Ketika Ketangguhan Mesin Mitsubishi Xpander Berpadu Dengan Kebutuhan Keluarga


Teman-teman tahu relly Paris Dakar?  Hampir di setiap pelaksanaannya, produsen Mitsubishi selalu menjuarai event rally paling bergengsi sejagad raya ini . Ini menunjukkan bahwa performa kualitas dari mesin keluaran Mitsubishi yang memang canggih.

Dan sekarang bayangkankan jika mesin tersebut di pasang disebuah kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) Tentu saja kendaraan ini akan jadi kendaraan favorit bagi mereka yang menggutamakan kualitas mesin.

Untuk Xpander Mitsubishi tidak hanya menawarkan kualitas mesin saja, tetapi juga inovasi pada body dan interior.


Mitsubishi Xpander(Foto:Dok istimewa)

Salah satunya dengan memasang lock charger di setiap sisi tempat duduk. Ini disesuaikan dengan kebutuhan para anggota keluarga yang sudah gadget mania yang selalu membutuhkan charging.

Keunggulan lain dari Mitsubish  Xpander adalah bodynya yang tampak kokoh, jantan tapi tetap estetik. Bagi mereka yang menginginkan kendaraan dengan transmisi metik Mitsubishi Xpander juga menyediakan. Ini menunjukkan Mitsubishi Xpander siap bertarung di kelas MPV sejenis.

Saat ini pabrik perakitan Mitsubishi di Cikarang Jawa Barat sedang bekerja keras untuk menyelesaikan begitu banyaknya pesanan sejak kendaraan ini dimunculkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 (GIIAS)

Sungguh suatu kehormatan bagi saya dapat datang langsung ke pabrik perakitan kendaraan Mitsubishi yaitu PT. Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang memiliki  3.000 orang pekerja dengan area assembling pabrik seluas 51 hektar. Dengan 14 hektarnya adalah bangunan. Ini menjadi area terlengkap assembling yang dimiliki oleh Mitsubishi.


Blogger,Media dan Komunitas MKKI [Foto:Dok istimewa]
MMKI mengundang Blogger, Media dan juga berterimakasih khusus pada komunitas pecinta kendaraan Mitsubishi khususnya karena dapat sesukses seperti saat ini di Indonesia.  Terutama untuk Xpander yang baru diluncurkan agustus tahun lalu. Yang mendapat sambutan luar biasa.

Target awal yang hanya hanya ingin memproduksi Xpander 80 ribu per tahun, namun seperti yang disampaikan pembawa acara bahwa melihat dari perkembangan permintaan pasar yang mulai tinggi. Mulai tahun ini produksi Xpander akan ditingkatkan. Selain L300 yang di produksi 160 ribu per tahun.

Dalam Press Room Kondo San selaku President Director mengatakan "Kesuksesan pelucuran Mitsubishi ternyata telah menghasilkan permintaan yang tinggi hingga lebih dari 50 ribu pemesanan oleh konsumen Indonesia oleh karena itu Mitsubishi Motors berupaya untuk melakukan semua hal yang bisa mereka lakukan. Untuk semua konsumen agar dapat mengendarai Xpendar.

Kondo San Presdir MMKI [Foto: Dok Istimewa]


Hingga saat ini, total investasi yang sudah ditanamkan sebesar 7,5 trilium rupiah dengan kapital sebesar 2,2 triliun rupiah.

Untuk mempercepat proses produksi PT MMKI menambah shift produksi di pabrik perakitannya. Upaya ini dilakukan agar mempercepat proses pengiriman kendaraan kepada konsumen. Dan akses pengiriman juga akan mudah dilakukan mengingat jarak pabrik perakitan mempunyai akses yang mudah karena dekat dengan pintu tol.


Presentasi Rifat Sungkar (Pembalap) Sebagai Brand Ambassador Mitsubishi 

Rifat Sungkar, Ambassador PT MMKI [Foto: Dok Istimewa]
"Sesuai dengan namanya Mitsubishi Xpander "Your Next Generation MPV" mobil ini sangat cocok untuk keluarga.Yang memang di desain khusus untuk pasar Indonesia. Penampilan ini memang dibuat agar semua orang dapat menikmati satu kendaraan yang atraktif tetapi nyaman.

Mitsubishi Xpandernder "Your Next Generation MPV" mobil ini punya satu signature design yang dinamakan Dynamic Shield. Dinamic Shield adalah konsep bagian depan atau muka kendaraan yang menjadi identitas baru MItsubishi. Dimana identitas ini dimulai dari Pajero Sport, Outlander, dan Xpander.

Xpander memiliki tiga titik lampu pada bagian depan. Pertama terdapat di bagian atas yaitu lampu LED yang menjadi positioning Xpander. Lampu depan utama di bagian bumper dan fog lamp pada bagian bawah.

Dalam presentasinya Rifat menjelaskan cukup detail terutama kepada yang belum mengetahui tentang lampu Xpander. Yaitu posisi lampu Mitsubishi Xpander yang ada di bumper, itu bukan posisi lampu yang rendah. Melainkan, karena model desain Mitsubishi Xpander yang futuristik, sebenarnya titik lampu itu berada pada posisi yang tinggi.

Model dynamic shield bagian depan, terdapat juga di bagian samping dengan garis-garis patahan yang sangat futuristik. Terutama juga di bagian samping belakang, yaitu roof dengan garis warna hitam. Mitsubishi Xpander punya satu konsep yang dinamakan floating roof. Kalau dilihat antara atap dan bagian bawah body, seakan-akan melayang. Ini merupakan satu keselarasan desain dynamic shield yang dipertahankan agar mereka (pembeli atau siapapun yang melihat) menimbulkan impresi yang sangat positif terhadap kendaraan baru dari Mitsubishi.

Untuk bagian belakang, Mitsubishi Xpander punya penampilan yang sangat menarik dengan LED Light yang sangat mudah diidentifikasi saat berkendara di malam hari. Posisi lampu belakang cukup tinggi dengan bentuk garis melengkung yang futuristik dan sudah mengaplikasikan LED sebagai penerangan untuk kendaraan Mitsubishi.

Satu kelebihan utama dari Mitsubishi Xpander adalah konsep Omotenashi. Omotenashi ini sebagai hospitality. Dengan hospitality yang baik, Mitsubishi Xpander punya beragam tempat penyimpanan di kendaraan. Ada 19 titik penyimpanan di Mitsubishi Xpander.



“Jadi, sebenarnya dengan konsep kendaraan buatan Indonesia, Mitsubishi sangat peduli dengan keluarga Indonesia yang punya banyak kebutuhan, melebihi negara lain,” kata Rifat.

Lihat aja, kalau bepergian khususnya yang wanita, tidak mungkin juga  bawa sepatu hanya sepasang, bisa jadi dua, tiga, atau empat pasang. Nah, untuk yang pria, bawa tas pun begitu, tidak cukup satu. Di Mitsubishi Xpander, 19 titik penyimpanan itu dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Sembilan belas titik penyimpanan ini tidak hanya untuk barang-barang saja, tetapi juga untuk device dan beragam perlengkapan yang diperlukan. Mitsubishi Expander punya kelebihan juga, ditempat penyimpanan yang banyak tersebut, tidak melupakan space kaki. Space kaki juga cukup lega.

Kelengkapan standar Xpander melebihi ekspektasi. Dengan varian ultimate-nya pun Mitsubishi sudah punya. Ada yang namanya LED, dilengkapi juga dengan audio, monitor mundur. Untuk keluarga, Rifat sendiri merasakan aman dan nyaman, begitu pula dengan anak duduk atau bermain meski banyak titik charging. Tidak ada masalah, mau duduk tengah, depan, atau belakang, karena titik positioning charging ada di mana-mana tidak mengganggu.  

Posisi duduk juga sangat penting. Di kelas Xpander, ini menjadi mobil yang sangat lengkap. Karena Xpander punya standar baku untuk seluruh varian, setir naik turun dan teleskopik. Untuk mendapatkan posisi mengemudi yang ideal dapat dengan mudah diperoleh, karena setir yang tidak hanya naik turun saja, tetapi bisa didorong dan ditarik.

Mitsubishi Xpander mesinnya memiliki konsep yang efisiensi bahan bakar yang tinggi. Jadi, kode mesin yang digunakan adalah 1.500 cc dengan tenaga yang cukup (104 Hp) sesuai kebutuhan. Mesin tersebut memiliki torsi yang cukup baik, karena untuk STOP and GO dibutuhkan kenyamanan berkendara yang baik. Jadi, tidak perlu di gas terlalu dalam, karena akan menyebabkan boros bahan bakar. Kalau dibandingkan dengan horse power yang besar, Mitsubishi lebih memilih berkonsentrasi untuk efisiensi bahan bakar dengan mengaplikasikan torsi yang ideal, baik untuk transmisi 5 kecepatan manual maupun transmisi automatic yang dimiliki Mitsubishi Xpander.

Untuk handling, kata Rifat saat dirinya berangkat ke Jepang, mobil Mitsubishi Xpander ini penampilannya extraordinary dan fantastik di atas rata-rata. Rifat berpikir bahwa kita harus punya mobil yang bisa mengikuti selera kita. Kebetulan, karena seleranya balap, Rifat suka dengan handling yang positif.

Kenapa handling mobil Xpander ini berbeda, tidak seperti MPV juga tidak seperti SUV dan lebih sport, seperti sedan tetapi suspensinya empuk? Ternyata, konstruksi dari suspensi mobil ini mengadopsi dari teknologi yang ada di  Mitsubishi Racer Evolution yang juga mobil keluarga. Oleh karena itu, handling-nya sangat baik.

Untuk keamanannya sendiri, no need to worry bahwa Mitsubishi sangat peduli dengan keamanan. Dengan sistem ABS, Body, Safety Belt di bagian belakang, tidak hanya dua tetapi tiga titik safety belt, terdapat juga perlengkapan keamanan pasif dan aktif. Salah satunya untuk varian yang ultimate dan sport, Mitsubishi punya tilt attack access, emergency braking, juga emergency SS (stop seatbelt).

Beberapa varian juga sudah menggunakan traction control, karena kita tidak tahu kondisi cuaca Indonesia yang berubah-ubah. Seperti saat ini musim hujan, sistem pengereman Xpander punya ABS di kala hujan dan jalan licin. 

Cukup asyik dan lengkap presentasi Rifat sungkar melalui layar monitor di depan semua yang hadir sebelum akhirnya kami semua bersiap-siap untuk menikmati plant tour.

Perlengkapan sebelum plant tour dimulai adalah topi, kacamata dan alat komunikasi yang akan membantu kami semua mendengar penjelasan apa-apa yang ada dan dilakukan di perakitan MMKI ini.

Plant Tour Perakitan Mobil Mitsubishi

Mitsubishi Xpander diproduksi dengan proses yang berstandar global. Pertama Stampling yaitu proses pencetakan lempengan baja menjadi beberapa struktur bagian badan utama mobil. Dimana 90% proses pengerjaannya dilakukan oleh robot. Dengan masing-masing robot tersebut mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Dalam satu panel yang kami lihat, ada yang mampu produksi 4 sampai 6 daun pintu.


Plant Tour [foto :Dok istimewa]


Welding, ini adalah proses penyatuan beberapa struktur kendaraan. Amazing! karena dalam proses ini pun lagi-lagi mengandalkan robot dengan kemampuannya yang menakjubkan karena dapat menyelesaikan 23 unit kendaraan dalam waktu hanya 60 menit!


Plant Tour [Foto: Dok istimewa]


Dalam tahap ketiga atau Painting. Karena satu dan lain hal kami tidak dapat menyaksikan bagaimana proses yang terjadi di sana. Tetapi kabarnya MMKI melakukan proses painting yang ramah dengan lingkungan.


Plant Tour [Foto: Dok istimewa]


Keempat, Assembling yaitu proses perakitan komponen secara keseluruhan. Dalam proses ini terlihat dari para pekerja pabrik yang luar biasa cekatan dalam menjalankan tugas pada masing-masing pos.


Plant Tour [Foto :Dok istimewa]



Oh iya MMKI tidak membedakan yang namanya gender, karena tidak hanya pekerja pria saja yang dilibatkan, tetapi wanita juga ada, biasanya untuk hal-hal yang membutuhkan ketelitian bukan yang menyangkut proses yang berat-berat.

Kelima, Quality Control. Ini adalah satu tempat yang mempunyai peran luar biasa sebelum hasil produksi sampai ke tangan konsumen. Karena semua kendaraan di cek secara keseluruhan, agar kualitas produksi tetap terjaga. Xpander memiliki peralatan perakitan modern dan canggih, dengan ketelitian yang akurat dan proses produksi yang cepat.




Dan saat yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu test drive yang di dampingi oleh Driving Labs dari Rifat Sungkar.

Saya bertiga dengan mas Harris di belakang kemudi dan Novita. Saya sangat menikmati moment ini. Pun belum bisa menyetir kendaraan sendiri. Tetapi pengetahuan yang di berikan dari para instruktur sangat bermanfaat sekali.


Test Drive dengan senyuman[Foto:Dok istimewa]


Bagaimana kami harus mengenal sistem transmisi, karakteristik mesin, teknologi yang ada dan bagaimana dapat berkendara yang baik dengan tipe mobil yang kami gunakan.

Dalam test drive ini kami mencoba Xpander transmisi manual tipe exceed. Warna putih gagah ini kami uji untuk tingkat kabinnya yang benar-benar senyap. Hingga suara mesin tidak kami dengar.
Salah satu jalur dalam Test Drive [Foto: Dok istimewa]


Sistem ABS kami sambut gembira, bagaimana tidak ini adalah lintasan yang licin tetapi menghadirkan pengereman berkala, sehingga mas Harris yang ada di belakang kemudi tetap dapat mengendalikannya dengan baik. Keren mas!
Kemudian pada jalur bergelombang kami dapat menikmati empuknya Xpander. Karena kendaraan ini memang memiliki suspensi yang empuk.
"Suspensi Xpander ialah, inovasi dari suspensi yang diaplikasikan pada mobil Mitsubishi Lancer Evo X. Sehingga kenyamanan pengendara, atau penumpang akan tetap terjaga ketika di dalam kabin."terang Rifat
Kami merasakan total body control Xpander, ketika mobil berada pada jalan zigzag. Treck ini  menjadi bentuk pembuktian bagi Xpander, tetap mampu terkontrol sekalipun dengan beberapa bantingan stir.
         Blogger plant tour Pabrik Mitsubishi Xpander [Foto: Dok istimewa]

Jalur terakhir yang menjadi pamungkas dalam kunjungan kami adalah, jalur berbentuk angka delapan, yang mana ini adalah untuk mengetahui radius putar kendaraan yang dapat dijangkau oleh Xpander. Wah seru banget ini karena instruktur memerintahkan dengan cepat, walau sebetulnya harusnya kami merasakan goncangan jika berada di kendaraan lain.

Berbicara mengenai hal teknis, ada baiknya kunjungi web Mitsubishi ya. Di sana akan tertera semua hal yang ingin diketahui dari Xpander.

Jadi bagi generasi yang ingin merasakan petualangan berkendaraan dengan pengalaman seperti rally dan kenyamanan seperti sedan maka, saatnya mencoba Xpander.










Comments

  1. Woaaaaa ada konsep hospitality ya..jadi ada 19 titik penyimpanan di dalam mitsubishi expander ini. Bener2 mengerti kebutuhan keluarga Indonesia yang banyak bawaannya kalau pergi ke mana pun �� Ada lampu futuristiknya juga dll...keren... nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak kan memang keluarga Indonesia banyak bawaannya kalau pergi hahaha

      Delete
  2. Keren nih, mobil impian keluarga pisan. Juaranya rally paris dakkar lagi, keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaminan ketangguhan. Apalagi kalau kali ini hadir untuk keluarga Indonesia. Bak ikut rally dengan keluarga ya 😄😃😂😁😀

      Delete
  3. Suamiku suka muji-muji sama mobil ini nih, tangguh katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. Kemarin habis liputan ini. Ada teman wartawan nanya2 juga. Niat beli tahun ini dia.

      Delete
  4. Mupeng bgtt nih sama mobil ini. Bagus dan tidak diragukan lg kekuatan nya. Kelebihannya plus plus ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. All in demi kenyaman semua yang mengendarai ya bu

      Delete
  5. Huhu, sedih gak jadi ikutan tour-nya. Tapi seneng baca2 ceritanya. Seruuu. Dan bikin tambah mupeng sama mobilnya, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya satu kehormatan bisa liat langsung bagaimana proses perakitan dilakukan dengan teknologi luar biasa untuk kenyaman dan keamanan keluarga Indonesia

      Delete
  6. Xpander emang jadi primadona ya. Krn smp skrg yg order masih PO terus..

    ReplyDelete
  7. Wah, banyak juga ya kelebihannya. Habis baca ini langsung browsing dulu harga pasarnya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha menteri keuangan RT memang harus detail dan akurat ya itung2annya

      Delete
  8. whoaa asik banget bisa jalan2 ke pabriknya langsung ya mba Git. Aku naksir bgt nih sama si Xpander, cucok buat daerah banjir spt komplekku hihhi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Zat. Tangguh. Laki banget deh. Pun tetap elegan juga kalau perempuan bawa karena desain interiornya bikin hangat

      Delete
  9. Aku udah bisikin suami supaya beliin Xpander xixi

    ReplyDelete
  10. Mobil masa kini banget ya. Inovasi baru ada lock charger di tiap pintunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disiapkan untuk keluarga zaman now 😄

      Delete
  11. Jadinpengen punya Xpander ya ciiinnn hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama hahaha...pas juga nih di bawa sama pere yang maskulin

      Delete
  12. Wow asyik nih mobilnya, muat banyak org dan barang. Cocok kali ya buat traveling or mudik ke Jawa :D

    ReplyDelete
  13. suka sama mitsubishi dari jamannya yg versi lancer, hiks pengin punya ini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah pada zamannya boom juga ya ini. Jadi memang update terus Mitsubishi mengikuti perkembamgan zaman.

      Delete
  14. aku juga tertarik nih dengan expander ini.Pengen test drive dimana yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik aja infonya itu kak. Entar di bantu kok gampang test drive sih

      Delete
  15. Beruntungnya bisa jalan-jalan ke Pabriknya langsung mbak... ohya, lampu mobil ini emang keren ya, cukup tinggi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak. Ini yang bikin hadirin applus ketika Rifat sungkar presentasi secara detail. Jelas banget all in di informasikan. Jadi kita merekam kuat tentang Xpander

      Delete
  16. Wiksss... keren bangeeett Mitsubishi ini

    ReplyDelete
  17. Hmmm... Udah tak baca plus ditulis juga... Hehehe, mobil idaman keluarga Indonesia yang boleh dibilang mewah.

    ReplyDelete
  18. Xpander mobil impian keluarga kecil kami nih mba, semoga di tahun ini bisa terwujud.amien

    ReplyDelete
  19. Seruuu banget bisa ke pabriknya langsung mba Git.. Aku suka name mobilnya.. Kelihatan kece juga bentuknya.. Apalagi tempat penyimpanannya banyak yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan memang luas. Nama dan tampilan klik ya.

      Delete
  20. Mau dong Xpander-nya bungkus satu mbak Gita hehe 😎

    ReplyDelete
    Replies
    1. WL dulu nih mas. Banyak yang mupeng ya sejak ada di GIIAS tahun lalu

      Delete
  21. wah jadi tau lampu yg futuristik itu ternyata tidak terlalu tinggi

    ReplyDelete
  22. Tentang Paris Dakar itu aku waktu SD suka banget baca ulasannya. Menurutku peserta baik dari pengendara dan mobilnya itu keren banget. Ternyata Mitsubishi sering menjuarainya, wah pasti mesinnya benar-benar tangguh.

    ReplyDelete
  23. Wahhhh, itu enak banget Mas Harris bs nyetir Xpander, jd pengen coba juga kan hahaha.

    Kupernah naik Xpander sbg penumpang dan emang enak bgt kok :)

    ReplyDelete
  24. Huhuhuhu ini wishlist aku bangettttt. Ahhh asiknya bisa test drive.

    ReplyDelete
  25. Ulasannya lengkaap mbak, keren ya mobil ini. Pantesan sepupu saya mau beralih ke Xpander ini

    ReplyDelete
  26. Sukak banget sama Xpander, makin seru nih kompetisi low MPV.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright