7 Hasil Wakaf di Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa

12 comments


Siapa orang yang bahagia? Orang yang terhenti nafasnya tapi pahalanya mengalir...

Mendengar kata- kata ini di acara “Intimate Gathering : Bersama Lebih Bermakna” Dompet Dhuafa, yang berlangsung pada hari Senin 30 Oktober 2023, kita akan ingat kisah Utsman bin Affan RA yang menjadi tonggak sejarah wakaf.

Utsman bin Affan RA adalah sahabat Rasulullah SAW yang dikenal kelembutan dan kedermawanannya. Kalau kita berkunjung ke Madinah, kita akan menemukan hotel dan Masjid Utsman bin Affan.

Masjid Al-Madinah #Wakaferse

Ini bukanlah hanya sekedar nama yang digunakan pemilik hotel. Hotel dan masjid itu memang benar-benar dibangun dari rekening tabungan milik Utsman bin Affan yang sudah berusia kurang lebih 1.400 tahun.

Kisah hotel Utsman bin Affan berawal saat kaum Muslimin berhijrah ke Madinah. Saat itu, jumlah umat Islam bertambah banyak. Dampaknya, umat Islam mulai kesulitan air bersih. Sewaktu di Makkah, ketersediaan air begitu melimpah. Sementara di Madinah, umat Islam praktis hanya mengandalkan sumur.

            Madina Green House #wakaferse

Sumur terbesar di Madinah hanyalah milik Biru Rumah, seorang Yahudi. Oleh umat Islam, sumur itu hendak dibeli. Namun, pemilik menjualnya dengan harga yang sangat tinggi. Mengetahui kabar itu, Rasulullah sempat menawarkan kebun luas sebagai gantinya. Tapi tawaran tersebut ditolaknya.

Datanglah, Ustman bin Affan. Ia menawarkan pemiliknya sistem sewa. Mekanisme, pemilik dan penyewa akan menggunakan sumur tersebut bergantian setiap harinya. Skema ini berhasil dijalankan. Umat Islam secara tertib teratur menggunakan sumur tersebut. Karena merasa rugi, pemiliknya menjual sumur tersebut 20.000 dirham.

Wakaf sumur Ustman terus berkembang. Oleh pemerintah Ustmaniyah, wakaf Ustman dijaga dan dikembangkan. Perawatan wakaf Ustman ini dilanjutkan Kerajaan Saudi. Alhasil, dikebun tersebut tumbuh sekitar 1550 pohon kurma. 

Kerajaan Arab melalui kementerian Pertanian mengelola hasil kebun wakaf Utsman. Uang yang didapat dari panen kurma dibagi dua; setengahnya dibagikan kepada anak-anak yatim dan fakir miskin lalu separuhnya lagi disimpan di sebuah bank dengan rekening atas nama Utsman bin Affan.

Masya Allah Pahala mengalir abadi. 

Lantas bagaimana kita di Indonesia mengenal wakaf?

Wakaf  dulu identik dengan 3 M yaitu makam, masjid dan madrasah. Sehingga wakaf diidentikan sebuah donasi yang diperuntukan untuk sarana ibadah dan dilakukan oleh orang tua yang mempunyai harta seperti tanah peninggalan. Nah atas dasar pemikiran ini maka orang lebih memilih pada zakat & sedekah. 

Melalui WAKAFERSE, Dompet Dhuafa berkhidmat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui wakaf, baik wakaf uang ataupun wakaf melalui uang dan instrumen wakaf lainnya. 

Kampus #Wakaferse

Dompet Dhuafa sebagai lembaga philantrophy terus mengaungkan manfaat wakaf setiap menjelang akhir tahun. Dengan berwakaf kita mampu memberdayakan masyarakat.

Ditempa antara bisnis dan ibadah, membuat Dompet Dhuafa terus mensosialisasikan wakaferse, baik online atau offline seperti ke kampus- kampus, majelis taklim bahkan anak- anak muda yang ada di ruang publik. Bagaimana wakaf lebih ringan, banyak yang berkontribusi dan masyarakat banyak terbantu.

Di kawasa Zona Madina Dompet Dhuafa, Parung, Bogor yang memiliki luas 8,5 hektar ada 7 hasil wakaf yang dikelola Dompet Dhuafa, seperti : 

1. Masjid Al-Madinah 

Dari masjid inilah dimulai perubahan dalam masyarakat baik dibidang Pendidikan, Sosial, Kesehatan, ekonomi serta budaya.

2. RS Rumah Sehat terpadu Dompet Dhuafa ( RS RST DD )

RS RST DD #Wakaferse

RS RST DD #Wakaferse

RS RST DD #Wakaferse

Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa ini adalah rumah sakit wakaf yang berdiri pada tahun 2012. RS RST DD awalnya  memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi kaum dhuafa ( tidak mampu ) disekitaran Bogor. 

RS RST DD #Wakaferse

RS RST DD #Wakaferse

Tahun 2014 rumah sakit ini makin berkembang dan terbantu dengan adanya program-program pemerintah. Yang kemudian keberadaannya justru memberi kemudahan untuk semakin besar memberikan pelayanan pada masyarakat. Seperti pada tahun 2015 ketika ada bpjs juga makin memudahkan masyarakat berobat bahkan dapat penghargaan sebagai rumah sakit yang sangat baik berkontribusi dengan bpjs. 

Nah tahun 2016 RS Rumah Sakit Sehat Terpadu dibuka untuk umum karena awalnya ada masyarakat yang merasa kemahalan kalau datang berobat ke rumah sakit kelas b sedangkan kalau datang ke rumah sakit kelas c nggak ada alatnya.

3. Sekolah SMART Ekselensia Indonesia Dompet Dhuafa 

Sekolah ini awalnya adalah rumah, yang kemudian dibuat menjadi sekolah SMP dan SMA pada tahun 2003 dengan nilai aset wakaf 4M pada saat itu. Adik-adik yang bersekolah di sini datang dari seluruh Indonesia. 

SMART #Wakaferse

Walaupun mereka memiliki keterbatasan secara ekonomi jangan ragukan kemampuan mereka ketika masuk ke jenjang perguruan tinggi. Karena jebolan SMART banyak tembus di universitas - universitas ternama Indonesia. Modalnya adalah niat dan bersungguh- sungguh.

Man Jadda Wajadda siapa yang bersungguh maka ia akan menemukan atau siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan dapat.

Hamka & M.Jalal murid SMART

Perpustakaan SMART #Wakaferse

4. Madina Zoo

Ini adalah tempat yang anak - anak sukai selain tempat bermain yang sudah ada lebih awal di kawasan Zona Madina. Bagaimana anak - anak dapat mengenal hewan secara dekat, adalah satu kegembiraan bagi keluarga dan anak- anak itu sendiri. Ada kandang burung dan hewan melata yang dapat kita lihat di area ini.

Madina Zoo #Wakaferse

5. Guest House Madina

Untuk keluarga atau komunitas yang ingin liburan atau hanya sekedar bermalam, Zona Madina juga menyediakan Guest House Madina.

House of Madina #Wakaferse

6. Ruko

Deretan ruko juga bisa kita temui di kawasan Zona Madina. Dari mulai Ruko yang menjual hasil buah dan sayuran dari para petani binaan Dompet Dhuafa hingga optik yang menyediakan kacamata untuk penghapal Al'quran. 

Ruko #Wakaferse

Optik #Wakaferse

7. DayaMart

Masyarakat cukup familiar dengan tempat belanja  yang satu ini ,karena selain ada di kawasan Zona Madina, mini market ini juga berada di beberapa wilayah Jabodetabek.

Daya Mart #Wakaferse

Terpuaskan mata seharian, dapat berkunjung melihat langsung dan terharu, bagaimana hasil wakaf  dan manfaatnya bagi masyarakat, ada di kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa

Benar kata pak Sahrawardi Manager Fundraising dan Komunikasi Zona Madina "Kita senang dan ikut bersyukur, melihat satu demi satu tempat yang dibangun dari hasil wakaf. Wakaf zaman sekarang  seharga segelas kopi saja sudah bisa kita lakukan. Untuk itu jangan tunda berwakaf "

Pak Wardi Dompet Dhuafa #Wakaferse

Selain rumah sakit,sekolah, mini market, mini zoo dan ruko, masih ada rumah UMKM dikawasan Zona Madina yang teduh dengan banyaknya tanaman dan pohon rindang. Rumah UMKM ini menyediakan berbagai produk makanan hasil olahan UMKM sekitar yang dibina oleh Dompet Dhuafa dari mulai menanam, mengolah kemudian mendistribusikan ke berbagi tempat, semua dalam pengawasan tim Dompet Dhuafa.

Green House Madina dengan tanaman melonnya yang siap panen antara 70 hingga 75 hari juga dapat kita temui antara area cafe dan house of Madina.


Memetik kopi #Wakaferse

Pohon kopi #Wakaferse

Beberapa pohon kopi dapat kita jumpai juga tepat didepan Cafe Madaya. Cafe ini bisa menjadi tempat santai bersama teman-teman dengan berbagai racikan kopinya yang dipetik langsung dari kebun petani binaan Dompet Dhuafa.  Oh iya ada juga paket wedding untuk teman- teman yang akan mengelar resepsi pernikahan di Masjid Al-Madinah 

Semua fasilitas ini dibangun dari hasil wakaf.Wakaf dinikmati semua orang yang pahalanya mengalir tiada henti. 

Blogger, influencer #Wakaferse

Yuk kita ambil bagian dari Wakaferse Dompet Dhuafa ini. Seperti halnya kami Blogger, Influencer, dan komunitas, yang bercita - cita ingin mengikuti jejak Utsman bin Affan RA, pahala mengalir abadi. Jangan ragu untuk berwakaf, walau hanya dimulai dari 10 ribu rupiah saja. Teruskan Kebaikanmu! 

Goodluck Dompet Dhuafa! 








Related Posts

12 comments

  1. MasyaAllah sebanyak ini ya hasil wakaf yg bisa dirasakan oleh umat, utk urusan wakaf dll Dompet Dhuafa memang sangat amanah dan ini dibuktikannya langsung di zona Madina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes! Semoga kita juga bisa jadi bagian ya kak berwakaf.

      Delete
  2. Kawasan Zona Madina ini bagus, komplit dan terintegrasi, ada Rumah sakit, sekolah, masjid, koperasi, keren

    ReplyDelete
  3. Oh kesemua hasil dari wakaf yang diberdayakan oleh Dompet Dhuafa ini berada di satu kawasan ya.. kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa, Parung, Bogor.
    Nyaman banget di hati dan semoga semakin banyak dana wakaf yang bisa digunakan untuk kebaikan ummat.

    Barakallahu fiikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, yang sekolah hanya seberangan jalan aja, lainnya dalam satu kawasan

      Delete
  4. Keren! Dompet Dhuafa bikin 7 proyek wakaf di Zona Madina. Semoga manfaatnya nyata buat orang banyak ya!

    ReplyDelete
  5. Manfaat wakaf memang perlu untuk terus digaungkan. Karena memberikan dampak signifikan sih ya untuk pemberdayaan umay

    ReplyDelete
  6. masyaAllah jadi sudah banyak fasilitas yang ada atas wakaf yang terkumpul ya, semoga berkah dan terus jadi bagian dari Wakaferse Dompet Dhuafa. Amin :)

    ReplyDelete

Post a Comment