Solusi Sembuh Dan Sehat Dengan Obat Generik HJ Kemasan Biru

Kalau mendengar kata obat generik, maka ingatan saya akan kembali pada masa-masa menjalani kehamilan anak pertama saya dulu. Dimana selama 9 bulan menjalani masa kehamilan, obat dan vitamin yang saya minum untuk membantu agar kehamilan saya berjalan dengan baik dan normal  adalah obat generik. 

Alhamdulillah bayi saya lahir sehat, normal dan sempurna. Ditambah bonus cakep. Hehe. Pasti diantara teman-teman ada yang bertanya "kenapa saya memilih obat generik bukan yang paten"? Yup! benar harganya jauh lebih ekonomis tetapi mempunyai khasiat yang sama dengan obat paten.

Saat saya hamil dulu keberadaan obat generik memang belum seakrab sekarang di mata masyarakat. Karena dokter juga jarang merekomendasikan obat generik ini. Kecuali pasien minta.

Dari hasil tanya jawab saya dengan dokter kandungan saya saat itu, akhirnya saya minta diresepkan obat generik ketika saya datang untuk kontrol. Dokter kandungan saya sangat mendukung permintaan saya ini bahkan meyakinkan saya tidak perlu ada yang dikhawatirkan karena kehamilan saya baik-baik saja. Alhamdulillah. Senang ketemu dokter yang asyik untuk diskusi.

Efektivitas generik dan paten sama sehingga aman

Kalau melihat obat generik saat itu yang tanpa  kemasan saya menduga mungkin ini yang membuat orang ragu akan keampuhan obat generik. Serta ada rasa gengsi juga menggunakan obat yang  harganya jauh lebih murah di banding obat paten. Benar nggak ya yang murah itu bisa menyembuhkan? Begitu kira-kira dalam benak banyak orang. 

"Obat generik adalah obat yang telah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti. Ada dua jenis obat generik, yaitu obat generik bermerk dagang dan obat generik berlogo yang dipasarkan dengan merk kandungan zat aktifnya."

Nah satu hari saya dan teman-teman Blogger berkesempatan mengunjungi pabrik obat generik yang berada di Kawasan Lippo Cikarang. Yaitu PT. Hexpharm Jaya Laboratories. Rombongan kami disambut hangat oleh Bapak Boni Anom selaku Group Product Manager beserta karyawan-karyawan lainnya. Sebelum menuju ruang pertemuan, kami menyempatkan diri berfoto bersama dengan spanduk yang bertuliskan "Selamat Datang Para Blogger"

Disambut Pak Boni Anom ( nmr 3 dari kiri) & Staff HJ


"PT Hexpharm Jaya Laboratories adalah salah satu produsen obat generik. Jangan-jangan saat ini ada diantara teman-teman sedang menggunakan ya"? kata Pak Boni dalam sambutannya.

"Obat generik ada dua macam yaitu obat generik yang berlogo dan bermerk. Obat generik yang diproduksi PT Hexpharm mempunyai merk dagang HJ generik. Kalau dulu kemasannya berwarna putih, mulai bulan September 2017 ini berganti menjadi biru. Warna biru mempunyai arti kenyamanan. Agar ketika konsumen minum obat mereka merasa nyaman disamping memperoleh kesembuhan.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 1971 ini adalah salah satu anak perusahaan dari PT. Kalbe Farm Tbk (Kalbe). Yang  bergerak dalam bidang pengembangan, produksi dan pemasaran obat generik. PT Kalbe sendiri termasuk dalam 20 perusahaan farmasi terbesar dan salah satu dari 3 perusahaan besar farmasi generik di Indonesia.

HJ memproduksi seluruh obat generik dengan standar CPOB. Yaitu membuat obat dengan cara yang baik."tambah pak Boni.

CPOB adalah suatu pedoman yang menyangkut seluruh aspek produksi dan pengendalian mutu, yang bertujuan untuk menjamin bahwa produk obat dibuat senantiasa memenuhi persyaratan mutu yang telah ditentukan sesuai dengan tujuan penggunaannya. 

Dr. Artati (Medical Dept Head) yang hadir siang itu memaparkan pengertian Obat Paten dan Obat Generik.


Dr Artati 


Obat Paten adalah obat yang melalui proses panjang penelitian dan pada umumnya memiliki hak paten selama 20 tahun. Setelah masa patennya lewat, maka obat tersebut bisa diproduksi oleh perusahaan lain. Mengapa harganya mahal? Karena selama penemuan, pembuatan dan promosi obat dilakukan secara individual. Contoh Amoxit

Obat Generik adalah merupakan obat yang telah habis masa patennya sehingga dapat diproduksi kembali oleh perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti. Jenis obat generik ada 2 yaitu generik berlogo dan bermerk. Contoh Amoksisilin

Nama obat di bagi dalam 3 kriteria yaitu nama kimia, nama generik dan nama dagang.




foto : dok HJ


Untuk dapat memberikan efek yang diinginkan obat harus mencapai tempatnya bekerja. Obat akan masuk kedalam tubuh melalui sejumlah fase. Yaitu fase pemberian, kemudian menghasilkan efek, dan terakhir dikeluarkan dari dalam tubuh. Tahapan ini dikenal dengan nama Farmakokinetik yaitu , Absorpsi (penyerapan), Distribusi (melalui darah), Metabolisme/Biotransformasi dan ekskresi (melalui urine atau feses).

"Mengapa obat mempunyai reaksi yang berbeda pada tubuh seseorang"? Efek dari suatu obat yang masuk dalam tubuh itu ditentukan oleh 3 faktor yang mempengaruhi yaitu genetik, jenis kelamin dan kehamilan.

Ketika obat masuk dalam tubuh maka reaksi tidak langsung kita dapat. Kita harus menunggu selama 2 jam. Cara kerja obat yang masuk melalui mulut, kemudian ke lambung/usus dan beredar dalam  darah. Bentuk kesediaan obat agar bioekuwalen harus sama. Yaitu kaplet dengan kaplet nggak boleh kapsul dengan kapsul. Setelah masuk kedalam feses baru berkurang konsentrasi maksimalnya. Obat dalam darah pun mempunyai alat ukur.

foto: dok HJ


Atau dapat dikatakan sepadan dengan obat paten jika kadar obatnya itu sama atau hampir sama.Tidak adanya perbedaan secara signifikan dari zat aktif pada tempatnya obat dalam tubuh (Bioekuivalensi).




Jadi obat generik hanya masalah persepsi saja kalau menurut saya. Karena harganya yang murah maka banyak orang meragukan keampuhannya dalam menyembuhkan penyakit. Padahal reaksi obat dalam tubuh seseorang berkaitan dengan 3 faktor di atas tadi. Obat generik baik yang berlogo maupun bermerk dagang bisa lebih murah harganya dibandingkan obat paten karena sudah tidak memiliki merk paten lagi, menggunakan kemasan yang jauh lebih murah serta tidak memerlukan dana promosi yang besar seperti halnya obat paten.

HJ serius dalam memproduksi obat-obat generik berkwalitas. Ini dapat dilihat dari produk-produk HJ yang sudah lolos BA/BE (Bioekivalensi).

Pak Parlindungan Doroksaribu (Kepala Pabrik Hexpharm Jaya Labs) yang hadir juga siang itu menjelaskan bahwa sebagai bagian dari grup Kalbe, PT HJ mengikuti standar mutu yang sama mulai dari R&D, penyediaan bahan baku hingga proses produksi untuk menghasilkan produk yang berkwalitas.

Pak Parlindungan Site Head HJ


Keunggulan-keunggulan PT Hexpharm Jaya Labs 
1. Sistem yang handal
-Good Manufacturing Practice (GMP) terkini dengan standar PIC/S, Pharnaceutical Inspection Convention/Scheme
-Sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Obat generik sudah di ekspor ke negara Singapura, Kamboja, Myanmar dan Hongkong.
-Sistem kesehatan dan keselamatan kerja OHSAS 18001:2007
-Sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2004
-Lean manufacturing dan Total Productive Management (TPM) yang diterapkan sejak tahun 2012

2. Infrastrukktur yang handal meliputi mesin-mesin yang digunakan dan didesai dengan teknologi terkini dan fasilitas laboratorium yang menunjang.

Jadi untuk yang sedang hamil juga sakit jangan takut untuk menggunakan obat generik. Karena obat generik yang di produksi HJ ini sesuai dengan standar kwalitas dan aman. PT Hexpharm Jaya juga berkomitmen untuk kualitas yang diproduksinya untuk menjamin efektifitas, stabilitas dan keamanan.

Time to explore the factory, yeay!

Kami di bagi dalam 2 kelompok dipandu salah  satu karyawan HJ yaitu mba Titis. Selayaknya kita kunjungan atau berada dipabrik ada regulasi keamanan alias safety regulation. Masuk ke Hj nggak boleh meludah sembarangan, bawa obat-obatan dan buang sampah sembarangan. Oh iya batas kecepatan pengendara dan pejalan kaki pun diatur lho. Bahkan nyebrang jalan ada tempatnya. Jika ada situasi dan kondisi darurat, kita tidak usah panik. Ada  klinik yang tersedia didalam area HJ.

Sebelum keliling area pabrik, kami wajib mengenakan baju khusus produksi (Hairnet,shoes cover,baju). Tidak perbolehkan mengenakan assesoris yang berbahan logam. Semua benar-benar harus steril. Semua kondisi keamaman ini dilakukan agar kebersihan terjamin bagi proses produksi. 

Di ruang Quality Control kami bertemu pak Haryanto. Ruang QC adalah ruang untuk mengambil sampel dan hasil yang didapat selama 1 hari. Begitu pun untuk proses identifikasi bahan baku juga dilakukan disini. Bahan baku yang dikirim sesuai identifikasi atau tidak dengan cara diklarifikasi yang hanya membutuhkan waktu 2 menit saja. Sampel yang diterima sudah ditimbang dan dibawa keruang instrumen yang sudah dilarutkan akan diinjek ke dalam mesin.



Di Ruang QC bersama Pak Haryanto
Masuk kedalam ruang produksi tidak boleh sembarangan, yang sakit mata dilarang masuk. Kita diwajibkan menggunakan alat pelindung diri.   

Semua mesin-mesin HJ memiliki bahan logam yang tidak terkontaminasi dengan obat. Steril ya? Demikian juga untuk air. Air yang digunakan bukan air biasa, sudah diproses terlebih dahalu. Mineral yang ada sudah dihilangkan, agar tidak terindikasi dengan bahan obat. Obat produksi HJ sudah terintegrasi dan lulus BPOM jadi aman untuk dikonsumsi.

Kenapa obat generik murah? Karena hal-hal yang tidak efisien dihilangkan. Mesin HJ dirawat dengan baik. Ada bahkan beberapa mesin yang tidak pernah rusak. Batch/loot yang sekali jalan yang diutamankan. Pabriknya bebas hama. Bagimana dengan logistik? Bahan boleh disimpan dimana saja, kapan saja, karena ada sistim penyimpanan tersendiri. Hanya vendor-vendor  teruji yang boleh menjadi vendor list, yaitu dapat  memberikan bahan baku yang berkualitas. Gudang HJ dapat menampung 200-300 juta tablet selama sebulan.

Time To Explore The Factory!


Operator HJ mengoperasikan semuanya dengan sistem komputerisasi.Ruang produksi dijaga,ukuran partikel pun diperiksa. Semua terencana dan diawasi dengan sistem logistic yang canggih sehingga barang-barang dapat ditemukan dengan mudah melalui komputerisasi. Jika ada selisih 0,0001, print tidak akan ngeprint. Jadi tidak boleh ada selisih. Label tidak terprint, maka produksi tidak  bisa dilanjutkan.

Serah terima juga menggunakan sistem komputerisasi. Produk yang terejec (cacad) tidak akan lolos keluar proses produksi. Mesinya memiliki sensor apabila tenaga berlebih, tidak akan berproduksi. Ada metal detectornya. Produk HJ dijamin tidak terkontaminasi dijaga sedemikian rupa.

Mesin-mesin HJ bisa mereject jika bahan baku yang masuk tidak sesuai. Mesin-mesin HJ didatangkan dari Jerman, Italia dan negara lainnya.  Bocor sehalus apapun bisa dideteksi dan direcject. Area laboratorium bersih, dengan beraneka macam alat-alat canggih. Wadah untuk bahan baku juga tidak luput dari pemeriksaan. Mesin dari German ini bisa mendeteksi produk rusak baik obat atau kemasan.

Aktifitas dalam pabrik HJ


Yang nggak kalah pentingnya, pabrik ini dipantau oleh Builing Automation System. Jika tekanan udara rendah, komputer akan meminta mesin bekerja lebih keras. Sehingga suhu udara akan  menyesuaikan.

Wah ternyata prosesnya panjang ya bagaimana obat generik diproduksi dan akhirnya bisa sampai ke tangan konsumen? 

Sekarang jangan ragu lagi dan salah kalau mau beli obat generik produksi Hj ya teman-teman. Ada logonya kemasan biru.

Kemasan Biru HJ Generik

Perlu diingat juga konsumsi obat harus JELI (Jelas produsennya, Efektif khasiatnya, Lihat kemasanya, Ingat Belinya hanya di tempat yang resmi). Meski awas agar tidak konsumsi obat palsu. HJ tidak memproduksi obat dalam botol dan dalam jumlah banyak.


HJ memiliki rangkaian produk Generik


Jadi mitos mengenai obat paten lebih manjur dan cepat sembuh, meski diluruskan ya karena semua tergantung tubuh seseorang. Ingat ya setiap obat memiliki efek samping jangan sembarangan minum obat.

Terima kasih banyak Pimpinan HJ dan seluruh karyawannya yang sudah memberi kesempatan pada saya, untuk melihat bagaimana proses pembuatan obat yang saya minum saat hamil dulu.  Dan juga obat-obat lain yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sukses selalu HJ.









Comments

  1. huahhh nambah pengetahuan lagi nihhhhh
    makasihh postingannya mak gitwww :-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mak Zil, semoga bermanfaat tulisan ini khususnya untuk yang masih ragu dengan obat generik.

      Delete
    2. Alhamdulillah Mak Zil, semoga bermanfaat tulisan ini khususnya untuk yang masih ragu dengan obat generik.

      Delete
  2. Ilmu banget nih. Berarti obat generik tuh sama ya dengan obat paten. Jadi mantab nih, udah murah kualitas bagus pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup . Smoga keberadaannya banyak membantu yang sakit agar cepat sembuh ya. Amin

      Delete
    2. Yup . Smoga keberadaannya banyak membantu yang sakit agar cepat sembuh ya. Amin

      Delete
  3. Kupikir selama ini juga obat generik itu yang kandungannya dikurangi/kualitasnya di bawah obat yang paten makanya harganya murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...andai semua orang tahu, apalagi melihat bagaimana proses pembuatannya, duh betapa sebutir obat ini begitu berharga ada dalam darah kita. 😊

      Delete
  4. Setuju banget kalau pilih obat memang harus jeli mba. Jangan sembarangan euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak kita nggak tahu bagaimana dampaknya kan. Semoga teman- teman makin peduli ya

      Delete
  5. Mantab ya suasana pabriknya bersih warna biru dan hijaunya menenangkan. Eh makasih infonya nya mba jadi ga ragu pilih obat generik dari PT Hexhaparm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya setelah jalan2 ke pabrik. Makin paham bagaimana obat generik dibuat.

      Delete
  6. Hihi,, harus JELI ya? :D
    Thanks informasinya mbak..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong biar makin paham akan keberadaan obat dan tahu juga produsen yang buat.

      Delete
  7. Replies
    1. Hehe biar mempermudah orang mengingat arti penting dalam urusan obat-obatan ya

      Delete
  8. Alhamdullilah, senang bisa tahu pabriknya jadi makin yakin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tak kenal maka tak tahu. Tak tahu kadang bikin sok tahu. Eh hahaha, jadi kalau kemarin belum tahu tentang obat generik secara dalam, sekarang malah lebih paham ya

      Delete
  9. Iya rata2 orang milih obat paten karena harganya mahal. Padahal obat generik yg harganya bersahabat pun kandungan obatnya sama ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan nggak tahu kak, makanya semoga melalui tulisan ini jadi banyak yang tahu. Bahwa produk Hj banyak yang berkualitas yang masyarakat butuhkan.

      Delete
  10. Ga perlu ada lagi keraguan dan rasa gengsi ya mbak saat mengonsumsi obat generik yang kini dengan kemasan biru. JELI saat pilih obat generik itu harus yach ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Mau sembuh apa mau gengsi hehe. Sah-sah aja orang pilih obat mahal. Tapi tahu tetang kualitas generik juga nggak salah.Jadi paham juga nantinya.

      Delete
  11. Obat generik lebih murah dengan khasiat yang sama, setuju mba Gita, lebih baik pakai obat generik jika tersedia.

    ReplyDelete
  12. Paling seru kunjungan ke tempat2 gini, nih. Pabrik obat, makanan, kendaraan. Bisa melihat behind the scene-nya gitu.

    Btw aku tanya sama apoteker, beda obat generik dan paten. Katanya, beda di cara kerjanya si. Kalau generik agak lebih lama absorpsinya ketimbang paten. Kalau efek si sama aja. Hhm, kok beda ya ama yang didapat dari tulisan ini?

    Kuy, lah. Mamaci infonya mbak Gita :*

    ReplyDelete
  13. Loh aku pikir semua obat generik sama.. Ternyata beda ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda kemasan. di kemasan aja kak Seperti produk-produk HJ ini. Kemasan biru

      Delete
  14. Wah jadi tau klo obat generik itu obat yg habis masa paten nya

    ReplyDelete
  15. Jadi nggakk perlu ragu lagi mengonsumsi obat generik, yang panting sesuai dan bisa menyembuhkan. Info yang bagus mbak. Selama ini memang banyak yang menganggap obat paten lebih manjur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup reaksi obat dalam tubuh tiap orang akan berbeda-beda

      Delete
  16. artikel yang sarat informasi bermafaat. super lengkap kakak. Thanks buat sharing ttg. obat generik vs obat patennya. Kalo ada yg murah, kenaoa harus cari yg mahal yaak? hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya diproduksi kembali bukan tanpa maksud. Dan yang masyarakat butuhkan juga. Jadi sehat semua kan enak ya

      Delete
  17. Aku, akuuu pengguna obat generik. Kalau harus beli obat ke apotek aku pasti minta versi generiknya ke apoteker. Harganya sudah pasti lebih murah dengan khasiat yang sama. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya khasiatnya sama tapi mempunyai reaksi/efek yang beda dalam tubuh tiap orang ketika obat ini bekerja.

      Delete
    2. iya khasiatnya sama tapi mempunyai reaksi/efek yang beda dalam tubuh tiap orang ketika obat ini bekerja.

      Delete
  18. Obat generik juga bagus kok. Seru ya berkunjung kepabriknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya udah pakai teh. Always seru ya kalau liat langsung tempat pembuatan satu produk diproduksi

      Delete
  19. saya pun selalu pakai obat generik, biar badan ga kebiasaan pake obat paten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah banyak yang pakai and udah tahu ya khasiatnya sama dengan paten. Intinya paham juga reaksi obat dan JELI juga

      Delete
  20. Aku termasuk yang meragukan khasiat obat generik, mbaaa. Huhuhu hak tau knp mindset aku kaya gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa2 Wian kan pilihan. Generik diproduksi karena masyarakat banyak yang membutuhkan. Sugesti memang mempunyai peran besar terhadap orang. Kadang ada yang bilang baru liat dokternya aja udah sembuh. Apalgi liat pabrik obatnya ya #eh 😄

      Delete
    2. Nggak apa2 Wian kan pilihan. Generik diproduksi karena masyarakat banyak yang membutuhkan. Sugesti memang mempunyai peran besar terhadap orang. Kadang ada yang bilang baru liat dokternya aja udah sembuh. Apalgi liat pabrik obatnya ya #eh 😄

      Delete
  21. Jujur aku termasuk orang yang meragukan kualiats obat generik karena harganya yang jauh lebih murah daripada obat paten, jadi tererahkan dan terjawab sih setelah baca ini :) So nda ragu lagi akan kualiatas obat Generik apalgi Obat Generik HJ!

    Wah ternyta Ka Gita udah lama ya mempercayakan Obat Generik ini, bersyukur nemu dokter yang rmaah dan baik bisa diajak diskusi ya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mel. Awalnya ya obat paten pakai pas awal2 bulan hamil sampai satu hari datang terus ngobrol dan tanya2 bedanya. Dokternya mengapresiasi banget keinginan aku dan meyakinkan kalau saat itu kehamilanku berjalan baik. Senang memang ketemu dokter yang begini

      Delete
    2. iya Mel. Awalnya ya obat paten pakai pas awal2 bulan hamil sampai satu hari datang terus ngobrol dan tanya2 bedanya. Dokternya mengapresiasi banget keinginan aku dan meyakinkan kalau saat itu kehamilanku berjalan baik. Senang memang ketemu dokter yang begini

      Delete
  22. Baca artikelnya jadi tahu soal obat-obatan. Selama ini awam banget. Tapi skg aku jarang minum obat kalau sakit. Mudah2an sehat terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya fan sebisa mungkin memang hindari obat ya apalgi kalau hanya pusing2 kecapean. Paling ya rebahan minum air hangat kalau aku. Terima kasih ya semoga bermanfaat

      Delete
  23. Pengalamannya asyik bnget mbk, bisa mengunjungi pabrik obat. Jadi makin yakin ya klu obat generik khasiatnya sm aja dgn obat paten

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah Von. Lengkap infonya. Khasiat sama aja. Tetapi reaksi obat pada tiap orang beda- beda ini juga harus kita tahu ya

    ReplyDelete
  25. Hemat di kantong juga obat generik

    ReplyDelete
  26. Ternyata obat generik itu obat yg sdh dihilangkan hal patennya ya jdi hargany lbih murah, tp tanpa mengurangi kualitas produknya, aku baru tau. Seru bgt bisa tau proses pembuatan obat di pabriknya langsung mba.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright