Torang Bisa !!! Bukan Sekedar Teriakan di PON XX Papua


Perhelatan PON XX 2021 yang digelar di Papua kali ini memiliki cerita tersendiri . Ajang kejuaran olahraga nasional yang digelar periodik setiap 4 tahun sekali ini diadakan di tengah kondisi bangsa yang terus berbenah mengatasi keterpurukan ekonomi akibat pandemi covid 19. Awalnya PON XX akan dilangsungkan pada Oktober 2020 namun karena sikon yang tidak kondusif akibat pandemi maka baru dapat dilaksanakan pada awal Oktober 2021 ini. 

Namun pengunduran waktu pelaksanaan tidak membuat surut semangat, baik atlet maupun pelatih. Hal ini terbukti dimana seluruh provinsi turut serta mengirimkan perwakilannya. Lebih dari 1000 atlet hadir untuk bertanding di 37 cabang olahraga yang dipertandingkan. 

 Sebagai provinsi yang berada di ujung timur Indonesia, Papua telah membuktikan banyak hal dengan hadir sebagai tuan rumah PON XX. Kerjasama semua pihak menjadi bukti bahwa Papua mampu dan pantas untuk menyelenggarakan event olahraga nasional ini. Semangat itu tidak hanya dimiliki oleh pemangku kebijakan daerah namun masyarakat Papua pun tidak kalah antusiasnya. Noken yang dikenal sebagai alat tradisional masyarakat Papua dijadikan cinderamata resmi PON XX. 

Pengadaan noken ini merupakan kolaborasi antara panitia dan para ibu sebagai pengrajinnya. Kearifan lokal ini selain menunjukkan keberagaman hasil budaya Papua sekaligus turut menggerakkan dan meningkatkan sektor usaha kecil menengah. 

 Selain itu, pariwisata pun secara otomatis juga mendapatkan imbas positif. Keindahan dan keasrian alam Papua sudah tidak asing lagi. Maskot PON XX berupa kanguru pohon dan burung cendrawasih merupakan hewan langka yang dilindungi telah menyegarkan ingatan kita betapa banyak keunikan yang dimiliki Papua. 

Kalau biasanya PON hanya diselenggarakan di 2 kota, maka PON kali ini pun berbeda. Ada 4 kota yang menjadi tempat para atlet untuk membuktikan diri menjadi yang terbaik yaitu kota Jayapura, kab Jayapura, kan Mimika dan kab Merauke. 

Penyebaran lokasi pertandingan ini memberikan dampak positif karena dengan demikian secara otomatis meningkatkan tingkat hunian penginapan, wisata kuliner, wisata alam dan peningkatan di sisi penjualan pernak pernik khas Papua yang biasanya dijadikan oleh-oleh. 

 PON XX Papua menjadi momentum baik untuk.perekonomian di Papua, kabarnya ada sekitar 140 UMKM orang asli Papua memamerkan produk unggulannya dari mulai tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021. 



Dalam perhelatan akbar ini, JNE Jayapura menggelar beberapa program menarik, diantaranya dengan menghadirkan booth aktivasi di Stadion Mandala, memberikan program promo diskon ongkos kirim (ongkir) 20% ke seluruh tujuan di Indonesia, dan berbagai giveaway di social media. 

 Promo diskon ongkir 20% berlaku untuk pengiriman dari Jayapura dan Merauke selama 14 hari (periode 2 - 15 Oktober 2021), serta dari Sorong dan Timika selama 3 hari (periode 2 - 4 Oktober 2021) ke seluruh kota tujuan dengan layanan Regular. Selain itu agar semakin meriah, JNE mengadakan aktivasi social media seperti: Twibbon, quiz seputar PON XX, photo challenge, dan giveaway bersama produk unggulan UKM Lokal selama cara berlangsung. 

 Jadi ajang PON XX kali ini bukan hanya sekedar slogan Torang Bisa yang berarti aku bisa, bisa menjadi tuan rumah, tetapi hal yang lebih konkrit bahwa Papua mampu membuktikan bahwa kolaborasi panitia dan masyarakat lokal telah memberikan berbagai dampak positif bagi mereka. Goodluck Papua. 


Torang bisa!!!

28 comments :

  1. Pesta Akbar olga nasional yg sdh lama dinantikan nih, ditambah adanya promo menarik yang digelar JNE yg memiliki eufora Torang Bisa. Terus menginspirasi selalu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba, ada 140 umkm asli orang Papua yang bahagia nih karena laris manis produknya

      Delete
  2. Semoga tidak hanya penyelenggaraan PON 20 Papua saja yg sukses, namun semua pihak yg terlibat termasuk UMKMnya.. Torang bisa!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti kak, PON yang bikin semangat semua, Papua khususnya

      Delete
  3. Keikutsertaan JNE dalam rangka PON XX Papua tahun ini banyak juga, JNE Jayapura menggelar beberapa program menarik salah satunya diskon ongkir sebesar 20% ke seluruh Indonesia. Contoh yang patut diikuti nih, keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang ya kontribusi JNE akan membahagiakan banyak orang

      Delete
  4. Lokasi PON di papua itu eksotis, lo. Bikin pingin ke sana sambil liburan

    ReplyDelete
  5. Takjub waktu emang liat opening PON. Merinding dan terharu. Tepat banget sih pemilihan kota untuk ajang PON ini. Terbukti kan banyak UMKM yg bangkit dan nggak ketinggalan JNE sebagai pionir dalam mengirim barang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, event yang udah di siapkan jauh jauh hari ini

      Delete
  6. Sebelum PON berlangsung aku memang rajin belanja batik Papua mba, nah ini apalagi promo ongkir langsung sikaaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hais, nggak apa ya makin nambah koleksi hasil negeri sendiri

      Delete
  7. Pelaksanaan PON di Papua sangat mendukung UMKM lokal berkembang ya ka karena produk2 Papua pastinya bisa dikenal orang2 dari daerah lainnya apalagi dengan Support JNE yang memberikan diskon kirim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Right!dari semua lapisan rasanya bahagia ada event ini ya

      Delete
  8. Nggak nyangka perhelatan akbar ini tetap bisa berlangsung di tengah situasi pandemi. Semoga semuanya terus sehat dan semangat. Torang bisa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya, preparenya sangat ketat buat urusan prokes kak karena before after kudu baik kan

      Delete
  9. Menarik sekali yaa.. banyak produk UMKM yang bisa kita borong untuk mensukseskan program PON XX 2021 di Papua.
    Keanekaragaman ini yang membuat Indonesia semakin dicinta.

    ReplyDelete
  10. lumayan banget diskon 20 persen, mana ongkir ke papua kan lumayan gede ya nominalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, biar senang juga kan yang suka dengan produk a terus dapat ongkir murah

      Delete
  11. Tapi promo JNE nya hanya dari timika dan Sorong Yaa :D. Lumayan sih kalo 20%, karena memang onkir ke/dari Indonesia timur itu ga murah. Temenku kalo udah pesen sesuatu dari Jakarta ke saan, pasti dia sekalian minta dikirimin barang2 lain, biar ga rugi mahalnya hahaha.

    Udah lama aku ga nonton PON. Kalo dulu selalu ikutin beritanya, sampe nonton bareng Ama keluarga pas olahraga favorit. Tapi skr jujurnya ga. Paling baca dari media udah berapa perolehan.

    Berharap acara PON tetep sukses walopun ditengah kondisi seperti ini. Sukaaa banget liat acara openingnya :D. Bangga Ama karya Indonesia tiap kali ada pagelaran event bergengsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang lumayan ya makanya JNE tetap connecting happines deh

      Delete
  12. Keren PON di Papua ini, semoga banyak televisi memuat juga ya. Karena cuma beredar di sosmed aja kemeriahannya.

    ReplyDelete
  13. Setuju banget kalau JNE buka cabang di sana,
    karena selama ini kasian juga kalau ongkir ke sana itu muahaaaallll banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Yang jualan happy yang belanja apa lagi ya kan

      Delete
  14. rangkaian ajang olahraga nasional akhirnya berakhir, pas acara penutupan salfok ama bang boril yang menyanyi,,memang PON kali ini berbeda dr biasanya!

    ReplyDelete
  15. mantab sekali ini, membantu masyarakat papua untuk berkegiatan jual beli online yaaa

    ReplyDelete
  16. PON Papua akhirnya berhasil terselenggara ya, menurutku ini hebat sih dibuat di Papua jadi banyak pembangunan disana, infrastruktur, fasum dan jalanan ikut dinikmati masyarakat Papua berkat PON ini ya

    ReplyDelete