Halodoc : Aplikasi Konsultasi Pola Asuh Gizi Anak Secara Cepat, Tepat dan Terpercaya

Assalammualikum w w.

Hai teman-teman, semoga sehat selalu ya? Begitu juga anak-anak ya? Amin

Saya termasuk orang yang senang  kalau dapat langsung bisa berkonsultasi dengan dokter berkaitan dengan tumbuh kembang anak terutama untuk urusan masalah gizi. Karena memang tidak setiap saat juga kita punya waktu untuk berbicara dengan dokter spesialis anak.

Semua ibu tentu ingin dapat memenuhi kebutuhan gizi buah hatinya dengan memberikan segalanya yang terbaik. Termasuk juga hal- hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam hal pola asuh gizi pada anak.

Makanya senang banget  hari Jumat tanggal 13 April 2018 bisa ketemu langsung dengan Dr. Herlina, Sp.A (Pediatric) Dokter spesialis bayi dan anak yang cantik. Yang praktek di RS Ciputra Citra Garden Jakarta Barat, dalam acara Blogger Gathering Bersama Halodoc yang bertempat di Dailycious Cafe, Gading Serpong Tangerang, dengan mengangkat tema "5 Kesalahan Pola Asuh Gizi Pada Anak".

Blogger Gathering [Foto:Dok @AmaliaSarah]
Meskipun acara sedikit mundur dari yang dijadwalkan tetap tidak mengurangi rasa antusias saya dan juga teman-teman lainnya.
Oh iya dari akun Instragram saya @gitasiwi_ mampir juga lho beberapa komentar tentang kesalahan pola asuh gizi pada anak ketika saya share Flyer acara ini yaitu satu hari sebelumnya. Ini yang saya catat ya

@Agathamemey "Gak biasain anak makan permen/vitamin dengan pemanis, soda, snack pabrikan gurih dll. Kasihan anaknya? Gak siy? Anak saya tetap makan kalau ada ultah temannya tetapi karena tidak biasa ya dia gak gitu suka. Favoritnya cuma air putih dan coklat saja ".

"Ga dibiasakan makan sayur dari baby, ntar gedean dikit susah deh, kadang mahmud ga telaten, hihi" @Niatiara4506

5 Kesalahan Pola Asuh Gizi Pada Anak :

1. Memaksa anak untuk makan
Saat anak nggak mau makan, kita sebagai orang tua nggak boleh memaksa anak untuk makan. Karena "paksaan" ini justru membuat anak makin tidak menyukai kegiatan makan. Jadi sebaiknya adalah biarkan saja sejenak ketika anak menolak makan, dan segera minta kembali untuk makan. Ini semua dengan catatan kita tidak merubah kebiasaan jam makannya. Segera bereskan begitu selesai makan, sehingga anak tahu bahwa kalau ia tidak makan di jam tersebut maka ia harus menunggu di jam berikutnya.

2. MPASI Sebelum 6 Bulan
Sampai usia enam bulan, anak sebaiknya diberi ASI eksklusif dan bukannya MPASI. Karena pada usia ini, sistem pencernaannya belum sempurna. Sehingga pemberian MPASI justru bisa menimbulkan reaksi atau gangguan pencernaan seperti konstipasi atau timbulnya gas.

3. Makanan Tidak Sesuai Usia
Camilan untuk anak dan orang dewasa itu berbeda. Meskipun yang diberikan itu camilan berupa buah atau jus, tetap saja harus sesuai porsinya. Misalnya memberi jus buah pada balita. Dan disarnkan hanya maksimal setengah gelas jus 100% buah  dalam sehari. Lebih dari itu hanya akan menambah gula dan berakibat anak tidak merasa lapar pada waktu makan. Camilan dengan nutrisi seimbang yang didisarankan adalah buah-buahan, sayur mayur, protein, gandum utuh, atau produk susu.

4. Pemakaian Dot Terlalu Lama 
Pemakaian dot yang terlalu lama pada anak dapat berpengaruh buruk pada pembentukan struktur rahang dan gigi Si Kecil. Kebiasaannya meminum susu dari dot juga bisa mengakibatkan bentuk rahang atas yang terlalu maju atau justru rahang bawah yang mundur. Mengurangi penggunaan dot baiknya setelah usia anak 6 bulan dan menghentikannya sama sekali beberapa bulan kemudian.

5. Banyak Makanan Manis
Pemberian makanan yang manis bagi anak ternyata kurang baik. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) kebutuhan gula harian untuk anak tidak boleh melebihi 10% dari total energi yang dikonsumsi. Ini untuk menghindari kelebihan  energi dalam tubuh anak.

Pemberian makanan yang manis untuk anak usia 1-3 tahun, 10% yang sama dengan nilainya 4-5 sendok teh gula. Anak usia 4-6 tahun, 10% yang sama dengan nilainya dengan 5-8 sendok teh gula.

Pemberian makanan yang manis terlalu banyak dapat menyebabkan anak mengalami gigi rusak, obesitas dan anak kehilangan nafsu makan. Jadi anak-anak itu tidak perlu mengkonsumsi makanan atau minuman manis lainnya agar dapat menjalankan pola makan yang sehat.

Dr Herlina with mba Blessy[Foto:Dok @AmelliaSarah]
Blogger nyimak materi [Foto @AmelliaSarah]

Para pemenang sosmed competition [Foto:@AmalliaSarah]


Dokter Herlina menerangkan 5 kesalahan pola asuh gizi ini secara gamlang dan sistimatis. "Masalah gizi dari bayi sejak lahir hingga usia 5 tahun itu sangat penting karena pertumbuhannya yang sangat pesat, jadi kalau ada kesalahan di dalam pola asuh gizi maka akan mempengaruhi tumbuh kembangnya sampai anak dewasa nanti baik dari segi intelektual, kognitifnya, dan terutama fisiknya."


Beberapa Moms juga menceritakan pengalamannya langsung tentang bagaimana mereka memberikan ASI dan MPASI pada buahnya dan pengalaman jadi ibu.

"MPASi harus sesuai juga dengan teksturnya juga. Berikan Menu bintang 4 (karbo, protein hewani, protein nabati dan sayur) pada anak. Karena nutrisi yang baik mendukung masa emasnya" Nurul ibu dengan balita usia 11 bulan.


Ibu Yenny "Menjadi ibu membuat saya berkaca-kaca tetapi setelah menjalankan peran ibu itu nggak mudah. Kita harus membekali diri dengan banyak ilmu, bagaimana cara mendidik anak, kesehatan anak dan juga tentang masalah gizi anak. Ternyata menjadi ibu adalah perjuangan yang luar biasanya yang lelahnya itu suatu hari akan tergantikan ketika melihat anak-anak beranjak besar"

Hadir juga dalam acara ini mbak Blessy D.R Marketing Office Halodoc. Yang menerangkan bahwa Halodoc adalah aplikasi layanan konsultasi dengan dokter pilihan melalui smartphone,  yang hadir di era teknologi ini untuk memenuhi kebanyakan orang yang ingin langsung berkonsultasi ke dokter yang berkaitan dengan penyakit yang dialaminya ketimbang datang ke rumah sakit yang kadang proses yang berbelit ketika datang ke rumah sakit bikin orang malas untuk menemukann solusi penyakit yang dialami.

Celah inilah yang akhirnya mengilhami Halodoc Meski situs ini baru berusia 2 tahun, kehadirannya cukup mendapat sambutan yang luar biasa. Halodoc fokus untuk langsung memudahkan pengguna melalui aplikasi di platform Android.

Pilihan dokter di kota besar!




Halodoc adalah start-up Indonesia yang merupakan apklikasi kesehatan layaknya kotak P3K berjalan yang selalu di genggaman yaitu dengan memberi kemudahan dalam menjaga dan memeriksa kesehatan seluruh anggota keluarga. Cukup download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play, kita langsung dapat merasakan betapa dekatnya dengan dokter dengan klik Contact Doctor.   


Kita pokoknya dapat mengkomunikasikan berbagai permasalahan kesehatan pada ribuan dokter ahli dari berbagai spesialisasi(umum, anak, mata sampai internis di seluruh Indonesia melalui chat dan video/voice call. So close ya

Kalau malam-malam teman-teman butuh obat, gampang klik  aja Pharmacy Delivery yang selalu siap 24 jam. Jadi ini adalah fitur yang menjadi solusi layanan praktis untuk pembelian kebutuhan kesehatan yang juga dapat dilakukan ke lebih 1000 apotek yang tersebar lebih dari 20 kota di Indonesia dengan cepat, aman dan nyaman. 





Halodoc juga bekerjasama dengan Prodia memberikan layanan Lab Home Service untuk memudahkan masyarakat akan akses laboratorium yang dapat di panggil ke rumah. Yaitu dengan memanfaatkan fitur Labs, ini adalah pengecekan kesehatan yang memungkinkan petugas lab (phlebotomist) datang ke rumah atau kantor, untuk melakukan pengecekan kesehatan seperti cek darah atau urine. Fitur layanan kesehatan ini dapat dinikmati oleh teman-teman yang berada di wilayah Jakarta Pusat dan Selatan. Asyik ya nggak pakai ribet.





Akhirnya selamat ulang tahun yang kedua untuk @Halodoc saya sebagai ibu jadi terpacu untuk lebih aware terhadap masalah pengasuhan gizi anak yang tepat. Semoga kampanye #katadokterhalodoc berjalan sukses sesuai dengan apa yang diinginkan dan ibu sebagai pondasi dalam keluarga dapat dengan mudah mendapatkan akses layanan kesehatan yang tepat, cepat dan terpercaya.#SehatLebihMudah


HBD @Halodoc terus dekat dengan kami, amin















Comments

  1. Keren banget aplikasi halodoc ini, sangat membantu aku sebagai ibu muda. Terima kasih sharing nya mbak git

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya . Konsultasi dengan dokter dalam genggaman ya

      Delete
    2. iya . Konsultasi dengan dokter dalam genggaman ya

      Delete
  2. Jangankan anak kecil yah Mbak, orang dewasa pun banyak makan makanan manis nggak baik. Jadinya bisa kena diabetes

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. Duh harus lebih aware ya sama 5 pola asuh gizi yang salah ini.

      Delete
  3. Wah konsultasi langsung dengan dokter, keren ini. Di dokter daerah saja, konsultasi bayar lho. Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hahaha rasanya jadi dekat ya kita dengan dokter bisa vc/chat. Alhamdulillah ada aplikasi yang mengakomodir kebutuhan ibu untuk keluarganya

      Delete
    2. Iya hahaha rasanya jadi dekat ya kita dengan dokter bisa vc/chat. Alhamdulillah ada aplikasi yang mengakomodir kebutuhan ibu untuk keluarganya

      Delete
  4. sekarang jadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan cukup dari halodoc

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya 24 jam bisa membantu juga apa yang keluarga butuhkan untuk keluarga tercinta ya

      Delete
  5. Menjadi ibu jaman now sebenarnya lebih banyak dimudahkan dengan berbagai informasi dan aplikasi ya..keren.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget. Tinggal mau atau tidak kita untuk terus mengali info ya karena aplikasi ini sangat membantu agar ibu makin aware akan kesehatan buah hati dan keluarga

      Delete
  6. semakin banyak aplikasi karya Indonesia yang keren2, halodoc ini salah satunya, membantu banget untuk keadaan darurat.

    ReplyDelete
  7. ternyata ada do and donts nya ya mom, beberapa masih dilakukan juga secara disengaja maupun ngga. untungnya ada halodoc nih, jadi mudah konsultasi kalo bingung dan mau tanya tanya gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes. Ngak gampang ya pas liat 5 point tentang pola asuh gizi anak. Makanya halodoc concent dalam hal ini. Karena pola asuh gizi yang baik sejak bayi lahir akan berpengaruh pada perkembangannya ke depan

      Delete
  8. Aplikasi asyiik nih, membantu banget pada saat2 butuh banget jadi gak susah berkonsultasi ya ada fitur video call nya lagi kan..wah mantaps :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya VC/chat ini bikin kita nggak ragu ya kalau kita benar-benar real sedang konsul dengan dokter melalui sosmed

      Delete
  9. Dokter jaman old harus didatengin. Tapi dokter jaman now cukup klik klik lewat hape aja ya. Keren banget lah halodoc!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Halodoc dibentuk karena membaca sikon yang ada pastinya. Salah satunya keterbatasan waktu orang untuk datang ke rumah sakit terapi satu sisi akses cepat dibutuhkan. Pun hanya sekedar konsul. Di sini peran Halodoc

      Delete
  10. Nah, kham masih banyak yang masih salah menerapkan pola gizi sehat ke anak2, semoga dengan adanya tulisan ini semakin banyak orangtua yang aware ya Mbaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mana yang benar dan sebaliknya jadi nggak ragu-ragu lagi sekarang diterapkan ya

      Delete
  11. Keren ini Halodoc semua urusan terkait kesehatan bisa dicari solusinya dalam genggaman, praktis dan tanpa ribet. Mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. Luar biasa ini lho fitur-fitur yang lengkap untuk keluarga Indonesia yang peduli akan kesehatan anak dan keluarga

      Delete
  12. wah ini aplikasi membantu banget yah, terutama untuk para ibu yang memang butuh banyak informasi kesehatan, makasih yah sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama terima kasih juga sudah mampir

      Delete
  13. Baru tau lohh ada aplikasi ini. Keren yaaa. Bisa mengukur sendiri kebutuhan sikecil.. Kerenn mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya . 2 tahun usianya tapi respon yang menggunakan aplikasi ini luar biasa

      Delete
    2. iya . 2 tahun usianya tapi respon yang menggunakan aplikasi ini luar biasa

      Delete
  14. Aplikasi halodoc nya keren banget ya mbak, jadi solusi masa kini. Tinggal klik aja

    ReplyDelete
  15. Makanan manis buat anak-anak itu memang candu, selalu nagih. Dilema ya utk hal itu. Untung ada halodoc buat konsultasi mudahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu nggak boleh kalah dan lengah untuk hal ini.

      Delete
  16. Mpasi memang sebaiknya tepat waktu euy. Tapi sayangnya banyak yang mengira tak ada dampak bagi anak jika diberikan lebih awal. Aku sih tetap konsisten untuk semua dilakukan secara bertahap. Wah Halodoc memang bermanfaat banget nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar! yang merasa takut anaknya masih laparlah inilah itulah dan lah lah yang lain. Yang intinya semua hanya mengira-ngira. Untunglah ada halodoc tempat valid buat langsung konsul

      Delete
  17. enaknya sekarang bisa tanya tanya langsung ke dokternya ya..

    ReplyDelete
  18. Wah.. solusi tepat dan praktis nih Hallo Doc.�� Udah bekerja sama Prodia juga ya. Bisa pelayanan ke rumah jadi hemat waktu. Paling demen bisa tanya2 ke dokter gini. Kalo di rumah sakit rata2 kan singkat banget mau tanya2 ya mb Git ��.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dokter serasa dalam.genggaman kita

      Delete
  19. Ihiiyy ada namaku di artikel mba Gita. Makanya aku juga hati-hati memberikan sesuatu sama Sagara di usianya saat ini. Jangan sampai kesalahan pola asuh gizi pada anak aku lakukan.

    ReplyDelete
  20. Wah ada layanan delivery juga buat obat2an, asyik gtu ya mbak. Ini aplikasi wajib buat para ortu terutama yg punya balita kyknya ya TFS

    ReplyDelete
  21. Jadi ibu jaman sekarang enak ya...ilmu untuk tumbuh kembang anak bisa didapat dgn cara mudah, hanya bermodal smartphone saja

    ReplyDelete
  22. Aplikasi kesehatan makin beragam ya, konsumen makin diuntungkan

    ReplyDelete
  23. boleh juga nih aplikasinya ya, kerjasama dengan prodia pula. Mungkin konsultasi yang dimaksud di sini sekadar pemberian informasi ya mba bukan menegakkan diagnosis karena untuk bisa menegakkan diagnosis, dokter tetap harus melakukan pemeriksaan fisik.

    ReplyDelete
  24. penting banget aplikasinya, pasti bermanfaat banget, memudahkan para orangtua untuk konsultasi ditengah masalah antri yang selalu panjang setiap kali ingin konsultasi ke dokter, Halodoc seolah menjadi jawabannya. TFS ya Mbaaa..

    ReplyDelete
  25. Ibu2 yg punya anak balita perlu banget nih unduh aplikasi halodoc biar makin pinter.

    ReplyDelete
  26. Kesalahan yg paling bnyk dilakukan oleh ibu2 adalah memaksa anaknya mkn. Hasilnya si anak jd stress pd saat jam mkn tiba.

    ReplyDelete
  27. Bermanfaat nih aplikasi, zaman sekarang kesehatan udah jadi kebutuhan, dengan halodoc jadi lebih mudah yaa..

    ReplyDelete
  28. Penting bangat nih berbagi ilmunya kepada ibu ibu yang masih punya anak usia perrumbuhan. Asupan gizi di usia seperti itu penting babget deh

    ReplyDelete
  29. wahh kalo ada aplikasi ini ibu2, terutama ibu mudah yg baru punya anak jadi makin tenang ya mba, apa2 tinggal cek dan konsultasi dulu via halodoc..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright

The Tripper Asli Indonesia Bikin Travelling Nggak Bakal Bosen