Mimpi Adalah Kunci Untuk Kita Menaklukkan Dunia

2 comments

Orang bijak mengatakan " Jangan pernah berhenti bermimpi, karena mimpilah yang menumbuhkan asa dan harapan dalam menjalani kehidupan.”

Banyak hal yang terjadi dalam hidup, mulai dari hal menyenangkan hingga menyedihkan. Setiap langkah yang terjadi pun nggak bisa kita rencanakan, tapi nggak pernah ada yang kebetulan ya di dunia ini, karena semua jalan yang kita lalui sudah ditentukan oleh  Allah SWT dan tercatat di Lauhul Mahfudz  (menuliskan seluruh catatan mengenai takdir dan kejadian yang terjadi di alam semesta)

Doc Freepik

Allah menciptakan manusia sangat istimewa dan luar biasa. DimataNya semua sama. Mau yang berkulit putih atau hitam, cacat atau diberi fisik lengkap, keren atau b aja, istilah manusia, nggak ada pengaruhnya,  karena Allah lebih melihat pada amal dan perbuatan hambanya.

Saya senang dan sangat mengapresiasi ketika dapat hadir secara live di channel Youtube bersama ruang publik KBR ( Kantor Berita Radio ) dot id dan  NLR Indonesia,  organisasi nirlaba yang bekerja untuk menanggulangi kusta dan konsekuensinya.

Acara berdurasi satu jam ini mengangkat tema " Praktik Baik Ketenagakerjaan Inklusif : Mengantar Mimpi OYPMK & Disabilitas. Menghadirkan narasumber pak Antony Ginting Recrutment & Selection Manager HO Alfamart dan juga pak Abdul Mujib Ketua Forum Komunikasi Disabilitas Cirebon dan host mas Rizal Wijaya.


Melalui kolom chat, saya bertanya kepada pak Ginting, apakah dalam hal rekrutment, Alfamart melibatkan seorang Psikolog? Karena yang ada dalam bayangan saya stigma kusta masih ada di masyarakat dan tentu ini membutuhkan mental yang sangat siap ketika OYPMK akan terjun ke masyarakat, bekerja secara langsung yang notabene akan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang.

"Alfamart sangat terbuka untuk OYPMK ( Orang yang pernah menderita kusta ) dan teman - teman penyandang Disabilitas. Kami tidak melibatkan Psikolog secara khusus dalam hal rekrutment, tetapi kami berkunjung langsung ke sekolah atau kampus - kampus untuk tahu bagaimana metode dan materi yang mereka gunakan dalam menerima OYPMK & Disabilitas ini. 

Dokpri

Penerimaan pegawai tidak ada perbedaan sedikitpun seperti halnya seseorang melamar pekerjaan pada umumnya, menyerahkan berkas, wawancara dan psikotest. Hanya metode saja yang berbeda, ada yang datang langsung, ada pula yang online, ada yang dengan alat bantu. Intinya adalah kami ingin membantu teman - teman disabilitas dan Alfamart dapat meyakinkan customer bahwa OYPMK & Disabilatas cukup luar biasa. 

Penyandang disabilitas ialah orang yang mempunyai keterbatan fisik, mental, intelektual, atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sikap masyarakat, dapat menemui hambatan yang menyulitkan untuk berpartisipasi penuh dan efektif berdasarkan kesamaan hak.( Undang- undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Disabilitas )

Ini tantangan, karena kami tidak mau hanya dianggap menjalankan kewajiban saja yang tertuang di undang - undang.  karena visi dan misi Alfamart dari awal berdiri selain menciptakan kesetaraan dan kemandirian,  retail ini mempunyai value yang dimiliki oleh masyarakat luas, tidak memandang suku dan kondisi apapun. 

Dengan 17 ribu store kami mendukung semangat disabilitas mampu mobilitas secara mandiri". Antony Ginting Recrutment & Selection Manager HO Alfamart

Dokpri

Definisi gangguan fungsional atau disabilitas adalah sebuah masalah pada fungsi tubuh atau struktur tubuh yang mengakibatkan terbatasnya aktivitas dan partisipasi, baik dalam jangka waktu temporer atau lama permanen. (International Classification of Functioning, Disability, and Health( ICF/WHO, 2001 )

Kalau kita amati di pusat keramaian  atau ruang publik lainnya kadang penyandang disabilitas hanya menjadi pusat perhatian saja.Disabilitas dengan gangguan fisik, dapat karena sebab penyakit atau kecelakaan.

Karena mereka sebelumnya normal secara fisik dan mental. Keberadaan mereka entah dengan kursi roda atau tongkat sebagai bantuan berjalan masih dipandang sebagai satu hal yang dilihat beda. Memandang aneh tepatnya.

Hal ini juga yang mendorong pak Abdul Mujib mendirikan FKDC ( Forum Komunikasi Disabilitas Cirebon) pada bulan April tahun 2007. Dengan anggota 285 orang pak Mujib sebagai ketua forum selalu memberikan motivasi semangat percaya diri kepada anggotanya.

"Yang kenal kita itu diri kita sendiri bukan orang lain. OYPMK harus tahu kelebihan dan kekurangan diri dan sekaligus paham juga tentang Kusta. Seperti kenal ciri fisiknya. Sehingga dengan mengenal diri sendiri maka akan mudah juga mengenali orang lain atau orang yang pernah menderita kusta khususnya. Nah dengan kenal, maka akan terbangun rasa percaya diri. Dan akhirnya akan biasa saja bekerja dan berbaur dengan masyarakat.

Dokpri

Selain itu OYPMK harus melakukan dan menjaga kebersihan diri karena semua ini akan berimbas pada kesiapan mental untuk terjun ke masyarakat dan bertemu orang.

FKDC juga mewadahi anggotanya berkegiatan, seperti membuat konten- konten di Youtube, atau terjun langsung juga terhadap issue- issue yang ada,seperti bulan lalu FKDC diminta untuk mensosialisasikan UU ketenagakerjaan. Moment - moment seperti ini tidak bisa kita lewatkan karena moment ini juga akan menambah kepercayaan diri OYPMK dan teman- teman Disabilitas"

Akhirnya dengan data base yang ada ,semoga ke depan makin memudahkan perusahaan yang akan merekrut OYPMK dan Disabilitas. 

Yuk kita bangun rasa kepedulian kita terhadap penyandang disabilitas baik yang secara fisik maupun mental, untuk memberikan ruang yang seluas- luasnya.Mereka memang mempunyai keterbatasan fisik dan kemampuan yang berbeda tetapi sebagai warga negara mereka mempunyai hak yang sama.

Mimpi Adalah Kunci Untuk Kita Menaklukkan Dunia!!! Ayo bangun dan wujudkan!


 

Newest Older

Related Posts

2 comments

  1. setuju banget bahwa mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia!!! Ayo bangun dan wujudkan! :D semangat!!!

    ReplyDelete

Post a Comment