Asian Games 2018 : Semangat Yang Terus berkobar dari Mrapen Menuju Jakarta-Palembang

Hai....hai
Kemarin teman-teman ngikutin nggak acara torch relay pawai obor Asian Games 2018 di Yogyakarta? Nah Yogyakarta adalah kota pertama yang mendapatkan kehormatan untuk disinggahi oleh Api Obor Asian Games 2018.

Torch relay ini bertujuan sebagai ajang memperkenalkan kebudayaan  Indonesia, bukan hanya dalam bidang olahraga,  tetapi Indonesia  juga memiliki  kebudayaan  yang beraneka ragam. 

Meskipun saya nggak ikut hadir langsung di kota Gudeg ini, saya menikmati betul moment penting dalam sejarah yang berlangsung setiap empat tahun sekali. Yaitu dengan ikut berpartisipasi meramaikan melalui live tweet yang dilakukan salah satu komunitas yang ada di Jakarta. Dimana secara kebetulan teman-teman ini  sedang melakukan liputan langsung di sana.




Asian games tinggal menghitung hari ya tepatnya 27 hari lagi acara olahraga terbesar di Asia ini dimulai. Semarak kemeriahan Asian Games semakin terasa dengan adanya pawai obor (torch relay) di Indonesia.

Yogyakarta mendapatkan kehormatan untuk menjadi kota pertama yang disinggahi oleh Api Obor Asian Games 2018.

Pawai obor Api yang akan digunakan untuk pembukaan pelaksanaan Asian Games 2018 menempuh perjalanan 7.300 km dari Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India hingga sampai di Yogyakarta. Kedatangannya menggunakan pesawat boing 737-500 dengan dikawal oleh lima pesawat tempur T-50 Golden Eagle milik TNI AU, dan mendarat di Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta. Obor api tersebut akan berkeliling dari Museum Dirgantara hingga Candi Prambanan untuk disatukan dengan api abadi dari Mrapen, Grobogan, Jawa tengah.

Dalam acara Konser Torch Relay Asian Games 2018 yang dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, obor mulai dibawa mengelilingi 54 kota di 18 provinsi seluruh Indonesia.

Wapres Jusuf Kalla mengatakan bahwa penyelenggaraan Asian Games ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk Indonesia.

"Kehormatan untuk kita semua karena kita dipercaya untuk menyediakan infrastruktur dan venue tingkat dunia. Insya Allah, kita juga mampu menunjukkan prestasi di berbagai cabang olahraga", ujar Wapres Jusuf Kalla.

Asal usul Api Abadi Mrapen : Api abadi Mrapen merupakan fenomena geologi, berupa api yang menyala di atas tanah sebagai akibat dari terbakarnya gas alam yang muncul ke permukaan bumi. Mrapen sendiri adalah dukuh dimana api ini berada. Nama Mrapen sendiri berasal dari kata "prapen" yang artinya perapian. Di kalangan masyarakat setempat, api ini dikenal dengan Kyai Mrapi atau Nyai Mrapi. 

Hikayat mengenai Kawasan Api Abadi Mrapen dapat ditarik sejak masa runtuhnya Kerajaan Majapahit tahun 1478M. Saat itu Majapahit takluk atas kesultanan Demak Bintoro. Sebagai kerajaan penakluk, Demak Bintoro berkehendak untuk memindahkan benda-benda milik kerajaan Majapahit ke Demak. Perpindahan ini dipimpin oleh Sunan Kalijaga.

Melihat banyak rombongan yang merasa lapar, haus, dan lelah, Sunan Kalijaga memutuskan untuk beristirahat dahulu dalam perjalanan pulang ke Kesultanan Demak. Ia kemudian melihat anggota rombongan yang membawa bahan makanan mentah, kesulitan menghidupkan api untuk memasak dan mendapatkan air di sekitar lokasi.



Ada dua versi cerita yang muncul berkaitan dengan terjadinya Api Abadi Mrapen ini. Pertama Sunan Kalijaga menancapkan tongkat ke tanah. Saat dicabut, gesekan antara tongkat dan kondisi tanah yang mengandung gas alam berhasil mematikkan api. Kedua, keberadaan api memang sudah ada. Namun karena terbias sinar matahari, Sunan Kalijaga menunjukkan keberadaan api tersebut dengan menggesek-gesekan tongkatnya agar lebih terlihat oleh rombongan. 

Api abadi Mrapen juga menjadi lokasi produksi beberapa senjata kesultanan Demak Bintoro yang di buat oleh Empo Supo. Antara lain Nyai Sengkelat, Nyai Nogosiluman luk 13, dan Kyai Nogowelang luk 13.

Beberapa pendapat tentang Asian Games 2018 :

"Banggalah kita punya fenomena geologi ini ya" - @daffana

@Jadipresenter -Sangat bangga Asian games kembali di adakan di Jakarta

"One moment in time. Sukses2 buat atlet2 Indonesia" @Bangliku

Oh iya desain Torch Asian Games 2018 terinspirasi dari dua kota tempat penyelenggaraan Asian Games 2018 yaitu Jakarta dan Palembang. Yaitu Skin Palembang dan Golok Betawi Jakarta.



Maskot Asian Games 2018 :

  1. Bhin Bhin 

Karakter Bhin Bhin mempresentasikan strategi dalam sebuah lomba atau pertndingan yang terinspirasi dari burung cendrawasih. Bhin bhin mengenakan rompi bermotif khas suku Asmat, yang menandakan asal dari burung cendrawasih.

Burung yang cantik ini memakan buah-buahan, biji-bijian, dan serangga kecil. Sayangnya, karena kerusakan habitat dan pemburuan liar, jumlah cendrawasih di alam bebas semakin menurun.

      2. Atung
Karakter Atung terinspirasi dari rusa Bawean yang hanya dapat ditemui di Pulau Bawean, Jawa Timur, dan mempresentasikan kecepatan.
Rusa Bawean termasuk hewan pemakan tumbuh tumbuhan termasuk daun-daunan.

     3. Kaka
Karakter kaka mempresentasikan kekuatan dan terinspirasi dari badak bercula satu. Saat ini, badak bercula satu termasuk dalam hewan langka yang dilindungi dan hanya dapat ditemui di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Hewan yang memiliki nama latin Rhinoceros sondaicus ini mengenakan sebuah penutup dada bermotif bunga khas kota Palembang.




Asian Games 2018 ini akan diliput dan disiarkan oleh 45 media resmi negara peserta, serta negara-negara lain di luar Asia. Dengan 570 media yang akan melakukan live dari 21 venue di Jakarta, 10 Palembang dan 9 venue di Jawa Barat.

Akhirnya mari kita tunggu Euforia Asian Games 2018 yang akan berlangsung selama 2 minggu ini. Selamat datang dan selamat bertanding 11.280 atlet yang akan mempertandingkan 40 cabang olahraga dengan 465 nomor pertandingan juga 6.000 ofisial yang akan membantu semua jalannya pertandingan agar nyaman dan aman dan tentu dukungan para suporter di Jakarta. Semoga api abadi yang terus berkobar dari Mrapen akan tetap ada dalam jiwa semangat bertanding atlet-atlet Indonesia kita. Indonesia!
#AG2018BlogChallenge
#DukungBersama








Comments

  1. Baca-baca soal Asian Games 2018 dari temen-temen blogger bikin jadi gak sabar deh. Pengen buru-buru main aja gitu. Ikut semangat dan bangga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya euforianya udah kebangun ya dari sosmed yang ada. Akupun sama udah nggak sabar. Kalau waktu pas mau juga nonton langsung sebagai bentuk dukungan pada negeri tercinta

      Delete
  2. Cianjur juga lagi sibuk mempersiapkan nih, Mbak. Soalnya api obor juga kan rencana akan diinapkan di Cianjur dan euforia nya sudah semarak kemana-mana.
    semoga sukses ya asian games ini...

    Amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin YRA ya. Iya bangga ya dengan olahraga kita bersatu tanpa embel embel apapun untuk negeri tercinta

      Delete
  3. Perhelatan Akbar ini seyogyanya kita manfaatkan betul untuk memberikan semangat lewat tulisan ataupun meme di sosial media.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya setuju, semangat untuk mendukung moment penting 4 tahun sekali ini dapat kita lakukan dengan berbagai hal positip melalui sosmed ya

      Delete
    2. iya setuju, semangat untuk mendukung moment penting 4 tahun sekali ini dapat kita lakukan dengan berbagai hal positip melalui sosmed ya

      Delete
  4. semangat Asian Games ini menyebar hingga ke seluruh negeri yaa, Mba. Saya juga udah gak sabar nih menantikan datangnya pesta olahraga terbesar se ASIA ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kita tunggu aja nih pembukaannya tanggal 18 Agustus nanti ya

      Delete
  5. Senangnyaaa ya yang bisa lihat langsung torch relay.. Rasanya aku juga pingin ada di tengah masyarakat yang semangat lihat api abadi itu..
    Banyak ya Kota yang dilalui dan aku makin gak sabar pingin nonton langsung Asian Games nanti mba.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang punya kota yang dilalui apa abadi rasanya haru ya pastinya. Event yang banyak ditunggu tunggu ini

      Delete
  6. Yeay ga sabar nonton perhelatan asian games di Indonesia. Mascotnya unik2 kreatif aja yang desain.

    ReplyDelete
  7. Ajeng pesta olahraga terbesar di ASIA ini akan menjadi sorotan dunia, Masyarakat Indonesia harus bangga dan mensukseskan pesta olahraga ini.. minimal dengan berdoa dan juga selalu menyebarkan informasi yang positif ya ka

    ReplyDelete
  8. Wah jd obronya dibawa dari satu kota ke kota lain sebelum ntr dibawa ke Palembang ya...
    Semoga Indonesia sukses jd tuan rumah penyelenggaraan Asian Games ya mbak :D

    ReplyDelete
  9. Aku mengikuti dengan baik nih mba jelang pelaksanaan sea games. Jadi ikutan deg2an juga. Smoga pelaksanaannya berjalanan lancar di Jakarta dan Palembang ya. Aamin

    ReplyDelete
  10. Apa sih yg nggak ada di Indonesia kalau bicara soal sumber daya alam ya? Aampai api abadi pun ada. Bukan cuma di Mrapen ada api abadi, di Madura pun juga ada.

    Bangga ya bangsa Indonesia bs jadi tuan rumah pagelaran akbar olahraga se asia tenggara. Semoga acaranya lancar2 aja hingga akhir. Aamiin

    ReplyDelete
  11. Seneng dan bangga nya kita, negeri ini menjadi penyelenggaraa even besar begini.
    Rasanya pengen ngeramein semua cabang olahraga yaa.

    ReplyDelete
  12. Dukung terus untuk kemajuan olahraga di Indonesia. Mau juga akh nonton Asian Games nanti

    ReplyDelete
  13. Semoga banyak atlet Indonesia yg menang di Asian Games ini ya. Pemerintah sudah optimal nih.

    ReplyDelete
  14. Pastinya altet indonesia tifak mudah jadi juara umum karena saingan berat berat. Tapi dengan dukungan pemerintah yang menjanjikan hadiah gede dan rakyat indonesia, pasti altet bisa mengharumkan nama baik bangsa

    ReplyDelete
  15. Sampai sekarang masih penasaran mbak, bawa apinya di dalam pesawat itu gimana ya?

    ReplyDelete
  16. Wow, aku bacanya sampai merinding dan gak sabar menunggu perhelatan akbar di Asia ini. Bangga Indonesia menjadi Tuan Rumah. Semoga lancar dan sukses, mari kita #DukungBersama

    ReplyDelete
  17. Aawwwww, keren nih mbak torch relaynya. Apalagi yang di Bali kemarin (emang karena ada Hamish *ups). Uda gak sabar nih menyambut pesta Asian Games. Semoga Indonesia menang banyak

    ReplyDelete
  18. Pas parade torch relay di Sunter besok, aku mau dateng! hahahah

    ReplyDelete
  19. ga sabar aku parade torch relay tiba di Jakarta, semoga bisa liat langsung ya :)

    ReplyDelete
  20. Aku baru tahu nama-nama maskot asian games mbak git, makasih infonya yah. Jadi ga sabar menunggu asian games di jakarta

    ReplyDelete
  21. oohh Parade pertama di Jogja kirain Malang. hahaha salah info ternyata saya. btw saya suka Kaka Mascot yag satu ini

    ReplyDelete
  22. Akhirnya indonesia kembali jadi tuan rumah asian games ya mba

    ReplyDelete
  23. Euforia Asian Games makin terasa ya mbak. Pasti akan semarak banget. Semoga Indonesia para atletnya bisa meraih emas ya mbak dan warga Indonesia juga bisa jaga kedamaian

    ReplyDelete
  24. Gimana cara bawa api abadiitu di pesawat ya, pasti ada alat khusus yang canggih

    ReplyDelete
  25. aku gemes banget sama karakter-karakternya deh... dan serius banget baca asal usul Mrapen hahaha

    ReplyDelete
  26. Aku pgn beli tiga bonekanya. Lucu2 hehe..

    ReplyDelete
  27. Masyarakat Indonesia wajib banget nih ngasih semangat positif untuk semua atlet Indonesia. Agar Indonesia Juara! Semabgat buat semua atlet Indonesia yang akan berjuang.

    ReplyDelete
  28. Merinding deh ngebayangin gegap gempitanya nanti saat asian games dimulai. Semoga atlit indonesia bisa memberikan yang terbaik ya.

    ReplyDelete
  29. Duhhh, ga sabar mau liat langsung acara pembukaannya Euy! Semoga Indonesia menang banyak, atletnya semangat, dan suporternya supportif ga pake rusuh. Amin!

    ReplyDelete
  30. Asian Games, menjadi sejarah banget, baru 56 th Indonesia jd tuan rumah lagi

    ReplyDelete
  31. Perjalanan obor menjadi jalan memperkenalkan pariwisata Indonesia

    ReplyDelete
  32. Sambutan api obor di malang juga rame banget mbk.

    ReplyDelete
  33. semoga Indonesia bisa sukses tidak saja sebagai penyelenggara tapi juga dengan prestasi cemerlang para atletnya. Aaminnn. Akkkku pgn nonton renang aaah tp tiketnya mahal cyiiiin hahahah

    ReplyDelete
  34. terus bersemangat menggelorakan gelaran terbesar olahraga di Asia ini ya mbak...

    ReplyDelete
  35. yuk sukseskan asian games 2018 dengan jadi tuan rumah yang tertib dan jaga kebersihan arena asian games.... sayang kan udah dibuat indah bagus tapi gak dirawat?!

    ReplyDelete
  36. terharu ya kalau bisa menyaksikan perpindahan obor Asean Games dari daerah ke daerah. trus belum nanti berakhir di tempat terakhir, waaahhh seru banget dan ada kesan gimana gitu. Bangga jadi tuan rumah di tahun ini, semoga lancar dan sukses untuk atlit-atlit kita.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review ( Pure Line Hijab Fresh Healthy & Bright

Mengunjungi MNC Vision Yang Memperkuat Branding Dengan Fasilitas DOLBY Audio