Menghemat Air Bagian Dari Kepedulian Kita Untuk Menjaga Pasokan Air Bagi Lingkungan


Sudah 2 minggu ini saya minta air pada tetangga sebelah rumah. Bukan karena mesin air saya yang rusak tetapi memasuki musim kering tahun ini ternyata pasokan air tanah dirumah saya berkurang nggak berlimpah seperti biasanya.

#KalauDekatJalaninAja Biar Badan Sehat Dan Kuat



Hai...
Bagaimana aktivitasmu hari ini? Apakah setiap hari kamu selalu menyediakan waktu untuk berjalan kaki? Liputan dekat, Turun Transjakarta atau Commuterline kamu akan sedikit berjalan kaki sambil berolah raga, atau justru kamu sengaja berangkat beraktivitas lebih awal, dengan harapan agar dapat berjalan kaki sambil berolah raga karena sinar matahari pagi masih bisa kamu temui .

Sustainable Fashion Dimulai Dari Diri Sendiri



Apa sih pengertian dari Sustainable Fashion?

Sustainable fashion adalah konsep rantai desain berkelanjutan, yaitu produk fashion yang dirancang dan diproduksi dengan pertimbangan lingkungan serta dampak sosial yang ditimbulkannya.

Anak Pintar = Pendidikan = Asuransi, Pilihan atau Rencana?


Anak adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan kepada setiap keluarga. Semua orang tua berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi putra- putri tercintanya. Sejak dalam kandungan, ibu hamil berusaha untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan diri dan anak yang dikandungnya. Bahkan saat ini terjadi trend positif dimana banyak pasangan suami istri yang ingin memiliki momongan terlebih dahulu melakukan konsultasi dan cek kesehatan pra kehamilan dengan harapan agar kelak mendapatkan buah hati yang sehat jasmani dan rohaninya. Ya, itulah harapan setiap orang tua.

[dokpixabay.com]
Saat anak sudah terlahir ke dunia, kebutuhan asupan gizi di awal kehidupannya menjadi prioritas semua ibu menyusui. Para ibu muda berusaha untuk mempelajari seluk beluk pemberian ASI dengan segala problematika dan solusinya. Perhatian berlanjut saat anak mulai dikenalkan dengan MPASI dan terus menerus semua tahapan tumbuh kembang anak menjadi rutinitas yang memerlukan perhatian setiap orang tua.

Di samping pemenuhan kebutuhan gizi, pendidikan juga menjadi perhatian semua orang tua. Harapan besar diimpikan oleh semua orang tua agar kelak anak anak mereka bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya.


[dokpri]

Ya,kita semua tahu bahwa biaya pendidikan di Indonesia masih tergolong mahal untuk kebanyakan orang. Setiap tahun biaya pendidikan di Indonesia naik antara 10-20%. Streotipe yang beredar bahwa pendidikan tinggi hanya untuk "the have"  sulit untuk dipungkiri. Namun apakah benar seperti itu? Semua kembali pada bagaimana kita sebagai orang tua dapat merencanakan biaya pendidikan bagi buah hati kita.

Pendidikan mutlak menjadi hak asasi setiap manusia tanpa membeda-bedakan tingkat ekonomi. Dan sebagai orang tua pastinya kita akan berusaha untuk dapat memberikan yang terbaik untuk putra putri tercinta. Menabung adalah cara mengamankan masa depan pendidikan anak yang paling logis ditempuh kebanyakan orang.

Tidak ada yang salah dengan cara mempersiapkan biaya pendidikan anak lewat menabung. Menabung dapat dilakukan sepanjang pencari nafkah dalam masa produktif. Atau dengan kata lain memiliki pekerjaan atau usaha yang memberikan pendapatan. Namun pernahkah terpikir bagaimana saat kita sedang menabung untuk persiapan biaya pendidikan anak,tetiba sumber pendapatan terhenti karena pencari nafkah utama meninggal dunia?

[dokpri]

Dalam kasus seperti di atas, tentu perencanaan biaya pendidikan yang tengah dijalankan akan terhenti. Uang yang terkumpul tidak mampu mencover kebutuhan biaya pendidikan anak sesuai rencana awal. Jalan keluar yang mungkin di ambil adalah mengubah rencana pendidikan anak karena menyesuaikan dengan dana yang ada.

Hal tersebut tidak perlu terjadi apabila biaya pendidikan anak dipersiapkan lewat asuransi. Asuransi pendidikan adalah sebuah produk asuransi yang menggabungkan antara asuransi jiwa berjangka (term life) dengan investasi atau tabungan. Asuransi pendidikan yang umum ditawarkan adalah asuransi unit link di mana perusahaan asuransi akan menginvestasikan uang premi yang dibayarkan nasabahnya ke dalam investasi unit link seperti deposito, surat berharga pasar uang maupun saham.

Dengan memilih perencanaan pendidikan anak melalui asuransi, orang tua akan merasa tenang karena adanya proteksi sekaligus jaminan biaya pendidikan anak yang akan diterima dalam setiap level pendidikannya. Di sisi lain, anak pun dapat leluasa memilih sekolah yang diinginkan karena biaya yang diperlukan sudah terjamin.

Apabila orang tua telah memilih asuransi pendidilan sebagai perencanaan biaya pendidikan anak, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memilih asuransi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan.

Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi pendidikan anak. Salah satunya adalah Sequis Life. Melalui Sequis Eduplan Insurance  dan Sequis Global Plan Insurance, orang tua dapat merencanakan biaya pendidikan anak di dalam dan di luar negeri dengan baik. Adapun keunggulan yang ditawarkan antara lain :

1. Kepastian tersedianya dana pendidikan bagi buah hati tercinta yang akan dibayarkan sesuai Tabel Dana Pendidikan Terjadwal dalam buku Polis.
2. Fleksibilitas masa asuransi dan Uang Pertanggungan sesuai plan yang dipilih.
3. 100% Uang Pertanggungan akan dibayarkan apabila tertanggung meninggal dunia dalam masa pertanggungan asuransi.
4. Memiliki nilai tunai dalam masa perlindungan.

Beberapa pendapat tentang asuransi pendidikan :

"Asuransi pendidikan? Buat aku sih penting nggak penting ya, tergantung masing-masing orang,kalau aku lebih baik menabung ke emas karena resiko minim dan harga penjualan kembali lumayan dan pencairan bisa kapan saja nggak ribet harus menunggu ini itu."Fara ibu 1 anak balita.

Arnis ibu satu anak 6 tahun" Pengennya asuransi yang bisa back up sampai dia masuk kuliah"

"Kalau aku pas dinyatakan positip hamil ya langsung cari asuransi pendidikan, alhamdulillah membantu banget pas anak masuk sekolah dari SD, SMP, SMA dan sekarang udah semester 7" Vani ibu bekerja dengan 3 anak.

Galuh bapak 2 anak "Kalo saya nggak merencanakan asuransi. Tetapi tabungan pendidikan itu yg harus direncanakan, dan baru saya pilih-pilih asuransinya nih"

Intinya semua orang tua ingin mewujudkan anak pintar dengan memberikan pendidikan yang layak dan memadai yang bisa direncanakan dengan pemilihan asuransi pendidikan yang tepat

Memilikilah asuransi pendidikan  sejak dini, akan membuat keluarga  tercinta nyaman dan aman karena senantiasa terlindungi sekalipun terjadi risiko tak terduga dalam hidup.
Semoga dengan informasi yang tepat, Kita akan dapat lebih paham dalam memilih dan membeli asuransi pendidikan dan jiwa serta mendapatkan manfaatnya. Semoga. Amin

Tebar Hewan Kurban Di Zona Madina Dompet Dhuafa



"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd"


Artinya:

"Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar. Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah".



Gema takbir berkumandang dimana- mana, hari ini bertepatan dengan perayaan Idul Adha 1440 H. 


Besek daging hewan kurban [dok Blogger]


Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah.

Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit, yang di sebut pakaian ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan.

Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Perkasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah.

Nama donatur [dok pribadi]

Penyembelihan hewan kurban [dok pribadi]

Disamping Idul Adha dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah  SWT. [Wikipedia]

Saat ini berkurban sangat mudah. Karena hanya melalui smartphone saja Kurban kita sudah dapat menjangkau seantero negeri bahkan luar negeri.

Serah terima donasi kurban dari Influencer dan komunitas pada direktur Mobilisasi Zakat [dok Blogger]

Area pemotongan hewan kurban [dok pribadi]

Kurban Online melalui Dompet Dhuafa dari Tebar Hewan Kurban, Pembagian Hewan Kurban hingga Laporan Kurban secara transparan.

Minggu 11 Agustus 2019 bertempat di Zona Madina Parung Jawa Barat, saya menyaksikan 65 ekor  hewan kurban kelas premium yang siap disembelih, terdiri dari kambing dan domba yang mempunyai berat berkisar antara 29-35 kg. Juga ada 5 ekor kambing super premium sumbangan juga dari donatur, yang semuanya siap akan dibagikan kepada 30KK dari 4-5 kelurahan yang ada desa Jampang dan sekitar.

Acara pemotongan hewan kurban ini dibuka dengan performance Smart Ekselensia yaitu suguhan musik yang menggunakan botol dan tabung air bekas. Hadir pula Influencer Irvan Farhad dan Hamidah Rachmayanti serta komunitas Mojang Jajaka Bogor dan direktur Mobilisasi Zakat bapak Yuli Pujihardi.

Hewan-hewan kurban [dok pribadi]

Pencacahan hewan kurban [dok pribadi]

Dompet Dhuafa tahun ini menghimpun sekitar 22.300 ekor hewan kurban dari seluruh Indonesia. Yang disalurkan langsung pada 25 provinsi yang ada di Indonesia dan juga daerah-daerah yang sedang mengalami bencana seperti Konawe, Lombok, Halmahera, Palu dan Lombok. Dompet Dhuafa tidak hanya menyalurkan hewan kurban di dalam negeri tetapi juga ke 6 negara yang mengalami konflik kemanusiaan. Yaitu Palestina, Mynmar,  Kamboja dan Vietnam. Serta kaum minoritas Malawi Mindanao di Filipina.

pendistribusian hewan kurban [dok Blogger]

salah satu keluarga penerima hewan kurban [dok Blogger]

Melalui programnya Tebar Hewan Kurban, Dompet Dhuafa memberdayakan peternak-peternak sekitar yang memiliki masalah ekonomi dengan melakukan pendampingan dari beternak, hingga tanam pakan. Peternak dan petani-petani ini dibina langsung oleh tim ahli seperti dokter hewan, ahli gizi dan pakan. Banyak relawan dari IPB yang hadir untuk program pemberdayaan masyarakat daerah ini. Secara berkala juga ada saatnya tim kesehatan akan mengecek bagaimana dengan kondisi hewan sebelum siap untuk di jadikan hewan kurban.

Tahun 2019 pendistriibusian hewan kurban meminimalisasikan penggunaan plastik. Seperti di Zona Madina digunakan besek sebagai wadah daging kurban. Bahkan dibeberapi daerah lain ada yang menggunakan bahan bambu yang dibentuk seperti keranjang bambu, krengsong bambu atau memanfaatkan daun pandan, daun jati dan daun pisang. Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran limbah plastik yang dapat merusak lingkungan. Jadi wadah hewan kurban menyesuaikan saja dengan hasil alam yang ada di desa/daerah tersebut. Penggunaan Plastik menjadi pilihan terakhir untuk pendistribusian hewan kurban sehingga lebih ramah lingkungan. Dan sekaligus mengusung kearifan lokal.

[dok pribadi]

5 Tips Ajarkan Makna Berkurban pada anak :

1. Sejarah Idul Adha
Ceritakan kepada anak tentang sejarah Idul Adha. Sehingga anak mengetahui akar sejarah berikut nilai positifnya. Ada nilai moral yang bisa dipahami.

2. Salat Idul Adha
Ajak anak sholat Idul Adha. Mengajak anak salat Idul Adha, tak hanya mendidik anak agar taat beribadah, namun anak bisa mengenal rangkaian Idul Adha.

3. Jangan Memaksa Anak
Jika anak tidak mau ikut salat Idul Adha, jangan paksa mereka. Sepanjang stimulasi terus dilakukan orang tua kepada anak dengan teknik yang baik, pada saatnya kenyamanan akan muncul di hati anak untuk menjalankan salat Idul Adha.

4. Budaya Hormat dan Patuh
Tumbuhkan pada anak akan pentingnya budaya hormat dan patuh. Saat Ibrahim diperintah oleh Allah SWT untuk mengurbankan anaknya, Nabi Ismail pun menunjukkan sikap hormat kepada orang tuanya dan patuh atas perintah Allah. Budaya hormat harus diedukasi kepada anak seiring kompleksitas tantangan perkembangan anak dewasa ini. Apalagi ajaran agama, budaya indonesia dan ketentuan UU 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menegaskan bahwa hormat kepada orang tua dan guru merupakan kewajiban.

5. Rasa Berbagi
Orang tua bisa menjelaskan bahwa kurban selain menjalankan perintah Allah juga mengajarkan untuk berbagi kepada orang yg tidak mampu. Dengan demikian, kurban mengajarkan kepekaan sosial dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan. [sumber tribunnews]

Happy Idul Adha Mubarak teman-teman. Semoga berkah untuk yang berkurban dan menerima. Aamiin
#JanganTakutBerkurban #TebarHewanKurban
#KurbanZonaMadina
@dompet_dhuafa

Dukungan Ayah Dalam Menyusui Adalah Kekuatan Ibu



Dulu waktu hamil pertama kali, almarhumah ibu nggak bosan- bosan mengingatkan saya agar mulai rajin memassage payudara ketika waktu santai. "Karena nanti nggak akan repot repot lagi untuk urusan menyusui begitu anak lahir. Karena puting dan dan diri kamu sudah siap untuk menyusui."katanya