Mempersiapkan Anak Menuju Era Teknologi Yang Membutuhkan Kecerdasan

Saat ini untuk menghadapi dunia global yang semakin canggih dibutuhkan kecerdasan anak diatas rata- rata. Satu masalah kadang orang tua mengandalkan makanan yang biasa- biasa saja tanpa berpedoman pada nilai gizi yang terkandung dalam 4 sehat 5 seimbang seperti yang dicanangkan Departemen Kesehatan ( Depkes ).

Disatu sisi ada produsen yang membantu permasalahan tumbuh kembang anak. Salah satu adalah produsen yang berkedudukan di Jepang yang sudah lama berkecimpung dalam upaya meningkatkan kecerdasan anak melalui produk Morinaga yaitu Susu untuk Generasi Platinum. Para ahli gizi disana terus berinovasi untuk menemukan formula- formula baru yang terus dikembangkan dalam produk untuk kemudian dikonsumsi sebagai nutrisi tambahan. Hal ini dapat dibuktikan dengan melakukan perbandingan secara sederhana. Terbukti anak- anak Jepang memiliki kecerdasan yang tinggi. Hal ini terjadi karena adanya nutrisi tambahan sejak dini.

KABP 2017

Sebenarnya cerdas itu bermakna luas. Arti kecerdasan sendiri adalah keseluruhan kapasitas atau kemampuan untuk belajar, memahami lingkungan dan memecahkan masalah.

Dr. Howard Gardner, dalam bukunya The Multiple Intelligence mengatakan kecerdasan seseorang itu terdiri dari berbagai bentuk yang meliputi :

  • Kecerdasan Dalam Musik
Kemampuan mengekpresikan diri melalui musik.
  • Kecerdasan Kinestetik/Gerak Tubuh
Kemampuan menggunakan kecekatan/kelenturan tubuh.
  • Kecerdasan Logika Matematika
Kemampuan untuk memahami kondisi atau situasi dengan menggunakan penalaran logika,
kemampuan analisa, termasuk perhitungan matematis.
  • Kecerdasan Visual-Spasial
Kemampuan untuk membayangkan suatu hasil akhir, berpikir kreatif, mengimajinasikan sesuatu,
dan sebagainya.

  • Kecerdasan Linguistik
Kemampuan untuk mengekpresikan diri menggunakan Bahasa, lewat membaca, menulis dan
berkomunikasi.

  • Kecerdasan Interpersonal
Kemampuan untuk bekerjasama dengan orang lain secara efektif, serta berempati dan memahami
orang lain.

  • Kecerdasan Intrapribadi
Kemampuan menganalisa diri sendiri
  • Kecerdasan Natural
Kemampuan untuk mengenali flora dan fauna serta melihat perbedaan dan persamaan yang ada di
 alam.


Menurut DR, Dr Ahmad Suryawan, SpA(K) ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr. Soetomo/ FK Unair Surabaya yang hadir sebagai pembicara  mengatakan " Setiap anak mempunyai kesempatan yang sama, tetapi ada syaratnya yaitu rencanakan dengan baik, butuh proses, perhatikan faktor resiko dan proteksi juga perkembangan otak sejak usia janin dalam kandungan sampai usia 18 tahun" Ia menyampaikan hal tersebut dalam acara Blogger Tangerang Konferensi Ayah Bunda Platinum ( KABP) 2017, didepan 500 orang tua batita dan balita yang diselenggarakan di Hotel Novotel.

Lebih jauh ia mengatakan "Sel otak itu rumit, tetapi hanya ada 2 hal untuk mengoptimalkan fungsinya agar berkembang dengan baik dan normal, yaitu melalui pemberian nutrisi dan stimulasi. Jangan ditawar, 6 bulan pertama berikan ASI pada bayi sampai usia 2 tahun. Karena anak yang normal diusia 2 tahun maka seterusnya akan baik karena pondasi nutrisinya terpenuhi, maka meluangkan waktu sekian jam bersama anak adalah investasi untuk anak- anak nanti"  tambah dokter yang akrab dipanggil dokter Wawan

Dr Ahmad Suryawan

Sementara itu Dr. Rose Mini, A.P., M.Psi atau yang akrab disapa bunda Romi Mengatakan "Orang yang berhasil di masyarakat itu ternyata nilai matematikanya tidak selalu baik. Tetapi mereka mempunyai empati dan interpersonal yang baik. Orang tua harus hati- hati karena bukan hanya matematik yang dikejar untuk anak. Kita tahu sejak dalam kandungan banyak anak yang sudah mendapatkaan kecerdasan musikalnya melalui ibu yang menikmati musik. Jangan paksa anak- anak melalui symbol- symbol tetapi ajari anak dengan analisa yang simple. Contohnya pilih warna. Ini adalah logika matematik.

Bunda Romi melakukan gimmick2 dgn para ortu

Ditambahkan oleh Bunda Romi" Latih anak motoriknya lebih dahulu, kiri kanan atas bawah agar anak tidak mengalami disleksia. Jangan paksa anak yang tingkat linguistiknya belum sempurna. Ajari anak dengan melatih skillnya supaya anak dapat berhubungan dengan baik pada orang lain atau lingkungan."Kata bunda Romi lugas.

Tentang MORINAGA


Dengan pengalaman lebih dari 90 tahun, Morinaga Research Center Japan selalu berinovasi dengan meneliti berbagai manfaat ASI dan nutrisi penting pertumbuhan anak. Melalui tehnologinya yang canggih dan pengalaman yang matang di bidang nutrisi, Morinaga Research Center Japan sangat mengutamakan keamanan dan mutu produk bagi generasi Platinum.


Moricare+


Booth Produk Morinaga di KABP 2017

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prdiges dan Morinaga Chil School Platinum Moricare+Prdiges merupakan susu pertumbuhan Si Kecil usia 1- 12 tahun yang memiliki kombinasi antara protein dan vitamin mineral yang dapat memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan buah hati bunda. Dengan inovasi formula unggulan berupa sinergi nutrisi antara faktor kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda dan faktor tumbuh kembang optimal untuk mendukung Si Kecil menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta. 

More Info : www.morinagaplatinum.com
            FB: Morinaga Platinum
            IG: @MorinagaPlatinum
            Twitter:@MorinagaID
            YouTube: Morinaga Platinum


Suasana KABP 2017
Untuk menghadapi kehidupan yang akan datang lebih dibutuhkan anak cerdas dibandingkan anak pintar. Karena kepintaran biasanya terbatas pada satu bidang tertentu saja. Sementara kecerdasan adalah sebuah sikap mental yang berguna untuk kehidupan. Sebagai contoh jika seorang anak sejak dini sudah diketahui memiliki kecerdasan musikal, maka dia akan bertindak dan berfikir layaknya seorang musisi. Begitupun dengan kecerdasan- kecerdasan lainnya. So, hari ini sudah dapat pengetahuan mengenai nutrisi untuk tumbuh kembang Si Kecil, dunia parenting, apa itu Multiple Intellegence dan juga kecerdasan Multitalenta kan? Nah tunggu apalagi anak kita akan disiapkan ke kehidupan yang semakin canggih atau dibiarkan begitu saja. Peran ibulah yang sangat menentukan.

Penulis di booth test alergi 












Comments

  1. Susu anakku ini, Morinaga Chill School. Kata Si Dede sih rasanya enak. Kalau menurutku sih susu Chill school mampu memberikan asupan dan gizi yg dibutuhkan anakku di masa pertumbuhannya.Apalagi anakku termasuk anak yg ga bisa diem. Ngga boleh denger suara musik langsung deh nari-nari wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu sama dengan aku belajar harus ada music. Biar aja dia berkembang sesuai dengan talentanya ya mba...
      Apalagi di masa pertumbuhan kata bunda romi bermain dapat mengasah talentanya lho.

      Delete
  2. Betul, mba dimana-mana dokter bilangnya seperti itu. Bukan dokter aja tapi konsultan pendidikan pun bilang hal serupa. Nutrisi dan stimulasi bagus buat perkembangan kecerdasan otak anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya stimulasi dari janin dalam kandungan akan berdampak sampai anak dewasa kelak

      Delete
  3. Setuju banget kalau perkembangan anak sangat membutukan sinergi banyak hal tak hanya kecerdasan saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena tuntutan zaman ya kak. Bukan aja cerdas otak tapi juga cerdas berhubungan dengan orang banyak

      Delete
  4. Memang 8 kecerdasan anak itu harus dikembangkan di jaman milenial ini. Hebatnya susu morinaga bisa menjadi asupan terbaik si kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah pas nih...Debay mulai dilatih ntar perkembangan motoriknya

      Delete
  5. Aku blm punya anak.. Baru punya anak kucing sih mbak. Wkwkwkw

    Btw aku setuju. Anak kudu diajari dan dilatih skilnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.....iya pintar nulis kamu and pintar baperin orang juga kan. hahaha

      Delete
  6. Asik punya anak cerdas dan taat. Generasi cerdas, generasi penerus bangsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ibu memang punya peran luar biasa dalam tumbuh kembang anak. Tetapi peran Ayah yang selalu mendukung keputusan akan kecerdasan yang dimiliki anak/anak dalami adalah sikap ortu era saat ini.

      Delete
  7. Menarik nih acaranya mba...menambah wawasan dan perlu banget upgrade pengetahuan, biar sejalan sama perkembangan teknologi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Nu. Kalau nggak upgrade kasian dianak. Multiple inteligencenya luar biasa tetapi kita sebagai ortu tidak memberi tempat tuk anak mengali & mengekplorenya.

      Delete
  8. Acara yang menarik ya, Mbak. Setuju, memang dibutuhkan kemampuan berempati dan interpersonal yang baik agar anak kelak bisa berhasil di masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Dian, senang liatnya karena tidak hanya para bunda yang hadir, ayahpun banyak yang hadir bahkan terlibat dalam Tanya jawab dengan narasumber. Ini menandakan juga bahwa masalah tumbuh kembang dan stimulasi pada anak, ayahpun punya peran. Hehe

      Delete
  9. morinaga sangat concern ya mba akan pemenuhan gizi si kecil, salut. dan dengan mengenali kecerdasan anak, kita sebagai ortu jadi mudah mengarahkan anak cara belajar yang paling tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya berkomitmen menjaga kwalitas produknya untuk membantu si Kecil terpenuhi nutrisinya agar tergali multitalentanya.

      Delete
  10. Semoga di SUrabaya segera ada acara keren ini :D kelihatannya acaranya seru banget mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai fik...iya seru dengan suasana anak2 yang berseliweran dan ayah bunda yang datang untuk lebih tahu apa itu multiple intellegence. Biar nga maksa2 anaknya les inilah itulah...hehe

      Delete
  11. Susu anakku chilgo ^^ rasa coklat

    Gak sabar nunggu eventnya di Medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga Surabaya Medan segera datang ya event ini. Tungguin aja Zee ntar bawalah si abang sama kau punya jagoan ya. Seru kali kakak event ini. 😄

      Delete
  12. Morinaga ini memang selalu concern dgn perkembangan anak ya. Pernah beberapa kali baca review eventnya dan selalu bilang eventnya bagus dan bermanfaat banget. Jadi penasaran sama susunya juga :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya produknya tinggi kalsium ini. Jadi memang disiapkan untuk nutrisi tambahan tuk tumbuh kembang, daya tahan dan kecerdasan multitalenta ya

      Delete
  13. Sebagai ortu memang selalu pengen anaknya konsumsi 4 sehat 5 sempurna, tp agak susah utk anak yg krg doyan sayur/buah. Mknya perlu nutrisi tambahan ya mba.

    Iya nih skrg msh ada aja loh mba yg mengkategorikan anak pintar itu adl anak yg jago matematikanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kmrn aja bunda romi pesan hati2 kasih anak les yg seabrek agar matematiknya bagus. Lha kalau anaknya malah jago bahasa? Tantangan ortu ini. Iya nutrisi tambahan itu penting apalagi anak2 kan bukan main bergeraknya

      Delete
  14. Dulu kita hanya mengenal kecerdasan akademik. Padahal di luar itu ada banyak jenis kecerdasan lain dan patut dihargai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dew....dulu yg pinter selalu identik dengan jurusan IPA. Tapi sikon diluar justru berkata lain. Yang cerdas mengkombinasikan antar ilmu & gaul itulah yang bertahan dalam setiap medan.

      Delete
  15. Tes komen, inetku agak ngaco nih hiks :(

    ReplyDelete
  16. Saya juga ngebayangin kalo udah punya anak nanti Mbak Gita, bakal gimana-gimananya supaya ngasih yang terbaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya din....baca banyak info akan memperkaya wawasan kita. Pun kita adalah pengambil keputusan tertinggi mau pakai formula apa tuk tumbuh kembang anak nantinya. Karena teknologi kan nga bisa kita bendung

      Delete
  17. Acaranya bermanfaat banget yaak...orang tua emang hqrus tau soa kecerdasan Platinum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya golden age anak itu luar biasa mahalnya, maka ortu harus tahu tentang kecerdasan anaknya supaya tepat mengarahkan talentanya. Karena nggak semua anak harus jadi dokter, insinyur kan? 😄

      Delete
  18. ortu millenials kudu lebih upgrade menghadapi anak2, asik ada acara ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jangan kemajuan teknologi kan nggak bisa dibendung. Maka ortu harus cerdas juga tuk mempersiapkan generasi platinum

      Delete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  20. Saya kebanyakan kecerdasan visual-spasial nih kaka,....sering kelewatan berimajinasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah asyik nih kita udah tahu kelebihan diri kita. Pas kan sama profesi fotografer yang bermain imajinasi juga untuk obyek fotonya

      Delete
  21. Noted nih buat nanti masa depan kalau udah punya anak. Thanks for sharing mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Sari terima kasih juga ya? Nanti jadi ibu udah lengkap dapat informasi ya tinggal praktekan ke Si Kecil kelak deh.

      Delete
  22. Seru sekali ya seminar ini,, morinaga platinum susu paling disuka sama anakku nih mbk,, semoga seminar ini ada lagi ya di kota kota lain diseluruh Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konferensi Ayah bunda ya tepatnya. Iya ini aja baru pertama kali di Tangerang kan sambutannya luar biasa. Iya biar edukasinya rata ya

      Delete
  23. asiik seminar edukasi begini jadi bisa menambah pengetahuan kita tentang anak-anak kita ya

    ReplyDelete
  24. wahh penting nih buat si bungsu.. makasih infonya mba Gitt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya kak Zat. Biar tergali multitalentanya

      Delete
  25. Menarik ya seminarnya, seminar macam gini nih penting banget buat emak macam aku biar nggak baper. Soalnya sampai sekarang masih banyak emak yang hanya melihat kecerdasan dari akademik aja, padahal kecerdasan itu gak hanya dapat nilai bagus di sekolah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dengan memahami multiple intellegence yang dimiliki anaknya, ortu akan makin paham tuk tidak memaksa anaknya jadi yang sama dengan dirinya atau justru anak akan melebihi kecerdasan yang dimiliki ortunya.

      Delete
  26. makanya anak2 sekarang pinter2 banget, susunya bergizi dan komplet deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nutrisi dalam produk ini memang disiapkan untuk generasi yang tahu akan talenta yang dimiliki tiap anak.

      Delete
  27. Setuju mbaa.
    meluangkan waktu sekian jam bersama anak adalah investasi untuk anak- anak nanti. Sebisa mungkin aku selalu bisa meluangkan waktu bersama anakku setiap hari 1 jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya klo lewat masanya maka lingkungan yang akan menarik anak. Jadi jangan pernah salahkan anak. Karena pondasi anak terbentuk dari orang tuanya.

      Delete
  28. makasih loh mbk share ilmunya. walaupun aku belum nikah, aku suka baca seputar parenting gni. htung htung persiapan hehe. smoga di pku akan diadakan acara keren sperti ini jg :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Muthi. Smoga jodoh makin.dekat. Eh. Hehe. Iya belajar yang akan memperkaya wawasan kita nanti khususnya dalam hal parenting. Karena orang tua adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya kelak

      Delete
    2. Sama2 Muthi. Smoga jodoh makin.dekat. Eh. Hehe. Iya belajar yang akan memperkaya wawasan kita nanti khususnya dalam hal parenting. Karena orang tua adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya kelak

      Delete
  29. Wah,banyak yang comment ya,aku belum punya anak nih mba... Siap lebih banyak baca,dan semoga cukup buat beli morinaga dengar2 mahal ya?

    ReplyDelete
  30. Betul sekali mba, aku suka dengan kalimat lebih baik anak cerdas dari pada anak pintar, memang beda, kalo anak cerdas lebih kritis kalo bertanya sesuatu, seperti anakku, untuk kepintaran memang dinilai ga terlalu bagus prestasinya tapi gurunya lebih menilai dia cerdas. Karena banyak bertanya dan aktif berkomunikasi dengan guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dulu kan banyak anak pintar, sekarang saatnya anak cerdas menunjukkan berbagai multitalentanya.

      Delete
  31. Seru ya Mbak Gita, tapi kita saltum jih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mau akh saltum. Tapi Pede iya hahaha

      Delete
  32. Penting banget ni kita yang ibu-ibu upgrade pengetahuan mengenai tumbuh kembang anak ya, Mbak, terutama yang bisa membantu anak menjadi generasi masa depan yang cerdas dan multitalenta. Makasi atas ulasannya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali ca sudah mampir, ortu mau tidak mau suka tidak suka harus upgrade karena teknologi tidak bisa dibendung. Jadi kita yang harus siapkan bekal/pondasinya.

      Delete
    2. Ya, Mbak Siwi, bener. Ortu sekarang perlu banget ya upgrade biar bisa dapat informasi terkini, terutama buat tumbuh kembang anak.

      Delete
  33. Asyik banget neh acaranya. Banyak yang bisa kita pelajari dalam membimbing dan mendidik anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak ilmunya nggak akan habis. Tetapi memberikan dasarnya itu harus buat anak- anak.

      Delete
  34. Setiap anak itu cerdas dan istimewa ya ka, peran orangtua penting untuk menggali potensi kecerdasan anak, lihat potensi lalu kembangkan, tanpa paksaan tentunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gali dan kembangkan potensi anak tanpa paksaan apalagi karena ada misi ortu yang cita2nya dulu belum kesampaian. Nggak lahyaaw! hehe

      Delete
  35. Seminarnya panjang, tapi aku ga bosan. Ilmunya banyak banget dan semacam refresh untuk bs upgrade diri jd ibu yang baik buat anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Event pertama Morinaga di Tangerang ya . Wah salut dengan 500 Keluarga muda yang hadir dan mengapresoasi acara ini. Setuju kak belajar jadi ortu yang baik nggak ada batasnya

      Delete
  36. Wahhh ternyata otak selain butuh nutrisi juga perlu di stimulasi ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak....biar makin berkembang dengan baik fungsinya yang akan jadi pondasi tumbuh kembang anak nanti

      Delete
  37. Anak-anak sekarang pada hebat-hebat. Emang harus didukung dengan nutrisi dan stimulasi yang optimal ya mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kanker Serviks Kenali Dan Jauhi Sejak Dini

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright