Berbuat Baik Untuk Negeri Janganlah di Tunda-tunda Lakukan dan Sekarang

Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti
Padamu negeri kami mengabdi
Bagimu negeri jiwa raga kami


Lagu Padamu Negeri ciptaan Kusbini ini dinyayikan dengan khidmat oleh kurang lebih 300 tamu undangan yang hadir memenuhi ruang The Ice Palace Lotte Shopping Avenue Jakarta Selatan.

Mereka hadir untuk acara sharing dan diskusi terbuka dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2018. Yang mengangkat tema "Anak Muda Bangkit Dan Berdaya Untuk Indonesia'.


Sharing CEO Muda [dokpri]

Narsum BUMN [dokpri]


Saya speechlees berada dalam ruangan ini dan dalam hati berkata betapa generasi milenial saat ini dimudahkan dengan berbagai macam bentuk kegiatan untuk aktualisasi sekaligus mengapresiasi diri melalui teknologi informasi yang ada. 

Mungkin ada yang berkata"Ini di kota besar bagaimana dengan pemuda pemudi yang ada di desa-desa dapatkah mereka juga ikut andil bangkit dan ikut serta berdayakan generasinya untuk Indonesia tercinta ini"?

Jawabannya adalah mengapa tidak? Karena niat untuk berbuat satu kebaikan itu jangan di tunda-tunda, lakukan dan sekarang.


Hal ini dikatakan dengan yakin oleh  Heni Sri Sundani salah satu CEO muda yang hadir "Yang dibutuhkan Indonesia untuk masa depan bukan satu obor besar tetapi adalah obor-obor kecil yang terus menyala untuk negeri Indonesia"


Heni Sri Sundani [dokpri]

Bangkit! Kita itu jangan larut terus pada hal-hal yang berkaitan dengan masa lalu kenangan kita. Seburuk apapun ya nggak bakal maju kalau di copas terus justru akan selalu diam di tempat.


Bayangkan teman-teman Heni yang mempunyai modal awal 100ribu. Saat ini setelah melewati masa 5 tahun berkecimpung dalam komunitasnya akhirnya beliau dapat membantu 150 ribu anak petani di Indonesia sekolah. Sebuah pencapaian yang tidak main-main dan butuh sebuah pengorbanan fisik dan mental yang luar biasa.


Setiap orang perlu menemukan passion dalam dirinya masing-masing untuk dapat membantu orang lain. Pengorbanan yang dilakukan Heni sangat banyak. Sebagai salah satu lulusan terbaik di Hongkong, banyak tawaran-tawaran yang datang pada dirinya yang tentu saja menjanjikan pendapatan yang tidak dapat dikatakan kecil. Tetapi Heni tetap memilih pulang ke Indonesia. Untuk bersatu membangun negeri.

#SarjanaKampung [dokpri]

"Apa masalah yang ada di sekitar kita sesungguhnya?
Tujuan kita kita ikut andil dalam membangun negeri ini apa? Sumber dayanya apa dan bagaimana? Hal ini yang mungkin selalu ada dibenak orang, termasuk juga saya"tambah Founder Smart Farmer Kids In Action

Untuk bisa jadi Leader bukan karen jabatan. Leader dalam masyarakat adalah bukan Power tetapi adalah dapat bekerjasama.

Adamas Belva CEO and Co-Founder of Ruangguru- "Indonesia perlu 128 tahun untuk pendidikan yang baik dan layak".






"Pendidikan di Indonesia bukan nggak ada uangnya tapi nggak fokus. Budget pendidikan di Indonesia itu hanya 20% tapi kenapa nggak berjalan dengan baik? Kurikulum yang gonta-ganti melulu. Ini semangat yang ingin digaungkan oleh ruang guru. Salah satu dari 3 aplikasi terbaik di Indonesia ini, ingin membuat gerakan bagaimana dapat bekerjasama dengan Pemda, menghasilkan data pendidikan, dan akhirnya pemerintah pun memiliki data yang jelas."


William Utomo [dokpri]








Data ini juga menjadi acuan William Utomo Founder IDN Media "Ketika saya membangun IDN Media tepatnya bulan Juni 2014 saya mengamati dan melakukan berbagai survey. Ditengah maraknya portal online kenapa IDN dapat memdatangkan pembaca yang luar biasa. Karena orang Indonesia suka dengan sesuatu yang baru, Jadi IDN mengikuti terus perkembangan platform yang ada. Ada 60 juta pembaca setiap bulannya yang mampir ke IDN Media. Sebuah angka yang fantastis!

"Yang membedakan Indonesia dengan negara maju lain adalah mobile only country"


Bu Siti Choiriana Direktur Consumer Service Telkom yang hadir dengan style mudanya sore itu sangat mengapresiasi keberadaan generasi milenial yang ingin maju dan berbuat kebaikan. Untuk itu telkom hadir untuk kepentingan generasi muda. Perusahaan BUMN yang masuk ke 12 negara ini juga memiliki footprint di Amerika. Indigo sebagai salah satu creative nation dengan nurturing inkubasi akselari market dan fun raising adalah adalah bentuk investment untuk masa depan.


Bu Anna Telkom [dokpri]


Indigo Creative Nation Framwork Telkom telah membuat pihak Googlepun datang melihat dan belajar. Ada 18 ribu anak muda yang belajar dan punya startup saat ini. Sungguh pencapaian yang luar biasa.

Kartika Wirjoatmodjo Dirut Bank Mandiri dengan aset 1100T. "Sebagai kapitalisasi tertinggi dengan banyak anak perusahaan. bank mandiri sebagai corporate banking. punya 4 program yaitu wirausaha muda mandiri, young technopreneur,hackaton, mandiri capital.

Dirut Bank Mandiri [dokpri]


Rini. M. Soemarno Menteri BUMN "Indonesia harus sehat dan kuat dengan keberagaraman yang ada. BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dapat menghasilkan sesuatu untuk rakyat Indonesia. One nation, one family. Meskipun masih ada perusahaan BUMN yang jalan sendiri-sendiri. Harusnya dapat menjadi satu keluarga untuk rakyat Indonesia. Karena transformasi paling berarti dari BUMN adalah menyamakan persepsi.

Tiga CEO sekaligus founder ini menjadi satu hal nyata untuk anak muda Indonesia bangkit dan berkiprah. hidup itu tidak pernah mudah sebelum kita melewati sulitnya. 


Penyerahan plakat pada CEO Muda [dokpri]


Yuk! Bangkit dan berbuat satu kebaikan untuk negeri ini. Keluarkan ide2 gila, kalau ide yang biasa-biasa aja udah banyak. Jangan menikah dengan ide, tapi aplikasikan langsung ide ini dengan bergerak. Harus fleksibel dan gila!


47 comments :

  1. Wah musti menggila untuk mengeluarkan ide-ide brilian, tapi jangan gila yang kebablasan yak. hehehehe

    ReplyDelete
  2. Bersyukur ya bisa menghadiri acara ini jadi tambah semangat membangun negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku semangat banget anak sense of enterpreneurnya bisa keluar juga. Semoga amin

      Delete
  3. Setuju banget sama kata-kata "Untuk bisa jadi Leader bukan karen jabatan. Leader dalam masyarakat adalah bukan Power tetapi adalah dapat bekerjasama". Tapi masih banyak yang salah ya mba..

    ReplyDelete
  4. bener, hidup itu tidak mudah sebelum melewati masa sulitnya, keren bingit kakak!

    ReplyDelete
  5. Berkarya untuk orang banyak. Maka karyamu akan banyak dikenang orang. Mantab.

    ReplyDelete
  6. Hargai karya anak bangsa, dengan begitu makin banyak lagi ide brilian yang menghasilkan karya hebat. #SemangatCiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie cie haha makasih ya udah berkenan mampir

      Delete
  7. semoga semakin banyak anak muda berprestasi yang berbakti kepada negri...

    ReplyDelete
  8. Aamin ya ka,, mudah2an semakin Jaya Indonesia dn berkembang

    ReplyDelete
  9. Mahal kak biaya pendidikan di Indonesia ini. Kalo pun gratis ya kurang fokus seperti katamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi mahal karena printeilannya terlalu banyak dan kurikulum gonta ganti mulu hi....

      Delete
  10. Salut sama anak2 muda yang berprestasi dan menginspirasi. Semoga ide dan karya mereka tetap bertahan dan berhasil memajukan Indonesia ya mabk tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya generasi milenial gini yang harus dibantu,didukung dan diapresiasi ya

      Delete
    2. Iya mbak, moga2 tetep didukung yaaaaaaa

      Delete
  11. Berkarya berguna untuk banyak orang,terutama menginspirasi tak kenal batasan usia.
    Semoga di Indonesia semakin banyak hadir inspirator yang membuat kagum dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bangga banget ya kalau liat anak muda bangkit dengan segala keterbatasannya mereka nggak kenal rintahan.

      Delete
  12. Mantep nih kata-katanya 'jangan menikah dengan ide', tapi saya masih bingung maksudnya apa ��.
    Tapi intinya, apapun itu, jika suatu kebaikan tentunya jgn ditunda2 ya mbak Gita, sebab kebaikan kecil kadang kali memberi dampak besar apalagi pada negeri ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul. Sekecil.apapun kalau.udah niat go ahead

      Delete
    2. iya betul. Sekecil.apapun kalau.udah niat go ahead

      Delete
  13. Ide yang luar biasa nih yang bikin negeri makin maju ya mbaa. Dan ini pun harus kita lakukan sebagai rakyat indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tangan-tangan muda gini yang perlu di dukung dan diapresiasi

      Delete
  14. Keren2 banget anak muda ini. Bener sih, aku pun ngerasa kurikulum tuh galau banget, tiap ganti mentri ganti juga kurikulumnya, mau dibawa kemana kalau gonta-ganti melulu, huhu... Keren ni acaranya jadi ada inspirasi untuk semangat maju ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pas cari data jadi susah kan patokannya apa. Karena gonta ganti jadi biaya mahal. Hehe

      Delete
  15. Keren kalau anak muda makin berdaya. Dengan bonus demografi indonesia di angkatan kerja, mudah2an indonesia bisa bangkit dari keterpurukan ya.

    ReplyDelete
  16. Wah keren nih, Mba Gita. Jadi bisa nyimak banyak hal ya dari para CEO ini. Ada perwakilan dari ruangguru juga ya. Ini juga salah satu inovasi dalam dunia les.

    ReplyDelete
  17. Hebat euy orang - orang maju ini. Salah satunya Wiliam Utomo. Ternyata situs PopMama.com juga sodaraan sama IDN.

    ReplyDelete
  18. Salut banget deh dengan para pemuda yg sudah punya inovasi dan mengapresiasikannya langsung bermanfaat untuj orang banyak. Apalagi sekarang manfaat tehnologi sangat membantu ya

    ReplyDelete
  19. Semoga BUMN makin maju tapi jg jangan mengeruk keuntungan sebanyak2nya dari rakyat. Tetap harus memudahkan rakyat.

    ReplyDelete
  20. Semoga semakin banyak orang yang tercerahkan, semakin banyak pula orang yang terinspirasi dan saling menginspirasi ... Negeri ini sedang membutuhkan orang2 yang berkualitas dan berdedikasi tinggi :)

    ReplyDelete
  21. Setuju berbuat baik untuk negeri ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan pernah tanya apa yang negara sudah kasih buat kita tapi apa yang kita lakukan buat negara (Sorkarno)

      Delete
    2. Jangan pernah tanya apa yang negara sudah kasih buat kita tapi apa yang kita lakukan buat negara (Sorkarno)

      Delete
  22. Berbuat baik, demi kebaikan sesama, sebisa mungkin yang bisa kita lakukan

    ReplyDelete
  23. Pertama kali denger ruang guru dari iqbal, ide dan gagasannya sangat briliant, mengajak anak muda bergerak untuk dunia pendidikan di Indonesia.. yg bisa saya lakukan adalah support kreasi anak bangsa dan tentunya memberikan pendampingan kepada anak sendiri khususnya era digital saat ini.. semangat!!

    ReplyDelete
  24. siap jadi mantu pokonya muda kreatif dan memberikan banyak manfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha muda udah jadi Enterpreneur yang berhasil . Siapa yang nggak bangga ya

      Delete
  25. Setuju, selama masih ada kesempatan berbuat baik, lakukan saja :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete