Sepeda Fixie Tetap Hit Sampai Sekarang.

Wah, sekarang trend bersepeda lagi marak semenjak pandemic ya. Mungkin itu salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan selama di rumah aja. Nggak jarang juga yang sampe beli sepeda baru demi bisa menikmati dunia luar lagi plus tetap menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar. 

Tapi buat teman-teman yang tetap ingin bersepeda juga tau kondisi ya, jangan datang ke tempat keramaian atau berkumpul dengan banyak orang. Ingat, kondisinya masih sama, virus juga bisa menular oleh siapa pun, dimana pun, dan kapan pun.

Dok. Pribadi


Saya jadi ingat pengalaman anak saya bersepeda, Dulu Key ( nama anak saya) memiliki sebuah Sepeda Fixie. Fixie gear atau yang biasa disebut fixie. Kata fixie diambil dari kata fixed gear yang artinya "roda belakang yang dibikin mati". Jadi Fixie adalah sepeda tanpa rem, jadi kalo kita mau ngerem harus bisa menahan putaran pedalnya itu. Zaman dulu, anak saya bersepeda dari rumah hingga ke sekolah yang jaraknya kira-kira 10KM. Luar biasa semangatnyaya.

Dulu masih semangat banget untuk gowes. Pernah juga Key bersama teman-teman sekolahnya ke Bundaran HI yang jaraknya jauh dari rumah saya. Ha ha ha 

Seru sih menurut saya melihat antusiasme masyarakat sekarang, jadi kangen juga sepedaan. Karena dari artikel yang saya baca, bersepeda  termasuk jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh orang dari berbagai usia ini juga sekaligus bisa menjadi sarana rekreasi untuk menyegarkan pikiran. Efek samping bersepedapun rendah.

Bersepeda menyebabkan lebih sedikit ketegangan dan cedera daripada kebanyakan bentuk aktivitas fisik lainnya.

Bersepeda membuat semua kelompok otot utama bergerak saat kita mengayuh pedal. Jadi Bersepeda adalah latihan otot yang baik.

Nah nggak seperti kebanyakan jenis olahraga lainnya, bersepeda tidak memerlukan keterampilan fisik tingkat tinggi.Bersepeda dapat meningkatkan stamina, kekuatan, dan kebugaran aerobik. Plus yang nggak bikin ribet adalah bersepeda itu hemat waktu.

Jadi selain menjadi salah satu bentuk olahraga, bersepeda juga bisa menjadi moda trasnportasi saat kita beraktivitas sehari-hari  ya contohnya kayak anak saya itu yang sekolah naik sepeda.

Pas yang memang akhirnya trend gowes muncul.lagi.

Pun masih banyak juga masyarakat di luar yang bersepeda tidak menaati aturan seperti ada yang menerobos lampu lalu lintas, jalan di sembarang tempat, bahkan sampe ada yang membahayakan pengendara lain. Seharusnya sebagai sesame pengguna jalan umum, tetap saling mematuhi lalu lintas.

Melihat fenomena ini, saya baru tahu jenis sepeda lipat baru yang harganya fantastis. Ternyata sepeda seunik itu bisa memiliki pasarnya di Indonesia. Kalo dulu sih, mungkin selain trend sepeda fixie, juga sempat trend sepeda-sepeda MTB atau Mountain Bike, sepeda gunung. Teman-teman yang aktif bersepeda saat ini, tetap jaga kesehatan ya, gunakan selalu masker dan cuci tangan kita setelah menyentuh benda apapun.

Selamat gowes bersama orang-orang tercinta. Enjoy all....keep smiling


9 comments :

  1. Aku juga inget pas fixie lagi hype2 nya.. sepupuku ngebet banget mau beli :D. Aku sendiri ga pernah naik sepeda lagi sejak SMP kls 3 trakhir :D. Jd jujur ga tau juga apa msih inget ato ga. Jangan2 keseimbangan udah ilang :D.

    Fixie ga ada rem rada serem juga yaa hahahha. Kurasa g pas kalo buatku :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...terima kasih udah berkunjung. Cobalah kak..paling ya oleng oleng dikit hahaha

      Delete
    2. Hahaha...terima kasih udah berkunjung. Cobalah kak..paling ya oleng oleng dikit hahaha

      Delete
  2. Ya ampuuun aku baru tau kalo sepeda fixie itu singkatan dari fixed gear yang artinya "roda belakang yang dibikin mati".

    Dulu sih bingung, kenapa kok si Fixie ini tanpa rem, wkwkwkwkwk

    Seneng aja sekarang ini sepeda marak lagi, sayang di daerahku itu ngeri banget karena banyak truk melintas, truknya ga tanggung, container dan tronton ..hiks... anak anak kuwanti wantiiiii banget kalo naik sepeda


    ReplyDelete
  3. Sekarang benaran lagi musim sepedaan, di jalanan ramai yang sepedaan apalagi klo weekend. Saya jadi pengen punya sepeda juga supaya sekalian berolahraga. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Saya dulu waktu SMP dibeliin sepeda. Jadi kangen deh buat sepedaan lagi kayak dulu. Btw, saya baru tau sepeda Fixie ini. Pengen deh beli kl pas lagi ada rezekinya, biar bisa sepedaan sore2 sembari menikmati hamparan pepohonan di sini

    ReplyDelete
  5. Aku ngalamin juga kak, jaman SMP sewaktu pindah sekolah ke Jombang (Jawa Timur) setiap pergi dan pulang gowes, terkadang pake sepeda mini yg ada keranjangnya di depan, kadang sepeda jengki, terakhir sepeda gunung pas lagi musimnya. Seneng naik sepeda, selain sehat dan bugar bisa liat pemandangan orang2 pergi ke sawah di pagi hari.

    ReplyDelete
  6. aku ada sepeda fixie udah lama banget, hmm liat tulisan ini jadi pengen diturunin dari gudang hehe

    ReplyDelete
  7. Jadi inget sahabat ku yang cinta mati sama fixie. Bahkan harga perintilannya kalau dijumlah seharga motor baru hihihi

    ReplyDelete