta [dokpri]


Sustainable Fashion merupakan bagian dari gaya hidup saat ini. Banyak dener yang mulai menggunakan bahan alami ramah lingkungan, teknik pewarnaan alami, dan yang tidak kalah penting yaitu menempatkan  label tata cara perawatan kain.

Lantas pertanyaannya apa yang dapat kita lakukan dengan Sustainable Fashion ini? Jawabannya adalah sangat mudah dan semua orang dapat melakukannya. Karena terkait dengan kegiatan kita sehari-hari. Salah satunya jangan beli baju berlebihan.

Narsum Sustainable Fashion [dokpri]

Yang akhirnya hanya akan ditumpuk dilemari alias banyak yang nggak terpakai karena ternyata kita jarang juga memakainya. Manfaatkan teknik mix and macth untuk tidak melakukan pemborosan.

Sumbangkan pakaian kita yang layak pakai. Tidak bolong dan sobek pada teman-teman kita yang membutuhkan. Karena Sustainable Fashion sesungguhnya dimulai dari diri kita sendiri pada hal-hal dan kegiatan yang paling dekat dengan kita.

Workshop baju lama tampilan baru [dokpri]

Sustainable Fashion [dokpri]

Nah So Klin deterjen dan sekolah mode ESMOD Jakarta dan komunitas sosial Sedari Sedari menyerukan kampanye Sustainable Fashion melalui talkshow yang berjudul " Be Sustainable, Be Fashionable by So Klin"

Kegiatan yang berlangsung di Mall Kelapa Gading 3 ini mengajak masyarakat akan pentinganya menjaga lingkungan dan mengembangkan kreativitas melalui inovasi yang berkelanjutan.

Talkshow yang dipandu langsung oleh Indy Barend sebagai brand ambassador So Klin menghadirkan juga ibu Joanna Elizabeth Samuel, Marketing Manager Fabric Care PT Sayap Mas Utama (Wings Group) Patrice Desilles, Academic Program Head ESMOD Jakarta dan Sedari Sedari.

Fashion show Sustainable Fashion [dokpri]

ESMOD Jakarta Sustainable Fashion [dokpri]

Dalam acara ini juga So Klin meluncurkan produk terbarunya yaitu So Klin White & Brigt dengan teknologi Optical Brightener yang menggabungkan deterjen dengan formula khusus yang tidak hanya secara ampuh menghilangkan noda berat, namun juga sekaligus mempertahankan keaslian warna sehingga tidak cepat pudar, bahkan membuat pakaian terlihat lebih cerah setelah pencucian berulang kali.

Asyik ya jadi kita nggak perlu sering-sering belanja pakaian yang akhirnya hanya ditumpuk saja dalam lemari.


Pose! [dokpri]

Dalam acara ini juga tamu undangan yang terdiri dari blogger, media dan masyarakat yang hadir dibuat kagum dengan penampilan para peragawati yang mengenakan pakaian hasil daur ulang dan juga memanfaatkan dari pakaian-pakaian lama yang ada, tampil dengan kreasi  baru seperti gaun yang dirancang dari ide menumpuk jaket jeans lebih dari 1.

So akhirnya mari kita dukung kampanye ini dengan melakukan Sustainable Fashion dari diri kita sendiri yaitu dengan menggunakan pakaian secukupnya . Cuci pakaian dengan deterjen yang cepat memudarkan warna baju dan tentu saja belajar ciptakan ide kreatif dengan mix and match dari pakaian-pakaian yang ada dalam lemari kita.

Sukses selalu untuk So Klin.




10 comments :

  1. Kebanyakan wanita termasuk saya kebanyakan lapar mata kalo lihat pakaian, akibatnya ya beli trs, tanpa memikirkan kegunaan. Mendaur ulang baju diatas bs jadi solusi bagi yg ingin tampil baru tanpa membeli baju lagi

    ReplyDelete
  2. Buat baju lama jadi lebih kreatif tinggal tergantung kemauan sih.. Yang paling gampang memang merawat dengan soklin 😍

    ReplyDelete
  3. dari fashion show kita bisa tau bahwa pakaian yang sudah tidak terpakai bisa didaur ulang menjadi barang yang fashionable

    ReplyDelete
  4. Intinya kalau beli baju secukup dan seperlunya aja ya mbak. Soalnya baju yang kita beli berpotensi menjadi limbah yang tentunya kurang baik terhadap lingkungan. Btw, aku baru tahu loh soal sustainable fashion ini. Semoga semakin banyak masyarakat yang bisa menerapkannya ya

    ReplyDelete
  5. Kalo diperhatiin, banyak juga ya inovasi yang dilakukan So Klin ini. Salah satunya pada detergen. Jadi lebih eco-friendly. Dan bagus juga buat kain. Kudu make nih produk yang ini. Biar bumi jadi lebih baik, dan baju awet cemerlang.

    ReplyDelete
  6. Keren ya bisa memadu madankan pakaian its a key ya bukan berarti harus sering beli pakaian.

    ReplyDelete
  7. Jadi pingin coba So Klin White & Brigt mba, kalau di rumah biasa pakai so Klin yang cair ^^

    ReplyDelete
  8. dengan sedikit kreatifitas maka semua pakaian lama menjadi lebih keren dan terasa baru. Apalagi mencuci dengan so klin... warna bertahan dan bersih sehingga tetap terlihat seperti baru

    ReplyDelete
  9. Wuidiih berhasil foto bareng Teh Indi
    Ternyata pencemaran lingkungan tak hanya plastik yg harus dituntaskan. Limbah tekstil pun harus jadi perhatian dengan lebih bijak melalui kampanye suistinable fashion ini misalnya

    ReplyDelete
  10. Saya juga dirumah pake Soklin untuk nyuci bajunya.
    Selalu bersih dari noda-noda bandel.

    ReplyDelete