Senin Hari Yang Sangat Istimewa

48 comments

 

Dulu kayaknya familiar banget ya kata i dont like monday, I hate monday yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah saya tidak suka hari senin, saya benci hari Senin.

freepik.com

Sampai sebegitunya mindset orang dengan hari Senin, bahkan belum ketemu dengan harinya, Senin , otak sudah mengirimkan pesan " Duh besok hari Senin ya " ha ha ha 

Itu dulu ya, kalau sekarang rasanya kata ini lambat laun tenggelam seiring dengan pemahaman orang bahwa suka dan tidak suka itu ya tergantung orangnya.  Beda aktivitas akan beda juga pendapat. Karena kalau kita cek di Twitter hastag Senin justru selalu jadi trending topik yang bisa diartikan bahwa betapa istimewanya hari senin ini. Senin adalah awal  pembuka hari.

freepik.com

Pun pada dasarnya setiap hari adalah baik. Tapi memang ada yang istimewa dengan hari Senin ini. 

Berikut keutamaan dan keagungan hari Senin yang saya rangkum dari berbagai sumber :  


1. Kelahiran dan wafatnya Nabi Muhammad Saw

Kelahiran Manusia paling sempurna di muka bumi ini yakni Nabi Muhammad SAW di hari Senin. Maka sebagian ulama mensunahkan kita sebagai orang Islam untuk melakukan puasa sunah di hari Senin.

Rasulullah merupakan utusan Allah yang bertugas mesiarkan Islam ke seluruh jagad.

Tentang lahirnya Nabi agung disebut salah satunya dalam QS. Al-Ahzab ayat 21 yang artinya, “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah suri tauladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”.


2. Disunahkan puasa Senin dan Kamis

Hari lahirnya khatamul anbiya, Nabi Muhammad SAW. Karena itu, Rasulullah tak pernah meninggalkan amalan puasa sunah Senin untuk menyampaikan rasa syukurnya.

Seseorang yang melakukan puasa di hari Senin akan mendapatkan pahala yang amat besar.

Dalam salah satu Hadis Nabi Muhammad Saw bersabda: "Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

3. Dibukanya pintu-pintu surga

Dari Abu Hurairah Rasulullah bersabda: “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.”

4. Diturunkannya Al-Qur'an

Keutamaan yang dimiliki hari ini salah satunya adalah merupakan hari di mana kitab suci umat Islam Al-Qur'an diturunkan pertama kali di gua hira.

Dari hadis Abu Qatadah al-Anshari Ra yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah bersabda: “Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, hari aku diutus, dan hari diturunkannya al-Qur’an kepadaku.”

Dikarenakan banyaknya keutamaan yang terkandung di hari Senin, maka seorang muslim khususnya pasti menikmati banget datangnya hari Senin ya? 

freepik.com

Tips Mengawali hari ala saya :

1. Jangan lupa berdoa ketika bangun tidur.

Jangan langsung turun dari tempat tidur, nikmati saja dulu udara pagi yang kita hirup melalui hidung perlahan- lahan. Sambil melihat kaca, kita bisa pandangin wajah kita, betapa nikmatnya Allah kasih kesehatan hari ini. 

2. Mandi. Rutin mandi sebelum subuh dari artikel yang saya baca bisa  membuat badan  menjadi lebih segar secara keseluruhan. Selain itu, juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, halus, dan sehat. Mandi sebelum subuh dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

2. Cek Agenda apa saja yang akan dilakukan hari ini. Saya biasanya ba'da sholat Subuh cek  email, tenggok grup kerjaan. Kemudian tinggalkan Hp.

3. Mulailah berkegiatan dari yang paling ringan dahulu seperti membuka pintu dan jendela agar udara pagi masuk atau cek tanaman siapa tahu ada tunas baru lagi yang muncul. Senang kan.

4. Menyiapkan sarapan. Ini berlaku juga buat yang masih single sekalipun ya karena menyiapkan sarapan adalah bentuk kita menghargai diri sendiri, dimana tubuh sebelum kita gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seharian diberikan nutrisi dan asupan yang baik.

5. Jaga mood pagi. Karena baik pagi kita , maka akan baik hati kita seterusnya nanti.


So, nggak ada alasan lagi kan nggak suka hari Senin?  Good Luck ! Semoga hari mu berkah, Aamiin.


Related Posts

48 comments

  1. Senin tetap semangat ya. Saya biasanya setelah subuhan ngecek lampu yang perlu dimatikan, buka jendela, buka pintu, nyuci piring kotor, dan tak lupa ngopi plus bikin sarapan. Senin memang sesuatu. Harusnya lebih fresh ya, tapi kadang kok malas menghadapi hari Senin. Kayaknya kurang liburan atau kebanyakan rebahan. πŸ˜…πŸ˜†

    ReplyDelete
  2. Masya Allah.. kegiatan rutin yang sangat susah untuk diistiqomahkan.. Apalagi klo tembalang lagi dingin dingin nyaa mbak..

    ReplyDelete
  3. Ternyata senin seistimewa itu ya... Buatku, semua hari itu baik sih. Apalagi saat beraktivitas dimulai denvan niat baik. Bismillah best wishes for today...

    ReplyDelete
  4. nah iya itu kita harus cinta hari senin, kalihat i hate monday harus diganti dengan i love monday. Semangat senin!!!! Apalagi aku juga lahir hari senin ini

    ReplyDelete
  5. Hari senen Hari istimewa untuk mengawali hari penuh semangat dan lebih berenergi

    ReplyDelete
  6. Hihi iya ya dulu tuh kalau udah mau berakhir hari Minggu rasanya jadi lemes wkwk. Padahal kan MasyaaAllah banget hari Senin itu 🀩 Asal positif, produktif, pasti bisa semangat jalanin hari

    ReplyDelete
  7. Hehe seteah pandemi kyknya hari Senin malah udah jd biasa aja ya mbak.
    Kalau aku tu buat mengatasi hari Senin biasanya kasi sugesti ke diriku kalau Senin itu hari baik utk kerja dengan semangat biar bisa nabung2 hehehe
    Duit adalah motivasi terbaik #uhuukks wkwkwkw

    ReplyDelete
  8. Sejujurnya, semua hari itu nggak ada bedanya buat aku. Mau hari senin atau hari lain juga sama sibuknya. Tetap harus semangat tiap hari

    ReplyDelete
  9. hari senin sampe saat ini selalu ribet bagi saya mbak, hmm entah mengapa ya. Mungkin hrs bangung lebih pagi lagi kali ya wkwkw.

    ReplyDelete
  10. Hari Senin itu indah loh memang, apalagi waktu masa sekolah, serunya karena pasti upacara haha. Jadi kangen kan

    ReplyDelete
  11. MashaAllah~
    Banyak sekali kemuliaan di hari Senin. Semoga kita bisa memaknai setiap harinya adalah hari yang baik dan akan menjadi hari yang lebih baik lagi dari kemarin.

    Semangat~

    ReplyDelete
  12. Wah...ternyata banyak kisah baik yang berkaitan dengan hari Senin ya..jujur aku baru tau lho , mbak. Tapi emang sih waktu masih kerja kantoran tuh memulai hari senin kayaknya ngebetein banget hehehe abis keenakan weekend.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha karena udah rebahan dari sabtu minggu ya mba

      Delete
  13. Yang penting tetap semangat ya kak Gita, apapun harinya. Hari Senin hari yang baik memulai sesuatu. Salam hangat kak Gita @depus

    ReplyDelete
  14. padahal apapun harinya adalah berkah dan baik ya mbak, i hate monday hanya campaign dari rang di luar sana yang buat kita jadi gak bersyukur huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, tiap detik adalah nikmat yang harus kita syukuri ya

      Delete
  15. Setiap hari istimewa, itu yang harus ditanamkan di Mindset. Jd kita semangat menjalani hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali , dibangunkan Allah setiap pagi adalah rasa syukur yang tiada henti ya

      Delete
  16. keutamaan dan keagungan hari Senin begitu luar biasa ya kak.. duh aku jadi malu nih, sekarang jarang puasa senin kamis. Semoga bisa segera konsisten puasa senin kamis lagi. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak bowo...aku juga gitu klo udah minggu ini misal nggak puasa senin kemis aja ya bablas aja bawaannya

      Delete
  17. saya malah menyukai senin
    karena senin adalah awal dari minggu yang baru
    jadi semangat aja gitu menyambutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah indah ya , aku tuh apalagi klo ditambah ujan ha ha ha

      Delete
  18. Hari Senin itu yang selalu dikangenin, karena waktu sekolah ada Upacara Bendera hehe. Kuy, jadikan hari Senin penuh SemangatCiee ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener ha ha ha kebayang nikmatnya upacara bendera ya...

      Delete
  19. I like Monday kak Gita. Aku selalu bersemangat mengawali hari Senin. Karena di Sabtu dan Minggu sudah happy-happy dengan teman dan keluarga. Jaga mood pagi,ini juga yang aku lakukan kak. Pagi harus happy,karena sampai malam bisa happy jika diawali dengan happy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah , tepat ini ya jaga mood penting banget deh

      Delete
  20. Dulu saat kerja kantoran emang paling ga suka hari Senin Wkwkwk sekarang setiap hari enjoy aja, apalagi ternyata hari Senin banyak istimewany ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya kembali pada mindset ya kak, kalau mindsetnya baik ,baik pula hasilnya, sukses selalu

      Delete
  21. Rasulullah lahir hari senin, dan paman sang Nabi bernama Abu Lahab senang dg lahirnya keponakan. Abu Lahab meninggal dlm kondisi kafir, tapi kelak siksanya di mereka rehat setiap senin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akh noted ini, jadi menambah pengerahuan πŸ™

      Delete
  22. Semua hari istimewa yah mbak git dan aku tuh suka juga dengan hari senin karena dimulai nya kegiatan kayak nemenin anak PJJ jadi bonding makin dekat dengan anak

    ReplyDelete
  23. Hari senin tuh identik dengan hari yang penuh produktif ya Mbk hihi. Hari senin bukan Hari yang menyeramkan tentunya. Dan Hari senin memang banyak keutamaan nya ya :)

    ReplyDelete
  24. Terima kasih tulisannya kak.. banyak yang ku baru tau loh hihi. Mau nerapin yang mandi setelah bangun tidur😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha terima kasih banyak sudah mampir πŸ™ semoga bermanfaat

      Delete
  25. Hari Senin itu memang bikin deg-degan. Saat Minggu malam sudah membayangkan besok macet tidak ya. Apalagi jika ada rapat paginya hahaha. Bisa susah tidur.

    Tapi setelah jam kerja berlalu, hari Senin sudah seperti hari-hari biasa. Dulu pas rumah dekat kantor itu memang rasanya baik-baik saja, macet pas Senin itu kali ya yang bikin kuatir. Salam kak Gita. @depus.

    ReplyDelete

Post a Comment