Mengenal Negara Azerbaijan Yang Begitu Dekat Dengan Indonesia

Hello Guys...
Assalammualaikum W W

Merupakan satu kehormatan satu hari saya dan teman- teman Blogger dapat mengunjungi kedutaan Azerbaijan yang berada di Kuningan Timur. Tepatnya di jalan Karang Asem Tengah blok C-5 No.20 Jakarta Selatan.

Seperti memasuki gedung pemerintahan pada umumnya, selain kami disambut oleh petugas keamanan, barang bawaan kami pun diperiksa. Ini tentu demi menghindari hal- hal yang tidak diinginkan.

Azerbaijan Embassy terdiri dari dua lantai. Bangunannya sama seperti rumah- rumah yang ada disekitarnya. Yang membedakan tentu saja adalah adanya bendera kebangsaan Azerbaijan di halaman serta logo digerbang pintu dan para penjaga keamanan yang berkumpul tidak jauh dari kedutaan Azerbaijan.

Saya diterima dengan baik oleh pihak keamanan dan diantarkan pada satu ruangan dimana kami akan bertemu dengan Mr. Ruslan Nasibov Counseller/ Deputy Chief of Mission Embassy of the Republic of Azerbaijan.

Tak lama sosok hangat berkaca mata itu muncul dengan stelan jas dan celana hitam yang dipadu dengan kemeja ungu muda dan dasi garis- garis didalamnya.

" Hai Nice to meet you " sapa Ruslan sambil menyalami kami satu demi satu. "Azerbaijan same as Indonesia. Kami memiliki sikap empati dan toleransi yang tinggi pada sesama.
'We have 9.1 million population and main religion is islam, 95 % the population" tambah Mr Ruslan mengawali perjumpaan.

Miracle oil for all diseases. photo by azernews.az

Republik Azerbaijan adalah sebuah negara di Kaukasus bertetangga dengan Rusia di sebelah utara , Georgia dan Armenia di barat, dan Iran di selatan. Dengan sumber daya alam yang dimiliki yaitu minyak, gas alam, emas, bijih besi dan metal nonbelerang.



"Theres place called Naftalan" said Ruslan.
Naftalan berarti "Minyak" Ini adalah hadiah dari alam di tanah Azerbaijan yang terletak 320 km sebelah barat ibukota Baku. Naftalan merupakan tempat yang unik. Disana ada resort kesehatan, dimana pengunjung yang datang dapat berendam minyak mentah yang di tambang dari dalam bumi yang disebut Crude oil.

photo by gozelnaftalan.az

Sambil mendengarkan keterangannya saya membuka- buka album Azerbaijan. 
Disana tertulis : Comtemporary Baku has a rich cobination of ancient, medieval and modern architecture and monuments. This is a multicultural city represent-ing many different cultures, religions and ethnic groups living in peace, harmony and amity. The city's modern development started from late 19th century, but it was energized after Azerbaijan re-stored its independence in 1991.

Blogger Gathering


Jadi betapa Azerbaijan begitu dekat dengan Indonesia.
Dari kesamaan etnis yang berbeda- beda tetapi hidup dalam keharmonisan dan kedamaian. Jejak lain yang ditinggalkan dalam hubungan kedekatan ini ada pada salah satu penyebar agama Islam, yaitu Maulana Malik Ibrahim yang pernah tinggal dan belajar di Samarkhan, Azerbaijan.

Bahasa Indonesia juga menjadi salah satu bahasa yang dipelajari di salah satu Universitas Azerbaijan. And FYI Guys pencak silat di Azerbaijan populer banget lho? Sampai memiliki federasi pencak silat dan selalu mengadakan turnamen- turnamen berskala internasional. 


Sudut Kedutaaan Azerbaijan. 

Dalam survei Global Muslim Travel Index (GMTI) yang mencakup 130 destinasi wisata, Azerbaijan berada di peringkat 20 di antara organisasi kerjasama Islam (OKI).

So, sulitkah kalau kita ingin mengunjungi Azerbaijan? Jawabannya adalah tidak. Untuk saat ini memang belum ada penerbangan langsung ke sana. Tetapi kita dapat transit melalui Dubai, Qatar, Istambul atau Turki. Dari Turki kita dapat melalui jalur udara juga darat dengan biaya yang ringan. Dengan waktu sekitar satu setengah hari tanpa jeda untuk sampai di Baku Azerbaijan.

Tidak ada yang sulit untuk mencapai negara Azerbaijan yang unik dengan warisan sejarah dan budayanya. Dengan keahlian keramahan dari warganya Azerbaijan layak masuk dalam daftar tujuan liburan muslim khususnya.

Mengutip keterangan teman yang pernah berkunjung ke Azerbaijan. Dengan kecepatan internetnya yang berada di bandara, maka para pelancong dapat dengan cepat mengakses semua informasi yang dibutuhkan. Seperti mencari hostel, hotel juga transportasi publik.


With Ruslan Nasibov 



"Sir give one word describe Azerbaijan ? Tanya saya sebelum pulang.
Mr. Ruslan said "Azerbaijan is Naftalan, rug.

Hmm saya langsung membayangkan berendam dalam minyak mentah, terus makan kebab, ngemil roti, salad dengan banyak tomat, paprika, bawang bombay dan timun hijau. Dan daging panggang dalam porsi besar. Hahaha



How About You guys?

Alamakjan! Azerbaijan, waiting for my arrival!!!!!



















Comments

  1. Azerbaijan negeri yg unik dimana ada tempat pepmandian dari Minyak mentah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya wah kalau kita air hangat mereka minyak mentah ya. Dikaitkan juga dengan keluhan kesehatan.

      Delete
    2. iya wah kalau kita air hangat mereka minyak mentah ya. Dikaitkan juga dengan keluhan kesehatan.

      Delete
  2. Aku belum bisa ngebayangin gimana rasanya mandi minyak mentah, apakah kayak mandi oli? ^O^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain aja. Hahaha buat theraphy juga disana kak

      Delete
  3. Azerbaijan kaya akan barang tambang sama kulinernya juga ya ternyata, mirip Indonesia juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat mirip. Juga perjalanan sejarahnya

      Delete
  4. Aaaaak jadi kepengen ke Azerbaijan!

    ReplyDelete
  5. Negara yang msh asing di telinga saya ini..Tapi mayoritas penduduknya menganut agama islam ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya buat sebagian orang belum familiar ya? 95 persen muslim

      Delete
  6. Tante saya pernah tinggal disana, ikut tugas diplomat suaminya. Dari ceritanya, Azerbaijan emang negara yang kaya minyak. Makanannya banyak sayur segar. Oleh - oleh yang saya suka dark coklatnya. Kalau liat foto tante saya, orang sana cantik-cantik semua Mb. Mirip Uzbekhistan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sayur mayur berlimpah ya disana. Itu minyak mentah jadi theraphy wisata juga. Semoga kita yang niat kesana. Diijabah Allah . Amin

      Delete
  7. saya juga baru tau mba negara azerbaijan, perlu ada promosi lebih besar agar makin banyak yang tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah masuk juga dalam daftar negara yang jadi tujuan muslim khususnya.

      Delete
  8. Bangga sekali ya Bahasa Indonesia turut dipelajari sebagai.mata pelajaran sekolah anak2 di sana. Apalagi pemcak silatmya juga terkenal..keren nih Azerbaijan kaya minyak mentahnya.

    ReplyDelete
  9. Baca azsrbaizan, aku jd inget nagoro karabach. Ini negara yg tdk diakui oleh banyak negara, hanya australia dan armenia yg mengakui mereka sbg negara. Lokasinya msh masuk azerbaizan. Aku pgn bgt bisa kesana, tapi dr apa yg dibaca, so far baru ada 2 WNI yg prnh menginjakkan kaki ke nagorno karabach, dan kalo sampai visa on arrivalnya di tempel di paspor, berarti saat itu jg dia g akan prnh bisa masuk azerbaizan, krn secara ga langsung mengakui negara ini hahahahaha.. Gara2 itu aku tunda dulu dtg ksana. Soalnya azerbaizan pun pgn aku dtgin nanti. :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Karabakh ada diperbatasan armenia, iran dan Azerbaiajan ya Fan. Kabarnya warganya juga orang Armenia di Karabakh. Ih Seru ya kalau sampai ke Azerbaijan 😄

      Delete
  10. Ngobrolnya pake bahasa apa nih mbak Gita? Enak ya kalau jalan2 ke kedutaan gini jadi tau negara orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. In English dear...
      iya betapa samanya Azerbaijan dengan Indonesia. So close!

      Delete
    2. In English dear...
      iya betapa samanya Azerbaijan dengan Indonesia. So close!

      Delete
  11. Wah senengnya diajak gathering ke kedutaan besar Azerbaijan, jadi ngerti negara sahabat dari Indonesia dengan berkunjung ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sudah 25 tahun bersahabat kabarnya

      Delete
  12. Ngga pernah tau loh aku sebelumnya klo Azerbaijan itu negara yg asik untuk dikunjungi. Baru tau klo negara ini potensial dari tulisan ini. Jarang denger namanya soale.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tahu DZEKO pasti tahu Azerbaijan xixixi...

      Delete
  13. Waa...baru tau kalau ada perwakilannya di Indonesia. Masih asing nama negaranya buat saya...
    Salam kenal ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali mba Sri. Iya belum familiar ya. Pun kami yang berkunjung belum mengenal juga secara detail. Semoga bisa liat langsung ini negara

      Delete
    2. Salam kenal kembali mba Sri. Iya belum familiar ya. Pun kami yang berkunjung belum mengenal juga secara detail. Semoga bisa liat langsung ini negara

      Delete
  14. Oo deket dari Turki toh. Bisa ditempuh sehari semalam jalan darat. Dari namanya aja sufah bisa ketebak kok, ini negara belahan Rusia dan pasti banyak muslimnya. Bener kaan.

    ReplyDelete
  15. Baru tau jg ada negara ini.
    Nama2nya mengandung Arab tapi jg ada sisi Eropanya ya mbak.
    Jadi di sana pun pemeluk Islam banyak ya?

    ReplyDelete
  16. Isshh..mba Gita mainnya jauh Azerbaijan book, aku pernah dapat email dari orang sono, minta alat lab buat perusahaan minyaknya, emang kaya minyak ya ternyata..ajak-ajak dong kalau nanti ke Azerbaijan beneran..ihiy 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kekayaan utama mereka. Ayuk siapa takut.

      Delete
  17. Mandi minyak mentah.. wow.. kira2 gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau membayangkan bau minyak tanah disini aja kan seger ya.
      Entar deh kalau aku kesana langsung aku ceritain,hehe

      Delete
  18. Suka penasaran sm kulinernya, ktnya ada 40 jenis nasi di Azerbaijan

    ReplyDelete
  19. kulinernya banyak olahan daging dombaaa....ngilerrr beneran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. Sayuran juga. Semoga satu hari bisa makan langsung di baku ya. Amin

      Delete
  20. isssh kakak gita mainnya ke kedubes, asyik nih bisa ngelatih conversation plus bonusnya nambah pengetahuan tentang azerbaijan

    ReplyDelete
    Replies
    1. i hope so dear...
      Iya biar kalau diundang ke sana lansung udah dapat pengetahuannya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kanker Serviks Kenali Dan Jauhi Sejak Dini

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright