Prudential Indonesia Ingin Memberdayakan Indonesia Timur Melalui Enterpreneurship

"Saya  bosan sekali kalau ada kegiatan di sekolah saya selalu kebagian bagian keamanan."kata Ari Kriting komika asal Papua yang namanya saat ini di kenal masyarakat luas setelah memenangkan ajang stand up comedy di salah satu televisi swasta.




Nini Sumohandoyo [foto:dokpri]

"Akhirnya suatu hari saya bilang pada panitia minta ganti bagian lain saja"tambah Ari dengan logat daerahnya yang masih kental. "Maka saya akhirnya terpilih bagian konsumsi. Akh tentu saja saya bangga bisa pindah bagian, akhirnya saya tanya sama panitia job desk saya apa, di bagian konsumsi nanti? Panitia kemudian menjelaskan area tugas saya nanti di sini di sini dan di sini sambil tunjuk-tunjuk area ruangan. Kamu jagain makanan sekitar ini. Ya ampun tetap saja ternyata saya bagian keamanan"!

Ari Kriting and Mumu [foto:dokpri]


Cerita Ari Kriting ini disambut gelak tawa satu ruangan yang ada di Soehanna Hall Energy Building Jl Sudirman Kav 52-53, Jakarta.

Materi joke Ari memang sangat menyentil issue yang ada selama ini tentang daerah kelahirannya Papua Nusa Tenggara Timur. Banyak hasil buminya tetapi tidak diikuti dengan kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada.

Untuk itulah PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memperkenalkan program "East Indonesia Empowerment" (Pemberdayaan Indonesia Timur) melalui Community Invesment yaitu satu bentuk dukungan solusi atas tantangan-tantangan sosial masyarakat yang ada di Indonesia Timur.

Penandatanganan MOU [foto:dokpri]


Menurut data terakhir dari Badan Pusat Statistik (BPS), 27,74% penduduk Papua masih hidup dalam garis kemiskinan, dan 63.770 orang Papua menganggur. Dan yang lebih memprihatinkan adalah bahwa menurut indeks kebahagian yang dilakukan juga oleh BPS juga bahwa Papua adalah salah satu daerah yang indeks kebahagiaannya paling rendah di Indonesia, mengingat kondisi menantang dalam jumlah aspek mendasar kehidupan, seperti kesehatan, pendidikan, pendapatan, kondisi rumah, dan kesehatan.

"Prudential ada di dunia selama 170 tahun, 90 tahun di asia dan 22 tahun di Indonesia. Kami sangat peduli dan komitmen tidak hanya memberikan perlindungan jangka panjang kepada keluarga di seluruh Indonesia tetapi juga bagaimana dapat memberikan kontribusi berkelanjutan kepada masyarakat sekitar." Jens Reisch Director Prudential Indonesia


Jens Reish [foto:dokpri]


"Meskipun aksesnya susah menuju wilayah Indonesia Timur tetapi Prudential banyak melakukan aktivitas disana dimana telah dibangun sekolah, karena sekolah yang ada tidak memadai sekaligus juga memberikan edukasi disana. Indonesia Timur yang banyak produknya hanya masalah logistik yang kadang tidak terjangkau." Rinaldi Mudahar, Country CEO, Community Invesment Prudential Indonesia 


Rinaldi Mudahar [foto:dokpri


Ibu Nini Sumohandoyo, Corporate Communications & Sharia Director, Prudential Indonesia "Selama bertahun-tahun, Prudential sudah melakukan beragam program yang memberikan dampak langsung kepada komunitas seperti memberi bantuan alat untuk anak-anak yang menderita kanker dimana mereka membutuhkan treatment yang berbeda-beda. Dari mulai sosialisasi, diagnosa, pengobatan, hingga conseling. 

Dalam mewujudkan semuanya Prudential juga telah menjalin hubungan yang hangat dan sudah berjalan cukup lama, seperti dengan Gerakan Kemanusiaan Posko Jenggala, Yayasan Onkologi Anak Indonesia dan yang baru dengan fakultas MIPA Universitas Indonesia. 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional. Kepala Bappenas Bapak Bambang Brojonegoro "Indonesia masih ketinggalan masalah properti, kesenjangan kemiskinan dan zero hunger"

Di Papua nantinya akan dilakukan juga Boarding school atau asrama. Karena jarak tempuh anak yang jauh dengan sekolah. Ini agar efisiensi waktu anak ke sekolah yang tidak bolak-balik.



Pak Andy dari gerakan kemanusiaan posko jenggala "banyak relawan Prudential yang ada membantu di tempat-tempat yang kena bencana".

Rasanya memang jangan Bali, Sulawesi, Makassar dan Maluku aja ya yang maju daerahnya? Tetapi  kita semua pasti ingin juga agar Papua maju bukan karena bantuan tetapi dengan enterpreneurshipyang akan segera dikembangkan. Nantinya harus asli orang Papua sendiri yang terlibat dan dilibatkan.

"Kalau satu daerah ingin maju adalah melalui rantai tambah yang ada di daerah tersebut." Di Papua dibutuhkan pendamping. Rulesnya pendampingan pada teman-teman di Papua adalah seperti yang agent lakukan selama ini.

"Entepreneurship atau kewirausahaan adalah program unggulan dari Prudential, dimana program ini akan kami awali dengan melihat dan menilai langsung ke lapangan untuk memastikan area-area di mana dan kelompok masyarakat mana yang akan menjadi target dan penerima manfaat kami selama 3 tahun ke depan" tambah pak Rinaldi

Pilar penting Prudential, Edukasi, Filantropi (OJK, Industri) kesehatan

Untuk memulai East Indonesia Empowerment, East Indonesia Empower program Prudential menyediakan kurang lebih 20M. Maksimal akan dilakukan 60-90 hari untuk survei dan mencari referensi-referensi yang akan menjadi acuan untuk membangun Enterpreneur di Papua. Program ini sangat kooperenship karena tidak hanya menyangkut local goverment.

Semoga Prudential dapat mewujudkan semuanya. Menjangkau wilayah Timur Indonesia agar semua teman-teman disana menikmati sarana dan prasarana yang baik. Seperti yang dinikmati juga oleh daerah-daerah lainnya yang ada di Indonesia. I hope so. Aameen.

#PRUCommunityinvestment
#EastIndonesiaEmpowerment

56 comments :

  1. Semoga terlaksana dengan baik. Sehingga Indonesia Timur, khususnya tanah Papua lebih maju lagi. Agar kekayaan alam Indonesia, dikelola oleh putra putri bangsa ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes, memang harus orang Papuanya langsung yang terjun agar SDM makin tergali dengan kekayaannya yang ada

      Delete
    2. iyes, memang harus orang Papuanya langsung yang terjun agar SDM makin tergali dengan kekayaannya yang ada

      Delete
  2. Ari lucu banget sih, hihihi... ada kenalan mombassador dari Papua, namanya Ibu Jean, senang banget sama semangat beliau, sukses terus program prudential

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah silahturahmi harus tetap di jaga nih ya . Stand up comedynya bikin ngakak kak

      Delete
  3. Jika ada kesempatakan ke Papua untuk membantu mengatasi permasalahan di Papua saya akan ikut ka.. bagaimanapun Indonesia timur bagian dari NKRI ya ka.. semoga program Prudential ini berjalan sukses dan lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju jika satu hari ada kesempatan datang ke Papua aku juga akan ikut. Melihat langsung teman-teman disana

      Delete
  4. Selalu keren ya program Prudential, terharu banget ternyata mikirin Papua dan semoga programnya sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes. Majunya perusahaan diikuti juga niat baik untuk memperikan kesempatan yang sama khususnya teman2 Indonesia Timur tuk mendapatkan perhatian sepeeti bagian Indonesia lainnya

      Delete
  5. Saya mendukung banget nih dgn program terbaru dari Prudential. Patut mendapat dukungan penuh dr berbagai pihak karena Prudential peduli dgn rakyat Indonesia Timur. Semoga terlaksana dgn baik dan sukses

    ReplyDelete
  6. Yess bagaimanapun indonesia timur adalah bagian penting dari NkRI. Jadi ga ada cerita mereka tertinggal dibanding wilayah lain. Dan pemberdayaan melalui enterpreneur menurut saya is a great plan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persis kak. Tanpa pengecualian yang namanya ingin pemerataan ya

      Delete
  7. Bagus program Prudensial ya. Semoga dapat terlaksana dengan baik, sehingga dapat banyak dirasakan oleh sodara2 di Papua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Wina. Kolaborasi Prudential Indonesia kayak dengan Yayasan kanker aja udah lumayan lama

      Delete
  8. wah acaranya seru, banyak diisi oleh orang2 penting.
    amin sekali buat doa dan harapannya, semoga Prudential bisa menjangkau semua wilayah Timur di Indonesia supaya semua bisa menikmati sarana dan prasarana yang baik. amin :)

    ReplyDelete
  9. Bagian timur banyak daerah yang belum terjamah biasa karena susahnya akses kesana. Beruntunglah Prudential ada program buat mereka jadi mereka bisa berkembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes kak ini adalah bentuk kepedulian Prudential yang udah rutin jadwalnya

      Delete
    2. iyes kak ini adalah bentuk kepedulian Prudential yang udah rutin jadwalnya

      Delete
  10. ini yang keren. membangun Indonesia timur lewat ekonomi. membangun mental pejuang sang pengusaha dan pasti hasilnya juga nanti dinikmti dengan merata oleh pendduk Indonesia timur. berharap kedepan dari sabang sampai merauke semuanya berkembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak pemerataannya memang telat ya karena kendala logistik. Kalau dari dulu minimal udah banyak ya Enterpreneur handal lahir dari Indonesia Timur

      Delete
    2. iya kak pemerataannya memang telat ya karena kendala logistik. Kalau dari dulu minimal udah banyak ya Enterpreneur handal lahir dari Indonesia Timur

      Delete
  11. Semua program Prudential memang patut di acungi jempol. Kalau ada Arie mah suasana jadi pecah ya mba

    ReplyDelete
  12. Pembangunan merata akanbuktikan bahwa rakyat indonesia akan kaya dan makmur .

    ReplyDelete
  13. Keren banget ya program dari Prudential ini, aku jadi ingin ke Papua deh. Apalagi pernah mendengar cerita dari relawan tentang Indonesia bagian timur ini.

    ReplyDelete
  14. "Di Papua nantinya akan dilakukan juga Boarding school atau asrama. Karena jarak tempuh anak yang jauh dengan sekolah. Ini agar efisiensi waktu anak ke sekolah yang tidak bolak-balik" --> sangat mendukung kalau ini bisa diwujudkan dengan programnya prudential East Indonesia Empower program

    ReplyDelete
  15. Suka banget kalau makin banyak enterpreneurship diseluruh Indonesia. Jadi perkembangan ekonomi semakin merata dan makin makmur Indonesia.. Angka pengangguran juga menurun karena banyak lapangan kerjaan

    ReplyDelete
  16. Suka banget bacanya, salut untuk komitmen Prudential yang mau mengangkat kesejahteraan saudara-saudara kita yang ada di Indonesia Timur. Semoga bisa terlaksana dengan lancar yaa.

    ReplyDelete
  17. Sukses untuk programnya Prudential demi Indonesia 👍

    ReplyDelete
  18. Rasanya ikut merasa senang, ketika saudara-saudara kita di Indonesia Timur diberdayakan.
    Semoga makin maju yaa

    ReplyDelete
  19. memang area Indonesia Timur harus dipikirin juga ya pemerataan ekonomi. Semoga program Prudential ini bisa menolong mereka ya :)

    ReplyDelete
  20. Perusahaan asuransi ini gebrakan dan inovasinya selalu keren ya, gak hanya mensejahteraakan para leadernya tapi juga peduli dengan rakyat di Indonesia Timur.

    ReplyDelete
  21. Iya ya selama ini belum ada perusahaan yang gembar gembor mau ikut mengajak wilayah timur Indonesia berpartisipasi
    Setelah ini semoga semakin banyak dan Indonesia Timur khususnya yang masih jauh tertinggal bisa sejajar dengan Indonesia lainnya amin

    ReplyDelete
  22. Salut buat Prudential yang mau memikirkan Papua. Semoga bisa ditiru oleh perusahaan lainnya

    ReplyDelete
  23. aku suka dengan joke nya Ari yang memang membawa pesan daerah timur, sering kutonton juga. memang ga bisa dipungkiri. pembangunan kita masih terpusat di daerah jawa saja

    ReplyDelete
  24. Semoga program Prudential tidak hanya diperuntukkan ke wilayah Indonesia bagian timur saja. Tetapi, bisa merata sampai seluruh pelosok nusantara*

    ReplyDelete
  25. Semoga dengn adanya program ini, kota di timur Indonesia makin maju dan berkembang.

    ReplyDelete
  26. Ahhh Papua. Iya ya kenapa selalu di bagian keamanan mereka. Fisik banget penglihatannya. Bahkan, Fredy Numberi satu2nya menteri yang kuingat dari Papua. Selebihnya nggak tau siapa :D

    Semoga kepekaan Prudential ini dimudahkan yak buat membangun SDM yang merata di Indonesia timur. Kesian juga si barat maniiiing maning. Sungguh amat terpusat!

    ReplyDelete
  27. Indonesia bukan hanya Jawa, waktunya Indonesia dipandang sebagai kesatuan dan pembangunannya lebih merata. Salam mba Gita☺

    ReplyDelete
  28. Salut banget aku sama program prudential ini yang memikirkan papua

    ReplyDelete
  29. Prudential udah lama juga ya Mba di Indonesia, 22 tahun. Semoga dengan adanya program permberdayaan ini, teman-teman di Indonesia Timur lebih baik lagi, ya.

    ReplyDelete
  30. Keren programnya. Semoga banyak yang niru. Semoga sukses juga program prudentialnya.

    ReplyDelete
  31. Semoga pembangunan di Indonesia ini semakin merata yaa...

    ReplyDelete
  32. Biar merata nih kesejahteraan masyarakat sampai ke wilayah timur Indonesia

    ReplyDelete
  33. Semoga bagian Timur Indonesia semakin maju :)

    ReplyDelete
  34. seneng banget kalau saudara-saudara kita di Indonesia timur bisa dibantu.. semoga semakin maju

    ReplyDelete
  35. Wah Mau dibuat program asrama/boarding school. Semoga segera tercapai ya.. pasti nya baya nih untuk menambah fasilitas pendidikan anak2 di papua.

    ReplyDelete
  36. Indonesia timur memiliki potensi yg tinggi. Salut buat prodensial

    ReplyDelete
  37. suka sama CSRnya Prudential yang menargetkan tempat2 yg lebih membutuhkan...

    ReplyDelete
  38. Ini semacam program CSR gtu kah mbak?
    Bagus juga idenya bikin sekolah di sana. Moga bantuin pemerintah membuat rata akses pendidika yaaaa

    ReplyDelete
  39. Indonesia Timur Punya potensi yg sama dg daerah lain, masalahnya belum semua stake holder concern ya kak

    ReplyDelete
  40. Aamiin, semoga disana sarana dan prasaranya mamadai ya. Sehingga saudara-saudara kita disana juga bisa berkembang.

    ReplyDelete
  41. Wahh udah nyampe ke bagian timur Indonesia ya untuk CSR prudential..bagus ya jadi merata penyebarannya.

    ReplyDelete
  42. Keren banget ini Prudential ya mba

    ReplyDelete
  43. Papua sbg bagian dr timur Indonesia ini memng butuh perhatian penuh dr pemerintah. Semiga dgn adanya program ini Papua bisa lebih baik dan berkembang lagi

    ReplyDelete