Sejarah Negara Asean dalam bingkai 60 foto

Melintasi Kota tua pagi itu,pandangan mata tertuju pada tulisan Toko Merah dimana dinding toko yang terbuat dari bata dan di cat dengan warna merah. Sejak zaman kolonial Belanda dahulu sampai dengan hari ini Toko Merah tidak pernah berubah dari warna dan juga arsitektur bangunannya. Terdapat juga kanal-kanal buatan yang airnya jauh dari jernih tetapi bebas dari tumpukan sampah.


Satu hal yang nampaknya tetap dipertahankan oleh pemerintah jakarta pusat khususnya dan Indonesia umumnya adalah bagaimana bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda ini tetap dapat dipertahankan baik secara wujud fisiknya atau tata letaknya. Kota Tua saat ini menjadi tujuan destinasi baik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.
Kaki kemudian melangkah menuju museum keramik dan seni rupa dimana 10 bendera negara yang tergabung dalam Asean berkibar dengan gagahnya.
Pagi ini 6 Agustus 2016 Asean Merayakan HUTnya yang ke 49 tahun. Usia yang cukup matang dalam perbedaan,persaingan,keberagaman tetapi tetap memegang kuat rasa persatuan untuk terus maju. Negara-negara perwakilan di Jakarta  yang turut berpartisipasi dalam rangka Hut Asean  hari ini  adalah Filipina,Vietnam, Singapura dan Laos 

Awal sejarah Asean hanya ada 5 negara yang tergabung. Masing-masing adalah Indonesia,Thailand,Malaysia,Singapura dan Filipina.Kelima negara inilah yang dikenal pula sebagai Negara pendiri Asean yaitu pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok ( Thailand ).Menyusul kemudian Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota Asean yang ke 6 pada tanggal 7 Januari 1984. Disusul Vietnam pada tanggal 28 Juli 1995.Menyusul Laos dan Myanmar pada tanggal 23 Juli 1997dan 16 Desember 1998 Kamboja bergabung ke dalam Negara Asean.
Anggota Asean saat ini adalah Indonesia,Thailand,Malaysia,Singapura,Filipina,Brunei Darussalam,Vietnam,Laos, Myanmar dan Kamboja
Hut Asean ke 49 tahun dibuka dengan sambutan oleh Menteri Luar Negeri ( Menlu ) Retno Marsudi sekaligus membuka pameran foto yang menjadi rangkaian acara Hut Asean ke 49 tahun yang berlangsung dari tanggal 6-13 Agustus 20016.
Pameran Foto Asean Community 2016 and Beyond menampilkan 60 buah foto perjalanan sejarah Asean.Dimana foto-foto yang dipamerkan meliputi foto kerjasama Asean dalam bidang Sosial,politik,ekonomi budaya,keamanan,keindahan dan keaneka ragaman budaya.
Dan pameran foto ini juga merupakan salah satu upaya menumbuhkan sekaligus meningkatkan rasa kesatuan Asean dikalangan masyarakat Indonesia.

Comments

  1. Iya. Maaf ya baru balas.xixixi gegara bongkar2

    ReplyDelete
  2. Iya. Maaf ya baru balas.xixixi gegara bongkar2

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kanker Serviks Kenali Dan Jauhi Sejak Dini

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright