Solusi Sakit Maag Agar Kamu Dapat #NikmatiHarimu Dengan Kopi





Solusi Sakit maag agar kita dapat menikmati hari dengan kopi ada nggak sih? Pertanyaan ini banyak ditanyakan teman-teman Blogger ketika menghadiri acara bersama MB Communication dan PROMAG yang bertempat di Cafe Liberica Pasaraya, Melawai Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Kamis, 27 September 2018.








jangan takut ngopi ada Solusi sakit maag [dokpti]



Bpk. Indra Sugiharto. (Senior Brand Manager Promag) [dokpri]

Kopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup generasi millenial. Indonesia dengan kekayaan kopinya dari Sabang hingga Merauke tentu bikin penikmat kopi, entah baru atau lama, petani kopi, indutri rumahan dan barista-barista bergairah.

Setiap orang ingin mencoba dan menikmati secangkir kopi. Hanya saja bagi pemula yang selalu dikhawatirkan adalah bagaimana kopi efeknya nanti ke lambung. Apalagi buat penderita maag. Makanya mereka gencar mempertanyakan ada nggak sih Solusi Sakit Maag tapi tetap dapat menikmati kopi?

Pertanyaan ini juga kerap ditemui Muhammad Aga. Barista yang berhasil memenangkan ajang Indonesian Barista Championship 2018.


Barista, Muhammad Aga [dokpri]


Mengawali profesi sebagai pekerja paruh waktu akhirnya membuat Aga betah dan makin memperdalam ilmu pengetahuannya tentang kopi. Dari bagaimana mengenal kopi, bertemu petani kopi hingga dapat menyajikannya secangkir kopi pada tamu yang datang di tempat ia bekerja dan juga Solusi sakit maag.

Ini menjadi bagian Aga menikmati harinya.Setelah kurang lebih 10 tahun akrab dengan dunia perkopian akhirnya tahun 2015 Aga telah memiliki kedai kopi sendiri yang diberi nama Coffee Smith Jakarta Coffeeshop & Roastery.

"Kompetisi kemarin itu melibatkan berbagai pihak, nggak mungkin saya sendirian karena harus dipikirkan berbagai macam sisi aspeknya. Seperti bagaimana saya dapat langsung terjun ke petani kopi, saya ajak kerjasama untuk meminta kopi yang belum pernah dilempar ke pasaran oleh petani tersebut. Jadi dari situ saya ada story telling. "Ini lho kopi yang enak yang saya dapat langsung dari petaninya dan nggak perlu khawatir juga dengan asam lambung karena solusi sakit maag udah ada . Ini jadi value saya karena terjun langsung ke kebunnya, disamping dukungan dari tim dengan berbagai kriteria yang ada. Selain PD (percaya diri).





Aga in action [dokpri]


Kopi di Indonesia banyak banget yang enak, tetapi sampai saat ini yang membuat saya masih teringat-ingat di otak adalah kopi Papua. Kenapa kopi Papua special karena tumbuh di dataran yang tinggi banget yaitu 2130 meter di atas permukaan laut. Rasanya enak banget karena proses memperlakukannya juga special. Banyak petani kopi di sana yang menjualnya ke pengepul atau secara independent. 

Sekarang kan coffee shop-coffee shop semakin banyak yang muncul nih. Nah ini juga membuat profesi barista profesional di Indonesia semakin kokoh menancapkan namanya dari hari ke hari dan siap bersaing dalam berbagai ajang baik Nasional maupun Internasional. 2 tahun belakangan perkembangannya juga baik dimana tamu yang datang di anggap teman bukan sekedar konsumen yang datang membeli. Oh iya
Kalau ngopi itu nikmati aja, jangan protes karena kopi sangat personal.

Lantas Solusi sakit maag adakah buat orang yang baru mencoba kopi?

Ada, minum aja PROMAG ahlinya lambung. Kan sekarang juga ada PROMAG cair yang praktis dan dosisnya pas nggak ribet juga kalau harus dibawa kemana-mana. Pilih kopi juga jangan yang asam dan perut dalam keadaam kosong ya" kata  Aga.

Penyebab Penyakit Maag :

  • Pola makan yang kurang baik
  • Mengonsumsi makanan yang justru menyebabkan iritasi pada lambung
  • Cemas
  • Stress, Rokok, dan sebagainya


"Generasi millenial mengkonsumsi kopi lebih banyak daripada generasi lain, untuk meningkatkan produktifitas mereka" Chung Yang, seorang profesor terkemuka dari John L. Coloizzi selaku ahli farmasi.

Nah benar banget emang ya pernyataan prof Chung ini. Ambil contoh aja deh saya sebagai mobile work dalam menjalani hari aja kalau bertemu teman entah urusan pekerjaan, atau sekedar bertemu untuk ngobrol dan bertanya kabar, maka secangkir kopi jadi teman  untuk #MenikmatiHarimu

Dalam keseharian sebagai Blogger, Voice over, Trainer dan ngemsi boleh dibilang lumayan padat saat ini. Belum lagi mengadiri undangan liputan, job review dan ikut lomba. Kadang saking sibuknya dan dikejar deadline sampai lupa makan saya. Sekalinya makan, kadang asal aja nggak mikirin ke lambung. Kayak makanan berlemak, pedas, minuman soda atau minum kopi kebanyakan. Jadi saya juga tanya ke Aga kemarin Solusi sakit maag nya bagaimana? Kan setiap hari ketemu kopi?


Jangan takut minum kopi karena ada solusi sakit maag [dokpri]

Kebayangkan Aga yang menjadi barista awalnya karena kepepet dan juga pernah bekerja di Tanamera, setiap pagi harus melakukan kalibrasi mesin kopi sebelum kedai kopi dibuka. Bersamaan dengan itu juga harus mencoba beberapa gelas kopi yang tentu menjadi tantangan tersendiri untuk lambungnya. Apalagi minum kopi sebelum makan pagi. Jadi pekerjaan barista menjadi sangat rawan penyebab penyakit maag.

"Buat pemula dan yang perutnya sensitif, usahakan minum PROMAG dan makan dulu sebelum ngopi. Karena  sebetulnya bisa jadi bukan kopi juga penyebab utamannya, tapi bisa aja karena  makan yang asem-asem saat perut kosong kan. Ini jadi Solusi sakit maag" tambah Aga.

"Kopi memberikan begitu banyak inspirasi, menghidupkan kebahagiaan dan membangun kehangatan bersilahturahmi. Coffee Is People Connecting " Muhammad Aga 1st Winner Barista Championship (IBC) 2018

Tips dari Muhammad Aga "Kalau Beli kopi jangan yang udah digiling kalau mau buat disimpan ya. Karena durasi menyimpannya bisa lebih lama kalau kopi masih utuh. Karena kopi yang udah digiling 5 jam aja wanginya udah hilang. Kopi yang baru digiling dan masih terlalu segar gas (karbondiosikda) untuk itu kasih jeda waktu beberapa hari sebelum di konsumsi.

#NikmatiHarimu [dok; @CoretanMasDede]

Maag merupakan penyakit yang menduduki peringkat teratas di negeri ini. Menurut WHO aja orang yang memiliki maag tahun 2012 mencapai 40,8 persen. Dan maag masuk dalam 10 penyakit terbanyak pada pasien rawat inap di rumah sakit di Indonesia.

Gejala Maag : 
Selain nyeri pada perut bagian atas (area antara pusar dan bawah tulang dada) 
  • Rasa panas pada perut bagian atas
  • Cepat merasa kenyang ketika makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan
  • Mual
  • Kembung pada perut bagian atas
  • Refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan)
  • Sering bersendawa
  • Muntah
  • Nyeri ulu hati atau rasa panas dan nyeri di tengah dada (kadang-kadang terasa sampai punggung dan leher) yang muncul ketika atau setelah makan
Sakit maag yang disertai dengan gejala rasa panas di dalam dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan, adalah kasus sakit maag yang sering terjadi.


Solusi sakit maag [dok PROMAG]



Di Indonesia sakit Maag di alami usia kalangan produktif  20-30 tahun. Ini disebabkan karena kebiasaan pola makan yang kurang baik dan mengonsumsi makanan yang justru menyebabkan iritasi pada lambung, cemas, stress, rokok, dan sebagainya. 

Jadi gimana dong? Solusi sakit maag? Khususnya bagi penikmat kopi yang memiliki maag atau mereka yang punya profesi sebagai barista yang notabene harus melakukan kalibrasi mencicipi kopi puluhan gelas jika terkena maag?

Nah PROMAG yang dikenal sebagai ahlinya maag terus berupaya memberikan solusi sakit maag yang inovatif agar orang yang memiliki maag bisa menikmati harinya dengan indah, dan produktif.

Apa sebenarnya hubungan kopi dan PROMAG? Bagi pencinta kuliner, lifestyle dan pekerja di kota-kota berkembang kopi menjadi suatu kebiasaan yang memberikan inspirasi dan semangat. Dari obrolan di kedai-kedai kopi yang ada kita dapat melihat eratnya sebuah hubungan pertemanan bahkan ada yang tambah teman dari ngopi, mendapat informasi mengenai berbagai hal dan tambah tentang pengetahuan kita akan kopi. 

Tetapi memang tidak semua orang bisa menikmati kopi. Karena kopi yang tidak diolah dengan baik akan menyebabkan sakit maag atau terlalu banyak dikonsumsi dalam keadaan perut kosong menjadi beberapa penyebab munculnya gangguan lambung setelah minum kopi. Jadi bagi teman-teman yang memiliki gangguan lambung atau sakit maag bisa kembali menikmati harinya dan tetap produktif. Jadi PROMAG hadi untuk solusi sakit maag.

Keunggulan PROMAG :
  1. Formula HYDROTALCITE, bekerja cepat atasi maag dan melindungi lebih lama. Karena HYDROTALCITE membantu membentuk lapisan dinding lambung, sehingga mengurangi rasa nyeri karena asam lambung.
  2. Dan uji klinis dan survei membuktikan kelebihan PROMAG : Efektif banget ngobatin sakit maag, mudah di dapatkan, harga terjangkau, mudah dibawa kemana-mana, praktis. a. PROMAG TABLET, sudah 45 tahun lebih terpercaya mengobati sakit maag b. PROMAG CAIR, praktis dan dosis pas, dalam bentuk sachet cair. 

PROMAG solusi sakit maag #NIKMATIHARIMU













69 comments :

  1. Iya benar. Pengalaman saya kan gak minum kopi, karena suka sakit itu. Terus pas acara Kompasianival di Jakarta waktu itu menghadirkan berbagai kebudayaan dari Papua, salah satunya ada kopi papua katanya gak bakal bikin sakit. Saya coba, minum kopi papua yang hitam, tanpa gula. Wangi dan khas. Dan benar saya gak sakit lho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya aman. Intinya kopi jangan disalahin juga, kita prepare aja sebelum minum kopi salah satunya kayak udah sarapan.

      Delete
  2. kalau aku sekarang selalu sedia gazero dalem tas..jadi aman bisa diminum kapan aja :)

    ReplyDelete
  3. Aihhhh. Aku nggak terlalu suka kopi sih, cuma suka aromanya. Kecuali biji kopi yang diolah bareng coklat atau permen rasa kopi.

    Keren nih cara promag menggaet pasar baru. Para milenial yang suka ngopi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya generasi milenial makin banyak yang suka kopi, imbasnya kopi asli Indonesia makin naik daun. iya aromanya enak banget ya

      Delete
  4. Sekarang kalau lagi mumet langsung deh minum kopi biar fresh lagi otaknya. Btw kok aku penasaran ya sama kopinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang aja kak kafenya gampang kok lokasinya

      Delete
  5. Wah bener nih mba kalau anak2 muda seneng banget ama kopi. Aku aja kalau pas ada deadline biat tulisan pasti udah beli cadangan kopi satu renteng. Ya begitulah begadanger :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha malam begadang dan kejar DL ya, kopi jadi sehati nemenin ya

      Delete
  6. Dulu waktu ibuku sakit maag selalu stok promag di rumah, sekarang pola makannya udah mendingan ๐Ÿ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sama dirumah hanya almarhum ibu dulu yang suka minum ini karena memang ada maagnya. Cocok beliau

      Delete
  7. aku setuju deh kalo promag nih emang solusi sakit maag teh... dari dulu udah bersahabat banget sama obat maag yang satu ini.

    ReplyDelete
  8. Ini obat andalanku ini pas mag meradang.. Diminum satu jam sebelum makan deh, biar lega

    ReplyDelete
  9. Kopi hitam tanpa gula pait engga Mbaa..pengen nyoba jg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang arabika iya tapi dikit kok, enak coba aja makan dalam bentuk utuh yang belum digiling

      Delete
  10. Wah, Promag memang andalan saya. Jangankan yang cair, yang tablet aja udah paling bagus di perut saya. Mual dikit, atau begah dikit, ngunyah Promag, udah deh nyaman lagi. Duh... event kemaren itu ya, dibikin salfok sama Babang Baristanya. :)))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati perut laper liat Aga hahaha. Syukurlah ya ngebantu

      Delete
  11. Saya kalo sakit maag juga selalu minum obat ini, alhamdulillah lekas beres sakit maag saya.

    ReplyDelete
  12. yeyyy... akhirnya ya. ga perlu khawatir lagi ya mba meskipun mag tetap bisa menikmati kopi,,, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ira isi dulu perut baru ngopi kalau perut sensitif jangan pilih yang asam kopinya. Kadang takut sama kopi yang rasa asam tapi makan mah nggak mikir hahaha

      Delete
    2. iya mba Ira isi dulu perut baru ngopi kalau perut sensitif jangan pilih yang asam kopinya. Kadang takut sama kopi yang rasa asam tapi makan mah nggak mikir hahaha

      Delete
  13. Makasih mbak infonya! :) Aku ga suka kopi sih, tapi suamiku suka banget! Oiya, seru juga ya denger cerita barista professional soal asal muasal biji kopinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama Fara terima kasih juga udah berkenan mampir ya semoga jadi tahu ya antara kopi barista dan solusi sakit maag

      Delete
    2. Sama sama Fara terima kasih juga udah berkenan mampir ya semoga jadi tahu ya antara kopi barista dan solusi sakit maag

      Delete
  14. Kalau saya suka mules sehabis minum kopi tpi ada juga sih kopi yang bebas mules hehehe..promag andalan pisanlah kalau lambung mulai nggak nyaman karena telat makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah familiar banget ya produk ini sebagai solusi sakit maag

      Delete
  15. O gitu... Jadi kopi yang habis digiling mesti dibiarin dulu lima hari baru bisa dikonsumsi ya? Noted deh. Ayah ibuku nih yang hobi konsumsi kopi giling sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya...gas masih tinggi mba ika. Salam hormat ya buat mereka

      Delete
  16. Amu termasuk yg kumat maag kalau abis minum kopi yg sachetan. Tapi kalau kopi racikan aman.
    Minumnya jg promaag kalau lambung sakit๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah memang baiknya disarankan kopi asli lho. Biar tahu langsung ya bagaimana rasanya

      Delete
  17. Baru tahu kopi menyebabkan maag, Alhamdulillah selama minum kopi gak pernah begah gitu. Karena saya ngopi memang sesekali aja.

    Pas ya ada solusinya. Ada promag dan mungkin ingat aja, sesuatu yang berlebihan akan berdampak tidak baik. Minum kopi secukupnya

    Tfs mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes...yang perutnya sensi aja bukan nggak boleh ngopi tapi minimal perut jangan kosong

      Delete
    2. iyes...yang perutnya sensi aja bukan nggak boleh ngopi tapi minimal perut jangan kosong

      Delete
  18. wah bener nih kalau gak kuat kopi, kadang perut rasanya meililit..ini mag kah? dan promag memang jadi andalan untuk mengatasi mag

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat yang udah paten banget ya sebagai solusi sakit maag

      Delete
    2. Obat yang udah paten banget ya sebagai solusi sakit maag

      Delete
  19. Kalau sudah begini terasa mana dan damai ya kak. Aku ngeliatin temenku yang ngga boleh telat makan dikit langsung maagnya kambuh, kalau sudah ada solusi seperti ini pasti semua jadi aman dan terkendali

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas karena bukan salah kopi juga kan, karena makam telat aja kan nggak boleh kita.

      Delete
  20. Solusi sakit maag mamaku juga sama seperti Aga ini mbak, selalu sedia promag di rumah

    ReplyDelete
  21. Ngopi udah jadi tren, ketemu teman ngopi, nongkrong sambil ngopi, kerja pun ditemani kopi. Kebayang tidak dalam sehari ngopi melulu. Untungnya sudah tahu sih solusi sakit maag, jadi acara ngopi jalan terus tanpa khawatir asam lambung kambuh. Jadi, kapan kita ngopi bareng, kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk akh kangen ya ngobrol ngobrol dengan mu

      Delete
  22. Yang penting makan dulu ya kak sebelum ngopi hehehe

    ReplyDelete
  23. wah sama kita kak, promag jadi solusi sakit maag buatku, masalahku biasanya sih di lambung.. sekelas kopi espresso masih jd momok ketakutan buat saya.. tapi setelah ada promag... brani deh hehehe

    ReplyDelete
  24. Naahhh ini dia, saya gagal ikut acara ini. Jadi batal deh ketemu sama Baristanya

    ReplyDelete
  25. kalo kopinya aseli bukan sachet, setau aku aman mba. cmiiw, tapi emang sih promag ini mantep sih, aku dulu cukup sering konsumsi sebelum maag aku jadi akut

    ReplyDelete
  26. Wah ada Aga si juragan kopi. Kalau kopi hitam tanpa gula sih gpp kok di minum karena sempat dulu diet mayo pilihan antara kopi hitam dan teh lalu aku pilih kopi dong. Tapi Promag ini bisa menolong untuk yang memiliki permasalahan lambung

    ReplyDelete
  27. Aku sering sakit maag nih mbak git gara-gara pola makan ku tidak teratur, jadi selalu sedia promag di rumah

    ReplyDelete
  28. promag memang jadi andalan saat maag menyerang

    ReplyDelete
  29. walaupun gak sakit maag tapi tetap deh kalau kemana-mana bawa promag

    ReplyDelete
  30. Promag emang juara deh ya untuk urusan mengatasi gangguan lambung..

    ReplyDelete
  31. yang kena maag biasanya suka ngopi sachetan dgn kadar gula dan kimia tinggi lalu ditambah gula pula. Cobain kopi hitam (non sachet dan bukan instant) kalo mau pake gula coba gula merah deh. Maknyuuuuus. Lambung pun aman.

    ReplyDelete
  32. Aku nih, Asam lambungnya gampang naik, Tapi penyuka kopi penikmat makanan pedas. Jadi obat lambung selalu ada dan selalu dibawa. Salah satunya obat ini 'Promag' udah ada di tas aku dari jaman sd. hahaha

    ReplyDelete
  33. Promag memang solusi sakit maag ya kak... acaranya juga asik banget, apalagi Aga yang bikin peserta cewek pada gagal fokus hehehe

    ReplyDelete
  34. Nah, daku sering denger ada yang sakit perut gegara ngopi. Aku untungnya ngga, jadi bisa ngopi sepuasnyaaaa.. :))

    ReplyDelete
  35. sebagai pecinta kopi, sehari tanpa kopi itu rasanya mulut hambar dan asam banget deh.. Makanya harus diimbangi dengan minum air putih.
    promag mah selalu ada dong di tas. tinggal 2 biji aja langsung beli lagi yang baru. reaksi obatnya cepat banget buat ngobatin nyeri maag euy.

    ReplyDelete
  36. Iya nih kadang perut suka langsung berasa nggak nyaman setiap abis ngopi.. huhu. Alhamdulillah ada Promag ya, jadi bisa tetep ngopi tanpa khawatir lambung keot keot deeeeh

    ReplyDelete
  37. Aku suka banget sama kopi, sehari bisa deh minum sampai 3 kali (kopi hitam lho yaa bukan yang dicampur macem-macem). Cuma memang ada beberapa jenis kopi yang langsung bikin perut aku tuh bergejolak, padahal bisa dibilang aku nggak punya penyakit maag. Makanya mesti selalu sedia promag ya...

    ReplyDelete
  38. Dulu aku peminum kopi setiap hari. Berhentinya saat memang ada gangguan lambung. Saat minum secangkir kopi, lambung rasanya perih dan mual. Rasa enek bertahan selama berhari-hari. Itu yang menyebabkan aku akhirnya mengurangi dan hanya sesekali minum kopi saat ini. Semoga solusi yang disampaikan mbak Gita bisa memmbantu buat para pecinta minum kopi.

    ReplyDelete
  39. Aku dulu rajin konsumsi promag karena asam lambungku sering kali naik. Tapi alhamdulillah sekarang udah ngga begitu tergantung dengan promag bahkan bisa ngopi dong.

    ReplyDelete
  40. aku tuh ga kuat minum kopi. Bukan ke lambung tapi deg-degan dan badan lebih lemes.

    ReplyDelete
  41. Dari jaman SMA aku udah kena maag mba. Makanya skrg sebisa mungkin gak telat makan. Tapi akhir2 ini aku sering banget skip makan malam.

    ReplyDelete