Liburan Asyik Dan Seru Bareng Traveloka

37 comments

Apa yang langsung terbersit di benak kamu kalau disebut Traveloka? 

Hahaha, sudah pasti banyak yang langsung kepikirnya liburan kan. Yup, sebagai salah satu platform yang memang sudah sangat familiar buat kita semua, Traveloka memang jadi andalan kalau kamu mau merencanakan sebuah liburan. 

Istanbul

Berbicara tentang liburan, rasanya pas banget nih untuk merencanakan liburan, maklum sudah di penghujung tahun di mana umumnya jadi waktu yang tepat untuk healing sejenak melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari yang cukup melelahkan. 

Blue Mosque

Liburan memang perlu dilakukan untuk mengembalikan semangat (recharge), mengurangi stress hingga jadi salah satu strategi yang bagus untuk mendekatkan diri dengan keluarga.

Ada berbagai macam gaya orang berlibur. Mulai dari yang hobinya dadakan atau go show, destinasi wisatanya cenderung itu-itu saja, atau malah yang suka dengan liburan menantang. Semuanya sah-sah aja koq, yang penting tujuan dari liburannya tercapai, jadi fresh lagi saat kembali dari berlibur.

Kalau saya pribadi lebih suka merencanakan jauh-jauh hari yang namanya liburan. Kenapa?? Buat saya kalau liburan sudah kita planning itu banyak keuntungannya. 

Sebut saja akomodasi seperti tiket dan penginapan. Harga tiket mulai dari bis, kereta api atau pesawat cenderung bergerak naik seiring mendekati peak season. Hal yang sama berlaku juga buat penginapan.

Tidak cuma soal tarif, kita juga punya banyak waktu untuk memilih tiket maupun penginapan yang sesuai dengan anggaran liburan. Jadi selain dapat tiket dengan harga yang oke, dapat juga penginapan yang oke dengan harga yang oke juga tentunya.

Tapi akan berbeda nih kalau saya ditanya tentang liburan idaman saya. Pasti kita semua punya angan-angan untuk bisa liburan ke suatu tempat. Kalau saya ingin suatu saat bisa berkunjung ke Turki. 

Liburan ke Turki bisa dibilang full package. Banyak destinasi wisata yang bisa dipilih, makanan dan cemilannya masih oke rasanya di lidah saya (based on baca artikel-artikel yang pernah ke sana ya,hiks), yang paling menarik itu posisi negara Turki sendiri yang kawasannya meliputi wilayah benua Asia dan Eropa. 

Kebayang kan bagaimana serunya kalau bisa berlibur ke negara di 2 benua sekaligus. Dan umumnya yang namanya perempuan, tidak lepas dari belanja. Di benak saya sudah terbayang bagaimana seru dan asiknya strolling cari oleh-oleh khas Turki yang beragam dan menarik perhatian. Hampir terlewat, tempat-tempat wisata di Turki umumnya adalah bangunan yang memiliki nilai sejarah.

Kalau berjodoh bisa liburan ke Turki, saya mau liburan dengan anak semata wayang saya nih. Berhubung dah bujang, hari-harinya selalu disibukkan dengan pekerjaan sebagai karyawan humas di salah satu TV swasta. Jadi liburan bisa saya manfaatkan untuk refreshing sekaligus ajang bonding dengan anak. So close!

Untuk tanggal liburannya sendiri, saya inginnya bukan di tanggal-tanggal peak season gitu sih. Pertimbangannya ya seperti yang sempat saya singgung di atas, harga akomodasi mahal saat peak season.

Saya berencana untuk liburan dengan anak ke Turki itu di bulan April atau Mei saja. Detail rencana perjalanannya juga sudah saya buat lho.

Durasi liburan : 7/10 hari

Tujuan : Turki

Travel agent : Traveloka

Akomodasi :

Pesawat : by Emirates economy class

Hotel : DoubleTree by Hilton

Untuk itu saya berencana membeli paket bundling (tiket pesawat + hotel)  untuk liburan ke Turki ini di Traveloka karena lebih murah dibandingkan apabila saya membeli tiket pesawat dan hotel secara terpisah. 

Pesawatnya saya pilih maskapai luar agar liburan ke luar negerinya lebih terasa. Untuk penginapan, saya memilih DoubleTree Hotel yang dikelola oleh Hilton. Selain reputasinya yang sudah tidak diragukan lagi, DoubleTree Hotel ini ada di lokasi yang saya rencanakan akan kunjungi yaitu Istanbul dan Cappadocia. 

Maklum, yang namanya liburan itu kan harus nyaman. Apalagi lokasi hotel di Istanbulnya dekat selat Bosphorus. Terbayang bisa istirahat plus menikmati pemandangan selat yang indah.

Adapun destinasi wisata yang mau saya kunjungi, sudah saya susun nih daftarnya. 

1. City Tour di Istanbul City

Blue Mosque dan Hagia Sophia 

Hagia Sophia

Jadi destinasi wajib pastinya dong. Ikon tempat wisata di ibukota Turki ini menawarkan pengalaman liburan sekaligus sejarah. Pun baru sebatas melihat fotonya, sudah bisa dibayangkan betapa indah dan cantik serta berkelas arsitektur dari bangunan-bangunan ini. 

Taksim Square

Taksim Square

Destinasi yang tidak boleh dilewati nih. Di sini kita bisa berjalan-jalan menikmati pusat kota Istanbul, makan siang sampai makan malam juga bisa karena banyak kedai/café yang tersebar. Saya sih ingin mencicipi ayran (minuman yogurt dingin) dan dondurma, es krim yang dijual ddengan atraksi unik dari penjualnya. Di sini kita bisa lihat juga Monumen Republik yang menampilkan patung tokoh revolusioner legenda  Turki, Ataturk.

Grand Bazzar

Grand Bazzar

Rasanya wisatawan manapun tidak akan lupa ke sini yah… Surganya bagi pemburu cinderamata khas Turki. Di sini, kita bisa  menemukan berbagai barang menarik untuk dijadikan oleh-oleh, termasuk benda antik khas Turki. Grand Bazaar Istanbul dikenal sebagai salah satu pasar ruangan tertutup yang terbesar dan tertua di dunia. Konon, Grand Bazaar telah berdiri sejak tahun 1400-an lalu. Lokasi Grand Bazaar tidaklah terlalu jauh dengan objek wisata menarik lainnya, seperti Blue Mosque atau Masjid Biru.

2. Selat Borphorus

Selat ini memisahkan negara Turki bagian Eropa dan bagian Asia. Berwisata menyusuri selat ini, bakal banyak melewati tempat- tempat yang memanjakan mata seperti jembatan Galata, Istana Dolmahbahce, Istana Topkopi, Istana Ciragan, Masjid Ortakoy, benteng Rumeli Hisari, Bukit Camlica, menara Maiden.

Khusus Istana Topkopi dan Menara Maiden, selain memandang dari kejauhan, saya berencana mengunjungi langsung kedua tempat tersebut. Istana yang konon pernah ditinggali oleh sekitar 4.000 orang ini sekarang dijadikan museum. Di dalamnya terdapat tongkat Nabi Musa AS dan peninggalan-peninggalan Nabi Muhammad SAW. Jadi bisa menjadi wisata reliji bagi saya dan anak.


Kalau Menara Maiden, berhubung saya salah satu penggemar film-film James Bond, rasanya sayang kalau tempat ini dilewati. Menara Maiden jadi salah satu tempat yang sering digunakan untuk background syuting film Turki dan internasional. 

The world Is Not Enough dan From Russia With Love adalah film-film James Bond yang mengambil lokasi syutingnya di menara ini. Bisa membayangkan aktor idola beradegan sambil kongkow cantik di café dan restoran yang ada di dalam menara ini pastinya jadi hal yang sesuatu banget deh.

3. Cappadocia

Cappadocia

Pilihan berlibur di bulan April atau Juni saya pilih karena pada bulan ini, kawasan Cappadocia sedang mengalami musim semi, saat yang tepat untuk menikmati Cappadocia yang eksotik dengan udara yang sejuk. 

Cappadocia merupakan semua kawasan yang sangat luas, terkenal dengan hamparan batuan vulkanik lunak yang terbentuk oleh erosi dari gunung berapi selama jutaan tahun. Batuan itu menjadi beragam bentuk yang unik seperti menara, kerucut, lembah, dan gua. 

Kota Bawah Tanah Capadoccia

Beberapa batuan tersebut bahkan memiliki tinggi hingga 45 m. Saya pun sudah membuat daftar tempat-tempat yang akan saya kunjungi di Cappadocia ini kalau liburan ke Turki.

Goreme

Destinasi wajib karena Goreme merupakan pusat pariwisata di Cappadocia. Kota kecil ini sangat lekat dengan fairy chimneys-nya karena banyak bebatuan eksotis menyerupai cerobong peri dengan mudah kita temukan di sini. 

Goreme

Tidak saja menawarkan pemandangan bebatuan yang indah, di Goreme kita juga tidak boleh melewatkan naik balon udara. Tapi ada yang menarik perhatian saya nih di Goreme ini, ternyata kita bisa lho berkuda di Taman Nasional Goreme. 

Kebayang nggak sih naik kuda sambil melihat pemandangan balon udara ditemani sejuknya angin. Wow banget pastinya ya.. Apalagi bagi saya yang suka banget dengan kuda.

Tuz Golu (Danau Garam )

Tuz Golu merupakan wisata danau dengan perairan asin. Kadar garamnya yang cukup tinggi menjadikan danau ini sebagai salah satu sumber penghasil garam di Turki. Uniknya lagi, fenomena alam menyebabkan danau ini memiliki warna perairan merah darah, lho.

Mungkin ada yang bertanya apa serunya melihat danau garam sih? Eits, jangan pesimis dulu mikirnya, kalau ke danau garam nggak bakal jadi kegiatan yang membosankan deh. Di danau garam ini kita bisa dengan mudah menemukan burung flamingo lho. 

Danau garam

Burung dengan kaki jenjangnya ini bisa jadi obyek foto-foto yang cantik. Bisa motret burung cantik ini dengan back ground putihnya danau dijamin jadi foto yang epik bukan?

Danau Garam pada musim dingin dengan kota Larnaca di latar belakang


Kaymakli


Ini adalah kota bawah tanah yang sudah ada sejak 3.000 SM. Saya penasaran ingin melihat langsung design ruangannya yang sangat menakjubkan.

Whirling Dervish

Kalau yang satu ini benar-benar tidak boleh diskip. Menonton tarian sufi khas Turki bakal menambah seru pengalaman liburan saya.

Tarian sufi (Wirling Dervish )

Hal terakhir yang juga sudah saya buat adalah list oleh-oleh. Apalah artinya kalau balik liburan tidak membawa oleh-oleh. Serasa ada yang hilang. Pernak-pernik seperti gantungan kunci, tempelan kulkas, piring pajangan dengan motif blue eyes khas Turki sudah pasti bakal saya beli dong.

piring pajangan

Untuk cemilannya saya akan membeli sedikit saja baklava berhubung bukan penggemar cemilan manis tapi penasaran dengan rasanya. Tas etnik juga akan masuk daftar belanjaan saya nih ditambah gelang-gelang yang motifnya bikin saya jatuh cinta.

baklava

Hmmm, baru sekedar membayangkan suatu saat bisa liburan ke Turki saja sudah asik dan seru kan😀. Keinginan ada, planning sudah rapi, tinggal eksekusi nya saja nih untuk mewujudkan mimpi saya bisa liburan dengan anak tercinta ke Turki. 

Nabung pastinya jadi salah satu usaha agar liburan idaman terkabul. Tapi bukan hal yang mustahil misal ada saudara yang mau bayarin atau dapat durian runtuh seperti menang lomba dan dapat hadiahnya jalan-jalan gratis ke Turki. Nothing is impossible, right?!

Kenapa saya memilih Turki jadi tujuan liburan idaman saya? Pertimbangannya ada 2, eksotik dan aman. Turki sendiri pernah sempat menutup perbatasannya karena pademi COVID-19, sekarang Turki sudah membuka kembali negaranya bagi wisatawan dari negara mana pun, termasuk Indonesia. 

Turki pun telah menerapkan Safe Tourism Certification Program untuk memastikan bahwa fasilitas pariwisata di negaranya telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi pekerjanya maupun wisatawan yang datang berkunjung. 

Jadi selain persiapan umum seperti tiket transportasi, penginapan maupun wishlist tempat wisata yang ingin dikunjungi, kitapun sudah memahami ya apa-apa saja yang bakal kita persiapkan untuk perjalanan liburan di era new normal ini 

So, selalu ikutin suara hati dan jalani hidup dengan caramu #LifeYourAway 

Turkiye..what a dream!!!!!

Sumber info & foto Traveloka, Wikipedia

Related Posts

37 comments

  1. Sama Mbak, pengennya liburan bukan di peak season. Selain ticket penerbangan lebih murah, suasana lebih nyaman pula karena gak terlalu rame.

    ReplyDelete
  2. Seru banget rencana liburannya apalagi pake traveloka yg memudahkan kita untuk mencari persiapan liburan.. Jadi dgn adanya traveloka semua bakal terencana dgn indah..

    ReplyDelete
  3. Daku juga kepingin dong kak traveling ke Turki, karena banyak jejak sejarah Islam di sana yang kalau secara langsung ke lokasi kan lebih mantap lagi belajarnya

    ReplyDelete
  4. Liburan makin seru, dg direncanakan dan memanfaatkan program traveloka

    ReplyDelete
  5. Banyak banget y destinasi wisata di Turki dan semuanya unik2 serta indah duh kepengen bngt jalan2 ksanaa

    ReplyDelete
  6. Aku pernah nonton tarian sufi pas ada festival desa wisata di daerah lain. Ya mirip ama yang di turki ya.

    Aku malah penasaran naik balon terbangnya. Seruu kayaknya mba. Jadi pengin ke Turki. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha iya, aku liat di YT seru ...mesin balon menderu

      Delete
  7. Turki salah satu destinasi impian Aku, utk bepergian lintas negara memang harus di planning jauh2 hari dan sebaik2nya ya..

    ReplyDelete
  8. Wah lengkap banget itinnya kak...bisa nih buat contekan kalau ke Turki. Btw aku pernah dioleh²i tas dari Turki, sulaman gitu. Baguuus deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar ...bagus bagus ya cenderamatanya Turki

      Delete
  9. Wah mbak Gita kupikir anakmu msh SMA ternyata udah bekerja :D Asyik banget emang kalau traveling sama anak tuh apalagi liburannya ke luar negeri kyk Turki, banyak obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi ya, tak lupa tentu aja kulinerannya yang khas. Mau juga ronk diajakin ke sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha ya Gitu deh mba...anak udah gede makanya ortu tinggal jalan jalan ya

      Delete
    2. Ha ha ha gitu ya...siaplah klo nti dapat limpahan rejeki

      Delete
  10. Turki juga jadi salah satu wishlist traveling saya, karena lokasinya yang berada di dua benua. Semoga kita bisa segera liburan ke Turki ya. Amin!!!

    ReplyDelete
  11. Woaaa jadi Pengen ke Turki 💆‍♀️
    Negara yang Unik dan Keren banget

    ReplyDelete
  12. MashaAllah~
    Impian banget ke Turki.. Melihat berbagai bucket list, Turki sangat sangat menawan. Seru bnget kalau bisa travelling nyaman bersama Traveloka.

    ReplyDelete
  13. Baru lihat foto-fotonya aja udah bikin pengen berangkat dan menikmati keindahan Turki, sampai aku cek di Traveloka emang lengkap bgt ya penawarannya, gak pusing lagi pas mau travelling

    ReplyDelete
  14. Wih destinasi liburan impian kita samaan ternyata,saya juga pengen banget bisa liburan ke Turki terutama pengen ngerasain serunya naik balon udara di Capadoccia. Semoga impiannya segera terwujud ya.Aamiin

    ReplyDelete
  15. Mbak Gitaaaa aku mau dong titip kalo dikau ke Turki hahaaa

    Aku pengagum aksesoris dan aneka benda antik khas Turki. Grand Bazaar Istanbul dikenal sebagai salah satu pasar ruangan tertutup yang terbesar dan tertua di dunia. Jadi ke pasar = wisata itu bener banget ya!

    ReplyDelete
  16. Seruuuuu. Semoga impian untuk kelak bisa traveling selama 10 hari ke Turki dan mengunjungi banyak destinasi incaran bareng Traveloka, terlaksana. Aamiin.

    ReplyDelete
  17. Pengen banget ke Turki dari duluuu cuman waktu dan rejekinya belum kesampean :) Mudah2an ada di tahun ini. Kalau Traveloka saya udah pakai dari lama, buat urusan kerjaan, liburan keluarga sampe beli tiket pertunjukkan suka di Traveloka :D

    ReplyDelete
  18. Wah sya jg pengen bgt nih kak. Bisa ke Turki. Bisa menjelajah peradaban muslim di dunia termasuk salah satu impian jg

    ReplyDelete
  19. Turki memang paket lengkap, aku juga pengen ke sana. Bedanya aku pengen saat musim gugur karena suka suasana autumn. Di sana pengen puas-puasin naik tram sama cobain kereta cepatnya juga hehe. Kalau udah di sana, pengennya trus lanjut Yunani dan negara-negara Balkan.

    ReplyDelete
  20. turki ini memang sangat menarik ya buat dikunjungi soalnya dia berada di 2 benua sekaligus. apalagi pemandangan alamnya juga bagus makanya banyak banget ya memilih ke sana sekarang

    ReplyDelete
  21. Uniknya Turki dengan 2 benua dalam satu negara. Pernah lihat storynya kawan yang menyeberang perbatasan benua naik bus. Selain itu di Turki masjidnya indah dan bangunannya unik. Ingin ku ke sana.

    ReplyDelete
  22. Pakai Traveloka memang gak ribet. Saya beberapa kali pakai Traveloka. Dari mulai booking hingga pembayaran, semuanya dimudahkan. Jadi pengen ke Turki juga, deh

    ReplyDelete
  23. Wah impian banyak orang ini ya liburan ke luar negeri, ke Turki. Baca Capadoccia kog jadi inget kisah layangan putus yg viral 😂

    ReplyDelete
  24. MasyaAllah Turki emang selalu bikin ngiler sih, salah satu wishlistku juga bisa kesana kakk :((

    ReplyDelete
  25. Wah, Cappadocia. Mantap ini
    Kalau ke Turki tuh emang asyik karena bisa ke dua benua. Mana pemandangannya cakep-cakep lagi. Semoga mimpinya terwujud ya, Mbak

    ReplyDelete
  26. wah turki, keren banget.. pengen rasanya ngunjungi banyak wisata di sana sampe ke hidden place nya.. apalagi sekarang udaha da traveloka, jadi makin gampang kemana-mana

    ReplyDelete
  27. Good idea banget ya mb. Mending rencanain dulu pakai traveloka biar dapat beragam promo seru. Aiiiih aku jg mau ke Turki mb

    ReplyDelete

Post a Comment