#AksiSehatCeria Rutin Donor Darah Bikin Kita Sehat


Hai hai sehat selalu ya

Saya ingat pertama kali melakukan #AksiSehatCeria donor darah itu ya nggak sengaja. Ketika satu malam ibu mertua saya yang drop, butuh darah. Saya, dan suami saat itu, juga sepupu-sepupu bergegas ke PMI (Palang Merah Indonesia) yang berada di jalan Kramat Raya Jakarta Pusat untuk mencari darah sekaligus ikut cek kesehatan juga sebelum di ambil darahnya.


kantong darah [doktersehat]

Saya lupa persisnya kenapa mereka semua gagal dan hanya saya yang bisa dalam rombongan itu.
Tetapi entah kenapa hingga saat ini peristiwa bisa mendonorkan darah kepada ibu mertua saya menjadi kenangan indah bagi  saya selamanya.


cek darah [doktersehat]


Dan yang saya yakini hingga saat ini dengan donor darah badan saya akan sehat. Pun akhirnya ibu mertua yang saya panggil mama ini tidak dapat bertahan lama dengan sakitnya yang sudah tahunan. Karena beberapa bulan kemudian mama meninggal dunia.

Dalam hati saya selalu bersyukur meskipun hanya dapat  membantu ibu mertua melalui 250cc darah yang di ambil malam itu. Saya jadi kenal yang namanya donor darah. Dulu pas saya diambil darahnya aturan yang berlaku adalah 250cc untuk perempuan dan 350cc untuk laki-laki. Beda ya dengan sekarang yang udah rata semua nggak ada bedanya, baik laki laki atau perempuan sama yaitu 350 cc.

#AksiSEhatCeria periksa tensi [pribadi]


Setelah peristiwa pertama dapat mendonorkan darah,  saya jadi semangat banget untuk ikut donor darah selanjutnya karena selain dapat membantu orang lain, ternyata ada 9 Manfaat Donor Darah  juga bagi diri sendiri yang bikin sehat.

Teman-teman perlu tahu lho, bahwa saya yang sudah kurang lebih 10x donor ini, nggak akan selalu lolos pas di cek dokter ya. Contohnya adalah ketika kampus saya mengadakan aksi donor darah, hampir semua teman-teman dan saya gagal donor. Karena kata dokter kami kurang tidur. Hahaha tahu aja dokter ya karena sebagian dari kami memang begadang untuk mempersiapkan event ini.

Akhirnya cukup tidur dan sudah sarapan menjadi hal yang penting banget saya perhatikan ketika saya mau donor darah, karena kata dokter ini akan berkaitan dengan tensi darah. Rasanya kalau udah niat tapi persiapannya nggak matang, gimana gitu rasanya. Sedih. Tapi sebaliknya kalau udah dinyatakan  lolos dan  tinggal tunggu diambil darahnya aja sumringah banget saya antri.

Syarat donor darah :


  1. Sehat jasmani dan rohani serta terhindar dari penyakit baik aku ataupun kronis
  2. Sudah berumur lebih dari 17 tahun hingga 65 tahun. Batasan umur ini diberlakukan untuk memastikan tubuh sudah berkembang secara sempurna sehingga dengan mendonorkan darah tidak akan mengganggu proses pertumbuhan sang donor
  3. Berat badan minimal 45 kg. Berat ini adalah asumsi berat badan minimal bagi rata-rata orang dewasa. Kurang dari berat tersebut dikhawatirkan pendonoran darah justru akan mengganggu kesehatan sang donor.
  4. Tekanan darah dalam kondisi normal. Ini berarti bagi Anda yang menderita hipertensi atau sebaliknya tidak diperkenankan mengikuti aktifitas pendonoran. Tekanan darah yang dianjurkan adalah antara 100-170 per 70-100
  5. Interval donor adalah minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor sebelumnya atau maksimal 5 kali dalam setahun. Hal ini akan memberikan waktu untuk sumsum tulang dalam memproduksi darah baru yang hilang akibat donor.


Nah tanggal 15 September 2018 saya ikut daftar donor darah yang diadakan oleh DokerSehat & INDODAX yang bertempat di Lotte Shopping  Avenua tepatnya di Ciputra Medical Center.

#AksiSehatCeria Ruang donor darah [pribadi]

#AksiSehatCeria tahan nafas cari nadi [pribadi]

#AksiSehatCeria 350cc darah di ambil [Pribadi]


Doktersehat.com ini merupakan website kesehatan online yang memberikan informasi kesehatan, tips kesehatan dan konsultasi online segala macam jenis penyakit, kanker, kesehatan, kehamilan, seksualitas dan kesehatan keluarga. Asyik ya kita pun yang mau donor jadi bisa konsultasi dulu ya? Atau baca-baca informasi kesehatan seperti kenapa nggak semua orang bisa mendonorkan darahnya?  

Selain ada dokter umum dan spesialis di DokterSehat kita juga bisa baca-baca informasi kesehatan seperti 10 manfaat yoga untuk kesehatan. Ini artikel yang saya suka ,karena selain donor darah, yoga adalah salah satu olah raga yang saya pilih disamping lari sekitar kompleks rumah untuk menjaga badan tetap sehat . Informasi kesehatan terbaru juga ada lho teman-teman seperti istri Indro Warkop meninggal setelah Berjuang Melawan Kanker Paru.

Siang itu saya lihat ada yang baru pertama kali donor darah. Pas saya tanya "kenapa baru sekarang"? katanya takut sama jarum selama ini. Hahaha padahal orangnya gede lho. Ada juga yang gagal karena kurang tidur. Wah jadi ingat kejadian di kampus. Semua cerita yang saya dengar siang itu jadi bikin saya makin bersyukur karena sampai dengan hari ini saya bisa donor darah.

#AksiSehatCeria kartu donor & form donor  [Pribadi]


#AksiSehatCeria 350cc darah [Pribadi]


Semangat ini juga saya teruskan untuk membantu kalau di WAG ( Grup Whatsup ) & Facebook (FB) ada yang share butuh darah. Biasanya saya akan tanya dulu, apakah info ini masih valid atau kapan BC ini beredar? Sebelum saya teruskan atau mention ke akun @Blood4life di twitter. Karena jangan sampai info ini sudah kadaluarsa.

Waktu pertama kali mention @Blood4lifeid dan langsung direspon akun ini, senang banget saya. Apalagi kalau mendapat info balasan yang cepat bahwa darah yang dibutuhkan  itu sudah terpenuhi. Bahagianya luar biasa. Akun Twitter @Blood4lifeid ini memuat berbagi informasi donor darah

Selagi sehat dan lolos pemeriksaan kesehatan kenapa nggak donor darah kan? Jangan tunda niat baik untuk membantu. Dengan rutin melakukan donor darah, maka kita akan menurunkan resiko terkena kanker, penyakit jantung, dan juga menjaga berat badan kita tetap ideal. Nggak hanya masalah membantu banyak orang, karena donor darah bagi saya bisa menjadi semacam check up kesehatan bagi tubuh kita karena tubuh akan diperiksa kesehatannya secara menyeluruh dan bisa menjadi pedoman saya juga untuk tetap menjaga kesehatan. Alhamdulillah.
#AksiSehatCeria









131 comments :

  1. Seumur hidup aku belum pernah donor darah dan selalu takut tapi selalu senang melihat teman donor darah... Karena papa juga suka donor darah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Citra ayuk! Coba kan akan di screnning dulu juga

      Delete
  2. Wah keren nih mbak Gita. Aku zaman kuliah beberapa kali donor darah tapi sekarang malah udah ga. Seruuuu masa abis donor aku dijamu. Minum teh manis anget sama indomie telor hahaha... kalo ingat begini jd senyum2 sendiri. Semoga bermanfaat bagi yg membutuhkan ya darahnya siip ��

    ReplyDelete
  3. Saya selalu ingin donor darah tapi selalu ditolak, hiks sedih. Ya karena saya suka darah rendah huhuhuh padahal bikin sehat ya kalau rutin donor darah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Tian rendah nggak boleh pun tinggi juga

      Delete
  4. Saya baru sekali donor darah Mba, pengen mengulangnya lagi. Ternyata seru ya donor darah, bukan hanya bisa membantu orang lain tapi bisa bikin kita makin sehat juga ya ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah coab rutinin wan, Insya Allah niatnya dimudahkan dan sehat

      Delete
    2. Nah coab rutinin wan, Insya Allah niatnya dimudahkan dan sehat

      Delete
  5. Dr dulu pengen banget donor darah tapi takut ga bisa 😫😫

    ReplyDelete
    Replies
    1. akh apa jangan bilang nggak bisa kan akan di cek dulu

      Delete
  6. Wah keren banget mbak Git udah 10 kali donor. Aku malah belum pernah. Pertama kali ada kegiatan dondar di SMA. Tapi waktu belum 17 tahun, jadi gak bisa deh. Terus setiap kali ada dondar gak sempet mulu entah karena waktunya atau lokasi dondarnya jauh wkwk semoga nanti bisa terealisasi deh buat donor darah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga selalu sesuain waktu dan lokasi yang terjangkau pas dekat debgan tempat aktifitas aja.

      Delete
  7. aku belum pernah donor darah, waktu smk dulu temen aku donor darah trus usai itu dia pingsan. kemudian aku takut 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh harus tanya ke doktersehat nih kenapa ya bisa pingsan

      Delete
  8. Aku sering flu atau pilek kadang batuk, bolehkah mendonorkan darah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha cek aja dulu mas biar afdol apakah batuknya batuk biasa atau ada indikasi ke arah batuk yang berbahaya. Kayak dokter nih gue

      Delete
  9. Ih aku mba, nggak berani donor darah. Dulu karena berat badan kurang, sekarang deg degan karena pernah temenku pingsan abis donor. Duh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh apa belum sarapan ya? Makanya petugas medis juga akan menyarankan kita tetap rebahan beberapa lama setelah darah di ambil

      Delete
  10. Seneng ya mba...bisa donor darah. Saya kepengen bgtt dari dulu donor darah, tapi sayang ga bisa karena ga memenuhi syarat. Semoga darah yg didonorkan bisa bermanfaat buat orang yang membutuhkan pertolongan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Rabb. Iya selagi bisa ini mak sekalian jadi check up pas donor darah

      Delete
    2. Aamiin ya Rabb. Iya selagi bisa ini mak sekalian jadi check up pas donor darah

      Delete
  11. Daku belum pernah bisa donor darah, karena berat badan kurang 😂. Padahal pingin banget sskali-kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba makan yang banyak eeeaaa hahaha

      Delete
    2. Udah hahaha..
      Cuma memang begitu tulang daku kecil.
      semoga aksi seperti ini banyak dilakukan yah Mbak Git, biar yang membutuhkan donor darah nggak kesulitan

      Delete
  12. Aku belum pernah sama sekali donor darah.. Huhu. 2 kali ada acara donor, pas lagi hamil dua duanya.. huhuhu. Semoga kedepannya dapet kesempatan yang pas untuk donor darah deh. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas sehat pas dekat pas deh buat donor ya Insya Allah

      Delete
    2. Pas sehat pas dekat pas deh buat donor ya Insya Allah

      Delete
  13. Dari dulu pengen banget donor darah sekalipun takut jarum suntik. . Tapi sekalinya berani donor eh tensinya rendah banget. .Jadi gagal deh.. Padahal usa memupuk keberanian berhari-hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan jangan tensi rendah karena grogi lagi? Ups! hahaha. Tensi memang jadi hal penting ini kak

      Delete
    2. Jangan jangan tensi rendah karena grogi lagi? Ups! hahaha. Tensi memang jadi hal penting ini kak

      Delete
  14. Mbaa, aku nggak pernah donor darah. Tapi malah suamiku yang rajin sekali untuk donor darah. Manfat donor darah katanya bagus banget untuk kesehatan tubuhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dulu banget kata teman teman ada yang jadi gemukan. Pas aku liat ya bisa jadi ya kan sirkulasi darah bagus makan jadi nikmat dan banyak hahaha

      Delete
    2. iya dulu banget kata teman teman ada yang jadi gemukan. Pas aku liat ya bisa jadi ya kan sirkulasi darah bagus makan jadi nikmat dan banyak hahaha

      Delete
  15. bener banget saya ngalamin sendiri kalo habis donor darah badan terasa enteng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah. Kang Didno apa kabar hatur nuhun sangat udah mampir ya. Salam hangat buat teman2 Cirebon. Lancar selalu donor darahnya ya

      Delete
    2. Nah. Kang Didno apa kabar hatur nuhun sangat udah mampir ya. Salam hangat buat teman2 Cirebon. Lancar selalu donor darahnya ya

      Delete
  16. Salut buat mba gita BB ku kurang utk donor.. kmrn juga waktu tmn d rmh sakit mention blood4flife cepet bnget responnya lsg bisa tratasi krn bnr2 lg butuh darah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba Utie dikasih sehat dan kesempatan bisa donor. Iyes teman2 @Blood4lifeId luar biasa memang. Cepat

      Delete
  17. Tahun ini resolusiku berani donor daraah!
    --kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin semoga dimudahkan ya niat donornya

      Delete
  18. saya belum pernah, dan sepertinya tidak akan boleh donor darah. Karena punya genetik lupus.
    tapi selalu senang lihat banyak teman-teman yang mendonorkan darahnya, bahkan ada yang udah sampai 100 kali. luar biasa dedikasinya euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya akh supportmu juga jadi berkah ya. Semoga makin sehat. Aamiin

      Delete
  19. Bolak-balik ikutan tes donor darah dan gagal terus karena HB rendah. Pas akhirnya kejadian, daku senang sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejadian bisa donor kak? Wah ikut senang juga nih

      Delete
  20. Sampai sekarang aku pingin banget coba donor darah, sayangnya belum ada kesempatan nih. Mudah-mudahan suatu hari bisa beneran donor darah, karena konon berguna banget buat kesehatan pendonor yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya 1-2 hari darah akan bersirkulasi lagi kira kira gitu bahasa nya hahaha

      Delete
  21. saya sampai saat ini belum berani donor darah, dulu sempat mo donor tapi pas datang kuota darahnya sudah cukup. jadi ga jadi donor deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya biasanya memang 3 jam paling kalau acara acara donor. Lain kalau ke PMI langsung ya. Semoga next bisa ikut.

      Delete
  22. aku gak pernah bisa ikut donor. mendoakan saja semoga makin bermanfaat ya kak

    ReplyDelete
  23. BBku mefet, darah rendah, hb rendah hahaha jd cuma pernah donor sekali. Itupun abis donor pengsan wkwkwk :P
    Tapi katanya kalau rutin donor tu emang bikin sehat ya mbak Gita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak April, tetap jaga kesehatan apalagi kalau mau donor, sarapan jangan lupa.

      Delete
  24. Kemarin aku gagal ikut dondar krn hb rendah dan tekanan darah dibawah rata rata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya ya semoga next sehat dan bisa ya karena BBnya cukup kan ya mba?

      Delete
  25. Sama mba, aku pun suka kecewa karena sering dateng untuk donor darah tapi nggak eligible karena tekanan darah rendah atau HB rendah. Huhuhu. Sudah sekitar 3 taunan nih belum donor lagi sejak hamil hingga menyusui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kadang feel main ya ini lolos/nggak nih. Jadi tahu kondisi kita lebih peka ya. Next aja kalau anak udah besaran ikut lagi

      Delete
  26. bener nih, donor darah bikin lebih baik ya

    ReplyDelete
  27. Saya belum pernah donor darah mbak Git, masih belum berani sama jarum suntik. BTW, kata2 orang kl sekali kita mendonor, itu nantinya mesti mendonor terus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tergantung kondisi saat itu va. Misal sekarang donor. Nah Januari mau donor lagi tapi lagi rendah HB ya nggak bisa va. Intinya sekali akan datang yang kedua dan ketiga karena badang enteng enak banget

      Delete
  28. Donor darah bikin tambah sehat ya..., Tapi aku belum pernah nih..soalnya takut aja..aku ada anemia..

    ReplyDelete
  29. sampe sekarang aku belum pernah donor darah :(
    takuttttt.
    selain itu jga pasti di tolak deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya ada yang takut liat darah, jarum dan pendapat2 yang bikin serem. Padahal asyik deh. Coba aja dulu

      Delete
  30. Donor darah bukan cuma bermanfaat bagi orang lain tapi bagus buat kesehatan kita juga. Semoga akuh juga bisa rutin dondar hehe .

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah...senangnya bs donor darah...saya gak pernah hiks..dulu krn berat badan di bawah skrg krn kurang darah ..deuh..:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aku kalau nggak lolos juga pasti lagi kurang istirahat mba

      Delete
  32. Saya suka pengen banget donor darah tapi selalu gagal huhuh karena punya darah rendah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nggak bakal lolos karena batas HBnya dokter sudah ada Tian

      Delete
  33. Mba Gita panutanque! Selalu fit dan alhamdulillah bisa berpartisipasi dalam mendonorkan darah 😃 sehat terus ya mba Gita!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha terima kasih banyak ya doa akan kembali pada yang mendoakan. Mumpung ada waktu dan kesempatan ini.

      Delete
    2. Hahaha terima kasih banyak ya doa akan kembali pada yang mendoakan. Mumpung ada waktu dan kesempatan ini.

      Delete
  34. Selama ini saya belum pernah ikut donor darah. Baca syarat disini kayanya masuk deh. Coba kalau ada kesempatan mau ikut. Semoga tekanan darah masuk juga. Biar bisa kaya Mbak Gita nih. Hebat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! coba ya kalau ada donor darah. Nanti isi form dulu, cek darah dan hb. Kalau lolos baru di ambil darahnya. Jadi nggak langsung ok ya

      Delete
  35. Saya jadi teringat pengalaman pertama kali donor itu tahun 2015. Sampai sekarang belum donor lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ayo Luana. Akupun jaraknya lama dari bantu ibu mertua, kayak lupa gitu. Padahal bisa datang ke PMI kan. Kalau sekarang mobil-mobil donor ada di manapun bahkan dibeberapa mall2 adakan kegiatan inu

      Delete
    2. Nah ayo Luana. Akupun jaraknya lama dari bantu ibu mertua, kayak lupa gitu. Padahal bisa datang ke PMI kan. Kalau sekarang mobil-mobil donor ada di manapun bahkan dibeberapa mall2 adakan kegiatan inu

      Delete
  36. dulu waktu masih kuliah aku berencana donor darah. udah datang ke PMI eh ternyata belum bisa karena berat badan masih kurang dari 45 kg. maklum dulu masih kurus pas zaman zaman mahasiswa. hehe. oiya manfaat donor darah juga banyak ya jadi gak perlu takut deh kalau mau donor darah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya batas BB ini. Banyak banget jadi kayak check aja kita/3 bulan. Pun max donor bisa 5x/tahun

      Delete
    2. iya batas BB ini. Banyak banget jadi kayak check aja kita/3 bulan. Pun max donor bisa 5x/tahun

      Delete
  37. Ternyata walaupun kita sudah sering donor darah belum tentu bisa mendonorkan lagi ya utk waktu selanjutnya.. Saya belum pernah donor darah, saya orangnya penakut lihat darah.. Lagi pula saya darah rendah apa bisa ya jadi pendonor darah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rita nggak selalu. Dan bukan karena pernah sekali maka yg ke dua dst nggak diperiksa dari awal lagi nggak. Harus selalu. Nggak bisa memang mba kalau rendah/tinggi. Harus stabil kata dokter

      Delete
    2. iya mba Rita nggak selalu. Dan bukan karena pernah sekali maka yg ke dua dst nggak diperiksa dari awal lagi nggak. Harus selalu. Nggak bisa memang mba kalau rendah/tinggi. Harus stabil kata dokter

      Delete
  38. Teh aku belum pernah donor darah, karena sebelum punya anak tensi darahku rendah terus malah sempet terkena anemia. Padahal pingin lho mba, eh baca tulisan ini jadi makin pingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nggak boleh memang tensi rendah. Ok sehat selaku ya

      Delete
  39. Wah, semoga tetap sehat dan bermanfaat untuk sesama ya, Mba. Salam hangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas Adhi selalu juga ya makasih juga sudah mampir ke blog aku

      Delete
  40. iyes kak, dengan donor darah maka sel darah kita akan memproduksi yang baru juga sel sel akan memperbaharui diri. kitanya sehat dan orang lain kebantu. belom lagi tabungan amal kak... sungguh mulia inih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin . Semoga teman teman yang niat donor juga dimudahkan ya

      Delete
    2. Aamiin . Semoga teman teman yang niat donor juga dimudahkan ya

      Delete
  41. Kapan-kapan kita bisa donor darah bareng ya mbak

    ReplyDelete
  42. Pernah dah siap-siap donor darah. Ternyata sarana ditarik ke acara yg lebih besar

    ReplyDelete
  43. Donor darah bagus dan sehat. Semoga semakin bisa lancar untuk memberikan manfaat bagi sesama.

    ReplyDelete
  44. Aku pengen banget donor darah begini, cuma entah kenapa selalu gak pas waktunya huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga yang dekat dekat dengan lokasi rumah atau pas lagi mobile sekalian

      Delete
  45. Aku belum pernah donor darah mba, karena kurang darah klo ga salah jd ga bisa. Seneng ya bs berbagi seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nggak apa apa mba. Hidup sehat dengan olah raga aja

      Delete
  46. Alm papa ku dulu rajin n rutin donor darah tapi aku sendiri belum pernah melakukan donor darah. Mau dong di ajak mbak git klo ada donor darah, mau cobain juga walaupun aku takut jarum suntik.hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nanti di info ya. Kalau main main ke Sency juga ada lho di lantai 7

      Delete
  47. Aku udah lama banget ga donor, jd kepengen donor tp bingung klo di tj duren donor dmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba googling mba titik2 pos donor akan keluar biasanya di masing-masing wilayah

      Delete
  48. Rasanya bahagia ya bisa menyumbangkan sesuatu yang bermanfaat yang kita punya. Donor darah bisa menyelamatkan hidup seseorang dan kita pun bisa hidup lebih sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah. Semangat juga karena jadi ajang check up per 3 bulanan

      Delete
  49. Duh udah lama gak donor darah deh, padahal bagus buag regenerasi sel darah kita ya mbak. Bermanfaat pula buat orang lain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya 2-3 hari darah akan tergantikan lagi ya dengan yang baru. Alhamdulillah bisa bantu melalui donor darah ini

      Delete
  50. Pengen deh bisa donor darah, tapi karena punya anemia saya jadi ga punya kesempatan buat donor

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak nggak apa-apa support aja buat yang donor ya. Sehat selalu

      Delete
  51. Sampai saat ini aku belum kesampaian mau donor darah kak. Beberapa kali mau donor eeh ditolak. Padahal katanya kalau donor itu bagus juga ya untuk kesehatan. Plus bisa membantu orang lain juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Tya Insya Allah sehat dan bisa membantu orang lain

      Delete
  52. Aku belum pernah donor darah karena kondisi aku darah rendah dan kadang pas lagi gak fit huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. akan selalu di cek kak. Jadi harus benar benar fit dan masuk syarat yang sudah ditentukan

      Delete
    2. akan selalu di cek kak. Jadi harus benar benar fit dan masuk syarat yang sudah ditentukan

      Delete
  53. Aku dulu pernah antri donor darah. Udah lamaaaaa banget, eh taunya bb ku kurang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha nah semoga info ini bermanfaat ya kalau udah memenuhi syarat juga jangan ragu kalau mau donor

      Delete
  54. Wah mbak gita semangat 45 nih donornya. Aku sebenarnya pengen juga sih donor darah. Cuma nggak boleh karena darah rendah. Hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nggak boleh memang harus stabil

      Delete
    2. iya nggak boleh memang harus stabil

      Delete
  55. Enak banget bisa berbagi lewat donor darah, aku kalau mau donor selalu gagal karena darah rendah dan pasti setiap nyoba selalu gak bisa. Hiiiikkkssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi dapat pengalaman kayak check up ya kak

      Delete
    2. Tapi dapat pengalaman kayak check up ya kak

      Delete
  56. Aku baru sekali-kalinya pengalaman donor darah sewaktu jaman kuliah dulu. Dan habis itu badan emang seger. Sekarang, belum coba lagi nih, giliran daftar BB nya kurang hwaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ayuk semangat BB naikin lagi hahaha

      Delete
  57. Dari dulu pengen banget donor kak, tapi takut jarum suntik. Eh pas sekalinya diberani-beraniin, tensi darahnya lagi rendah.. Gak jadi deh.. Hmm

    ReplyDelete
  58. asik banget kak gita bisa donor darah, aku belum pernah sekali pun loh kak...

    ReplyDelete
  59. buatku.. yang berani donor darah itu keren banget kak.. Maklum.. aku belum berani hehe.. Semoga sehat selalu ya kak..

    ReplyDelete
  60. Aku belum pernah donor darsh karena benetan takut banget, harus coba ya sesekali

    ReplyDelete