30 Hari Ramadanmu Mau Jadi Manfaat Seperti Apa??

39 comments


Masih ingatkah doa yang kita minta saat duduk mendengarkan khotbah dalam sholat Idul Fitri? Ya Allah, pertemukan kembali kami dengan RamadanMu. 

Dok DD

Dalam kurun waktu kurang dari sebulan lagi, insha Allah kita akan dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan. Bulan untuk lebih taat menjalankan ibadah,bulan membersihkan diri, bulan berbagi...bulan Kebaikan dan Keberkahan.

Selanjutnya yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana kita akan mengisi Ramadan kita tahun ini? Apakah akan diisi dengan sibuk memikirkan menu takjil, sibuk menyusun agenda bukber, sibuk melakukan preorder baju lebaran, dan kesibukan- kesibukan lainnya yang bersifat duniawi???

Semua itu sah-sah saja untuk dilakukan, asal dalam taraf yang wajar. Namun demikian, setelah selama 2 tahun terakhir Ramadan terasa sunyi dan sepi, sangat disayangkan kalau kita tidak memiliki niatan untuk meramaikannya. 

Ramadan akan lebih terasa bedanya dengan bulan lainnya apabila bisa kita isi dengan hal-hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Lebih mengasah kepekaan dan empati terhadap sesama. 

Setelah 2 tahun Ramadan kita lalui dengan berbagai keterbatasan dan saat ini sikon alhamdulillah sudah lebih membaik dan kondusif, Dompet Dhuafa melihatnya sebagai suatu kesempatan untuk bisa mengajak masyarakat bersinergi menebarkan manfaat melalui Ramadan dengan berbagai kegiatan.

Dok DD

Dengan tagline  "Tarhib Ramadan 1443 H" Dompet Dhuafa ingin menyemarakkan Ramadan 1443 H dengan berbagai program yang akan digulirkan. 

Di antaranya Berbagi Buka Puasa Bersama, Borong Usaha UMKM, Parcel Ramadan, Peduli Yatim, Food for Dhuafa, Tebar Zakat Fitrah dan Peduli Palestina.

Bertempat di Philantrhropy Building Dompet Dhuafa, Bapak Yayat Supriyatna selaku Sekretaris Yayasan Dompet Duafa, mengatakan "Biasanya ada 2 kelompok saat Ramadan tiba, kelompok pertama bilang yah udah  ramadan lagi, dan satu lagi menyambut gembira Ramadan dengan merenungi. Akankah saya sampai pada Ramadan.

Pak Yayat S, Dok DD

Salah satu target Dompet Dhuafa  insya Allah bisa terpenuhinya perhimpunan dana mencapai 220M. Besar, sangat besar, insya Allah dengan 3 syarat yaitu kerja keras, kompak dan niat.  Semata- mata hanya untuk  mendapat rahmat Allah dan terhindar dari azab Allah. Dan yang makin mendukung adalah situasi yang makin membaik. Amin "

Alhamdulillah saya bisa hadir untuk meliput acara yang sarat makna dan pesan yang dalam ini. Sekaligus bisa menikmati test kesehatan dan  menyaksikan telekonferensi yang dilakukan Dompet Dhuafa kepada para perwakilannya yang tersebar baik di dalam maupun luar negeei. Kemarin DD di Medan, Maluku dan Hongkong yang berkesempatan update.

Dokpri

Dokpri

Ada yang menarik yang dikatakan oleh perwakilan DD di Hongkong , bagaiman para majikan yang mempekerjakan art dari Indonesia khususnya takut kalau pembantunya puasa Ramadan tahun ini, takut mati katanya, karena sikon saat ini masih sangat tinggi  di Hongkong.

Mengutif kata - kata ustad Erick Yusuf dalam tausyiahnya "Saat ini kita menemukan hari yang sulit, terasa mengikat dileher, dan kita diperbudak oleh yang namanya cara berfikir cepat, dan merespon tanpa tahu esensi sebenarnya apa? 

Narsum Dok DD

#JadiManfaat yang dicanangkan pada hari Selasa tanggal 15 Maret 2022 akan mudah kalau kita lakukan dengan berjamaah. Karena kita dalam kondisi yang sulit saat ini, dengan menyatukan hati ada kelapangan.  Al quran menjawab semua masalah yang esensi yaitu humanisasi.

Marhaban ya Ramadan lapang hatinya luas kalbunya. Nggak ada alasan apapun nggak semangat sambut Ramadan, nggak ada hati yang nggak dilapangkan saat menjalankan ibadah di bulan ramadan.

Semoga kita berjumpa dengan 30 hari Ramadan yang bisa jadi  manfaat, Aamiin YRA.


Related Posts

39 comments

  1. Masya Allah ... tak lama lagi masuk Ramadan. Semoga bermanfaat banyak sebagaimana inspirasi dari DD.

    ReplyDelete
  2. Kalau dengar cerita mereka yang jadi ART di Hongkong, memang ada saja majikan yang mengira puasa bisa membunuh ART mereka.
    Ndak usah jauh-jauh, tetangga yang reseh juga melihat diriku mencangkul selokan dan area depan sampai jam 10 saja mengira aku nggak pernah puasa wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dahsyatnya pikiran ya, aku kalau liat orang mikir gini terus ghibahin, betapa energi mereka lebih ya dari kita sendiri yang punya kegiatan ha ha ha

      Delete
  3. Gak terasa Ramadan sebentar lagi. Memang kita harus pintar-pintar agar jadi manfaat. Ada banyak saudara kita yang mungkin belum beruntung seperti kita hari ini. Dompet Dhuafa sangat menginspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, rasanya bersyukur sampai nanti sampai mati ya mas

      Delete
  4. Siap jadi manfaat agar kita bisa meraih pahala dan malam lailatul qodar

    ReplyDelete
  5. Harus bnaget y mba diisi dengan kebaikn melalui dompet dhuafa Kita bisa melakukan nya fisalury kepd yg berhak caranya Juga mudah

    ReplyDelete
  6. semoga diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menyambut dan melaksanakan ibadah puasa ramadhan.semoga bisa berbuat dan menebar manfaat bagi orang sekitar.semoga ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya

    ReplyDelete
  7. Nggak terasa bentar lagi bulan puasa ya. Selamat menunaikan ibadah puasa buat teman2 muslim semua. semoga bisa ibadah dengan nyaman

    ReplyDelete
  8. Sungguh bergerak pada kebaikan ini gak mudah yaa..
    Padahal semuanya benar #JadiManfaat
    Semoga kita gak hitung-hitungan pakai matematika menusia ketika melakukan kebaikan.

    Barakallahu Dompet Dhuafa atas gerakan dan program #JadiManfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya ada cerita kenapa kadang kita baik tantangannya banyak...karena disitulah jalan jemput rahmat Allah.

      Delete
  9. Semoga target yang ingin dicapai Dompet Dhuafa bisa tercapai ya, apalagi bertepatan dengan bulan penuh berkah

    ReplyDelete
  10. Wah sungguh membahagiakan kalau di Bulan Suci bisa terus menebar kebaikan kepada sesama, Barakallaah..

    ReplyDelete
  11. ngga kerasa banget udah Ramadan lagi. Setelah dua Ramadan nahan2 diri ngga kumpul dan selalu tarawih di rumah, tahun ini mau balik tarawih di mesjid. Dan seneng banget baca ceritanya bisa berbagi manfaat bareng Dompet Dhuafa. Semoga amalan kita di bulan suci tahun ini diterima Allah SWT :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah. Iya mas, rasanya balik lagi pada suasana yg banyak orang kangen ya, berburu takjil, ngabuburit ,bukber, tadarusan,taraweh ...dsb dll. Happy!

      Delete
  12. Alhamdulillah, tahun ini bisa ketemu lagi dengan ramadan dan tentunya selalu semangat walau masih pandemi. Karena, pasti bisa kita lalui seperti tahun-tahun sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mba dua takut dalam diam dan "ketakutan" Allah berikan kenikmatan saat ini ya

      Delete
  13. Alhamdulillah sudah hari ke2 Ramadan semoga setiap harinya kita selalu bisa jadi manfaat untuk sekitar...aamiin allahumma aamiin. Selamat berpuasa mbak git

    ReplyDelete
  14. Suka sama tagline Ramadan dari dompet Dhuafa tahun ini, #JadiManfaat karena memang sebaik bai manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes...karena yg fana adalah waktu . Waktu seperti pedang yg bergerak cepat...

      Delete
  15. Dari tahun ke tahun, Dompet dhuafa selalu berkontribusi pada kebaikan dan memberi manfaat
    Semoga di Ramadhan kali ini saat situasi perlahan stabil
    Akan banyak kegiatan positif yang digelar oleh Dompet Dhuafa

    ReplyDelete
  16. Selamat menjalankan ibadah puasa kak Gita. Setuju dengan kata-kata kak Gita kalau kita lakukan berbagi bersama-sama maka akan terasa dampaknya. Salam hangat kak @dewi_puspa

    ReplyDelete
  17. Pagi kakak Gita,selamat menjalankan ibadah puasa ya.Semoga puasanya berjalan lancar tanpa godaan. Karena puasa itu yang tidak kuat bukan tahan lapar dan haus,tetapi emosi

    ReplyDelete
  18. Gak terasa udah ramadan lagi, dan waktu berlalu begitu cepat. Selamat menunaikan ibadah puasa ya kak!

    ReplyDelete
  19. Semangat berpuasa ya Kak, jadi kangen ya ketemu pas ramadhan begini.
    Sehat selalu dan keluarga juga sehat ya.

    ReplyDelete
  20. Ramadhan ini memang mengingatkan untuk senantiasa menjadi manfaat ya mba untuk seluruh alam, dan semoga gak lupa biar ga cuma di bulan puasa aja tapi seterusnya, amin ya rabbal alamin

    ReplyDelete
  21. Dompet Dhuafa emang selalu ngajakin kita untuk berbuat baik dan membantu sesama yaa, cara untuk berbuat baik, beramal pun udah sangat mudah disediakan sama DD

    ReplyDelete
  22. Mau jadi lebih baik lagi di ramadhan tahun ini. Kemarin2 rasanya masih kurang maksimal ibadahnya. Tahun ini harus lebih baik

    ReplyDelete
  23. Dompe Dhuafa memang rekomended. Bisa menyalurkan sampai ke pelosok yang kita belum tentu bisa ke sana. Semoga Ramadan kali ini lebih berkah.

    ReplyDelete
  24. Pandemi sudah menjadi endemi, semoga ibadah puasa dan lainnya di bulan Ramadan ini lebih berkah. Semangat terus untuk Dompet Dhuafa dalam megemban amanah.

    ReplyDelete
  25. Sebenernya wajar para majikan di HK itu berpikir gitu, Krn mereka blm terbiasa dan ga pernah merasakan puasa ya 😊. Temen2ku yg foreigners pas di kampus dulu banyak yg Heran juga kok aku bisa kuat 🤣. Mana seringnya ga sahur. Tapi ya gimana kita udh ngerasain nya sejak kecil 😅. Lama2 toh badan kuat sendiri.

    Dompet dhuafa yg paling aku percaya utk membayar zakat fitrah dan zakat harta selama ini. Juga utk donasi. Dulu sempet pake juga lembaga kemanusiaan utk menyampaikan sedekaj, tapi kemudian ada kabar mereka cendrung pro utk memberi pendanaan ke orang2 yg dianggab teroris, langsung aku cut, ga mau lagi. Sekarang cuma yakin Ama dompet dhuafa aja.

    ReplyDelete

Post a Comment