Melihat Kekayaan dan Keindahan Indonesia di Kriya Nusa 2019



Kalau ditanya seberapa Indonesianya kamu dalam menggunakan oufit entah untuk bekerja atau menghadiri kegiatan khusus seperti undangan satu acara atau perayaan perkawinan, kira-kira apa jawaban kamu?

Saya yakin pasti teman-teman akan menjawab ada dong dalam tiap outfit yang dipakai ada produk Indonesianya. Entah tasnya, kalung, gelang bahkan sepatu. Karena produk kerajinan Indonesia saat ini memang semakin bagus dan ada di hati kita sendiri sebagai bangsa Indonesia selain di kenal luas di manca negara.

Seperti halnya juga ketika acara Temu Netizen bersama KriyaNusa Senin 9 September 2019 saya melihat teman-teman blogger ada beberapa yang menggunakan kerajinan asli Indonesia. Ada yang menjinjing tas kulit seharga 1,4 juta ada juga anting-anting yang dibeli murah meriah ketika katanya sedang jalan-jalan ke pelabuhan ratu. Sampai ada juga netizen yang mengenakan topi dan rok dari jerami khas Papua. Semua khas Indonesia dan bangga ketika memakainya.

Blogger foto bersama [dok @BloggerCrony)


Kita mengenal masyarakat Indonesia memiliki tangan yang sangat terampil, kreatif dan biasanya menggunakan 8 bahan baku yang ada disekitar alam Indonesia.

Kerajinan Indonesia selalu jadi daya tarik bagi industri pariwisata. Industri kreatif seperti kerajinan tangan, kalau kita lihat memang lebih banyak ada di tempat-tempat pariwisata. Dan kita patut bangga karena kerajinan-kerajinan ini mengikuti perkembangan zaman, nggak monoton lagi kaya zaman ortu kita ya, hahaha.

Talk Show KriyaNusa 2019 (dokpri)


Kika : Ibu Septi, Pak Widodo, Ibu Euis, Ibu Triana dan mas Yossy [dokpri]


Seluruh dunia juga tahu Indonesia negara yang kaya akan kebudayaan daerahnya. Aneka budaya ini memiliki berbagai produk kerajinan dengan kualitas internasional, seperti ; kain tapis Lampung, ulos Sumatera Utara, mebel kayu Jepara, sampai perhiasan mutiara Lombok, itu semua produk kriya yang kualitasnya sudah diakui di dunia internasional lho!

Makanya saat ini menjadi tugas generasi muda juga untuk terus menjaga sekaligus melestarikan dan mau melakukan regenerasi dalam menjaga keberadaan produksi- produk kerajinan dalam negeri. Jadi kita nantinya akan melihat juga bahwan tangan-tangan terampil ini nggak melulu orang-orang tua di tiap daerah.

Tahun ini kita dapat menyaksikan gelaran produk-produk Indonesia berkwalitas melalui #KriyaNusa2019. Ini adalah tahun ke 3 penyelengaraan KriyaNusa yang bekerja sama dengan Dekranas (Dewan Kerajinan Nasional) yang mengangkat tema “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreativitas & Kewirausahaan”  yang akan berlangsung dari tanggal 11-15 September 2019. Bertempat di Balai Kartini jalan Gatot Soebroto Jakarta.

Pemberian plakat dari Dirjen Kemkominfo kepada Ketua Humas KriyaNusa2019 [dokpri]

Pemberian plakat dari Dirjen Kemkominfo kepada Sekretaris Jenderal Dekranas [dokpri]

Triana Rudiantara Ketua Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi KriyaNusa "KriyaNusa adalah kegiatan yang mempromosikan produk kerajinan terbaik dari seluruh daerah di Indonesia dalam rangka meningkatkan pangsa pasar hasil produk kerajinan daerah, melalui pameran baik dalam negeri maupun luar negeri. Makanya yang nanti bergabung di KriyaNusa 2019 ini adalah produk-produk kerajinan yang sebelumnya telah lolos seleksi. So, hanya karya-karya berkualitas saja yang akan dipamerkan. Bangganya sebagai bangsa Indonesia dengan gelaran ini.


Ibu Euis dengan outfit produk lokal [dokpri]

Blogger dengan baju lurik dan topi Asmat [dokpri]

Blogger Pemenang Seberapa Indonesianya kamu [dokpri]

"Semangat memperkenalkan produk Indonesia juga harus di ikuti dengan peningkatan kualitas tentunya. Kekuatan Industri kerajinan Indonesia berasal dari hasil alamnya yang melimpah.
Contohnya tali Angel berbahan rajutan daun monel, di Jepang dihargai sampai 5 Juta rupiah loh? Ada juga Tali Ageng adalah tali yang dapat di buat Tas di Bangkalan"kata Ibu Euis Saedah (Sekretaris Jenderal Dekranas)

Latar belakang diselenggarakan #KriyaNusa2019 oleh Dekranas, adalah bentuk komitmen untuk dapat melestarikan serta mengembangkan hasil produk kerajinan Indonesia. Sekaligus menanamkan rasa cinta dan bangga masyarakat Indonesia terhadap penggunaan produk Kriya Indonesia. Dekranas berharap dengan adanya #KriyaNusa2019 ini masyarakat akan lebih mencintai dan juga terus mendukung kerajinan khas Indonesia"Dekranas menjaga keberadaan dan kontinuitas produksi produk kerajinan melalui peningkatan ketrampilan pada generasi muda. #Harga yang ditawarkan pun akan jauh lebih murah karena perajin daerah tidak perlu membayar sewa stan. Biaya tersebut telah ditanggung oleh Dekranas masing-masing daerah.

Terharu Dapat tas produk UKM korban tsunami [dokpri]

"E-commerce Indonesia saat ini sedang menggeliat loh, nah kalau produk Kriya Nusantara berkualitas tinggi, bisa banget maju dan terus mendunia kan? Dengan penjualan online kita dapat menjual ke luar negeri tanpa harus punya toko juga. Dengan memanfaatkan teknologi saat ini melalui e-commerce yang ada kita dapat langsung meningkatkan penjualan usaha Kriya Indonesia. Apalagi dengan  semakin tingginya pengguna internet di Indonesia. Bisa untuk belanja online dan bermedia sosial untuk membantu menggerakan perekonomian dari Sabang sampai Merauke. Asyik kan"? Ujar ibu Septiana Tangkary Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI





"Saat ini perkembangan ekspor produk kerajinan nasional tercatat menghasilkan 1.2 juta dollar AS bagi devisa Indonesia dengan 9.6 UMKM yang sudah masuk masterplace. Satu angka yang nggak main-main tentunya."Bapak Widodo Muktiyo Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI

Peserta pameran dengan total 246 Stand terdiri dari :
1.KEMENTERIAN & BUMN : 37 STAND
2.DEKRANASDA : 170 STAND (34 Provinsi)
3.INDIVIDU : 25 STAND
4.MITRA : 8 STAND
5.ASOSIASI : 6 STAND


Kategori Produk dalam #KriyaNusa2019 yaitu :
1. Tekstil
2. Keramik
3. Serat Alam
4. Batu-batuan
5. Logam
6. Kayu
7. Bahan baku alam
8. Bahan baku alam olahan
9. Lukisan

#KriyaNusa2019 juga bekerja sama dengan siberkreasi yang diwakili oleh Yossi Project Pop. Yossi suka menggunakan produk dalam negeri untuk menumbuhkan rasa cinta dan rasa memiliki, serta bangga kepada masyarakat terhadap penggunaan produk kerajinan Indonesia.

8 kerajinan ala UNESCO akan hadir, juga ada banyak inovasi kerajinan lainnya, pokoknya nyesel deh kalau ga datang gaes

Seluruh dunia tahu Indonesia negara yang kaya akan kebudayaan daerahnya. Aneka budaya ini memiliki berbagai produk kerajinan dengan kualitas internasional, produk apa saja yang kalian punya? Siapa yang punya kain tenun, songket, anyaman bambu, produk kulit, kerajinan logam, sampai logam mulia kerajinan khas Indonesia? Ini semua baru beberapa kerajinan dari Indonesia loh

Makanya kita sebagai generasi muda harus terus menjaga dan mau melakukan regenerasi ya gaes dalam menjaga keberadaan produksi -produk kerajinan. Karena kekuatan industri kerajinan Indonesia berasal dari hasil alamnya yang melimpah dari tiap daerah. Keindahan dan kekayaan Indonesia harus menggema di seluruh Indonesia dengan dukungan kita semua.

Sayang banget kan kalau kerajinan Indonesia nggak dikembangkan. Kita sebagai generasi muda, harus bangga dengan produk indonesia. Jadi tujuan gelaran Kriya Nusa 2019 Tujuannya sudah pasti, untuk dapat meningkatin daya saing produk melalui proses pembinaan produk yaitu melalui peningkatan kualitas, desain, produksi, dan penggunaan teknologi. Seru banget nih, anak muda diajak terlibat langsung jadi melek ekonomi dan produk sejak dini.

Yuk milenial, promosikan produk kerajinan Indonesia lewat sosial media yang ada ditangan kita

Keindahan dan kekayaan Indonesia harus menggema di seluruh Indonesia. Sukses untuk #KriyaNusa2019



16 comments :

  1. Memang ya, kekayaan budaya kita itu luar biasa. Kalau sedang main ke Museum Nasional dan Museum Nasional Sejarah Indonesia, banyak banget koleksi kerajinan tangan berupa tas dan kain yang dari dulu udah cantik-cantik banget. Padahal dulu diproses secara sederhana banget. Apalagi sekarang, makin terlihat cantiknya. Aku pun bangga mengenakan produk khas Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, luar biasanya ya produk Indonesia sekarang

      Delete
  2. Betul banget. Indonesia memang kaya akan karya kok, ya. Kualitasnya pun bagus2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat kak, semoga tangan tangan terampil terus bermunculan ya

      Delete
  3. Aku ikutan bangga lihat teman-teman blogger yang hadir dengan outfit keren produk dengan ciri kelokalan gitu. Indonesia sungguh negeri yang kaya dan punya kemampuan maju di tingkat internasional dengan kreativitas yang tak terbatas

    ReplyDelete
  4. Aku juga Dateng ke acara ini. Rencana mau juga sih ke Kriya Nusa. Wah...pokoknya takjub banget yah liat hasil kerajinan Nusantara. Aku sampe merinding denger cerita Bu Euis yg pergi ke kabupaten2 melihat masyarakat membuat kerajinan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kedepan tangan tangan mileniallah yang akan meneruskan ya.

      Delete
  5. Temu Netizen Kriyanusa seperti ini bagus sering-sering diadakan ya Mbak biar masyarakat makin aware dengan produk-produk Indonesia. Banyak banget sih sebenarnya, apalagi UMKM-nya, masih perlu disebarluaskan keberadaannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, aku juga kasih masukan dan saran biar sosialisasi jalan terus tentang produk kerajinan Indonesia ya apalagi kan semua pegang HP

      Delete
  6. Senang deh liat mulai banyak masyarakat yang bangga menggunakan produk lokal yang khas Indonesia. Produknya unik dan ga kalah cantik dengan buatan luar. Perlu banget pendampingan pengrajin nih biar makin bisa bersaing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat apalagi kita udah masuk industri 4.0 ya kak, senang kalau milenial juga bergerak cepat

      Delete
  7. Telat tahu pameran Kriya Nusa padahal ku tertarik dengan etnik khas Indonesia. Sayangnya weekend ini ga bisa ke sana. Apa tahun depan ada lagi?

    ReplyDelete
  8. produk kirya indonesia beragam banget, ga nyangka sebagus iniii

    ReplyDelete
  9. Waaaaah keren banget ya Mbk Gita. Patut bangga nih sama Indonesia, karena memang kaya akan budaya dan juga kerajinan-kerajinan khas daerah yang super keren. Aku suka banget ngoleksi pakaian khas daerah hehe. tentunya ga hanya dikoleksi tapi dipake juga hehe

    ReplyDelete
  10. Semoga makin go Internasyenel yaa...karya anak bangsa yang cantik-cantik ini...
    Aku kagum sama padu-padan motif dan cara pembuatannya yang masih alami.

    ReplyDelete