Jangan Abaikan Hak Anak Atas Imunisasi

Imunisasi atau pemberian vaksin merupakan upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.
Program imunisasi di Indonesia telah berhasil mencegah kematian sekitar 2-3 juta anak setiap tahun. Imunisasi terbukti membuat Indonesia bebas polio yang ditandai dengan dikeluarkannya sertifikat bebas polio dari WHO pada tanggal 27 maret 2014.
Terjadi penurunan lebih dari 90 persen angka kesakitan dan kematiam akibat dipteri,pertusis atau batuk 100 hari,tetanus hingga campak dibanding 20 tahun lalu.
"Vaksin adalah investasi masa depan,masa depan bagi anak bangsa. Vaksin tidak akan ada artinya kalau tidak divaksinasi" Kata Prof Dr Sri Hadinegoro sp A( K ) dari IDAI.
Direktur Bina Kesehatan Anak Kementerian Kesehatam dr Jane Soepardi yang hadir juga sebagai pembicara ke dua mengatakan "Imunisasasi wajib diberikan pada anak dan merupakan hak anak. Negara sudah memerintahkan bahwa imunisasi yang vaksinnya disediakan pemerintah itu wajib. Itu adalah hak anak "kata Jane dihadapan para blogger.
Kata Jane "Tidak boleh ada orang tua yang melarang sang anak mendapat vaksin. Bahkan orang lainpun tidak boleh menghalang-halangi anak diimunisasi. Karena penyelenggaraan imunisasi telah diatur dalam peraturan Menkes no 42 tahun 2013.


Jadi orang yang menghalang-halangi imunisasi melanggar undang-undang. Kalau obat ada overdosis obat,kalau vaksin tidak  ada istilah itu. Jadi cukup aman bagi orang tua untuk memberikan vaksin ulang pada anak mereka. Bahkan kalaupun ada yang ragu dengan dengan pemberian vaksin sebelumnya dapat mengulang.
Di Indonesia vaksin yang digunakan oleh pemerintah adalah yang diproduksi oleh Biofarma. Dan juga digunakan oleh 110 negara didunia. Dan 50 negara diantaranya adalah anggota konferensi islam. Saat ini ada 5 macam vaksin wajib yang diberikan oleh pemerintah untuk mencegah 7 macam penyakit menular yaitu ; polio,difteria,pertusis,tuberkolosis,tetanus,campak dan hepatitis B. Vaksin-vaksin produksi Biofarma ini tidak dapat dipalsukan karena mempunyai kode-kode tertentu.


Comments

Popular posts from this blog

Kanker Serviks Kenali Dan Jauhi Sejak Dini

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright