9 Manfaat Tanaman Herbal Temulawak Untuk Kesehatan


Teman-teman tahu nggak sih? Kalau Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip banget dengan kunyit. Tanaman ini memiliki nama latin Curcumaxanthorrhiza, biasanya bentuknya seperti silinder dan memiliki diameter 6 cm. Saya susah lho awalnya membedakan mana yang temulawak dan mana kunyit. Karena kalau dilihat sekilas, kunyit dan temulawak mirip banget. Teman-teman ngalamin hal kayak saya juga nggak? 

Temulawak [dok halodoc]

Ternyata oh ternyata manfaat temulawak selain sebagai obat, penyedap masakan, minuman juga dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan dan juga kosmetik. Nah kalau manfaatnya temulawak sebagai obat sudah cukup lama ya dikenal dan diketahui, baik di dalam atau luar negeri.

Manfaat temulawak untuk kesehatatan :


  1. Mengatasi masalah sistem pencernaan. Temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu. Maka hal ini dapat membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh. Bahkan menurut para ahli, temulawak juga bermanfaat untuk mengatasi perut kembung, membantu pencernaan yang tidak lancar, dan meningkatkan nafsu makan. Pantas ya kalau anak suka susah makan ada yang suka dicekokin jamu yang mengandung temulawak. 
  2. Mengatasi osteoarthritis. Osteoarthritis adalah penyakit sendi degeneratif, dimana sendi-sendi menjadi terasa kaku dan sakit. Efek temulawak ternyata hampir sama seperti efek ibuprofen (obat penghilang rasa sakit yang diberikan pada pasien osteoarthritis.
  3. Mencegah serta membantu pengobatan kanker. Walaupun masih sangat sedikit penelitian yang tersedia terkait manfaat temulawak dengan pengobatan kanker, tetapi beberapa ahli percaya akan khasiat tanaman tersebut ini. Temulawak dapat berguna untuk membantu pengobatan kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus. Sebuah riset yang dilakukan tahun 2001 menyatakan bahwa temulawak dapat menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat.
  4. Obat antiradang
  5. Antibakteri dan antijamur
  6. Obat jerawat
  7. Menjaga kesehatan liver
  8. Obat diuretik
  9. Antispasmodik. 
Saya belum pernah lho mencoba temulawak ini, pun setiap pagi abang jamu yang selalu masuk kompleks membawanya. Praktis, tinggal minum dan biasanya kegiatan minum jamu ini akan dilanjutkan dengan minum wedang jahe ya, sebagai penawar rasa pahit jamu temulawak. Tetapi saya di kasih resepnya lho membuat jamu temulawak sendiri.

Cara membuat Jamu Temulawak :
• Pertama siapkan temulawak dan kencur kemudian diris tipis-tipis agar keluar sarinya.
• Setelah diiris, sangrai temulawak dan kencur beberapa saat.
• Temulawak dan kencur dicampurkan denga asam kawak, jinten dan 200 mililiter air matang, lalu haluskan menggunakan blender.
• Rebus gula aren dan daun pandan sampai gula menjadi larut.
• Masukkan campuran temulawak ke dalam rebusan air gula dan pandan. Lalu aduk sampai benar-benar rata.
• Saring campuran tersebut dan hidangkan. (Racikan jamu temulawak ini untuk 6 gelas)

Oh iya kita diisarankan nggak boleh berlebihan juga ya kita mengkonsumsi temulawak meskipun tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

Seperti pada wanita hamil dan menyusui tidak disarankan karena takut akan menganggu janin dalam kandungan dan juga pada bayi yang baru lahir. Kemudian pada mereka-mereka penghidap gangguan hati dan kandung empedu. Karena tanaman herbal ini mengandung zat yang bisa merangsang produksi cairan empedu, sehingga dapat memperburuk kondisi yang terjadi.

Nah gimana nih setelah tahu bahwa temulawak banyak manfaatnya? Mau coba racik sendiri? Siapa tahu ada yang mau menjaga kesehatan dengan konsumsi temulawak yang dicampur jahe yang diminum setiap pagi? Karena bahan-bahan untuk mengolahnya memang mudah dibeli di pasar, sebelum ditumbuk dan diseduh jadi ramuan sehat.

Saya membayangkan temulawak yang dicampur jahe bisa menghangatkan badan dan alat pencernaan akan berfungsi dengan baik ya. Dan tentunya mengkonsumsi ramuan asli Indonesia ini juga menjadi bagian kita ikut berperan serta mendorong memajukan jamu Indonesia. Karena jamu itu Indoneesia, Indonesia itu jamu. 













14 comments :

  1. Saya suka minum jamu temulawak yg suka dijual embok jamu di samping kantin kantor saya.. Tiap pagi begitu nyampe kantor saya minum jamu..

    ReplyDelete
  2. Temulawak blon pernah nyoba euy, ternyata lumayan juga ya manfaatnya

    ReplyDelete
  3. Woo luar biasa sekali ya manfaat dari temulawak ini ya.. beberapa cocok sama kondisi saya..

    ReplyDelete
  4. Terima kasih banyak infonya. Ternyata temulawak manfaatnya banyak sekali yah. Bahkan di sini diajarkan membuat jamunya juga, lengkap!

    ReplyDelete
  5. Waakkkss!! Aku baru tahu ini Kak😆
    Gokil yaa temulawak ternyata seabrek faedahnya.
    Kapan2 mau bikin juga aahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. aku ngebayangin minum air temulawak itu gimanaaaaaaaa..gitu
    secara temulawak kan rasanya ga enak mbak

    ReplyDelete
  7. Wah, jadi ingat sama kebiasaan ibuku. Waktu kecil aku susah makan lalu dicekokin sama pahit-pahitan kayak begini. Rasanya, whoaaa ... Nggak enak banget. Sehari-hari ibu masih suka bikin jamu lalu disinpan di kulkas. Aku selalu berusaha menghindari yang pahit tapi selalu dipaksa, wkwkwkwk ...

    ReplyDelete
  8. Dulu waktu SD suka minum es Temulawak itu beneran temulawak asli atau apa yaa..?
    Enak sih...seger gittu...dan ada berbagai rasa.

    ReplyDelete
  9. Di rumah Mamahku ada tanaman temulawak ,jahe dan sodara2nya. Bermanfaat banget memang klo lagi butuh.

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu ternyata temulawak banyak sekali manfaatnya ya untuk kesehatan Jadi kepengen nyobain juga

    ReplyDelete
  11. yang langsung dari alam memang manjur buat kesehatan tubuh.. biasanya orang sepuh nih, yang masih suka pake temulawak

    ReplyDelete
  12. Jaman nenek ke atas dulu juga rutin banget mereka mengkonsumsi temulawak, dan menurut mereka banyak banget efeknya untuk kesehatan, hanya kan sekarang generasi kekinian yang malas merawat diri sendiri, padahgal solusi ada di depan mata.

    ReplyDelete
  13. Ini bikin hangat kak kalau minum apalagi kalau malam hari ya,, beransa bngt d badan jadi seger

    ReplyDelete
  14. Aku kurang suka jamu jamuan kak
    tapi ibuku demen banget wkwkkw, demen nanem juga
    padahal bagus ya buat badan, aku coba lah kapan2

    ReplyDelete