Dolma Makanan Tradisional Pemersatu Rakyat Azerbaijan

Kalau kita mengenal rendang sebagai makanan khas Indonesia yang sudah di akui Unesco. Baru-baru ini ternyata Dolma makanan berupa sayuran isi yang berasal dari Turki dan negara-negara semenanjung Balkan dan sekitarnya, Timur Tengah, Asia Tengah dan Rusia dinobatkan oleh Unesco sebagai Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan.

Azerbaijan sebagai negara yang bertetangga dengan Rusia juga memiliki Dolma. Makanan tradisional yang disuguhkan dalam keadaaan panas atau dingin ini adalah campuran nasi, daging, bawang merah, kacang polong dan rempah-rempah yang dibungkus daun segar atau dimasak sebelumnya atau diisi dalam buah dan sayuran.



Makanan tradisional dalam bentuk gulungan ini ternyata berperan besar sebagai pemersatu rakyat Azerbaijan. 

Dolma berasal dari kata "doldurma" yang berarti boneka. Tradisi dolma hadir di seluruh Republik Azerbaijan. Dan dianggap sebagai praktik kuliner utama di sana. Dari mulai keluarga sampai komunitas lokal semua memiliki cara, teknik dan bahan-bahan yang berbeda untuk menyajikan dolma.



Tradisi dolma biasanya hadir pada acara-acara dan pertemuan khusus untuk mengungkapkan rasa solidaritas, rasa hormat dan keramahan. Hal ini sudah berlangsung dari generasi ke generasi yang melampaui batas etnis dan agama di dalam negeri. 

Mereka-mereka yang hadir dalam tradisi dolma ini adalah praktisi memasak tradisonal, para wanita, dan masyarakat luas yang menggunakan dolma untuk berbagai macam kepentingan budaya dan sosial. 

Dolma sebagai makanan tradisi ini diterjemahkan melalui hubungan orang tua dan anak. Hubungan yang sangat dekat, tak terpisahkan satu sama lain. Dolma juga diperkenalkan melalui jalur formal. Seperti ke sekolah-sekolah kejuruan juga hadir di tempat-tempat magang. Tentu unsur ini memiliki misi yang besar dalam masyarakat Azerbaijan. Agar tradisi dolma tidak hilang oleh zaman. Tetapi selalu hadir dalam kelangsungan hidup masyarakat Azerbaijan. Negara dengan penduduknya yang dikenal ramah dan hangat.

Congrat Azerbaijan!! Dolma is a heritage of cuisine....




Comments

  1. Unik nama makanan tradisionalnya ya mbak, kalau di Indonesia semacam nasi bakar gitu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahaha...itu daun anggur yang buat bungkus

      Delete
  2. aku pernah bikin dolma ini di turki sama temen2, kayanya di turki juga lumayan populer. cuma aku malah baru tau klo ini makanan yang cukup populer di azerbaijan, tapi azerbaijan setau aku emang punya banyak kemiripan dari segi budaya atau bahasa sama turki. nice info mbak, keep up the good work! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akh senangnya dirimu malah sudah membuat langsung ya makanan ini. Iya karena letak geografis Azerbaijan ya yang ada diperbatasan

      Delete
  3. belum pernah makan nih, makasih nih ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun belum ra. Next mau makan langsung di sana. Amin 😄

      Delete
  4. lucu ya bentuknya, kalau diyangain enak ini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bungkusan daun ini fy ada juga yang digulung cara bungkusnya.

      Delete
  5. unik juga ya, kalau di malang namanya arem arem... tapi bungkusnya pakai daun pisang hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.....kalau di Jakarta lontong ya isiinya sayuran tau oncom

      Delete
  6. Unik nih makanannya, kapan ya aku main ke azerbaijan makan dolma.

    ReplyDelete
  7. Mbaa, Dolma di bagian dalamnya bentuk dan warnanya seperti apa ya? Rasanya manis atau asin? Penasaran euy mencoba makana luar negeri gitu :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. gurih ya kalau aku bayangkan campuran nasi sayuran dan rempah. Ada yang panas ada yang suhu ruang gitu kak.

      Delete
  8. Baru tahu namanya Dolma agak asing di telinga ya kalau lihat fotonya mitrip papais kue khas kuningan kampung mba,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang bilang kayak nasi bakar/arem2/lontong hehe

      Delete
  9. Dolma sekilas aku lihat dari bungkus dan bentuknya kok kayak kue pisang tradisional ala Indonesia ya hehehe. Dalamnya putih ga ya? Kalau iya sama deh. Coba ada foto pas dibuka dolmanya. Wah aku jadi penasaran nih mbak Gita ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayapun penasaran nasi dengan campuran rempah2 daging tambah kismis dan sebagainya khas sana deh. ..

      Delete
  10. bentuknya lucu...sudah pernah coba belum mba? Jadi bagaimana rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum. Insya Allah mau coba langsung di negaranya 😄

      Delete
  11. Bentuknya kayak lontong gitu ya. Jadi mau nyobain si Dolma ini. Dijual nggak ya di Indonesia?

    ReplyDelete
  12. Duh kok aku mendadak laper, haha... Membayangkan dolma kok yang terbayang bacang ya, hihi... keren bisa mempersatukan bangsa, saking enaknya kali ya

    ReplyDelete
  13. Kalau di Garut ini namanya bacang ya ada nasi dan kacang merahnya.

    ReplyDelete
  14. Waaah unik ya. Kayak onigiri atau bacang tapi dalam porsi kecil. Sayang ga ada resepnya ya

    ReplyDelete
  15. Yuk ke Azerbaijan! Kapan hari liat di grup backpacker internasional udah mulai banyak yang ke sana :D

    Btw Dolma ini ngingetin aku sama bakcangnya org Cina :D

    ReplyDelete
  16. Baru lihat dan denger nama panganan ini tp sekilas mirip dg bacang ya. Di Azerbaijan mknan ini pasti tenar bgt sptnya ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright

Mengunjungi MNC Vision Yang Memperkuat Branding Dengan Fasilitas DOLBY Audio