Yuk!! Dukung Aksi Nasional Penyalahgunaan Obat Dan Pemberantasan Obat Ilegal

Pagi ini sarapan sambil membaca  buku panduan yang dikeluarkan oleh BPOM ( Badan Pengawas Obat Dan Makanan ) yang berjudul Kenali Obat, Aksi Nasional Pemberantasan Obat ILegal Dan Penyalahgunaan Obat. Buku ini saya dapat dari acara pencanangannya kemarin yang bertempat di lapangan utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. 


110 pelajar dukung aksi Nasional dokpri

Didalam buku ini Badan POM memberikan edukasi dan informasi tentang Obat, penggolongan Obat dan tempat membeli atau memperoleh obat yang aman, penandaan obat, cara menggunakan obat dan cara membuang obat yang tidak terpakai dan juga bahaya penyalahgunaan obat.

Dalam kata sambutannya Kepala BPOM yaitu Dr. Ir. Penny K Lukito, MCP mengatakan " Semoga dengan hadirnya buku panduan ini, masyarakat semakin cerdas dalam memilih dan mengkonsumsi obat"

buku panduan obat BPOM dokpri

Buku panduan yang berisi 29 halaman ini layak di baca oleh kita sebagai orang tua, masyarakat dan khususnya dikalangan anak muda. Karena mengingat obat yang disalahgunakan gampang diperoleh di berbagai tempat dan juga kurangnya pemahaman masyarakat tentang obat dan bahaya penyalahgunaan obat.

Indonesia merupakan wilayah yang sangat potensial untuk dijadikan daerah peredaran narkotika dan psikotropika illegal, karena letak geografis Indonesia.

Penekanan tombol dimulainya aksi Nasional. dokpri

Masih ingat ya? Beberapa waktu lalu kita dihebohkan oleh beredarnya tablet berbahaya yaitu PCC. Yang telah menimbulkan korban di Kendari Sulawesi Tenggara. Modus penyebarannya juga sudah seperti narkoba, pertama- tama ditawarkan gratis untuk menjerat dan menjebak korban, lalu menimbulkan ketergantungan.

Selain PCC ada juga yang main campur seenaknya antara obat dan kopi dan masih banyak lagi kasus- kasus lainnya. Jatuhnya korban,  terutama di kalangan anak muda karena mengkonsumsi si tablet PCC dan obat lainnya harusnya membuka mata kita semua. Bahwa masalah obat, penyalahangunaan obat, obat ilegal tidak bisa kita anggap enteng dan angin lalu saja.

Kasus PCC dan penyalahgunaan obat lainnya fenomenanya seperti gunung es. Mungkin hanya nampak dipermukaan tetapi dibawahnya tersimpan potensi masalah penyalahgunaan obat terlarang yang cukup besar yang perlu mendapat perhatian semuanya.

Aksi Nasional ini dihadiri oleh Presiden Jokowi, Sekretaris Kabinet Bapak Pramono Anung, Menteri Kesehatan ibu Nila F Moeloek, grup Band Slank sebagai Duta Anti Narkoba. Kalagan medis, pelajar dan umum.

Dialog Jokowi & Bimbim Slank. dokpri

Dalam sambutannya pak Jokowi mengatakan "Semakin pentingnya peran BPOM untuk melindungi warga masyarakat, dan generasi muda dari penyalahgunaan obat terlarang. Fungsi pengawasan ini bukan hanya masalah administrasi bukan masalah semata prosedur teknis apalagi lagi urusan bisnis. Tidak. Tetapi urusan kehadiran negara. Urusan kehadiran pemerintah  dalam melindungi rakyatnya. Urusan menyelamatkan generasi muda yang akan menjadi penerus masa depan bangsa Indonesia"






Tugas untuk melindungi rakyat tidak bisa hanya dibebankan pada badan POM ya tetapi juga semua bersinergi. Dari pemerintah, lembaga non kementrian dan pemangku kepentingan lainnya. Juga kita sebagai warga negara apalagi yang mempunyai anak- anak remaja. 

Yuk Dukung!

#AksiNasional
#TolakPenyalahgunaanobat
#BerantasObatIllegal









Comments

  1. Baru tadi mbak liat berita di Indonesia Timur itu banyak tramadol gtu yang disalah gunakan jadi buat mabuk gitu. Aduh aku mah ga apal sama begituan, lah orang-orang mah dipake buat yang gak bener. Serem sendiri jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya miris, semoga aksi Nasional ini makin membuat semua keluarga di Indonesia makin tahu apa itu obat.

      Delete
  2. Aku mau juga dong buku panfuan BPOM nya. Caranya gimana, mbak Gita? Buat pengetahuan kita sehari2 kan penting tuh. Mesti waspada sama makanan sekarang tuh lagi ramai2nya kandungan PCC ya untung anak2ku ga boleh jajan sembarangan di sekolah. Kantinnya pun menyediakan makanan sehat dan bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah waktu liputan kemarin dibagi dalam goodie 😄

      Delete
  3. Pengancam generasi masa depan. Pelakunya harus dihukum setimpal

    ReplyDelete
  4. Maraknya penyalahgunaan yg beredar dipasaran membuat kita hrs lebih teliti dan lebih berhati².

    ReplyDelete
  5. Penting banget BPOM kerjasama dengan masyarakat juga untuk sama2 mengawasi agar tak ada peredaran obat ilegal ini. Kalau semuanya dilakukan BPOM juga tak mudah ya karena kadang masyarakat tahu lebih awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! tapi pondasi pertama adalah keluarga dirumah ya kak

      Delete
  6. Menarik tuh mba buku panduan bpomnya. Itu disebarluaskan ga ya? Atau dijual bebas? Kalau iya beli dimana? Soalnya penting banget tuh buak kita yg awam banget masalah obat2an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya penyampaiamnya sederhana & lugas. Kalau liputan BPOM kudu minta ya teman-teman

      Delete
  7. Skrng kalau dilihat2 makin gencar ya kampanye soal obat2an ini. Soalnya emang di masyarakat kita msh suka ada yang beli "obat warung".
    Semoga diiringi dengan kesadaran masyarakat jg akan pentingnya mengkonsumsi obat sesuai resep dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dalam buku panduan BPOM kita diedukasi nih tentang ketelitian obat yg sudah ada tanda ijinnya

      Delete
  8. Aku heran ada orang sehat menyalahgunakan obat heuheu..ini namanya dunia terbalik, yang sehat pingin sakit..duhh gemes

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya miris ya dengar korban tewas karena ketidakpahamannya tentang obat tersebut

      Delete
    2. iya miris ya dengar korban tewas karena ketidakpahamannya tentang obat tersebut

      Delete
  9. Pemerintah, lembaga, masyarakat memang harus kompak nih buat nanggulangin obat ilegal gini ya mba. Syerem efeknya buat generasi muda kita nantinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efeknya luar biasa ya. Jaga lingkungan terdekat kita

      Delete
  10. Serem ya akibat PCC itu. Jadi masyarakat yang cerdas deh sekarang kalau mau konsumsi obat. Diteliti terlebih dahulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Kita dukung aksi nasional ini

      Delete
  11. Obat ilegal racun banget ini tega

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mata rantainya selalu gitu, ada yang produksi ada yang membeli. Duh! edukasi ini harus terus berkesinambungan

      Delete
  12. Dukungan yg bersinergi Dan Saling kerjasama maka anak bangsa bisa terselamatkan

    ReplyDelete
  13. Pengedaran obat ilegal harus dihentikan. Masyarakat pun harus tahu mana obat legal dan ilegal. Makasih sudah datang ke acara ini.

    ReplyDelete
  14. bukan hanya obat saja yang disalahgunakan lho mba, ada bahan tambahan makanan juga yang disalahgunakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, PR Pemerintah memang banyak ya, tapi kita harus membantu juga dari lapisan yang paling dekat dengan kita yaitu rumah dan keluarga.

      Delete
  15. Sekarang emang harus waspada ya mba sama obat-obatan ilegal krn resikonya banyak

    ReplyDelete
  16. Sebagai orang tua juga ada peran penting ya mba, Jgn semuanya diserahkan ke pemerintah dan sekolah saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang tahu anak dan keluarga adalah kita

      Delete
  17. Seperti obat kuat viagra itu juga obat ilegal ya. Serem deh, kalau ada anak remaja coba-coba obat gituan, malah jadi aneh-aneh nanti. Aduh, seharusnya obat-obat ilegal dihilangkan dari peredaran

    ReplyDelete
  18. Buku itu aku simpan baik baik juga mbak... Alhamdulillah bisa buat ' pegangan'

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kanker Serviks Kenali Dan Jauhi Sejak Dini

Obat Anyang- Anyangan Akhirnya Datang Juga, Uricran Namanya