Jadi Chef di Rumah Bersama Polytron

50 comments
Bahan masakan (Dokpri)

Dlahirkan sebagai wanita adalah anugerah. Wanita dianugerahi kodrat yang membuat hidupnya bermakna dan bermanfaat. Datang bulan, hamil dan menyusui adalah kodrat wanita. 

Saat mengalami haid pertama, saat itulah seorang anak perempuan menjelma menjadi seorang wanita. Fase selanjutnya menikah dan hamil. Pada fase ini bisa dikatakan seorang wanita nyaris sempurna. Dan saat melahirkan dan menyusui anaknya, wanita dikatakan sempurna, menjadi ibu.

Namun demikian,  tuntutan demi tuntutan satu demi satu muncul saat seorang wanita memasuki fase kehidupan menjadi ibu. Contohnya menjadi guru si kecil, tugas mulia yang secara otomatis menempel sejak kehadiran si buah hati dalam keluarga.

Tuntunan selanjutnya adalah menjadi chef keluarga. Kebutuhan dan pemenuhan gizi keluarga menjadi tanggung jawab kaum ibu secara umum. Untuk yang satu ini, kaum ibu jaman now bisa dikatakan diberikan banyak kemudahan. 

Ketersediaan info mulai dari resep sampai tutorial membuat berbagai makanan baik cemilan maupun makanan berat dengan mudah dapat diakses di berbagai sosial media. Jadi singkat kata semua ibu pasti bisa jadi chef bagi keluarganya😍😍

Memasak zaman sekarang menjadi hal yang happening banget. Karena urusan memasak saat ini, bukan hanya untuk diri sendiri atau keluarga saja , karena dari memasak saja yang tadinya nobody menjadi somebody. Masakannya menghasilkan uang, dikenal  masyarakat luas dan enak.

Urusan memasak ternyata bukan hanya urusan menyiapkan niat. Niat ada bahan- bahan ( bumbu-bumbu) belum siap, belum bisa juga kegiatan memasak dapat dilakukan. Atau niat memasak sudah ada, bahan siap semua, tetapi alat untuk memasak nggak ada, ini juga akan menghambat kegiatan memasak. 

Jadi 3 hal dalam kegiatan memasak itu harus ada :  Niat, Bahan dan Alat. 

Seperti kata chef Beatrix yang hadir dalam Cooking Demo with Polytron, bahwa kegiatan memasak itu selain niat, bahan dan bumbu- bumbu keberadaan alat masak juga akan mempengaruhi hasil masak itu sendiri. Contoh ,alat masak bisa mempengaruhi bagaimana tekstur dan cita rasa daging  ayam setelah kita rebus, ini berkaitan dengan tekanan tinggi dan uap yang dihasilkan.

Live Cooking demo yang bertempat di Farmers Market Margo City Depok dan dihadiri oleh komunitas Emak- Emak Blogger ini menampilkan 2 menu masakan. Yaitu  Hainan Chicken Rice dan Sup Bola-bola Ayam
Chef Beatrix (Dokpri)

Hainan chicken rice with Donabe ( DokPri)

Sore itu chef Beatrix sangat piawai dalam menyiapkan seluruh bahan masakan,mulai dari meracik hingga memasak semua bahan dilakukan dengan waktu yang tepat. Menu Hainan Chicken Rice dan Sup Bola-bola Ayam nggak butuh waktu lama untuk kami cicipi. Hanya butuh waktu 20 hingga 40 menit saja.

Hainan Chicken Rice dengan pelengkap kuah kaldunya sebagai menu pertama.yang saya nikmati. Aroma  jahe yang kuat, nasi dan ayam yang matang sempurna bikin saya mau nambah lagi sebenarnya ha ha ha.

Hainan chicken rice

Bahan Nasi:

300 gram beras

750 ml kaldu ayam ( satu ruas jari diatas beras)

3 siung bawang putih, dicincang halus

3 sdm bombay cincang 

30 gr jahe, dimemarkan

2 sendok teh garam

Secukupnya minyak wijen

1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan Kuah Kaldu:

3 siung bawang putih, cincang

1.000 kaldu ayam

1 sendok makan rata garam atau kaldu bubuk

Bahan siraman ayam:

1 sendok teh minyak wijen

2 sdt kecap asin

 5 sdm kaldu ayam 

Cara Membuat Nasi Ayam Hainan:

1. Rebus ayam di dalam air bersama jahe, bawang putih, dan daun bawang sampai mendidih. Masukkan minyak wijen, garam, dan gula pasir. Aduk rata. Masak sampai ayam matang. Angkat ayam. Lap kering. Buang tulangnya. Potong-potong.

2. Nasi, tumis bawang putih dan jahe sampai harum, masukkan beras Tuangkan kaldu. Tambahkan beras, garam dan merica. Tutup rice cooker masak sampai matang. 

3. Siraman ayam : campur jadi satu semua bahan, siram diatas ayam

Dengan bantuan alat Rice Cooker Donabe yang memilik teknologi Donaheat 3D yaitu panas yang merata dari 3 arah bikin nasi sepulen nasi Jepang, nggak bikin berkerak dan enak dikonsumsi hingga 48 jam. 

Sup bola-bola ayam (Dokpri) 

Saya kagum dengan chef jebolan Masterchef Indonesia session 4 ini, sup bola- bola ayam yang kaya akan rasa tomat mateng sempurna di atas Tiarapot Pro keluaran Polytron. 

Sup bola-bola ayam with Tiarapot Pro ( Dokpri)



Albondigas Soup

 1/2 kg paha ayam cincang 
 1 telur besar
 100 gr Bombay cincang halus
 1 cup nasi putih 
 3 siung bawang putih cincang halus
 2 sendok teh garam 
 sendok teh lada hitam bubuk
 sendok teh oregano kering
 50 gr kacang merah yg sudah empuk
 
 Sup
 3 sdm Bawang bombay cincang 
 3 siung bawang putih cincang
 2 liter kaldu ayam 
 250 gr tomat yang haluskan
 3 wortel besar potong potong sprti kentang
 3-4 kentang potong
 
Opsional: 
Irisan daun ketumbar dan jeruk nipis yang baru dicincang

Cara Membuat :
1. Campur ayam giling, telur, bawang merah, beras, bawang putih, garam,  bawang putih, merica, dan oregano ke dalam mangkuk besar dan aduk dengan tangan atau sendok sampai tercampur.

2 Bentuk bola 2 inci dari campuran dan atur bola di piring untuk nanti.

3 Tumis bawang bombay dan bawang putih, tambahkan kaldu ayam dan tomat yang dihancurkan ke Tiarapot, didihkan dengan api sedang-tinggi.

4. Tambahkan wortel, kentang, kacang merah ke dalam panci dan biarkan mendidih lagi selama 5 menit lalu kecilkan api menjadi sedang-rendah.

5. Tambahkan bakso ke dalam kaldu dan biarkan masak selama 10 menit 

6.Tambahkan 2-3 gelas air lagi jika perlu dan biarkan mendidih selama 10-15 menit lagi, atau sampai sayuran lunak.

7  Angkat panci dari api dan biarkan dingin selama 5 menit sebelum disajikan dengan irisan daun ketumbar dan jeruk nipis yang baru dicincang.

Before After kacang merah ( Dokpri)

Alat yang memiliki 12 fungsi mode untuk memasak ini bikin masakan matang sempurna. Tarapot  Pro adalah panci yamg memiliki fitur Smart Steam Releese yang membuat katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi dan dapat melepaa uap dengan cepat sesudah masakan. Pilihan moms banget nih karena proses memasak jadi lebih cepat , hemat waktu dan praktis.  Design Tiara Pro juga kokoh ya, jadi siapapun bisa memasak seperti halnya chef Beatrix.

Material dari Rice Cooker ini cantik banget yaitu ceramic coating yang memiliki lapisan lebih tebal dari panci biasa. Food grade ,praktis karena dapat memasak, memanaskan dan mengukus. Jadi urusan dapur lebih praktis ya...

Kemudahan lainnya adalah ketersediaan perlengkapan dan peralatan masak yang makin memudahkan kaum ibu untuk mengolah berbagai bahan menjadi sajian lezat dan bergizi bagi keluarga tercinta.

So, selamat memasak ya moms


Related Posts

50 comments

  1. Waaah bisa masak nasi hainan pakai rice cooker Polytron. Resepnya unik dengan alat yang unik juga ya ... kapan ya Cooking Demo with Polytron ada di Makassar juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masak jd praktis .Nah, semoga brand ini sampai ke kotamu ya kak. Aamiin

      Delete
  2. Kalau ada alatnya yang praktis dan canggih kayak dari Polytron ini, niat masak terus tiap hari. Kebutuhan makan keluarga jadi lebih istimewa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, benar emang kata chef Beatrix ada alat masak yg membantu ini bikin happy masak segala masakan akan dicoba

      Delete
  3. Gak usah ke restoran cukup bikin di rumah aja juga enak selama ada alat serba guna dari polytron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya rajin coba berbagai macam resep ya intinya

      Delete
  4. Rice cooker ya idaman nih Kak.
    Bikin urusan masak gak pakai drama atau mager.
    Jadi banyak ide kreatif yang bisa tersalurkan 🤩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, harganya juga aturable lho ini ha ha ha

      Delete
  5. memasak memang hal yang menyenangkan karena kita bisa berkreasi dan tentunya akan optimal jika ditunjang dengan peralatan terbaik

    ReplyDelete
  6. Asik nih ada resep lengkapnya, tapi ga tau kapan mau masaknya, andai punya alatnya dari polytron ini, bisa masak tiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat ya, terima kasih banyak

      Delete
  7. Wah asyik sekali, satu alat dengan dua belas fungsi. Beneran berasa jadi chef yang bisa memasak apa saja. Jadi pengen punya. Bisikin harganya dong.
    Selama ini saya memang pakai bantuan alat elektronik kalau masak agar cepat dan praktis. Pas mager banget masak sekali pakai magic comp tapi yang cuma bisa untuk 3 fungsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha harganya terjangkau mba ini dibawah 1juta lho...

      Delete
    2. Iya, sudah cari tahu. Tinggal eksekusi saja, tapi ada laptop di deretan wishlist. Huhuhu.

      Delete
  8. Ya Allah~
    Nikmat banget bisa makan makanan lezat masakan sendiri dengan menggunakan alat canggih dari Polytron, Tiarapot Pro. Meski katanya Rice Cooker, tapi manfaatnya luar biasa.

    ReplyDelete
  9. Perangkat memasak yang multi fungsu seperti Tarapot  Pro polytron ini ngebantu banget untuk membuat aneka hidangan yang variatif tapi lebih efisien namun rasanya juga enak.
    Perangkat memasak donabe juga ngebantu banget urusan membuat aneka makanan yg lezat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, liat demonya gampang banget pengoperasian alatnya

      Delete
  10. Jadi berasa kaya chef ya kalau punya alat dari polytron ini. Mantap, deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha pas ya ama judul tulisannya, mksh mba semoga bermanfaat

      Delete
  11. Gampang ya bikin nasi hainan, aku kira bakalan banyak stepnya ternyata langkahnya mudah. Tarapot ini muat banyak ya, bikin sup bisa untuk sekeluarga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga baru tahu oh gini toh bikin nasi hainan. Insya Allah muat mba ha ha ha

      Delete
  12. waduh... ini mah aku mesti punya satu di rumah karena memudahkan proses memasak dan jadi makin sering masak deh

    ReplyDelete
  13. Menarik banget alat masaknya, dalam 1 alat ini bisa masak apa aja. Kalau punya alat ginian, tiap hari rajin masak, karna itu terlihat praktis dan mudah.

    ReplyDelete
  14. Membuat Nasi Hainan menjadi lebih mudah dan praktis, hanya berbekal rice cooker. Memang keren dan canggih produk Polytron.

    ReplyDelete
  15. Saya seneng memasak. Tetapi, merasa perlu juga alat masak Polytron ini. Dari dulu pengen punya Tiara pot. Karena kalau lagi pengen yang praktis memang bakal kepake alat masaknya

    ReplyDelete
  16. Seru juga nih kalo punya Tiarapot Pro dirumah, bisa masak menu apapun yang jadi favoritnya keluarga, keren deh Polytron

    ReplyDelete
  17. Cukup masak dg peralatan produksi Polytron, bisa mendadak Chef Juna, ya kak 😊

    ReplyDelete
  18. Di zaman now, penting banget bisa punya alat masak seperti yang dikeluarkan oleh Polytron ini. Pengen rasanya punya juga.

    ReplyDelete
  19. Enaknya hidup di zaman sekarang. Serba praktis dan canggih. Semua teknologi berkembang cepat. Mau masak aja tinggal pencet. Ga kaya zaman nenek kita yg masak harus ditiup apinya.

    ReplyDelete
  20. Kalau pakai alat masak dari Polytron ini, memasak apapun jadi muda dan cepat ya mbak
    Bisa jadi chef andalan keluarga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi membahagiakan nih kak.
      Penasaran mau punya jadinya, apalagi bikin simple urusan msak-masak

      Delete
  21. Mau bikin hidangan apapun udh ga pake ribet karna inovasi peralatan memasak dari Polytron ini. Apalagi bagi yg punya beragam aktivitas padat, tetap bisa memasak di rumah karena alat memasak yg multifungsi mudah utk penggunaan nya

    ReplyDelete
  22. setelah kemarin menyimak keunggulan Tiarapot Polytron, kali ini aku fokus pada resep masakan soup yg namanya cukup unik ini, ditambah lagi tampilannya juga bikin gemas

    ReplyDelete
  23. Alat masaknya sungguh canggih sekali..
    Sebenernya juga sama terpukaunya dengan kak Gita, kenapa kalau yang masak chef tuh bahan-bahan pada nurut dan jadinya enaak gitu yaa.. Padahal menu bola- bola ayam rasa tomat ini juga masakan harian kita, heheh..
    Kudu pakai Tiarapot Pro dari Polytron nih.

    ReplyDelete
  24. Setuju nih dengan 3 hal yang perlu disiapkan, Kak. Niat, bahan , dan Alat. Niat dan bahan tanpa alat yang mendukung, masak jadi ga begitu bersemangat. Tapi nih, dengan Polytron Tiara Pot dengan pilihan mode nya bakal jadi makin bikin semangat dan maunya masak lagi dan lagi

    ReplyDelete
  25. tarapot pro idaman banget nih. apalagi untuk ibu rumah tangga yang ingin serba mudah dan cepat dalam memasak. semoga bisa beli deh

    ReplyDelete
  26. Asyik banget kalau sekalian lihat demo gini sebelum beli. Seperti seeing is buying. Karena 2 bulan lalu magic comp-ku mati total setelah dipakai masak rica ayam. Hiks.... Memang ditulisannya cuma untuk menanak nasi, sayanya yang ngeyel. Tapi seriusan, gimana caranya masak ayam dibuat bola-bola gitu.....

    ReplyDelete
  27. Memasak di rice kooker kayanya seru ya. Tapi sebenarnya aman ngga sih? Apalagi kalau kena gores gores sendok gitu kak

    ReplyDelete
  28. Produk Polytron emang keren2 dan awet sih, TV di rumah ku aja sejak kecil hingga skrg masih awet.

    ReplyDelete

Post a Comment