Wajib Tau, Inilah Fitur-Fitur Website Paling Penting untuk E-Commerce


E-commerce atau electronic commerce adalah kegiatan pemasaran, pembelian, penjualan produk berupa barang atau jasa dengan menggunakan media elektronik.


doc google


Media elektronik yang digunakan untuk e-commerce saat ini pun beragam seperti, televisi, internet, jaringan komputer dan lainnya. Salah satu media yang saat ini sering digunakan di tengah menjamurnya e-commerce di Indonesia adalah website. Website sering kali dipilih sebagai media e-commerce karena aksesnya yang mudah serta jangkauannya yang luas.

Akan tetapi, agar website ini dapat berfungsi secara efektif dalam mendukung e-commerce, diperlukan fitur-fitur website yang tepat dan sesuai.

Setelah kalian memiliki Domain dan hosting, selanjutnya adalah bagaimana cara membangun website dengan baik dan benar, nah setelah proses itu selesai, kalian bisa melanjutkan ke bagian fitur-fitur website yang ada pada E-commerce
Fitur website sendiri diperlukan agar sebuah website e-commerce berbeda dan memiliki ciri khusus dibandingkan dengan website e-commerce lainnya.

Selain itu, kemudahan serta efektifitas fitur yang terdapat dalam website juga dapat mempengaruhi jumlah traffic website. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih fitur-fitur yang menarik, sesuai, dan tentunya memudahkan bagi konsumen.

10 Fitur-Fitur Website yang Wajib Ada Pada E-Commerce

Berikut adalah fitur-fitur yang tepat dan sesuai untuk website e-commerce:

1. Logo Website
Logo website adalah salah satu pembeda yang juga dapat menjadi tanda pengenal untuk sebuah perusahaan e-commerce. Agar mudah diingat oleh orang, logo website sebaiknya didesain semenarik dan sesederhana mungkin.

2. Kategori Produk
Kategori produk pada website e-commerce digunakan untuk mengklasifikasikan produk-produk yang disediakan oleh perusahaan. Dengan membuat produk dalam kategori-kategori tertentu, konsumen akan merasa dimudahkan ketika akan mencari barang yang diperlukan.

3. Produk dan Detail produk
Setelah diklasifikasikan ke dalam kategori-kategori tertentu, website e-commerce perlu menguraikan produk serta detail atau spesifikasi produk. Spesifikasi produk biasanya dapat berisi keterangan atau informasi terkait produk yang dijual. Misalnya, produk yang dijual adalah sepatu, maka di dalam detail produk kamu perlu mencantumkan ketersediaan ukuran, warna, jenis bahan yang digunakan, serta informasi penting lainnya yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen untuk membeli produk tersebut.

4. Wishlist atau Shopping Cart
Wishlist atau shopping chart sangat diperlukan untuk memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian. Fitur-fitur website berupa keranjang belanja ini dapat membantu konsumen untuk menyimpan barang yang dirasa menarik sebelum akhirnya melakukan checkout atau transaksi.

5. Pencarian atau Search
Ketika hendak mencari barang yang diperlukan, tentunya konsumen menginginkan kemudahan bukan? Nah, salah satu fitur yang dapat membantu konsumen menemukan produk yang mereka cari adalah fitur pencarian. Melalui fitur ini, konsumen hanya perlu mengetikkan produk yang mereka cari dan beberapa rekomendasi produk sejenis pun akan muncul seketika di laman tersebut.

6. Live Chat
Fitur live chat pada website e-commerce merupakan salah satu fitur penting bagi perusahaan untuk dapat menjaga komunikasi dengan konsumen. Dengan fitur ini, konsumen dapat langsung menanyakan detail produk ataupun menyampaikan keluhan-keluhan mengenai produk. Live chat juga salah satu tanda keterbukaan perusahaan dengan konsumen. Dengan adanya fitur ini, kepercayaan konsumen terhadap perusahaan e-commerce bersangkutan dapat ditingkatkan, asal komunikasi dilakukan secara baik dan benar.

7. Metode pembayaran
Metode selanjutnya yang tidak kalah penting dalam website e-commerce adalah metode pembayaran. E-commerce sudah memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Akan tetapi, akan lebih baik lagi apabila disertai dengan kemudahan dalam hal pembayaran. Belakangan ini, metode pembayaran non-tunai semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Ada baiknya, website e-commerce bersifat dinamis dengan mengikuti perkembangan pembayaran yang sedang tren di masyarakat. Selain memberikan kemudahan karena banyak digunakan, pembayaran dengan non-tunai tentunya juga akan mempermudah konsumen dalam bertransaksi karena tidak perlu menggunakan uang fisik.

8. Voucher atau Promo
Fitur-fitur website penting yang selanjutnya adalah voucher atau promo. Fitur ini sering disediakan oleh website e-commerce untuk menarik konsumen. Dan tepat saja, keberadaan fitur ini tentunya dapat meningkatkan traffic website sekaligus transaksi pada website. Hal tersebut dikarenakan banyak konsumen yang merasa diuntungkan oleh fitur ini.
Fitur voucher atau promo ini sendiri biasanya berisi kupon promo yang diberikan perusahaan e-commerce kepada konsumennya. Promo yang diberikan pun beragam, bisa berupa potongan harga, cashback, dan lain sebagainya.

9. Social Sharing
Fitur website yang satu ini memiliki fungsi untuk memperluas jangkauan dari perusahaan. Dengan adanya fitur ini, konsumen dapat membagikan informasi atau produk yang disukai kepada teman-temannya melalui media sosial. Dapat dikatakan, fitur ini merupakan salah satu media promosi gratis yang diterima perusahaan setelah memberikan kepuasan kepada konsumennya dalam bertransaksi. Dengan adanya fitur ini, perusahaan e-commerce juga akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

10. Contact Person
Fitur ini tidak kalah penting dari fitur website lainnya. Fitur contact person ini merupakan sebuah fitur yang menyediakan informasi mengenai kontak yang dapat dihubungi oleh konsumen apabila menjumpai masalah atau justru ingin bekerja sama membentuk sebuah relasi. Dengan adanya fitur ini, kedekatan perusahaan dengan konsumen dan juga masyarakat akan lebih baik.

Fitur-fitur website di atas adalah harus Kamu sertakan jika ingin membuat sebuah website e-commerce. Akan tetapi, yang perlu kamu ingat adalah pengembangan fitur pada sebuah website e-commerce harus disesuaikan dengan tujuan serta kebutuhan perusahaan.

Selain kesesuaian fitur dengan kebutuhan perusahaan, fitur yang dikembangkan juga perlu melihat kebutuhan konsumen. Fitur website e-commerce tentunya harus memberikan kemudahan kepada konsumen, bukan menyulitkan. So, good luck #WorkFromHome

49 comments :

  1. Iya yah, kalau gak ada salah satu saja dari semua fitur yang ditulis di atas, kayaknya gak lengkap deh e-commerce-nya.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget Mbak Gita kalau semua fitur itu kudu ada, apalagi live chat, aku biasanya menanyakan apa2 disitu kalau kesulitan nyari produk yang aku pengen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena lewat fitur inilah kita bisa interaksi ya tanya langsung tentang produk

      Delete
  3. Benar juga kalau kesepuluh point diatas ngga dilengkapi, website fitur e-commerce kurang gregetnya

    ReplyDelete
  4. Bener nih, aku ngerasain soalnya bikin website pake fitur ini banyak manfaatnya dan bikin mempermudah

    ReplyDelete
  5. Wishlist itu memang perlu ada, biar kalau nanti udah punya cukup tabungan langsung cus bayar 😁

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum...sillaturahmi Blogwalking.

    Betul itu semua mbak. jika tanpa salah satu fitur tersebut, situs itu pantas tidak dipercaya.

    Setelah membaca artikel ini, saya jadi tertarik untuk membuat marketplace.

    keep posting mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam ...akh syukurlah. terima kasih sudah berkenan mampir ya

      Delete
  7. Betul banget nih, fitur- fitur ini memang paling penting untuk website e-commerce karena untuk memudahkan para pembeli dalam bertransaksi

    ReplyDelete
  8. Fitur-fitur tersebut memudahkan customer buat transaksi ya. Kalau dimudahkan gitu, pelanggan bisa balik belanja lagi.

    ReplyDelete
  9. Bener banget nih mba fitur ini memang ngebantu banget ketika kita mengunjungi website e-commerce

    ReplyDelete
  10. Wah terima kasih Kak. Kebetulan ada teman yg ingin membuat web utk usahanya. Kuinfokan saja post ini ya..

    ReplyDelete
  11. Logo website perlu banget ada. Soalnya jadi bagian identitas pula ya, dan biar gampang diinget

    ReplyDelete
  12. Ulasannya lengkap bngt tentang E Commerce mba .jadi ada bayangan kalo akan membuat website seperti apa harus dilengkapi semuanyaa nih

    ReplyDelete
  13. Lagi stayathome gini, e commerce pasti paling sering dilirik. Klo udah percaya 1 e commerce agak susah ke lain hati hihi

    ReplyDelete
  14. ULasannya detil, mudah dimengerti juga. Jadi lebih paham tentang fasilitas-fasilitas yang harus dimiliki seandainya nanti biin website buat usaha suami

    ReplyDelete
  15. No 6 dan 10 penting. Pokoknya gmn caranya bisa menghubungi CS-nya lha. Ini dari sdut pandangku sebagai pelanggan/ buyer ya? Soalnya kadang ada keterangan di etalase online yang gak jelas, jd bisa cepet nanya2 deh

    ReplyDelete
  16. Kelengkapan fitur emang penting banget..Apalagi didukung kecepatan akses dan layanan ya..

    ReplyDelete
  17. setiap kali buka website aku juga selalu lihat fitur LIve Chat karena buat aku ini penting sekali mba, kadang kita butuh jawaban langsung kan?

    ReplyDelete
  18. Terpenting semua ini. Kalau ada salah satu gak ada rasanya aneh aja. Mngurangi kenyamanan pembeli

    ReplyDelete
  19. Yang paling tak lihat pertama kali kalo belanja itu diskonannya mba wwkkwkw baru fitur chatnya tanya ketersediakan stok. wkwwkk nggak mau rugi ya emang.

    ReplyDelete
  20. Yang aku sering dengar teman ku bahas point point di No.6 & 8
    Apalagi ketika ingin membeli suatu produk pasti kita sebagai konsumen bertanya dahulu sebelum membeli.
    Mulai menanyakan ongkir,harga/kualitas bahan itu sendiri

    ReplyDelete
  21. Iya mbak aku juga suka pakai fitur yang wishlist nyetok dulu sambil window shopping liat yang lain hahhahaa

    ReplyDelete
  22. Sepakat aku fitur-fitur tersebut harus bisa memberikan kemudahan bagi konsumen dan jangan terlalu banyak jebakan sehingga masuk ke halaman ini halaman ini aku nggak suka yang kayak gitu

    ReplyDelete
  23. bNyak sekali ya yang harus dilengkapi kalau kita mau membangun sebuah website E-COMMERCE. Ini semua demi kemudahan pelanggan agar memudahkan pelanggan

    ReplyDelete
  24. Banyak sekaki emang fiturnya, aku setuju itu yg paling dibutuhkan karena aku jg punya website jualan yg isinya fitur itu semua

    ReplyDelete
  25. live chat yang fast respond tentunya ya, karena kadang saat akses web ada aja kendalanya dan mesti diselesaikan dgn cepat

    ReplyDelete
  26. Menarik banget ini listnya, buat yang mau membuat ecommerce bisa merujuk artikel ini yah!

    ReplyDelete
  27. Bener banget kak siwi menarik banget emang namanya e-commerce harus bisa ada semua list itu kalau gak nanti susah belanjanya

    ReplyDelete
  28. Wah menarik Kak listnya, seneng deh kalo di ecommerce komplit kaya begini. Pas mau belanja, pasti jadi lebih mudah & cepat. Lebih efisien dehhh :))

    ReplyDelete
  29. Komplit banget. Seharusnya sebuah website e-commerce memang mempunyai semua fitur di atas. Website kan dibuat untuk memuat informasi yang diperlukan pengunjung ya, termasuk kemudahan bertransaksinya juga.

    ReplyDelete
  30. Di e-commerce sendiri aku paling senang dengan fitur Live Chat mbak karena memang langsung terhubung ke penjual jadi memudahkan pembeli untuk bertanya banyak hal.

    ReplyDelete
  31. setuju nih mba yang namanya web e-commerce tuh kudu komplit, kalo gak pasti calon buyernya langsung ilfeel, termasuk form untuk contact ke pihak e-commercenya terkait untuk konfirmasi delivery pesanan belum sampe or barang gak sesuai dan berbagai drama shopping online lainnya

    ReplyDelete
  32. Bener nih, kadang yang bikin kesel enggak ada CS yang bisa ditanya-tanya dulu, hehe. kadang kan pengen tanya dulu soal produknya, baru deh mikirin beli apa enggak ya, gitu hehe.

    ReplyDelete
  33. Kalo ada fitur search, aku biasanya langsung pakai itu. Nggak mampir ke fitur kategori lagi. Abis itu baru nyari info detailnya. Sering batal belanja karena nggak ada info lengkap tentang produk yang kucari.

    ReplyDelete
  34. Nah setuju mba, fitur dalam website itu harus jelas dan detail infonya karena bakalan merujuk buat langkah selanjutnya

    ReplyDelete
  35. Tapi ada website e-commerce yang lengkap, hanya meletakkan fiturnya ini gak user-friendly gitu.
    Jadi agak menyusahkan.
    Padahal aku uda bernapsu mo belanja niih...KZL kalo uda gini. Dan sampai sekarang, aku malas lihat brand dia (punya salah seorang artis ternama).

    ReplyDelete
  36. Makasih banyak infonya ini lengkap banget kak jadi tahu harus ada kelengkapan ini ternyata ya

    ReplyDelete
  37. Ininih yang aku perlukan sekarang. Emang masih belajar sih tapi infonya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  38. Ada yang kurang kak traffik pengunjung perharinya. Jadi ketahuan e-commerce kita berapa pengunjungnya per hari. Dulu ini jadi bahan skripsiku.

    ReplyDelete