Ngeblog Mendatangkan Rejeki Dan Bisa Untuk Berbagi



Satu hari ada teman blogger bilang gini "mba git mah enak. Sekarang ngeblog itu di bayar, saya dulu mah masih gratis dan hanya dapat ucapan terima kasih aja. Belum ada fee nya mba"



[dok google]

Hmm... saya hanya tersenyum dan menanggapi dengan kalimat, oya?
Lah gimana nggak oya karena buat saya ada atau nggak ada fee nggak masalah asal saya suka dengan materi yang ada dalam undangan liputan tersebut dan saya bisa datang. Go ahead. Titik!

Kalau saya sekarang terjun di dunia blogging dan ada nominal  yang saya dapat ya alhamdulillah banget. Karena buat saya nggak pernah ada yang kebetulan.

Setelah saya benar-benar memutuskan untuk tidak siaran karena harus merawat ibu maka pekerjaan menulis menjadi hal yang paling dapat saya lakukan saat itu dan menjadi pekerjaan yang nggak main-main untuk saat ini disamping kadang ngemci, isi suara buat company profile dan juga buat kelas kemampuan berbicara atau ada yang les.  Luar biasanya ya Allah kasih saya rejeki.

hasil ngeblog bisa jalan-jalan ke LN [dokpri]

Menuliskan hasil liputan di blog menjadi kewajiban saya setelah menghadiri satu undangan liputan. Entah itu event kesehatan, parenting, kuliner, fashion bahkan teknologi, ekonomi dan politik. Saya masih ingat pesan salah satu pendiri komunitas, H+3 adalah batas maksimal yang baik untuk kita publish tulisan kita.

Lah wong jelas briefnya di depan. Hak dan kewajiban ini ini ini. Ya sudah saya jalankan. Saya anti untuk tidak menulis. Entah kenapa ya take and give jelas maka komitmen harus saya pegang. Kalau kata kakak kelas saya bonus materi dari liputan adalah keberkahan juga.

Nggak mau saya jadi catatan komunitas atau bahkan sampai  agent dan bahkan perorangan yang menandai bahawa saya langganan DL ( Deadline) atau bahkan suka abai. So so sorry gaes.


Berangkat liputan buat content blog [dokpri]


Saya masuk dunia blogging memang saat dunia ini sudah komersial? Terus kenapa?Saya masih ingat liputan pertama kali kalau nggak salah demo alat masak dan dapat goodie bag alas makan hahaha. Gembira banget saya saat itu pulang siaran terus liputan karena ada lomba menghias makanan juga dalam liputan tersebut.

Kemudian diajak liputan ke luar kota tentang launching buku dengan fee lumayan ternyata wah di luar dugaan saya saat itu. Asli! tahunya pas di japri mikirnya hanya liputan sambil jalan-jalan aja pokoknya. Tanpa memikirkan berapa fee yang akan saya dapat.

Minder juga kalau ingat moment tersebut, karena dalam rombongan bis, saya bertemu dengan teman-teman jurnalis yang tak berjarak dan juga blogger-blogger yang namanya dan tulisannya bikin mereka suka di undang oleh petinggi-petinggi daerah bahkan RI 1. Nggak akan saya lupa, karena dalam perjalanan ini saya juga tanya-tanya dengan jurnalis senior.

So back to pertanyaan apa yang membuat saya menulis di blog? Ya cari duit. Nggak apa-apa kan?Lihat aja blog saya iklan semua bukan. Hahaha. Pun belum ada sih sisipan iklan dari mbah google. Nggak masalah so must go on. Pun ada juga beberapa tulisan saya tentang pertama kali ngeblog juga tentang almarhum ibu.

Silahturahmi sesama Blogger bikin ngeblog bergairah  [dokpri]

Saya benar-benar membagi waktu antara kapan memberikan komentar-komentar di media sosial juga blogwalking dalam beberapa grup. Semua harus saya lakukan dengan senang dan tenang. He he Makanya saya pilih malam atau bada subuh buat BW dan dan kalau dirasa waktu santai dan senggang saya mulai akan berselancar di semua media sosial dari Facebook, Twitter dan Instagram.

Akankah ke depannya blog saya akan tetap di penuhi pesan sponsor? Wallahu Alam. Selama saya dapat undangan liputan, di japri atau dipilih saya akan terus kerjakan. Saya masih terus belajar dan belajar. Entah bertanya pada yang sudah senior, japri teman di grup atau hadir dalam satu worshop.

Yang pasti 2 tahun aktif ngeblog banyak hal yang saya dapat. Tambah teman sudah pasti. Body & Skincare  yang nggak pernah beli apalagi hahaha. Goodie bag-goodie bag yang banyak banget manfaatnya dari tas, flash dish sampai note book. Semua teralokasi ke kakak, adik, teteh, tetangga semua kebagian. Dan tentu saldo di bank yang tiap bulan aman. Alhamdulillah.

Menulis dengan hati dan bicara dengan ketulusan masih terus saya pakai jadi tag line untuk blog saya. Entah, saya suka dengan kata-kata itu makanya ketika menemuka  langsung saya aplikasikan  pada blog. Karena bagi saya untuk menulis yang ada pesan sponsornya pun harus dalam (Indeep). Bukan uang saya terima dan tulisan asal-asalan. No way.

Selama masih ada kesempatan, saya tidak akan pernah menyia-nyiakan kesempatan ini. Pun kadang terbersit kenapa ya nggak dari dulu aja ngeblog. Akh pamali kata orang mah bahas yang udah-udah. Yang ada di depan mata aja dan kerjakan. Sekarang!

Pekerjaan yang awaknya saya sambi jaga ibu kini jadi pekerjaan yang butuh tanggungjawab penuh. Makanya sebuah undangan liputanpun saya persiapkan dengan detail. Karena saya yakin yang mengundangpun melakukan hal yang sama. Ada kepantasan dan juga memantaskan.

Akh menulis di blog juga mempertemukannya saya dengan teman-teman lain di seluruh Indonesi. Pun belum pernah bertemu langsung tapi saya dapat merasakan energinya melalui chat atau komentar-komentar di sosial media.

Saya paham dunia ini pun sama kompleksnya dengan dunia pekerjaan lain. Iri, dengki dan sombong tetap akan kita temui. Yang pasti saya selalu belajar tetap jadi Gita Siwi yang tidak gampang terpengaruh. Yang nggak suka durian semahal apapun hahaha. Kadang suka jail pun aslinya saya tegas tapi jarang marah. Huahaha. Udah akh.

Sampai nanti sampai mati (pinjem judul lagu Ello) saya akan tetap mencari rejeki melalui blog. Selagi masih ada waktu mengapa tidak kita lakukan.

Semoga Allah beri saya kesehatan, Aamiin






61 comments :

  1. Alhamdulillah saya mah gak nyangka ngeblog bs menghasilkan.... Awal2 sempat jd beban klo dah mefet DL kini dinikmati aja :)

    ReplyDelete
  2. Aku awal ngeblog nulis apa aja, ga tau bisa dimonetisasi atau ngasilin uang. Alhamdulillah saya seneng nulis2 blog dan akhirnya dapet bonus materi yang gak sedikit juga, alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah apalagi dirimu ya yang memang hobby nulis gampang deh

      Delete
  3. Masyaa Allah mbak Gita. Saya mesti belajar banyak dari mbak Gita yg udah malang melintang di dunia perbloggeran. BTW, mupeng sama jalan2 ke LN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha hoax itu malang melintang baru 2 tahunan Va

      Delete
  4. Alhamdulillah ya Mba Gita, aku pun sebang sekali bisa ngeblog. Dapat materi atau engga, tapi nulis yg kita mau itu ya asyik asyik aja. Dapet materi, hadiah, mah ibarat bonus ya.. Semangat nulis terus!

    ReplyDelete
  5. Bismillah ya ka Gita, semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, sehingga masih bisa memenuhi undangan-undangan event, dan senantiasa menjalankan apa yang sudah menjadi kewajiban, intinya jika semua dipersiapkan dengan baik, InshaAllah enjoy dalam menjalankan pekerjaan ya ka.. just be unique and be the best

    ReplyDelete
    Replies
    1. Right! Sehat adalah segalanya. Datang liputan, menyebarkan indormasi yang bermanfaat di butuhkan juga stamina yang baik. Insya Allah dimudahkan ya kita

      Delete
  6. Kita2 yg terjun dalam dunia blogging rata2 punya visi yg sama ya Mba, yaitu karena suka menulis.. Karena ketekunan menulis di blog ternyata bisa mendatangkan penghasilan juga dari blog, dan ini saya menganggapnya sbg reward atas ketekunan kita menulis di blog..

    ReplyDelete
  7. Bahagia blogger ibukota yang selalu mendapat undangan acara yang dihadiri blogger. Kedepannya semoga blogger daerah akan mendapat kesempatan juga. Amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Rabb doa saya juga ya Ti buat teman teman daerah terutama tempat kami ya. Jaga semangat terus

      Delete
  8. Senangnya ya mb Gita bisa mendapatkan rezeki dari hobi nulis ini. In sya allah kalo jodoh ga ke mana hihihi. Ada kalanya fee kecil atau no fee tapi senang menulisnya ya asik aja kan. Syukur2 bisa dapat lumayan besar, mantap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar jadi bawaannya lapang aja anti nyinyir hahaha

      Delete
  9. Benar jadi bawaannya lapang aja anti nyinyir hahaha

    ReplyDelete
  10. Apalagi kalau tinggal di Jakarta dan sekitarnya, rezeki ngeblog berupa materi bisa dapat banyak banget ya Mbak? Kata temen, bisa hampir tiap hari euy ada job liputan kalo di sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ika, tinggal kriterianya dari pengundang aja mau yang bagaiman. Dan apalah kita mau dan bisa. Tenang rejeki nggak kemana dia akan datang juga menghampiri mba Ika dan teman2. Yakin goodluck ya

      Delete
  11. Iihhh kereeen mbaaaaa... bisa sampe sesukses ini pasti proses dan tahapan2nya ga mudah yaa... usaha emg ga memungkiri hasik. Boleh ya mba diajarin aku nih yg newbie bgt di dunia perblog-an.. hehehe..

    Sukses terus ya mbaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin hahaha saya mau ngakak sebenarnya awal buat blog gratisan terus di baca blogger senior dan kemudian di ajarin. Ayuk sama sama belajar terus kita ya

      Delete
  12. Iihhh kereeen mbaaaaa... bisa sampe sesukses ini pasti proses dan tahapan2nya ga mudah yaa... usaha emg ga memungkiri hasik. Boleh ya mba diajarin aku nih yg newbie bgt di dunia perblog-an.. hehehe..

    Sukses terus ya mbaa...

    ReplyDelete
  13. Sama mbak... saya langganan DL mbak. La wong kadang inspirasi mengalir saat DL tiba...hahaha... kadang maju mundur cantik kalau masalah lomba...ikut nggak ya... dan akhirnya ikut karena inspirasi sudah ada dan tinggal nulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha asal jangan bablas DL aja ya nggak cantik lagi entar

      Delete
  14. Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari nge blog ya mba, manfaat banyak teman, manfaat pengalaman, ilmi, bahkan manfaat finansial

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes 3 hal yang saling terkait untuk saat ini

      Delete
  15. Wah...suka banget deh sama tulisan ini, memang manfaat ngeblog tuh luar biasa ya....untuk alasan ngeblog hampir sama Ama aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan...gimana dong masak nolak rejeki ya mak Tinah

      Delete
  16. Halo mba Gita. Alhamdulillah masih semangat buat ngeblog ya mba. Dan memang tak disangka banget ya bisa mendatangkan rejeki. Tetap semangat menulis ya. Ntar kita makan durian bareng. Ups, nggak suka durian teryata ya mba GIta. Hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya nonton aja lah yang makan durian. Makasih supportnya kak. Banyak beljar juga dari dirinu ya

      Delete
  17. Iya Mba aku setuju banget kalau ngeblog itu bisa jadi profesi dan mendatangkan rezeki dari menulis di blog. Semangat ngeblog terus dan pertemanan antar blogger itu kompak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes pertemuan yang harus di jaga rasanya biar selalu hangat dan gembira imbasnya blog yang udah kayak kantor kita masing masing akan selalu terjaga isinya.

      Delete
  18. Alhamdulillah ya mbak, saya juga bersyukur semenjak gabung di komunitas blogger baru sadar ternyata tulisan kita bisa mendaangkan rejeki 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan wah luar biasa nih yang komen hampir semua rejeki mengikuti ya. Berkah ya Allah alhamdulillah

      Delete
  19. Baca tulisan ini sambil membayangkan gaya mba gita bicara dengan energic! Yaah! Teruslah menulis mba karena menulis ini kan wujud self healing juga ya, keluarkan unek-unek dalam diri. Tentunya kalau ada rejeki lain berupa fee dan jalan-jalan itu bonus yang patut disyukuri alhamdulillah. Keren mba 2 tahun usia blog tapi selalu konsisten. Laaaaffff

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akh mba Jangkung mampir juga .Nah iya self healing apapun bisa di sampaikan ya selagi nggak unsur SARA. Makasih juga supportnya

      Delete
  20. Setuju banget kalau ngeblog mendatangkan rejeki dan berbagi manfaat ya, kaka. Tosss kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss juga akh sama blogger hit ini ih udah merem soal nulis mah ya

      Delete
  21. Banyak banget yah manfaat dari ngeblog. semoga memang banyak yang merasakan inspirasi baru dari dunia blogging

    ReplyDelete
  22. Aku nih kak yang sampai saat ini masih suka berantakan time management untuk ngeblog. Kadang udah dijadwalin juga tetap aja molor. Satu hal yang menurut aku berkah banget dari ngeblog yaitu bisa kenal banyak orang, nambah ilmu, dan nambah teman seperti kak Gita ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadi luas ya pertemanan kita. Hahaha hari ke 3 ini saya rasain bahwa time management udah harus buat blog karena saya anggapnya ya kantor saya

      Delete
  23. Duh jd pngn ikutan nulis ttg ini juga nih. Surprised bgt ya Mba Git dg nge blog ini. Tp bkn berarti apa yg didpt dr blog saat ini, adalah hal yg mudah. Di dptnya pun sampai tercabik cabik wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kapan kejadian tercabil cabik itu. Buat jadi tantangan aja kak. Maju terus pantang mundur

      Delete
  24. Alhamdulillah blog itu manfaatnya banyak dan posiritf bahkan menambah penghasilan ya mbak Gita :D
    Selain itu bisa punya banyak kenalan baru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tiap event akan beda ketemu teman entah yang kenal atau belum sekalipu ini juga berkah

      Delete
  25. Berkat ngeblog jd kenal banyak pesohor, jadi nambah circle friendlist dan yg pasti jd nambah pemasukan dgn cara yg happy 😍

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Intinya ga ada hasil yang mengkhianati usaha, selama dikerjakan dengan tulus dan kesungguhanny. berikutnya rejeki akan mengikuti

    ReplyDelete
  28. Iya mbak, asik ya bisa berbagi pengalaman dan ilmu terus dapat dapat bonus rezeki. rasanya bahagia

    ReplyDelete
  29. Semangat ya buat tantangan 30 hari bersama blogger perempuan ini semoga konsisten menulisnya

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah ya..sy juga merasakan manfaat ngeblog.
    dulu nah nulis di blog tuk curcol aja.
    baru thn 2014 tahu celahnya dan sekarang langganan job

    ReplyDelete
  31. Ngeblog zaman now emang bisa buat cari rejeki, alhamdulillah yaaaaaaa.
    Kita jg bisa mencari rezeki lain berupa mencari pahala dan kebaikan dgn jalan berbagi info :D

    ReplyDelete
  32. aah iyaa mbak. Ngeblog mendatangkan banyak rezeki. Gak hanya materi tapi pertemanan, networking, pengalaman yang luar biasa.

    ReplyDelete