Kilau Permata dari Timur untuk Indonesia

 

Keragaman budaya Indonesia sudah tidak terbantahkan lagi. Mulai dari hasil kerajinan tangan, makanan khas hingga pertunjukan seni budaya. Dunia bisa dikatakan sudah familiar dengan batik, wayang, rendang bahkan tempe. 

Tetapi bagaimana dengan kita sebagai bangsa Indonesia sendiri? Sudahkah kita bangga dengan seluruh kekayaan budaya yang kita miliki?






Sebagai bangsa yang dikaruniai kekayaan budaya yang sangat melimpah, sudah seharusnya kita sebagai pemiliknya selalu dan harus terus berupaya untuk melestarikannya. Rasa bangga menjadi bangsa Indonesia menjadi titik tumpuan awal. 

Banyak peran yang bisa kita ambil dalam usaha melestarikan keragaman budaya. Mulai dari peran aktif seperti menjadi produsen barang-barang kerajinan, atau menjadi penjual berbagai kerajinan khas Indonesia, atau peran yang bisa dikatakan termudah adalah berperan sebagai pengguna (consumer). Kita tinggal memilih peran mana yang bisa kita ambil yang tentunya disesuaikan dengan kondisi masing-masing.


Kain daerah menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia. Bisa dikatakan semua daerah memiliki kain khasnya. Songket dari Palembang, Batik dari Jawa dan Tenun dari wilayah timur merupakan beberapa contoh. Berbicara tentang tenun, wilayah timur Indonesia seperti Flores, Sumba, Timur dan Alor dikenal sebagai penghasil tenun dengan keindahan corak, motif dan warnanya yang khas. 

Pemerintah melalui kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang mulai dicanangkan tahun 2020 yang lalu, kembali mengadakan acara yang sama dengan mengusung kekayaan tenun dari wilayah Timur Indonesia ini. Bukan hanya hasil kerajinan saja yang diangkat dalam Gernas BBI tahun 2021 kali ini, namun strategi penjualan melalui digitalisasi menjadi penekanan di dalamnya.

Era digital sudah masuk ke semua kegiatan manusia. Penjualan online menjadi kebutuhan dalam upaya menggenjot peningkatan penjualan barang-barang hasil UMKM. 



Gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia mengajak masyarakat untuk beli dan bangga akan karya anak bangsa juga sebagai upaya untuk menyelamatkan UMKM agar berhasil bangkit dan mampu melalui masa sulit pandemi Covid-19. 

Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengusung tema "Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alonr) puncak acaranya diselenggarakan pada hari Jumat, 18 Juni 2021, pukul 08.00 WITA besok di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT.

Acara puncak Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora tersebut dilaksanakan dalam bentuk forum tatap muka (offline) dan online melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube Ditjen IKP Kominfo, serta disiarkan juga secara live di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI.

Menteri Kominfo bapak Johnny Gerard Plate mengatakan "Masyarakat kita konsumtif, suka membeli dari pada membuat, gengsi selalu menganggap produk luar lebih oke.



Kemampuan mengkapitisasi produk lokal harus dan selalu harus merasuki pikiran kita. agar setiap saat kita mencintai produk Indonesia. karena nggak bisa dipungkiri di era digital semua akses terbuka, nggak perlu ke toko cukup pesan saja secara online.

Digitalisasi nggak bisa di hindari lagi. Jadi saatnya kita bangkit dari keterpurukan akibat covid 19. Virtual expo Flobamora  dibuat bukan hanya  untuk mendongkrak  penjualan tetapi juga untuk menghargai umkm yang jadi  tulang punggung bangsa dan kita harus berikan apresiasi yang tinggi saat covid ini. Dari NTT untuk indonesia."




Gerakan ini bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Gerakan yang merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional ini juga mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital.

Nah kalau kamu mau melihat 1000 lebih produk dari 100 umkm yang ada di pameran virtual expo Permata Flobamora, kamu masuk saja ke kilaudigitalflobamoradotid dengan HP, laptop atau PC lalu pilih menu dan masukan nama, email dan hp kamu. Nah kamu akan masuk deh di lobby virtual expo. Cobain deh, sensasi belanja yang seru layaknya belanja langsung. Kamu tinggal pilih aja mau fashion atau craft. 



Semoga dengan adanya digital Flobamora ini kita akan akrab dengan produk buatan dalam negeri. Ketika makanpun kita bisa mengatakan makanan ini enak tapi tidak seenak buatan Indonesia. Kopi ini enak ya tapi tidak senikmat kopi colong dari manggarai timur...Nusa Tenggara Timur.


21 comments :

  1. aku sangat peansaran dengan daerah di timur baik alam, kearifan lokalnya, kesenian dan kerajinan tangannya. andai bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya samalah, semoga dimudahkan ya kita ke sana, Aaniin jaga kesehatan kak

      Delete
  2. Pengen banget suatu hari nanti bisa menjelajah daerah Timur Indonesia, kalo liat dari tayangan video pemandangan alam dan budaya mereka tuh sangat menarik. Bahkan produk kerajinan mereka juga gak kalah cantik juga dari segi kualitasnya. Semoga kegiatan Bangga akan produk Indonesia terus dilakukan agar masyarakat kita juga lebih mengenal dan mencintai produk2 dalam negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada yang kebetulan ya saat pandemi ini kita malah makin kenal produk buatan dalam negeri yang makin bagus bagus kwalitasnya

      Delete
  3. selama pandemi ini aku banyak disungguhkan tontonan konten tentang indahanya NTT dan NTB yang bikin aku pengen banget buat ke sana juga, insyaaallah ya banyak doa semoga Allah izinkan merasakan keindahan tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, iya teh nikmati aja ya kerja dari rumah dengan menjelajah timur Indonesia pun virtual.

      Delete
  4. NTT emang sesuatu banget yak.. meskipun untuk kesana tuh udah kebayang biayanya.. tetep aja pengen kesana eksplor NTT, SUmba, Flores..sampe perbatasan Timor Leste

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tadinya tidak "ada apa apanya" sekarang mereka bisa berkata "ayo siapa yang belum datang" hehe

      Delete
  5. Gernas BBI ini memang program yg keren ya..sangat pantas untuk kita dukung. Duuh..baca ini jadi makin pengen ke Labuan Bajo dan daerah2 cantik lain yg juga punya produk2 keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hehe ikutin zoom meetnya serasa hadir langsung diacaranya kak

      Delete
  6. Ayo bangkit Indonesiaku, semoga tujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi segera tercapai, para UMKM kita bangkit lagi dan sehat selalu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada kata mati ya pun pandemi bekum ketahuan ujungnya ya

      Delete
  7. Dengan adanya digital Flobamora, kita semua diajak menghargai budaya dan hasil kreatifitas masyarakat Indonesia yang selalu memasukkan nilai-nilai luhur dan falsafah hidup.
    Proses kreatif ini yang gak ternilai harganya yaa..

    ReplyDelete
  8. Waaah, belum pernah nih ngerasain seolah belanja virtual :D.. vendornya banyak juga ya mbaaa. Tapi sayang tadi aku masuk ke websitenya, udh telat banget. Palingan cuma bisa baca2 artikel aja. Tp menarik ini .. apalagi di saat pandemj gini, udh paling bener kita ngelakuin apapun sebisa mungkin virtual aja. Dan semoga para UMKM juga jadi mahir menggunakan cara digital dalam memasarkan produk2 mereka

    ReplyDelete
  9. Jujur aja mbak Gita, daku pengeeen pake banget ke Indonesia Timur. Pesona alamnya, kuliner dan kerajinan tangannya itu khas dan eksklusif

    Apa daya ...tiket de el el menuju ke sana masih muahaaaalllll jadi mikir mikir. Sedih sih, ke negara jiran lebih murah daripada ke sini

    ReplyDelete
  10. Baru sekali menginjakkan kaki ke bumi NTT. Semakin ke Timur semakin jawara pesona alam, begitu pula kuliner dan kerajinan tangannya.

    ReplyDelete
  11. Salah satu wishlist aku adalah bisa explore daerah Indonesia timur. Aku punya kain tenun dari NTT, mau aku bikin outer tapi belum kesampaian nih

    ReplyDelete
  12. wow deretan menteri dan wakil presiden turut menghadiri launching expo flobamora ini.
    aku bangga juga dong dengan kain tradisional khas berbagai daerah di Indonesia. Kalau dari NTT belum punya, belum pernah ke sana sih. Ini aku langsung meluncur ke website expo-nya. Apa bisa beli juga?

    ReplyDelete
  13. Event digital Flobamora ini keren banget
    Mengangkat kekayaan tenun daerah Timur Indonesia yang memang cantik-cantik banget
    Secantik alamnya yang eksotik
    jadi pengen koleksi kain-kainnya deh

    ReplyDelete
  14. seluruh pelosok di Indonesia memiliki keindahan yang unik, namun memang timur Indonesia bgtu eksotik lho gaes

    ReplyDelete
  15. Kain-kain tenun Indonesia itu bagus-bagus dan berkualitas. Bikin sayang dipotong, dikoleksi dan dilihat-lihat. Baca tulisan ini jadi ingin main ke Indonesia Timur dan tambah koleksi kain tenun. Salam mba Gita🙂

    ReplyDelete