Anak Pintar = Pendidikan = Asuransi, Pilihan atau Rencana?

78 comments

Anak adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan kepada setiap keluarga. Semua orang tua berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi putra- putri tercintanya. Sejak dalam kandungan, ibu hamil berusaha untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan diri dan anak yang dikandungnya. Bahkan saat ini terjadi trend positif dimana banyak pasangan suami istri yang ingin memiliki momongan terlebih dahulu melakukan konsultasi dan cek kesehatan pra kehamilan dengan harapan agar kelak mendapatkan buah hati yang sehat jasmani dan rohaninya. Ya, itulah harapan setiap orang tua.

[dokpixabay.com]
Saat anak sudah terlahir ke dunia, kebutuhan asupan gizi di awal kehidupannya menjadi prioritas semua ibu menyusui. Para ibu muda berusaha untuk mempelajari seluk beluk pemberian ASI dengan segala problematika dan solusinya. Perhatian berlanjut saat anak mulai dikenalkan dengan MPASI dan terus menerus semua tahapan tumbuh kembang anak menjadi rutinitas yang memerlukan perhatian setiap orang tua.

Di samping pemenuhan kebutuhan gizi, pendidikan juga menjadi perhatian semua orang tua. Harapan besar diimpikan oleh semua orang tua agar kelak anak anak mereka bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya.


[dokpri]

Ya,kita semua tahu bahwa biaya pendidikan di Indonesia masih tergolong mahal untuk kebanyakan orang. Setiap tahun biaya pendidikan di Indonesia naik antara 10-20%. Streotipe yang beredar bahwa pendidikan tinggi hanya untuk "the have"  sulit untuk dipungkiri. Namun apakah benar seperti itu? Semua kembali pada bagaimana kita sebagai orang tua dapat merencanakan biaya pendidikan bagi buah hati kita.

Pendidikan mutlak menjadi hak asasi setiap manusia tanpa membeda-bedakan tingkat ekonomi. Dan sebagai orang tua pastinya kita akan berusaha untuk dapat memberikan yang terbaik untuk putra putri tercinta. Menabung adalah cara mengamankan masa depan pendidikan anak yang paling logis ditempuh kebanyakan orang.

Tidak ada yang salah dengan cara mempersiapkan biaya pendidikan anak lewat menabung. Menabung dapat dilakukan sepanjang pencari nafkah dalam masa produktif. Atau dengan kata lain memiliki pekerjaan atau usaha yang memberikan pendapatan. Namun pernahkah terpikir bagaimana saat kita sedang menabung untuk persiapan biaya pendidikan anak,tetiba sumber pendapatan terhenti karena pencari nafkah utama meninggal dunia?

[dokpri]

Dalam kasus seperti di atas, tentu perencanaan biaya pendidikan yang tengah dijalankan akan terhenti. Uang yang terkumpul tidak mampu mencover kebutuhan biaya pendidikan anak sesuai rencana awal. Jalan keluar yang mungkin di ambil adalah mengubah rencana pendidikan anak karena menyesuaikan dengan dana yang ada.

Hal tersebut tidak perlu terjadi apabila biaya pendidikan anak dipersiapkan lewat asuransi. Asuransi pendidikan adalah sebuah produk asuransi yang menggabungkan antara asuransi jiwa berjangka (term life) dengan investasi atau tabungan. Asuransi pendidikan yang umum ditawarkan adalah asuransi unit link di mana perusahaan asuransi akan menginvestasikan uang premi yang dibayarkan nasabahnya ke dalam investasi unit link seperti deposito, surat berharga pasar uang maupun saham.

Dengan memilih perencanaan pendidikan anak melalui asuransi, orang tua akan merasa tenang karena adanya proteksi sekaligus jaminan biaya pendidikan anak yang akan diterima dalam setiap level pendidikannya. Di sisi lain, anak pun dapat leluasa memilih sekolah yang diinginkan karena biaya yang diperlukan sudah terjamin.

Apabila orang tua telah memilih asuransi pendidilan sebagai perencanaan biaya pendidikan anak, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memilih asuransi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan.

Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi pendidikan anak. Salah satunya adalah Sequis Life. Melalui Sequis Eduplan Insurance  dan Sequis Global Plan Insurance, orang tua dapat merencanakan biaya pendidikan anak di dalam dan di luar negeri dengan baik. Adapun keunggulan yang ditawarkan antara lain :

1. Kepastian tersedianya dana pendidikan bagi buah hati tercinta yang akan dibayarkan sesuai Tabel Dana Pendidikan Terjadwal dalam buku Polis.
2. Fleksibilitas masa asuransi dan Uang Pertanggungan sesuai plan yang dipilih.
3. 100% Uang Pertanggungan akan dibayarkan apabila tertanggung meninggal dunia dalam masa pertanggungan asuransi.
4. Memiliki nilai tunai dalam masa perlindungan.

Beberapa pendapat tentang asuransi pendidikan :

"Asuransi pendidikan? Buat aku sih penting nggak penting ya, tergantung masing-masing orang,kalau aku lebih baik menabung ke emas karena resiko minim dan harga penjualan kembali lumayan dan pencairan bisa kapan saja nggak ribet harus menunggu ini itu."Fara ibu 1 anak balita.

Arnis ibu satu anak 6 tahun" Pengennya asuransi yang bisa back up sampai dia masuk kuliah"

"Kalau aku pas dinyatakan positip hamil ya langsung cari asuransi pendidikan, alhamdulillah membantu banget pas anak masuk sekolah dari SD, SMP, SMA dan sekarang udah semester 7" Vani ibu bekerja dengan 3 anak.

Galuh bapak 2 anak "Kalo saya nggak merencanakan asuransi. Tetapi tabungan pendidikan itu yg harus direncanakan, dan baru saya pilih-pilih asuransinya nih"

Intinya semua orang tua ingin mewujudkan anak pintar dengan memberikan pendidikan yang layak dan memadai yang bisa direncanakan dengan pemilihan asuransi pendidikan yang tepat

Memilikilah asuransi pendidikan  sejak dini, akan membuat keluarga  tercinta nyaman dan aman karena senantiasa terlindungi sekalipun terjadi risiko tak terduga dalam hidup.
Semoga dengan informasi yang tepat, Kita akan dapat lebih paham dalam memilih dan membeli asuransi pendidikan dan jiwa serta mendapatkan manfaatnya. Semoga. Amin

Related Posts

There is no other posts in this category.

78 comments

  1. Yoi Mba
    Asuransi pendidikan ini membuat kita jadi semangaaattt utk kerja keras dan menyisihkan pendapatan dgn sadar :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya prepare ya. Aku rasain juga enak ya pas tiba waktunya.

      Delete
  2. Iya kak, asuransi pensidikan memng perlu ya.. Sebagai antisipasi untuk kehidupan sang buah hati dalam menimba ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah kita siapin jaih jauh hari itu enak ya

      Delete
  3. Iya sih mbak, asuransi pendidikan kayaknya emmang penting untuk anak, aku juga dah mulai mikir ini untuk anakku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, aku pas hamil juga langsung prepare. Maklum biar anak dapat pendidikan terbaik ya

      Delete
  4. Harus dipilih dan direncanakan dengan baik, ya. Terima kasih tambahan wawasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama kak Farida. Terima kasih juga berkenan mampir ya. Semoga bermanfaat

      Delete
    2. Yuhuuu.. Terima kasih kembali. Sequis ini termasuk perusahaan asuransi besar di Indonesia, ya

      Delete
  5. Memang yang namanya tabungan maupun asransi pendidikan buat anka tu sebaiknya disiapkan jauh2 hari ya mbak. Moga aja dicukupkan rezekinya ya mbak bisa menyekolahkan anak sampai pendidikan tertinggi amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Rabb. Doa yang sama juga untukmu ya kak

      Delete
  6. Memang kita sebaiknya menyiapkan tabungan ya untuk masa depan karena biaya hidup dan pendidikan akan terus bertambah ya mbak

    ReplyDelete
  7. Kalo ngomongin tabungan itu wajib banget apalagi udah berumah tangga ,mikirnya buat masa depan dan anak supaya ga kebingungan kalo ada tabungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Siap siaga dari jauh hari akan lebih baik ya

      Delete
  8. Asuransi pendidikan itu bagus koq, jadi kita menyisihkan dana untuk keperluan pendidikan anak dengan jelas, karena terkadang kita sering lupa untuk membagi-bagi jatah tabungan sendiri, alhasil lewat lah jatah untuk pendidikan anak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kak hahahaha, kalau.langsung dialokasikan.beda ya

      Delete
  9. Harga biaya pendidikan yg Makin lama Makin Mahal, ikhtiar melalui Asuransi pendidikan sih nggak masalah ya. Yg pasti harus pilih yg sesuai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat..Rencana dan pilihan tiap orang akan beda tentunya

      Delete
  10. Betul sekali, mbak Gita. Biaya pendidikan anak2 makin ke sini makin mahhal. Apalagi sekolah yang memiliki fasilitas terbaik begitu pula tenaga pengajarnya wiiih buat The Have semua tuh. Tapi ya namanya kita jadi orangtua kudu tetap berikhtiar. Bolehlah ambil asuransi Sequis Global Plan ini. Bakal dibayarkan sesuai tabel asuransi buat anak2 kita juga toh dan ada pilihan fleksibilitas waktu dan jumlah uangnya. TFS ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak, ortu mana yang nggak mau anaknya pintar ya dengan mendapat pendidikan yang menjadi haknya tentunya

      Delete
  11. Kalau bahas sekolah anak, trus bahas dana pendidikan, langsung mumet...memang harus disiapkan dengan benar dan terencana yaaa

    ReplyDelete
  12. Penting ya kak asuransi pendidikan itu,, buat Masa depan anak2 juka terjadi sesuatu para kita

    ReplyDelete
  13. Berasa diingatkan lagi untuk menyiapkan biaya pendidikan anak jangka panjang...hehe...Yang penting segera Mulai Aja Dulu ya...

    ReplyDelete
  14. Emang bener sih. Kalo cuma ngandelin tabungan doank, kalah ama inflasi. Kalau mau lebih bagus lagi, masukkan ke instrumen investasi kayak emas, reksadana, obligasi/ saham. Buat jangka panjang bagus kok.

    ReplyDelete
  15. Asuransi di Indonesia berkembang pesat ya mbak sekarang. Banyak keluarga muda yang mulai menggunakan asuransi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, semoga akan makin meningkatkan pemahamanan masyarakat juga tentang asuransi

      Delete
  16. Apapun itu, pastinya setiap ortu (biasanya) pengen yang terbaik untuk anaknya ya, mba.

    ReplyDelete
  17. aku masih mupeng dengan asuransi, keluargaku udah make alhamdulillah
    tapi aku sendiri yang belum mba Git, hehehe saking bayak pilihannya sampe bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha pilih yang mengakomodir kebutuhan yang mana dan sesuaikan dengan preminya kak. Nyaman kan

      Delete
  18. Jujur sampai sekarang belum tergerak untuk bikin asuransi pendidikan..masih lawas banget dengan pemikiran pakai simpanan deposito aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha nggak apa apa kak kan proses pemahaman juga berjalan ya

      Delete
  19. Aku masih milih2 ni mba soal asuransi. Belum bikin si mba asuransi pendidikan.. sejauh ini baru pake buat kesehatan aja. Buat tabungan si kecil nanti aku masih saving money pake deposito gitu. Belum tau soalnya perlu apa ga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya prepare ya kak biar nyaman anak anak ya

      Delete
  20. Alhamdulilah aku sudah ikutkan si kecilku di asuransi pendidikan, smoga kelak nanti berguna buat masa depan mereka...
    makasih ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sama sama mba makasih juga sudah mampir ya

      Delete
  21. buat orang tua pendidikan anak itu penting makanya dengan adanya inflasi biaya pendidikan dari sekarang mesti dianggarkan biar kedepan jadi lebih ringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat mempersiapkan jauh jauh hari lebih enak kurang kurang dikit tinggal tambahin ya

      Delete
  22. Saking pentingnya asuransi pendidikan untuk anak, hal ini bahkan bisa kita mulai sejak kita belum punya anak.

    ReplyDelete
  23. Sependapat aku mba dengan mbak Gita. Kalau dirasa perlu dan oenting ya bisa dikutkan asuransi

    ReplyDelete
  24. Jadi keingetan belum punya asuransi pendidikan haha...perlu banget sih.. ini lagi cari2 yang pas sesuai kebutuhan..

    ReplyDelete
  25. Asuransi pendidikan pentinga banget, aku masih pilih pilih nih mb, sementara masih buat tabungan khusus si kecil aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa apa kak kan itu juga bagian dari sedia payung sebelum hujan ya hehe

      Delete
  26. Jadi inget mamaku dulu menyiapkan pendidikan anak-anaknya jauh tahun sebelum kami mulai sekolah. Memang ya, pendidikan yang semakin mahal, harus disiapkan sejak dini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak karena mendapat pendidikan yang baik adalah hak setiap anak kan

      Delete
  27. Sungguh Perjuangan yang mulia ya Mba. Menyiapkan asuransi buat anak sedini mungkin. Semangat ya Mbaaa 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kak. Nggak putus putus bersyukur anak pas sekolah nyaman aman. Makasih ya

      Delete
  28. Seiiring dg pertumbuhan ekonomi, asuransi mulai menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Dan asuransi utk pendidikan juga sangat perlu, sebagai jaminan agar pendidikan anak bisa disiapkan biayanya sejak dini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena biaya pendidikan yang semakin meningkat rasanya kalau nggak prepare namanya uang kan kayak air ya bang

      Delete
    2. Iya karena biaya pendidikan yang semakin meningkat rasanya kalau nggak prepare namanya uang kan kayak air ya bang

      Delete
  29. Masih jadi PR buatku ttg asuransi pendidikan karena belum menentukan mau pakai asuransi apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan buka buka dulu kan produknya sesuaikan aja dengan kemampuan kita

      Delete
  30. aku juga pengen nih cari2 asuransi pendidikan untuk anak. DUlu pernah tapi kepake hehe skrg cari lagi. Trims infonya baru tau ada sequis bisa masuk list nih utk diceki2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas makasih juga ya udah mampir. Semoga infonya membantu

      Delete
  31. tentu jadi salah satu rencana pilihan untuk pendidikan anak mba.

    ReplyDelete
  32. Aku nabung nih buat biaya pendidikan anak. Tapi nabungnya ke instrumen reksadana. Belum pernah cari tau soal asuransi pendidikan sebelumnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kak, semoga membantu juga ya infonya tentang asuransi pendidikan ini

      Delete
  33. Pendidikan memang penting banget, kd musti direncanakan pembiayaannya. Pas dibutuhkan, uangnya sudah tersedia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak kan ya nyanan aman juga dirasakan keluarga

      Delete
  34. Menyiapkan dana pendidikan memang lebih awal lebih baik dan direncanakan dengan matang ya mba Git.. Jalurnya banyak, termasuk asuransi.. Pilihan semakin banyak buat menyimpan dana pendidikan, jadi tergantung mana yang dirasa cocok ya.. Aku selama ini masih dalam bentuk tabungan, tapi nggak menutup kemungkinan juga buat nantinya bikin asuransi pendidikan juga.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kak...dana ada kadang kalau nggak tahu mau dikemanain nih kan bisa habis aja

      Delete
  35. pendidikan anak makin mahal so asuransi emang perlu sik.. apalagi kalo anak lebih dari satu.. mumet mikirin biaya sekolahnya

    ReplyDelete
  36. Kalau aku sih asuransi itu pilihan hidup untuk merencanakan sesuatu yang lebih indah. Kenapa lebih indah? Karena kita gak tau suatu saat nanti bagaimana kitakan tapi kita sudah melakukan yang terbaik untuk anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya namanya hidup ya nggak ada yang tahu bagaimana pun dalam hitungan detik ke depan

      Delete
  37. Investasi untuk pendidikan memang banyak pilihannya. Tetapi, pastinya di keluarga kami, setelah melewati berbagai pertimbangan, asuransi pendidikan menjadi pilihan pertama. Makanya begitu anak-anak lahir, langsung dibuatkan asuransi pendidikan sama suami

    ReplyDelete
  38. Karena biaya pendidikan semakin hari semakin mahal maka asuransi pendidikan untuk anak ini solusinya. Tapi memang betul sih ada orang yang menganggap asuransi pendidikan untuk anak itu nggak terlalu penting. Btw, salam kenal ya, Kak.

    ReplyDelete

Post a Comment